Friday 26 June 2020

Review Spesifikasi serta Harga Honda Sonic 150R 2020


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Review Spesifikasi serta Harga Honda Sonic 150R 2020

PT Astra Honda Motor memperkenalkan Honda Sonic 150R dengan tampilan terbaru melalui penyematan stripe yang terlihat semakin agresif dan compact. Tampilan terbaru dari motor light sport ini merupakan jawaban bagi gaya hidup generasi muda terkini.
Honda Sonic 150R hadir menjadi penantang Suzuki Satria F150 yang sama-sama memiliki desain underbone dan mesin 150cc. Persaingan keduanya sangat ketat, dan nyatanya Honda Sonic 150R berhasil mengganggu penjualan Suzuki Satria F150 yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari performa mesin yang dibawanya. Motor besutan Honda ini bisa berlari cepat dengan tenaga dan torsi mengagumkan, sehingga kemampuan akselerasinya bisa menandingi motor sport 150cc.
Honda Sonic 150R merupakan jenis motor yang banyak digemari oleh anak muda karena memiliki bodi yang mungil, motor ini memiliki mesin yang cukup besar dan bertenaga.
Berawal pada tahun 2015, Honda meluncurkan sebuah sepeda motor bernama Honda New Sonic 150R. Motor ini dirancang untuk mengalahkan dominasi Suzuki Satria F150 di pasar motor bebek sport Indonesia.
Honda Sonic 150R, motor ini dimasukan oleh Honda ke dalam varian tipe sport, yang mana motor ini merupakan sebuah upgrade dari versi pendahulunya, yang pernah hilang bagaikan tertelan bumi. Namun seiring berjalannya waktu, honda pun melakukan sebuah inovasi baru, dengan menjadikan motor legenda miliknya menjadi sebuah motor tipe sport modern bergaya sporty.
Sebenarnya Sonic bukanlah motor baru. Jauh sebelum Honda Sonic 150R ini dihadirkan, Honda Indonesia pun pernah memiliki Nova Sonic 125 yang saat itu menjadi trend setter motor ‘ayam jago’ di Indonesia, bersaing dengan Yamaha Tiara S. Honda meluncurkan Nova Sonic 125 pada tahun 2001 yang dahulu dikenal sebagai motor ayam jago dikarenakan memiliki suspensi depan layaknya motor sport.
Bagi yang mengikuti perkembangan otomotif pada era milenium. Motor ayago besutan Honda ini sukses menggebrak pasar sebagai salah satu motor bebek terbaik di Indonesia. Desainnya sangat sporty dan didukung mesin 4 tak yang bertenaga. Namun sayangnya Honda menghentikan produksi motor tersebut pada tahun 2011.
Dan, setelah hampir dua dekade setelah kemunculan Nova Sonic 125, Honda Indonesia pun membuat reinkarnasinya dalam wujud Honda Sonic 150R yang mengusung spesifikasi motor-motor Honda di kelas middle-up sport.
Hadirnya New Sonic 150R langsung disambut positif masyarakat Indonesia. Walaupun penjualannya tidak terlalu besar, namun motor ayago besutan Honda ini tetap banyak peminatnya. Hal ini tak lepas dari desainnya yang sporty dan didukung mesin bertenaga besar yang menjadikan Sonic 150R menjadi salah satu motor bebek terbaik saat ini.
Honda Sonic 150R ini merupakan hasil pembaruan yang tidak mengecewakan karena dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, kita dapat menikmati teknologi terbaru dari Honda.


Masyarakat Indonesia cenderung membeli motor matic atau motor sport yang harganya tidak berbeda jauh. Namun bagi Anda yang tetap cinta motor bebek, maka Honda Sonic 150R merupakan pilihan paling tepat. Terlebih motor ini dilengkapi beragam teknologi baru yang mengoptimalkan performa mesin dan kenyamanan saat mengendarainya. Desainnya juga keren dan cocok untuk kawula muda yang ingin terlihat gaul, khusunya untuk sobat otomotif yang notabennya masih berstatus pelajar atau mahasiswa, dimana masih sangat senang dan suka akan sebuah kecepatan.
Dengan modal mesin yang lebih bertenaga serta nama Honda yang sudah lebih dahulu besar dengan teknologi PGM-FI yang terbukti irit di Indonesia beberapa tahun belakangan tentu Honda Sonic 150R memiliki beberapa keuntungan walau merupakan motor keluaran baru. Beberapa faktor tersebut akan menguntungkan Honda dalam persaingan pasar otomotif di Indonesia, walau seandainya harga Honda Sonic 150R berada sedikit di atas Suzuki Satria F150. Meski menggunakan mesin yang sama-sama berjalan pada ruang pacu 150cc, menurut pembuktian atau uji coba secara nyata, Honda dikatakan lebih unggul dan lebih cepat, ditambah teknologi terkini yang digunakan oleh motor ayago besutan Honda ini, menjadikan performa yang keluar lebih optimal.

