Loading...
PT Astra Honda Motor memperkenalkan Honda Sonic 150R dengan
tampilan terbaru melalui penyematan stripe yang terlihat semakin agresif dan
compact. Tampilan terbaru dari motor light sport ini merupakan jawaban bagi
gaya hidup generasi muda terkini.
Honda Sonic 150R hadir menjadi penantang Suzuki Satria F150
yang sama-sama memiliki desain underbone dan mesin 150cc. Persaingan keduanya
sangat ketat, dan nyatanya Honda Sonic 150R berhasil mengganggu penjualan
Suzuki Satria F150 yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Hal ini tidak
lepas dari performa mesin yang dibawanya. Motor besutan Honda ini bisa berlari
cepat dengan tenaga dan torsi mengagumkan, sehingga kemampuan akselerasinya bisa
menandingi motor sport 150cc.
Honda Sonic 150R merupakan jenis motor yang banyak digemari
oleh anak muda karena memiliki bodi yang mungil, motor ini memiliki mesin yang
cukup besar dan bertenaga.
Berawal pada tahun 2015, Honda meluncurkan sebuah sepeda
motor bernama Honda New Sonic 150R. Motor ini dirancang untuk mengalahkan
dominasi Suzuki Satria F150 di pasar motor bebek sport Indonesia.
Honda Sonic 150R, motor ini dimasukan oleh Honda ke dalam
varian tipe sport, yang mana motor ini merupakan sebuah upgrade dari versi
pendahulunya, yang pernah hilang bagaikan tertelan bumi. Namun seiring
berjalannya waktu, honda pun melakukan sebuah inovasi baru, dengan menjadikan
motor legenda miliknya menjadi sebuah motor tipe sport modern bergaya sporty.
Sebenarnya Sonic bukanlah motor baru. Jauh sebelum Honda
Sonic 150R ini dihadirkan, Honda Indonesia pun pernah memiliki Nova Sonic 125
yang saat itu menjadi trend setter motor ‘ayam jago’ di Indonesia, bersaing
dengan Yamaha Tiara S. Honda meluncurkan Nova Sonic 125 pada tahun 2001 yang
dahulu dikenal sebagai motor ayam jago dikarenakan memiliki suspensi depan
layaknya motor sport.
Bagi yang mengikuti perkembangan otomotif pada era milenium.
Motor ayago besutan Honda ini sukses menggebrak pasar sebagai salah satu motor
bebek terbaik di Indonesia. Desainnya sangat sporty dan didukung mesin 4 tak
yang bertenaga. Namun sayangnya Honda menghentikan produksi motor tersebut pada
tahun 2011.
Dan, setelah hampir dua dekade setelah kemunculan Nova Sonic
125, Honda Indonesia pun membuat reinkarnasinya dalam wujud Honda Sonic 150R
yang mengusung spesifikasi motor-motor Honda di kelas middle-up sport.
Hadirnya New Sonic 150R langsung disambut positif masyarakat
Indonesia. Walaupun penjualannya tidak terlalu besar, namun motor ayago besutan
Honda ini tetap banyak peminatnya. Hal ini tak lepas dari desainnya yang sporty
dan didukung mesin bertenaga besar yang menjadikan Sonic 150R menjadi salah
satu motor bebek terbaik saat ini.
Honda Sonic 150R ini merupakan hasil pembaruan yang tidak
mengecewakan karena dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, kita
dapat menikmati teknologi terbaru dari Honda.
Masyarakat Indonesia cenderung membeli motor matic atau
motor sport yang harganya tidak berbeda jauh. Namun bagi Anda yang tetap cinta
motor bebek, maka Honda Sonic 150R merupakan pilihan paling tepat. Terlebih
motor ini dilengkapi beragam teknologi baru yang mengoptimalkan performa mesin
dan kenyamanan saat mengendarainya. Desainnya juga keren dan cocok untuk kawula
muda yang ingin terlihat gaul, khusunya untuk sobat otomotif yang notabennya
masih berstatus pelajar atau mahasiswa, dimana masih sangat senang dan suka
akan sebuah kecepatan.
