Friday 26 June 2020

Berbagi Tips : Cara Praktis Make Up Area Mata


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Praktis Make Up Area Mata

Saat memulas make up, area mata merupakan salah satu bagian yang sangat perlu untuk diperhatikan. Karena mata merupakan area yang bisa mempengaruhi penilaian orang lain terhadap penampilan kita.
Rutinitas Anda dalam merawat kesehatan mata akan kelihatan hasilnya. Karena, eye makeup terbaik  akan lebih mudah dihasilkan di atas mata yang sehat. Selain itu, perbedaan bentuk mata juga mempengaruhi eye makeup yang Anda terapkan. Contohnya, mata yang berkelopak kecil lain cara menorehkan eyeliner dibanding mereka yang berkelopak mata besar. Jadi, mengetahui bentuk mata juga menjadi kunci dalam mewujudkan eye makeup terbaik.

Ada orang yang bilang, mata adalah jendela jiwa. Suka atau tidaknya Anda dengan make up, riasan mata adalah salah satu bagian makeup yang bersifat krusial. Eye make up bisa mempercantik seseorang tapi, jika riasan mata diaplikasikan dengan salah juga bisa membuat si pemakai terlihat kurang tidur.
Merias mata memang bukan hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan pengalaman dan kejelian untuk mengaplikasikan eyeliner, eye shadow hingga pemakaian eye brow supaya menghasilkan riasan mata yang menakjubkan. Bisa dikatakan makeup area mata merupakan yang paling tricky. Salah satu teknik yang perlu effort dan butuh kemampuan spesial.


Riasan mata bisa menentukan seberapa dramatis atau sebaliknya, seberapa natural penampilan Anda. Penggunaan riasan mata yang benar adalah kemampuan yang bermanfaat untuk membuat kesan khusus serta membuat Anda merasa cantik.
Untuk menghasilkan riasan mata yang sempurna, Anda diharuskan mengikuti step by step supaya menghasilkan riasan yang rapi dan bagus. Ada beberapa teknik yang perlu diterapkan untuk mendapatkan standar riasan mata yang cantik, entah Anda ingin mencoba natural look, smokey eyes dan sebagainya. Dan, dibawah ini merupakan tips praktis untuk make up area mata yang bisa Anda terapkan.

Bersihkan wajah
Mulailah merias area mata ketika wajah Anda sudah bersih. Bersihkan wajah Anda dengan pembersih yang lembut sebelum mulai merias. Berikan perhatian khusus pada residu maskara ataupun eyeliner. Anda bisa saja mencuci wajah menggunakan pembersih wajah yang lembut atau dengan menggunakan make up remover terutama pada bagian eyeliner dan mascara.


Jika tidak punya make up remover, coba gunakan air dingin atau lotion dengan bola kapas, gosokkan dengan gerakan memutar yang lembut di sekitar mata.

Aplikasikan pelembab
Jika kulit Anda kering di sekitar mata atau sedang mengalami eksim, Anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan pelembab biasa atau krim mata.


Oleskan pelembap secara lembut dan merata di bawah mata Anda, serta di antara sudut luar mata dan pelipis Anda. Jangan mengoleskan pelembap pada kelopak mata, karena akan membuatnya lengket, berminyak dan riasan yang Anda berikan pada bagian tersebut menjadi luntur.

Gunakan primer
Primer atau dasar riasan berfungsi untuk menghaluskan kulit dan memberikan dasar bagi riasan Anda selanjutnya. Jika Anda akan menggunakan primer, oleskan ke seluruh bagian kelopak mata hingga ke tulang alis.


Jangan terlalu menekan mata karena bisa mengakibatkan mata cepat terlihat tua. Gunakan jari manis atau kelingking yang tekanannya lebih lembut untuk mengoleskan atau menepuk-nepuknya dengan lembut . Primer atau dasar akan menghaluskan kulit Anda dan membuat riasan mata menempel lebih lama.