Tidak dapat dipungkiri, motor ayago besutan Honda ini memang membawa angin segar di pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Walau memiliki bandrol harga yang lebih mahal sedikit dari Suzuki Satria F150 tentunya hal tersebut sebanding dengan fitur-fitur yang dibawanya serta tenaga yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar dari mesinnya. Honda Sonic 150R ini telah lulus uji EURO3 dengan catatan sekitar 40km untuk satu liter bensin.
Selain menjanjikan akan performa yang tiada lawan dikelasnya, berkat penggunaan teknologi canggih yang digunakannya, membuat Honda Sonic 150R lebih ramah terhadap pemakaian bahan bakar. Handling dan akseslerasi yang cepat, semakin memaksimalkan kinerja dari pada mesin yang dibawa oleh motor ayago besutan Honda ini, dan masih banyak lagi hal yang menarik dari motor tipe sport kelas menengah dari Honda ini.


Honda Sonic 150R Activo Black

Honda Sonic 150R Aggresso Matte Black

Honda Sonic 150R Energetic Red

Honda Sonic 150R Honda Racing Red

Ekspresi gaya khas anak muda tercermin dari fitur pendukung Honda Sonic 150R, termasuk diantaranya shroud berdesain tajam yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah (plug and play). Pengguna bisa memakai atau melepaskannya, sesuai dengan kebutuhan dan gaya dinamis masing-masing.
Marketing Director AHM Thomas Wijaya mengatakan pembaruan grafis pada stripe Honda Sonic 150R yang mengusung desain yang berkesan kencang, compact dan tajam diharapkan dapat memenuhi keinginan generasi muda terhadap motor light sport yang mewakili gaya hidupnya. “Sebagai salah satu motor sport yang diminati anak muda, model ini terus kami perbarui sesuai gaya hidup mereka yang agresif dan dinamis. Didukung fitur serta performa mesin yang mumpuni, New Honda Sonic 150R menyuguhkan paket lengkap di segmennya” kata Thomas.



Desain
Sebuah motor yang membuat tampilannya menarik adalah segi desain, terlebih lagi satu aspek ini menjadi penentu apakah sebuah produk motor tersebut akan laris di pasaran atau tidak. Desain motor ayago atau kepanjangan dari ayam jago merupakan jenis motor bebek istimewa. Pasalnya desain yang diusung tidak menyerupai motor bebek, lebih tepatnya setengah motor bebek dan setengahnya lagi motor sport.