Dengan modal mesin yang lebih bertenaga serta nama Honda
yang sudah lebih dahulu besar dengan teknologi PGM-FI yang terbukti irit di
Indonesia beberapa tahun belakangan tentu Honda Sonic 150R memiliki beberapa
keuntungan walau merupakan motor keluaran baru. Beberapa faktor tersebut akan
menguntungkan Honda dalam persaingan pasar otomotif di Indonesia, walau seandainya
harga Honda Sonic 150R berada sedikit di atas Suzuki Satria F150. Meski
menggunakan mesin yang sama-sama berjalan pada ruang pacu 150cc, menurut
pembuktian atau uji coba secara nyata, Honda dikatakan lebih unggul dan lebih
cepat, ditambah teknologi terkini yang digunakan oleh motor ayago besutan Honda
ini, menjadikan performa yang keluar lebih optimal.
Tidak dapat dipungkiri, motor ayago besutan Honda ini memang
membawa angin segar di pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Walau memiliki
bandrol harga yang lebih mahal sedikit dari Suzuki Satria F150 tentunya hal
tersebut sebanding dengan fitur-fitur yang dibawanya serta tenaga yang lebih
besar dan efisiensi bahan bakar dari mesinnya. Honda Sonic 150R ini telah lulus
uji EURO3 dengan catatan sekitar 40km untuk satu liter bensin.
Selain menjanjikan akan performa yang tiada lawan
dikelasnya, berkat penggunaan teknologi canggih yang digunakannya, membuat
Honda Sonic 150R lebih ramah terhadap pemakaian bahan bakar. Handling dan
akseslerasi yang cepat, semakin memaksimalkan kinerja dari pada mesin yang
dibawa oleh motor ayago besutan Honda ini, dan masih banyak lagi hal yang
menarik dari motor tipe sport kelas menengah dari Honda ini.
Honda Sonic 150R Activo Black
Ekspresi gaya khas anak muda tercermin dari fitur pendukung
Honda Sonic 150R, termasuk diantaranya shroud berdesain tajam yang bisa dilepas
dan dipasang dengan mudah (plug and play). Pengguna bisa memakai atau
melepaskannya, sesuai dengan kebutuhan dan gaya dinamis masing-masing.
Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan pembaruan
grafis pada stripe Honda Sonic 150R yang mengusung desain yang berkesan
kencang, compact dan tajam diharapkan dapat memenuhi keinginan generasi muda
terhadap motor light sport yang mewakili gaya hidupnya. “Sebagai salah satu
motor sport yang diminati anak muda, model ini terus kami perbarui sesuai gaya
hidup mereka yang agresif dan dinamis. Didukung fitur serta performa mesin yang
mumpuni, New Honda Sonic 150R menyuguhkan paket lengkap di segmennya” kata Thomas.
Desain
Sebuah motor yang membuat tampilannya menarik adalah segi
desain, terlebih lagi satu aspek ini menjadi penentu apakah sebuah produk motor
tersebut akan laris di pasaran atau tidak. Desain motor ayago atau kepanjangan
dari ayam jago merupakan jenis motor bebek istimewa. Pasalnya desain yang
diusung tidak menyerupai motor bebek, lebih tepatnya setengah motor bebek dan
setengahnya lagi motor sport.
Tampil sporty dengan gaya modern diperlihatkan oleh motor
ayago besutan Honda ini. Polesan oleh para desainer honda diatas body dari
Honda Sonic 150R menghasilkan lekuk tubuh yang berkarakter, namun halus jika di
lihat dari jarak dekat. Mulai dari sisi bagian depan, Honda Sonic 150R memang
membuat siapa saja tidak bisa mempalingkan pandangan dari motor ini, apalagi
pada bagian head lamp. Honda menggunkan model V-shape dilengkapi dengan lampu
halogen dan 2 lampu sein di sisi kanan kirinya, membuat Honda Sonic 150R tampil
simple.
Honda Sonic 150R mengaplikasikan desain ramping yang
ergonomis, sesuai postur tubuh remaja Indonesia. Tampilan motor ini juga
mencerminkan keinginan dan karakter anak muda masa kini dengan desain
futuristik dan tajam.
Dari segi desain, Honda Sonic 150R hadir dengan jok yang
dibuat bertingkat supaya lebih nyaman saat digunakan berboncengan. Jok
belakangnya memang kurang nyaman bagi yang memiliki tubuh besar dikarenakan
ukurannya terlalu kecil. Namun bagi yang berpostur ideal, maka hal tersebut
bukan menjadi masalah berarti. Sedangkan untuk bagian speedometer juga dibuat
full digital dengan lampu indikator minyak pelumas, indikator lampu sein, dan
indikator gigi netral.