Ratakan warna kulit di sekitar mata
Oleskan concealer untuk menutupi lingkaran gelap di bawah mata hingga area pertemuan mata dengan hidung. Biarkan sampai meresap selama 1-2 menit . Gunakan jari atau kuas concealer untuk mencampurkan riasan ke tulang pipi dan hidung Anda. Akhiri dengan menyapukan bedak tabur sesuai warna kulit Anda dan berikan juga sedikit bedak pada kelopak mata Anda.


Bedak sebagai riasan wajah juga berfungsi untuk mendukung riasan mata supaya menempel sempurna serta bisa menutupi lingkaran gelap atau mata panda. Sentuhan akhir bedak setelah concealer akan membuat mata Anda terlihat muda dan cerah.
Untuk mengetahui concealer yang bagus adalah dengan mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya. Ada beberapa toko kosmetik dimana Anda bisa menguji sampelnya terlebih dahulu. Aplikasikan concealer pada pergelangan tangan Anda, gosok dengan lembut. Pilih concealer yang hasil akhirnya bisa menutup bayangan pembuluh darah Anda.

Gunakan eyeshadow
Anda bisa menggunakan satu, atau beberapa warna. Balurkan menggunakan kuas ke arah atas dan tipis-tipis supaya hasilnya natural. Dan, berikut ini adalah pilihan tiga warna dasar eyeshadow.
-Oleskan warna medium pada kelopak mata Anda.
Kelopak mata adalah daerah antara bulu mata hingga cekungan antara kelopak mata dan tulang alis Anda. Pilih warna pink medium, coklat muda, coklat terang, atau warna medium lainnya untuk bagian ini.
Terdapat banyak teknik membingkai kelopak mata yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis kelopak dan riasan Anda.
-Oleskan warna terang pada tulang alis Anda.
Sebagian besar orang memiliki area pada tulang alis yang terletak tepat di bawah alis mata. Sorot daerah ini dengan membuatnya lebih terang menggunakan warna putih mutiara, metalik, emas terang, atau warna lain yang sesuai dengan warna kelopak mata Anda.
-Oleskan warna gelap pada cekungan antara kelopak dan tulang alis Anda.
Gunakan goresan ringan untuk memberikan sedikit warna yang lebih gelap pada bagian ini. Mulai dari sudut terluar mata dan ikuti lekukannya hingga sudut bagian dalam mata. Coba gunakan warna violet, coklat atau warna gelap lain yang sesuai dengan dua warna lain yang Anda gunakan sebelumnya.
Menciptakan warna transisi dengan menggunakan eyeshadow berwarna coklat gelap pada lipatan kelopak mata akan sangat serta mampu menambah definisi pada mata Anda. Sedangkan warna gelap, semisal coklat atau ungu dapat Anda terapkan pada sudut luar mata Anda.Dan, pastikan semua nuansa bercampur dengan baik.


Pengaplikasian eyeshadow warna natural dengan sedikit kilau pada kelopak mata juga akan membuat penampilan make up Anda tampak lebih maksimal.
Pengaplikasian eyeshadow matte atau mengkilap di bawah alis juga akan memberi efek highlight pada alis terlihat lebih tajam. Riasan yang ditujukan pada area tulang alis bermanfaat untuk memberikan kesan mata lebih terbuka.
Pengaplikasian sedikit shimmer akan mampu menambah dimensi dalam seluruh tampilan tanpa terlihat terlalu berlebihan.
Teknik menerapkan highlight di sudut dalam mata mungkin terkesan menor, namun sebenarnya mata Anda akan nampak lebih bening, lebar dan hidup. Bila perlu, berikan highlight atau shimmering pada tulang mata di bawah alis.
Pengaplikasian eyeshadow yang memiliki pigmen tinggi selain mudah diaplikasikan juga terlihat lebih cantik di mata. Eyeshadow berpigmen tinggi yang diterapkan dengan kuas yang cocok pasti akan mempermudah proses mewujudkan eye makeup yang sempurna.
Jika Anda menggunakan lebih dari satu warna eyeshadow, gunakan jari atau kuas untuk mencampurkan warna-warna tersebut. Sehingga tampak lebih alami dan menyatu. Sedangkan untuk membuat lid atau lipatan di antara tulang alis dan kelopak mata, sebaiknya pilih eyeshadow yang lebih gelap. Bubuhkan dengan jari telunjuk di sisi kanan dan kiri sepanjang rongga mata. Hal ini bertujuan untuk membentuk dimensi pada mata Anda. Namun, untuk kelopak mata kecil siasati dengan dengan membuat lid bayangan. Sehingga saat Anda membuka mata, lipatan itu akan terlihat.
Berbagai jenis kuas mata bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan riasan yang sempurna, di antaranya aplikator dan kuas untuk blending warna. Dengan menggunakan aplikator yang tepat, hasil riasan mata Anda akan membaur sempurna.
Anda juga dapat memanfaatkan plaster untuk menciptakan tampilan eyeshadow yang lebih rapi. Caranya;  aplikasikan plaster pada ujung mata ke ujung alis, lalu gunakan eyeshadow seperti biasa. Teknik ini akan membuat Anda tahu batas membaurkan eyeshadow supaya seimbang kanan dan kiri. Jika tertarik mencoba teknik ini, pastikan untuk menggunakan plaster yang mudah dilepas. Untuk menghasilkan riasan mata yang cantik, pastikan Anda memilih produk eyeshadow dengan kualitas yang baik. Mulai dari segi pigmentasi yang baik, tekstur yang mudah dibaurkan, tahan lama, hingga pilihan warna yang tergolong bersahabat bagi pemula.