Tampil sporty dengan gaya modern diperlihatkan oleh motor ayago besutan Honda ini. Polesan oleh para desainer honda diatas body dari Honda Sonic 150R menghasilkan lekuk tubuh yang berkarakter, namun halus jika di lihat dari jarak dekat. Mulai dari sisi bagian depan, Honda Sonic 150R memang membuat siapa saja tidak bisa mempalingkan pandangan dari motor ini, apalagi pada bagian head lamp. Honda menggunkan model V-shape dilengkapi dengan lampu halogen dan 2 lampu sein di sisi kanan kirinya, membuat Honda Sonic 150R tampil simple.
Honda Sonic 150R mengaplikasikan desain ramping yang ergonomis, sesuai postur tubuh remaja Indonesia. Tampilan motor ini juga mencerminkan keinginan dan karakter anak muda masa kini dengan desain futuristik dan tajam.
Dari segi desain, Honda Sonic 150R hadir dengan jok yang dibuat bertingkat supaya lebih nyaman saat digunakan berboncengan. Jok belakangnya memang kurang nyaman bagi yang memiliki tubuh besar dikarenakan ukurannya terlalu kecil. Namun bagi yang berpostur ideal, maka hal tersebut bukan menjadi masalah berarti. Sedangkan untuk bagian speedometer juga dibuat full digital dengan lampu indikator minyak pelumas, indikator lampu sein, dan indikator gigi netral.
Konsep futuristik terlihat pada panel dashboard Honda Sonic 150R ini. Panel dashboard motor ayago besutan Honda ini memiliki bentuk trapesium dengan indikator serba digital. Pada panel utama ditempati oleh indikator speedometer digital dan juga trip meter. Pada sisi sebelah kiri, panel dashboard Honda Sonic 150R di isi oleh indikator bahan bakar yang berbentuk tegak. Sedangkan indikator gigi netral, lampu sein dan lampu utama serta indikator minyak pelumas tertata rapi di bagian atas.
Kemudian, penempatan ruang kunci atau key shutter pada motor ini mengambil tempat di bawah panel dashboardnya, tepat di tengah-tengah. Meski kesan kaku juga nampak pada spesifikasi Honda Sonic 150R bagian dashboard, namun indikator-indikator yang ada tetap user friendly dan pastinya fungsional.
Desain Honda Sonic 150R ini mengangkat tema futuristic light sport. Sekilas, bagian desain bodi motor ayago besutan Honda ini memang terlihat kaku. Hal ini bisa dilihat dari headlamp berbentuk ‘V’. Namun, justru itulah yang menguatkan image Honda Sonic 150R sebagai motor bebek sport yang fituristik.
Pabrikan Honda juga menambahkan fairing dibagian tengah, yang menutup seluruh bagian hingga sampai dengan sisi mesin, kemudian ditarik meruncing kebagian belakang, dengan konsep seperti ini menjadikan Honda Sonic 150R sangat terkesan sporty. Tidak lupa pula dibagian buritan juga tampak sebuah behel menempel, untuk memudahkan pengguna ketika akan mengangkatnya.
Desain Honda Sonic 150R yang sporty membuatnya menjadi salah satu motor bebek terbaik di Indonesia. Pada bagian depan motor besutan Honda ini juga terpasang Headlight LED yang memiliki desain sporty dan dibuat meruncing dengan sudut tajam. Teknologi lampu LED ini akan menghasilkan cahaya yang terang namun tak menyilaukan kendaraan dari lawan arah. Lampu tersebut juga terintegrasi dengan lampu senja untuk penerangan lebih baik di segala kondisi.
Pada sisi samping, bodi Honda Sonic 150R ini juga nampak sytylish dengan semacam ‘undakan’ yang memisahkan bodi dengan cover mesinnya. Motor ayago besutan Honda ini juga memiliki desain half fairing berkonsep tegas dan modern yang menutup mesinnya.
Begitu pula dengan bagian belakang yang memiliki desain tajam dan stylish, serta bodi yang ramping. Buritan Honda Sonic 150R mengusung desain lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein, berpadu dengan back tail yang berbentuk lancip.
Untuk menambah kesan sporty, Honda Sonic 150R dilengkapi Undercowl yang memiliki desain sporty dan fungsional. Sebenarnya fungsi utama Undercowl tersebut adalah melindungi mesin dari kerikil dan kotoran, keseluruhan bodi motor ayago besutan Honda ini dibalut striping yang atraktif khas Honda.
Tersedia starter bertipe pedal dan electric untuk menghidupkan mesin. Motor ayago besutan Honda ini menjadi penantang utama dari Suzuki Satria, motor keluaran pabrikan Suzuki ini telah menguasai pasar motor ayago sudah sangat lama. Kedua motor ayago Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria pada dasarnya memiliki desain yang sama. Hal ini bisa Anda lihat dari sisi manapun pasti akan terlihat sama.
Honda Sonic 150R dihadirkan dengan kesan sporty dan ramping menjadikan motor ayago besutan Honda ini sangat lincah digunakan berkendara. Apalagi secara keseluruhan fitur yang ada pada Honda Sonic 150R ditopang oleh fitur yang kekinian. Dengan adanya fitur ini tentu pengalaman berkendara semakin menantang.