Konsep futuristik terlihat pada panel dashboard Honda Sonic
150R ini. Panel dashboard motor ayago besutan Honda ini memiliki bentuk
trapesium dengan indikator serba digital. Pada panel utama ditempati oleh
indikator speedometer digital dan juga trip meter. Pada sisi sebelah kiri,
panel dashboard Honda Sonic 150R di isi oleh indikator bahan bakar yang
berbentuk tegak. Sedangkan indikator gigi netral, lampu sein dan lampu utama
serta indikator minyak pelumas tertata rapi di bagian atas.
Kemudian, penempatan ruang kunci atau key shutter pada motor
ini mengambil tempat di bawah panel dashboardnya, tepat di tengah-tengah. Meski
kesan kaku juga nampak pada spesifikasi Honda Sonic 150R bagian dashboard,
namun indikator-indikator yang ada tetap user friendly dan pastinya fungsional.
Desain Honda Sonic 150R ini mengangkat tema futuristic light
sport. Sekilas, bagian desain bodi motor ayago besutan Honda ini memang
terlihat kaku. Hal ini bisa dilihat dari headlamp berbentuk ‘V’. Namun, justru
itulah yang menguatkan image Honda Sonic 150R sebagai motor bebek sport yang
fituristik.
Pabrikan Honda juga menambahkan fairing dibagian tengah,
yang menutup seluruh bagian hingga sampai dengan sisi mesin, kemudian ditarik
meruncing kebagian belakang, dengan konsep seperti ini menjadikan Honda Sonic
150R sangat terkesan sporty. Tidak lupa pula dibagian buritan juga tampak
sebuah behel menempel, untuk memudahkan pengguna ketika akan mengangkatnya.
Desain Honda Sonic 150R yang sporty membuatnya menjadi salah
satu motor bebek terbaik di Indonesia. Pada bagian depan motor besutan Honda ini
juga terpasang Headlight LED yang memiliki desain sporty dan dibuat meruncing
dengan sudut tajam. Teknologi lampu LED ini akan menghasilkan cahaya yang
terang namun tak menyilaukan kendaraan dari lawan arah. Lampu tersebut juga
terintegrasi dengan lampu senja untuk penerangan lebih baik di segala kondisi.
Pada sisi samping, bodi Honda Sonic 150R ini juga nampak
sytylish dengan semacam ‘undakan’ yang memisahkan bodi dengan cover mesinnya. Motor
ayago besutan Honda ini juga memiliki desain half fairing berkonsep tegas dan
modern yang menutup mesinnya.
Begitu pula dengan bagian belakang yang memiliki desain
tajam dan stylish, serta bodi yang ramping. Buritan Honda Sonic 150R mengusung
desain lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein, berpadu dengan back tail
yang berbentuk lancip.
Untuk menambah kesan sporty, Honda Sonic 150R dilengkapi
Undercowl yang memiliki desain sporty dan fungsional. Sebenarnya fungsi utama
Undercowl tersebut adalah melindungi mesin dari kerikil dan kotoran, keseluruhan
bodi motor ayago besutan Honda ini dibalut striping yang atraktif khas Honda.
Tersedia starter bertipe pedal dan electric untuk
menghidupkan mesin. Motor ayago besutan Honda ini menjadi penantang utama dari
Suzuki Satria, motor keluaran pabrikan Suzuki ini telah menguasai pasar motor
ayago sudah sangat lama. Kedua motor ayago Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria
pada dasarnya memiliki desain yang sama. Hal ini bisa Anda lihat dari sisi
manapun pasti akan terlihat sama.
Honda Sonic 150R dihadirkan dengan kesan sporty dan ramping menjadikan
motor ayago besutan Honda ini sangat lincah digunakan berkendara. Apalagi
secara keseluruhan fitur yang ada pada Honda Sonic 150R ditopang oleh fitur
yang kekinian. Dengan adanya fitur ini tentu pengalaman berkendara semakin
menantang.
