Friday 26 October 2018

Manfaat Senyawa Organik Asam Fulvat bagi Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
        Manfaat Senyawa Organik Asam Fulvat bagi Tanaman

Asam fulvat (fulvic acid) adalah salah satu dari tiga komponen yang membentuk zat humat.

Asam fulvat, adalah keluarga asam organik, senyawa alami, komponen humus, yang merupakan sebagian kecil dari bahan organik tanah.

Asam fulvat adalah zat organik yang memiliki struktur molekul kompleks dengan berat molekul tinggi (makromolekul atau polimer organik) yang mengandung gugus aktif. Berbeda dengan asam Humat, Asam Fulvat memiliki rantai polimer lebih pendek, mengandung unsur oksigen lebih banyak, dan dapat larut dalam semua rentang pH sehingga bersifat lebih reaktif.

Asam fulvat mendapatkan namanya dari kata Latin “fulvus” yang berarti kuning, yang menggambarkan warnanya. Sama dengan zat humat lain, asam fulvat berasal dari tanaman yang membusuk.

Asam fulvat berbeda dengan zat organik yang terkandung dalam bahan organik lain seperti kompos dan pupuk kandang yang umumnya berupa zat organik yang mudah terurai oleh mikroba tanah dan akhirnya akan habis.

Asam fulvat mengandung struktur aromatik dan alifatik dan sebagian besar telah disubstitusi oleh oksigen yang mengandung gugus fungsional. asam fulvat memiliki 1000-5000 g/mol, berwarna terang, larut dalam seluruh daerah pH, dan sangat rentan terhadap serangan mikroba. Asam fulvat mengandung 45% C; 5,4% H; 2,1% N; 1,9% S; 44,8% O.

Asam ini memiliki berbagai kegunaan, termasuk untuk pertanian dan suplemen makanan. Pada pertanian asam fulvat digunakan untuk meranyuburkan lahan dan merangsang pertumbuhan tanaman. Senyawa ini mampu mendukung dan memperbaiki struktur tanah serta membantu tanah mempertahankan kelembaban dan mendukung aerasi akar. Asam fulvat juga membantu menyediakan nutrisi penting bagi tanaman seperti kalium, magnesium, dan sulfur.

Selain menguatkan struktur tanah, asam ini meningkatkan pula permeabilitas membran tanaman yang pada akhirnya memperlancar fotosintesis serta ventilasi, yang berarti membantu pertumbuhan tanaman. Peningkatan permeabilitas juga meningkatkan penyerapan air dan transportasi nutrisi tumbuhan.

Asam fulvat merupakan salah satu hasil ekstraksi dari humus yang sangat potensial dikembangkan sebagai pupuk suplemen untuk memacu pertumbuhan tanaman. Asam fulvat dari bahan organik yang ditambahkan pada tanah mampu memperbaiki ketersediaan fosfat dengan menurunkan jerapan fosfat. Asam fulvat ternyata berperan sangat nyata baik pada pelepasan P-terjerap maupun ketersediaan P yang lebih besar dibanding asam humat.

Asam fulvat berhubungan dengan perannya dalam memperbaiki kondisi tanah dan pertumbuhan tanaman adalah Kapasitas Tukar Kation (Cation Exchange Capacity) yang tinggi, memiliki kemampuan mengikat air (Water Holding Capacity) yang besar, memiliki sifat adsorpsi, sebagai zat pengompleks (Chelating/Complexing Agent), dan kemampuan untuk mengikat (fiksasi) polutan dalam tanah.

Sifat penting asam fulvat:
-Memiliki kemampuan mengikat air sangat besar.
-Kapasitas tukar kaiton sangat tinggi.
-Sebagai zat pengompleks.
-Memiliki sifat absorpsi.
-Memiliki kemampuan mengikat polutan dalam tanah.

Manfaat asam fulvat:
-Membantu aktifitas kimia seperti memproduksi enzim, struktur hormon serta kebutuhan dalam penggunaan vitamin.
-Mampu meningkatkan pertumbuhan.
-Memperbaiki kesuburan tanah.
-Mampu menyerap logam berat dan racun polutan.
-Dapat membantu untuk mengimbangi ketidak seimbangan sel.
-Aplikasi asam fulvat mampu memperbaiki pertumbuhan tanaman dengan meningkatkan  tinggi  tanaman, jumlah anakan, dan bobot kering.

Peran asam fulvat:
-Sebagai pelarut TSP/ SP36.
-Memiliki peran untuk melarutkan sisa pupuk kimia yang ada didalam tanah sehinga tanah akan gembur kembali.
-Menciptakan lingkungan tanah yang ideal demi perkembangbiakan mikororganisme yangbergnua bagi kesuburan dari tanah.
-Dapat membantu untuk menstabilkan pH tanah.
-Mengatur penyaluran dan pergerakan unsur hara dari dalam tanah.
-Meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki lahan kritis.
-Meningkatklan kualitas dan juga produktivitas dalam sektor perkebunan, pertanian, hingga kehutanan.
-Dapat mengurangi penggunaan pupuk sintetis kimia, sehingga dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Dengan keunggulan sifat-sifat yang dimiliki tersebut, Asam fulvat dapat dipergunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman pada sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan, untuk meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki sifat fisika-kimia pada lahan kritis dan dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik sehingga dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan.



Pemupukan merupakan salah satu program intensifikasi yang  cukup penting dalam upaya menunjang peningkatan produktivitas lahan dan tanaman. Rendahnya kemampuan petani untuk menggunakan pupuk, baik pupuk anorganik (pupuk buatan) maupun  organik  (pupuk kandang) menyebabkan adanya kecenderungan penurunan produktivitas lahan akibat rendahnya input  (aplikasi pemupukan) dan tingginya output (pengurasan hara bersama hasil panenan) dari dalam tanah.



beli sekarang

*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...