Dimensi
Dengan desain yang ramping dan sporty menjadikan motor ayago Honda Sonic 150R lincah digunakan. Sehingga sangat cocok untuk digunakan berkendara pada kehidupan urban seperti sekarang ini. Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena Honda Sonic 150R mempunyai panjang 1.941mm, lebar 669mm, dan tinggi 977mm. Sedangkan jarak antara sumbu roda depan sampai roda belakang berukuran 1.275 mm.


Honda Sonic 150R memiliki bobot yang memang cukup ringan, yaitu 114 kg. Berat motor yang ringan ini juga dipengaruhi oleh material rangka Twin Parimeter Frame yang digunakan. Rangka tipe perimeter frame tersebut merupakan material yang ringan namun sangat kokoh. Hal ini akan meningkatkan kemampuan handling dan manuvernya. Sudah jelas bahwa Honda Sonic 150R akan nyaman digunakan.
Kerangka jenis Twin Perimeter Frame, membuat Honda Sonic 150R terlihat ramping dan lincah. Meski jenis rangka ini memiliki diameter yang tidak terlalu lebar, atau bisa dikatakan mungil, namun rangka ini dapat menopang keseluruhan komponen yang dibekalkan pada dirinya. Penggunaan rangka Twin Perimeter Frame juga menjadikan pengguna lebih mudah untuk mengendarai motor tipe sport terbaru dari Honda ini, karena membuat posisi duduk sedikit lebih tegak dan tidak telalu membungkuk.
Bobot yang tergolong sangat ringan tentunya akan semakin meningkatkan kemampuan akselerasi Honda Sonic 150R. Terlebih motor ayago besutan Honda ini mengadopsi stang model jepit yang membuat posisi berkendara terlihat lebih sporty. Namun untuk perjalanan jauh, stang model jepit mungkin akan terasa lebih cepat melelahkan dibandingkan stang model standar. Untungnya motor ayago besutan Honda ini memiliki stang kemudi yang posisinya cukup tinggi.
Honda Sonic 150R memiliki tinggi tempat duduknya berjarak 762 mm, sehingga cukup nyaman untuk ukuran rata-rata masyarakat Indonesia yang memiliki tinggi badan dibawah 170cm. Dan, tangki bahan bakar motor ayago besutan Honda ini berkapasitas 4 Liter.
Secara fisik, motor ayago besutan Honda ini memang sangat cocok untuk kehidupan urban masa kini. Bodinya yang ramping namun tangguh pasti akan sangat cocok digunakan untuk melaju di jalanan yang ramai. Dimensi yang diusungnya menjadikan motor ayago besutan Honda ini mudah dikendalikan, baik saat lambat ataupun ketika melaju kencang.

Mesin dan performa
Mesin bertenaga besar diimbangi dengan konsumsi bahan bakar sangat irit. Pabrikan Honda mengklaim menggunakan teknologi MotoGP untuk merancang mesin Sonic 150R. Hasilnya, mesin Honda Sonic 150R semakin responsif dan bertenaga.


Motor ayago memang identik dengan motor balap yang memiliki spesifikasi mesin handal. Hal ini berlaku pula pada Honda Sonic 150R. Pabrikan Honda membekalinya dengan mesin yang mumpuni serta tangguh. Karena sudah ditopang dengan mesin berkapasitas 150cc. Sedangkan untuk urusan tipe mesin, motor ayago besutan Honda ini menggunakan mesin bertipe 4-langkah, DOHC, 4-katup yang diadopsi dari mesin balap kelas dunia Honda.
Mesin Honda Sonic 150R disempurnakan oleh sistem pendingin cairan dengan kipas otomatis yang akan menyala secara otomatis di suhu 130 derajat. Alhasil performa mesin tetap optimal dan suhu mesin selalu terjaga.
Mesin Honda Sonic 150R memiliki kapasitas sebesar 149.16cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11.8 Kw pada 9.000 rpm. Sedangkan torsi maksimal yang dapat dicapai sebesar 13.5 Nm pada 6.500 rpm. Mesin, tenaga, dan torsi sudah mumpuni untuk sekelas motor ayago. Namun tidak hanya itu, Honda Sonic 150R menggunakan 6 percepatan dengan pola perpindahan gigi (1-N-2-3-4-5-6) yang tentunya semakin menunjang kehandalan motor ini.
Motor ayago besutan Honda ini memiliki rasio kompresi sebesar 11.3:1 dan mesin tersebut mampu membuat Sonic 150R melesat cepat mengalahkan motor bebek sekelasnya. Performa motor ini bisa disamakan dengan motor sport sekelas Yamaha Vixion atau Honda CB150R StreetFire yang notabennya dibanderol lebih mahal dari harga Honda Sonic 150R.
Tidak ketinggalan, pabrikan Honda membekali motor ayagonya ini dengan teknologi PGM-FI yang akan memaksimalkan sistem pembakaran Honda Sonic 150R, sehingga konsumsi bahan bakar semakin irit dan ramah lingkungan. Pabrikan juga membekali Honda Sonic 150R dengan muffler yang mampu menghasilkan suara nyaring namun tidak akan mengurangi tenaganya.
Pabrikan mengklaim bahwa Honda Sonic 150R mampu melibas jarak 0-200 meter dengan catatan waktu 10,6 detik saja, dengan kecepatan maksimal 124,1 km/jam. Hal ini lah yang membuat Honda Sonic 150R diklaim memiliki karakter mesin yang gahar pada putaran bawah karena kompresinya cukup besar.