Dimensi
Dengan desain yang ramping dan sporty menjadikan motor ayago
Honda Sonic 150R lincah digunakan. Sehingga sangat cocok untuk digunakan
berkendara pada kehidupan urban seperti sekarang ini. Hal ini tentu bukan tanpa
alasan karena Honda Sonic 150R mempunyai panjang 1.941mm, lebar 669mm, dan
tinggi 977mm. Sedangkan jarak antara sumbu roda depan sampai roda belakang
berukuran 1.275 mm.
Honda Sonic 150R memiliki bobot yang memang cukup ringan,
yaitu 114 kg. Berat motor yang ringan ini juga dipengaruhi oleh material rangka
Twin Parimeter Frame yang digunakan. Rangka tipe perimeter frame tersebut
merupakan material yang ringan namun sangat kokoh. Hal ini akan meningkatkan
kemampuan handling dan manuvernya. Sudah jelas bahwa Honda Sonic 150R akan
nyaman digunakan.
Kerangka jenis Twin Perimeter Frame, membuat Honda Sonic 150R
terlihat ramping dan lincah. Meski jenis rangka ini memiliki diameter yang tidak
terlalu lebar, atau bisa dikatakan mungil, namun rangka ini dapat menopang
keseluruhan komponen yang dibekalkan pada dirinya. Penggunaan rangka Twin
Perimeter Frame juga menjadikan pengguna lebih mudah untuk mengendarai motor
tipe sport terbaru dari Honda ini, karena membuat posisi duduk sedikit lebih
tegak dan tidak telalu membungkuk.
Bobot yang tergolong sangat ringan tentunya akan semakin meningkatkan
kemampuan akselerasi Honda Sonic 150R. Terlebih motor ayago besutan Honda ini
mengadopsi stang model jepit yang membuat posisi berkendara terlihat lebih
sporty. Namun untuk perjalanan jauh, stang model jepit mungkin akan terasa
lebih cepat melelahkan dibandingkan stang model standar. Untungnya motor ayago
besutan Honda ini memiliki stang kemudi yang posisinya cukup tinggi.
Honda Sonic 150R memiliki tinggi tempat duduknya berjarak
762 mm, sehingga cukup nyaman untuk ukuran rata-rata masyarakat Indonesia yang
memiliki tinggi badan dibawah 170cm. Dan, tangki bahan bakar motor ayago
besutan Honda ini berkapasitas 4 Liter.
Secara fisik, motor ayago besutan Honda ini memang sangat
cocok untuk kehidupan urban masa kini. Bodinya yang ramping namun tangguh pasti
akan sangat cocok digunakan untuk melaju di jalanan yang ramai. Dimensi yang
diusungnya menjadikan motor ayago besutan Honda ini mudah dikendalikan, baik
saat lambat ataupun ketika melaju kencang.
Mesin
dan performa
Mesin bertenaga besar diimbangi dengan konsumsi bahan bakar
sangat irit. Pabrikan Honda mengklaim menggunakan teknologi MotoGP untuk
merancang mesin Sonic 150R. Hasilnya, mesin Honda Sonic 150R semakin responsif
dan bertenaga.
Motor ayago memang identik dengan motor balap yang memiliki
spesifikasi mesin handal. Hal ini berlaku pula pada Honda Sonic 150R. Pabrikan
Honda membekalinya dengan mesin yang mumpuni serta tangguh. Karena sudah
ditopang dengan mesin berkapasitas 150cc. Sedangkan untuk urusan tipe mesin,
motor ayago besutan Honda ini menggunakan mesin bertipe 4-langkah, DOHC,
4-katup yang diadopsi dari mesin balap kelas dunia Honda.
Mesin Honda Sonic 150R disempurnakan oleh sistem pendingin
cairan dengan kipas otomatis yang akan menyala secara otomatis di suhu 130 derajat.
Alhasil performa mesin tetap optimal dan suhu mesin selalu terjaga.
Mesin Honda Sonic 150R memiliki kapasitas sebesar 149.16cc. Mesin
tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11.8 Kw pada 9.000 rpm.
Sedangkan torsi maksimal yang dapat dicapai sebesar 13.5 Nm pada 6.500 rpm.
Mesin, tenaga, dan torsi sudah mumpuni untuk sekelas motor ayago. Namun tidak
hanya itu, Honda Sonic 150R menggunakan 6 percepatan dengan pola perpindahan
gigi (1-N-2-3-4-5-6) yang tentunya semakin menunjang kehandalan motor ini.