Gunakan eyeliner
Anda juga bisa berkreasi dengan eyeliner warna-warni di bagian kelopak mata. Sedangkan untuk sudut mata bagian luar, terapkan eyeliner yang lebih tajam membentuk huruf V. Anda juga bisa membentuknya seperti huruf C untuk menghasilkan efek lebih lembut. Eyeliner bersayap dapat membuat mata Anda lebih hidup dan memberikan tampilan berkelas dan elegan.


Anda bisa menggunakan eyeliner cair, pensil atau eyeshadow basah dengan sikat eyeliner untuk membentuk garis mata Anda. Apapun yang Anda pilih, oleskan pada garis bulu mata atas Anda dengan gerakan tertentu seperti saat menggambar sebuah garis putus-putus. Ulangi dan isi bagian yang belum Anda gambar dengan gerakan yang sama. Untuk membuat efek dramatis, gambar garis pada bulu mata bawah Anda juga.
Anda juga bisa menambahkan tepi bagian dalam mata dengan eyeliner hitam untuk menghasilkan smokey eyes. Atau tambahkan eyeliner putih untuk membuat tampilan mata terlihat besar dan terjaga.
Cara menggunakan eyeliner yang perlu Anda perhatikan adalah; buat garis lurus tepat di atas garis mata. Kemudian, Anda bisa menggambarnya. Namun ingat, makin ke ujung Anda bisa membuat eyeliner makin tipis atau membentuk garis runcing.
Menggambar winged liner yang rapi dan presisi memang cukup sulit. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada trik yang bisa Anda coba. Cukup dengan membuat draft terlebih dahulu menggunakan pensil eyeliner. Selain lebih mudah untuk dikontrol, pensil eyeliner juga lebih mudah dibersihkan seandainya ada kesalahan. Jika sudah terlihat sempurna, Anda bisa menebalkannya menggunakan eyeliner pen yang memiliki warna intens dengan ujung kuas yang tipis dan fleksibel.
Bereksperimen dengan eyeliner warna nude juga tidak ada salahnya. Meski warnanya terlihat samar di kulit, eyeliner ini dapat membuat tampilan mata menjadi lebih cantik. Eyeliner nude dapat digunakan pada waterline untuk memberikan kesan mata yang lebih terbuka, tetapi tetap natural. Selain itu, warna ini juga bisa digunakan sebagai eyeshadow base dan sebagai highlighter untuk area inner corner.

Lentikkan bulu mata
Gunakan pelentik bulu mata untuk menjepit bulu mata atas. Pegang jepitan selama sekitar 5 detik. Untuk melakukan ini dengan mudah, tutup sebagian mata Anda. Ingatlah, selalu lentikkan bulu mata Anda sebelum menggunakan maskara, jangan setelahnya.