Suspensi dan kaki-kaki
Suspensi merupakan faktor yang menentukan nyaman atau tidaknya sebuah motor saat dikendarai. Suspensi akan berperan besar saat berkendara di jalanan yang tidak rata. Karena onderdil yang satu ini akan meredam benturan yang ada antara ban dengan medan.


Pabrikan Honda membekali Sonic 150R dengan suspensi yang cukup menjanjikan. Hal ini karena motor ayago besutan Honda ini sudah menggunakan suspensi telescopic untuk suspensi depannya, yang akan memberikan kenyamanan dan handling mantap pada pengendaranya. Lalu untuk suspensi belakang menggunakan suspensi monoshock yang dikombinasikan dengan lengan ayun adaptasi dari Honda CB150R Streetfire untuk mengoptimalkan peredaman dan meningkatkan kelincahaan saat bermanuver.
Honda Sonic 150R menggunakan rem cakram di kedua rodanya yang otomatis akan mengoptimalkan performa pengereman di segala kondisi. Cakram hidrolik pada motor ayago besutan Honda ini akan memberikan cengkeraman kuat saat motor berhenti secara mendadak. Selain itu, tersedia pula velg sporty dengan balutan ban tubeless. Pada bagian depan terpasang ban berukuran 70/90-17 38P dan belakang 80/90-17 50P.


Motor ayago memang merupakan jenis motor yang jarang di Indonesia. Yang paling terkenal sebelum kedatangan Honda Sonic 150R adalah Suzuki Satria. Pabrikan Honda menghadirkan Sonic 150R dalam dua varian berbeda, yakni Honda Sonic 150R Standar dan Honda Sonic 150R Special Edition. Perbedaan keduanya terletak pada warnanya, karena untuk tipe Special Edition dibalut warna Racing Red. Alhasil harga Honda Sonic 150R Special Edition dibanderol lebih mahal dengan selisih mencapai 400 Ribu Rupiah.
Tersedia empat pilihan warna yang secara tak langsung mempengaruhi harga Honda Sonic 150R 2020. Keempat varian tersebuat adalah :
Honda Sonic 150R Activo Black, harga Rp. 23.249.000,- (OTR Jakarta).
Honda Sonic 150R Aggresso Matte Black, harga Rp. 23.649.000,- (OTR Jakarta).
Honda Sonic 150R Energetic Red, harga Rp. 23.249.000,- (OTR Jakarta).
Honda Sonic 150R Honda Racing Red, harga Rp. 23.649.000,- (OTR Jakarta).
Harga disetiap daerah tentu berbeda-beda, namun yang pasti motor ayago besutan Honda ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari motor dengan fitur terbaru serta tidak ketinggalan zaman dan memiliki performa mesin sangat bertenaga. Desain Honda Sonic 150R juga masih sangat keren, sehingga Anda tidak akan menyesal membelinya.
Harga Honda Sonic 150R 2020 memang tidak bisa dikatakan murah. Meskipun begitu, harga tersebut sebanding dengan semua fitur serta performa yang dimilikinya.

pasang iklan disini




loading...