Motor ayago besutan Honda ini memiliki rasio kompresi
sebesar 11.3:1 dan mesin tersebut mampu membuat Sonic 150R melesat cepat
mengalahkan motor bebek sekelasnya. Performa motor ini bisa disamakan dengan
motor sport sekelas Yamaha Vixion atau Honda CB150R StreetFire yang notabennya
dibanderol lebih mahal dari harga Honda Sonic 150R.
Tidak ketinggalan, pabrikan Honda membekali motor ayagonya
ini dengan teknologi PGM-FI yang akan memaksimalkan sistem pembakaran Honda
Sonic 150R, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit dan ramah lingkungan. Pabrikan
juga membekali Honda Sonic 150R dengan muffler yang mampu menghasilkan suara
nyaring namun tidak akan mengurangi tenaganya.
Pabrikan mengklaim bahwa Honda Sonic 150R mampu melibas
jarak 0-200 meter dengan catatan waktu 10,6 detik saja, dengan kecepatan
maksimal 124,1 km/jam. Hal ini lah yang membuat Honda Sonic 150R diklaim
memiliki karakter mesin yang gahar pada putaran bawah karena kompresinya cukup
besar.
Suspensi
dan kaki-kaki
Suspensi merupakan faktor yang menentukan nyaman atau tidaknya
sebuah motor saat dikendarai. Suspensi akan berperan besar saat berkendara di
jalanan yang tidak rata. Karena onderdil yang satu ini akan meredam benturan yang
ada antara ban dengan medan.
Pabrikan Honda membekali Sonic 150R dengan suspensi yang
cukup menjanjikan. Hal ini karena motor ayago besutan Honda ini sudah
menggunakan suspensi telescopic untuk suspensi depannya, yang akan memberikan
kenyamanan dan handling mantap pada pengendaranya. Lalu untuk suspensi belakang
menggunakan suspensi monoshock yang dikombinasikan dengan lengan ayun adaptasi
dari Honda CB150R Streetfire untuk mengoptimalkan peredaman dan meningkatkan
kelincahaan saat bermanuver.
Honda Sonic 150R menggunakan rem cakram di kedua rodanya
yang otomatis akan mengoptimalkan performa pengereman di segala kondisi. Cakram
hidrolik pada motor ayago besutan Honda ini akan memberikan cengkeraman kuat
saat motor berhenti secara mendadak. Selain itu, tersedia pula velg sporty
dengan balutan ban tubeless. Pada bagian depan terpasang ban berukuran 70/90-17
38P dan belakang 80/90-17 50P.
Motor ayago memang merupakan jenis motor yang jarang di
Indonesia. Yang paling terkenal sebelum kedatangan Honda Sonic 150R adalah
Suzuki Satria. Pabrikan Honda menghadirkan Sonic 150R dalam dua varian berbeda,
yakni Honda Sonic 150R Standar dan Honda Sonic 150R Special Edition. Perbedaan
keduanya terletak pada warnanya, karena untuk tipe Special Edition dibalut
warna Racing Red. Alhasil harga Honda Sonic 150R Special Edition dibanderol
lebih mahal dengan selisih mencapai 400 Ribu Rupiah.
Tersedia empat pilihan warna yang secara tak langsung
mempengaruhi harga Honda Sonic 150R 2020. Keempat varian tersebuat adalah :
Honda Sonic 150R Activo Black, harga Rp. 23.249.000,- (OTR
Jakarta).
Honda Sonic 150R Aggresso Matte Black, harga Rp. 23.649.000,-
(OTR Jakarta).
Honda Sonic 150R Energetic Red, harga Rp. 23.249.000,- (OTR
Jakarta).
Honda Sonic 150R Honda Racing Red, harga Rp. 23.649.000,- (OTR
Jakarta).
Harga disetiap daerah tentu berbeda-beda, namun yang pasti motor
ayago besutan Honda ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari
motor dengan fitur terbaru serta tidak ketinggalan zaman dan memiliki performa
mesin sangat bertenaga. Desain Honda Sonic 150R juga masih sangat keren, sehingga
Anda tidak akan menyesal membelinya.
Harga Honda Sonic 150R 2020 memang tidak bisa dikatakan
murah. Meskipun begitu, harga tersebut sebanding dengan semua fitur serta
performa yang dimilikinya.
loading...