Jika Anda ingin bulu mata yang terlihat lebih panjang dan lebih lengkap, tanpa penggunaan bulu mata palsu, Anda dapat melakukan cara dengan memanaskan penjepit bulu mata selama sekitar 5 detik di setiap sisi dari curler dengan pengering rambut (jangan sampai terlalu panas yang bisa membakar bulu mata Anda). Cara alami ini lebih baik diterapkan jika tidak ingin membeli bulu mata palsu atau extensi.

Oleskan maskara
Bulu mata merupakan area yang penting, karena bisa membuat mata Anda semakin bersinar. Penggunaan maskara juga bertujuan untuk membuat mata terlihat lebih segar.


Terdapat banyak merek dan formula maskara yang berbeda-beda fungsinya, mulai dari menambah volume, panjang dan ketajaman warna. Cari produk yang Anda sukai. Mulai pada bagian dasar bulu mata Anda, dan sedikit demi sedikit sapukan ke atas. Untuk efek yang lebih dramatis, gunakan maskara untuk bulu mata bawah Anda juga. Jika Anda ingin memberikan beberapa lapisan maskara, lakukanlah saat lapisan yang pertama belum kering. Mengoleskan lapisan tambahan saat lapisan sebelumnya sudah kering akan membuat maskara Anda menggumpal.
Untuk dapat menampilkan bulu mata yang memberi kesan panjang, Anda dapat menggunakan jenis lengthening mascara. Jenis maskara ini biasanya mengandung plastic polymers yang akan menempel di ujung bulu mata sehingga bulu mata tampak panjang.
Secara formula, maskara yang ditawarkan oleh produsen kosmetik ada dua yaitu; non water proof mascara dan water proof mascara. Non water proof mascara mengandung formula yang tidak tahan air dan mudah luntur. Keuntungan nya mudah dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Water proof mascara mengandung formula tahan air, untuk menghapusnya dapat digunakan eye make-up remover atau baby oil.
Tekstur produk maskara yang kental juga akan lebih mudah menempel pada bulu mata dan cepat mongering. Maskara yang terlalu cair dan pengeringannya lama akan mengakibatkan bulu mata yang sudah lentik menjadi lurus kembali.
Maskara dapat berfungsi pula untuk menyatukan bulu mata asli dengan bulu mata palsu, sehingga  penampilannya akan terlihat alami.
Selain dari jenisnya, cara mengaplikasikan maskara juga dapat mempengaruhi tampilan akhir bulu mata. Untuk tampilan bulu mata yang lebih bervolume, Anda bisa memegang wand secara horizontal lalu aplikasikan dengan cara wiggling dari arah akar ke ujung bulu mata. Untuk Anda yang menginginkan tampilan natural dengan bulu mata yang lebih panjang, pegang wand secara vertikal dan aplikasikan ujung maskara ke bulu mata Anda. Cara ini juga cocok untuk mengaplikasikan maskara pada bulu mata bawah.

Bentuk alis
Alis merupakan bagian wajah yang amat penting dalam rias wajah, karena baik bentuk maupun posisi alis sangat mempengaruhi ekspresi wajah. Bentuk alis mata yang baik akan mempengaruhi kecantikan wajah. Keaslian lengkung atau pertumbuhan dari alis mata mengikuti susunan pertulangan atau garis curve dari orbit.


Alis mata yang sempurna memberikan bingkai yang sangat baik supaya wajah lebih cantik. Namun tidak semua perempuan memiliki bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajahnya.
Bila Anda tidak mau mencukurnya, bisa dibentuk dengan pensil alis. Untuk menggambar alis mata supaya terlihat rapi, gunakan pensil alis yang tidak terlalu keras atau terlalu lunak. Dan, jika warna hitam terlalu mencolok, Anda bisa mengaplikasikan pensil alis berwarna kecoklatan untuk kesan lebih natural.
Anda dapat membentuk alis dengan pensil alis atau bisa menggunakan bubuk eyeshadow. Penggunaan pewarna alis berbentuk bubuk dengan tekstur sedikit creamy akan membuat penampilan alis mata lebih natural. Sesuaikan warnanya dengan warna asli bulu alis. Pilihlah warna satu tingkat lebih terang dari warna bulu alis mata supaya riasan wajah tidak terkesan keras.
Hal yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah bentuk asli dari alis Anda, lalu rapikan dengan sikat alis. Anda dapat merapikan bulu-bulu alis mata yang tumbuh tidak beraturan, dengan cara mencabut atau mencukurnya. Kemudian, bersihkan area alis mata dengan cotton bud yang telah dibasahi dengan sedikit toner.
Membentuk alis mata dalam tata rias dimulai dari sudut mata bagian dalam. Penentuan puncak alis dan ujung alis yang dilakukan dengan cara :
-Menentukan panjang alis mata, dilakukan dengan menarik garis diagonal dari cuping hidung  ke arah ujung luar alis melalui sudut  mata luar.
-Menentukan ketinggian puncak alis dilakukan dengan cara menarik garis lurus dari bola mata luar ke arah alis.
-Menentukan pangkal alis, dilakukan dengan menarik garis tegak lurus, mulai dari ujung dalam mata ke arah pangkal di mana alis berada.


Lalu, pada alis bagian bawah, tentukan titik awal, titik puncak dan ekor alis, lalu tarik garis menggunakan pensil alis warna coklat. Ulangi untuk alis bagian atas, tentukan titik awal, titik puncak dan ekor, lalu tarik garis dengan pensil alis warna coklat juga. Kalau sudah terbentuk, pulas bagian dalam alis menggunakan pensil warna coklat. Kemudian, tebalkan dengan menggunakan pensil warna hitam.
Setelah alis selesai digambar dengan pensil, selanjutnya sikat bulu alis mata ke arah atas, gunakan sikat maskara yang telah disemprot dengan hair spray. Alis yang terbentuk dengan baik akan langsung meningkatkan kesan setiap riasan mata lebih memukau.


Anda juga disarankan untuk mempelajari cara menggunakan riasan pada mata tanpa lipatan, tata rias mata dapat menghasilkan sebuah riasan yang memberi kesan memperkuat mata dan membuatnya tampak lebih besar. Dan, untuk hasil yang lebih halus serta dramatis dapat Anda lakukan dengan membersihkan area sekitar mata. Gunakan concealer di bawah mata Anda. Dengan menggunakan concealer ini, akan didapatkan efek riasan yang rapi dan wajah yang cerah, aplikasikan tipis dan baurkan ke seluruh bagian yang diperlukan.
Penerapan eyeliner putih di bagian dalam mata dapat menciptakan efek mata yang tampak lebih besar. Namun, hindari supaya riasan tidak masuk ke mata Anda.
Jika riasan mata Anda tebal, gunakan riasan ringan untuk bibir Anda, dan sebaliknya jika riasan mata Anda ringan, gunakan riasan tebal untuk bibir Anda. Melatih diri dalam menerapkan beberapa teknik riasan khusus dapat menjadikan Anda puas dengan hasil yang tercipta. Belajarlah secara perlahan-lahan, tidak perlu terburu-buru. Atau Anda akan mengorbankan kualitas hasil riasan Anda, juga membuat lebih banyak kesalahan sehingga Anda harus mengulanginya lagi.
Bentuk alis yang baik juga akan membantu mempercantik riasan mata yang Anda terapkan. Pertimbangkan untuk memiliki set kuas riasan mata supaya lebih mudah menggunakannya.
Jika Anda tidak ingin menggunakan maskara dan melentikkan bulu mata, Anda bisa menggunakan bulu mata palsu.
Menggambar pada garis mata dengan liner pensil hitam akan membuat bulu mata Anda secara alami tampak lebih tebal. Menggambar garis mata dengan liner pensil warna kulit akan membuat mata Anda tampak lebih cerah secara alami. Latihlah kemampuan merias mata supaya mampu menciptakan penampilan yang lebih sempurna. Anda mungkin tidak akan bisa mendapatkan riasan sempurna pada percobaan pertama. Dan, jangan lupa untuk membersihkan riasan mata Anda sebelum tidur.
Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.
Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.
Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



pasang iklan disini




loading...