Tuesday 24 September 2019

Berbagi Tips : Berbagai ragam Manfaat Jeruk untuk Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Manfaat Jeruk untuk Kecantikan

Jeruk menjadi salah satu buah favorit di banyak keluarga yang sering hadir di meja sebagai makanan pencuci mulut. Buah jeruk banyak disukai orang sebagai booster vitamin C dan menjaga kekebalan tubuh. Namun, selain bermanfaat bagi kesehatan, kandungan jeruk lainnya ternyata bisa memberi manfaat bagi kulit Anda supaya senantiasa cerah dan terawat. Rasanya yang manis serta agak asam memberikan sensasi segar dan nyaris tak pernah membosankan lidah. Buah ini dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Jeruk memiliki warna dan tekstur yang menarik, buah ini memberikan manfaat tidak hanya untuk tubuh, tetapi juga kulit. Dalam hal gizi, selain memiliki rasa yang manis, jeruk banyak mengandung Vitamin C yang kaya akan antioksidan yang diketahui dapat melawan dampak negatif dari radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit.


Buah jeruk banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan kulit di pasaran. Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk kulit. Perawatan kulit wajah menggunakan produk kecantikan atau bahan alami yang mengandung jeruk cocok untuk semua jenis kulit. Anda juga dapat mengaplikasikannya dalam berbagai cara, tindakan perawatan menggunakan bahan jeruk bisa Anda aplikasikan pada wajah dengan mudah, baik itu sebagai masker, scrub ataupun peeling.

Perawatan kulit menggunakan bahan alami ini akan meminimalkan efek samping sehingga bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari melakukan perawatan kecantikan yang mengandung bahan alami jeruk.

Menyamarkan noda hitam bekas jerawat
Jerawat merupakan masalah umum yang dimiliki oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah berminyak cenderung mendapatkan masalah sumbatan pada pori-pori wajah dan adanya bakteri sehingga menyebabkan jerawat.


Jeruk kaya akan vitamin C sehingga mampu membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Selain itu, jeruk juga kaya dengan kandungan asam sitrat sehingga membantu menghilangkan permasalahan kulit tersebut dengan lebih maksimal. Kandungan air jeruk nipis juga memiliki sifat antibiotik sehingga bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Karena jeruk kaya akan asam sitrat, pengaplikasian jus jeruk pada kulit juga dapat membantu mengurangi masalah kulit berminyak. Jus jeruk juga dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi bekas luka akibat jerawat. Ini adalah alasan mengapa jeruk sering dimasukkan dalam berbagai produk perawatan wajah, lulur dan produk kecantikan lainnya.

Penggunaan air jeruk nipis bersama dengan madu secara topikal dapat bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Aplikasikanlah kombinasi jus jeruk nipis dengan madu secara rutin seminggu sekali. Apabila di sekitar jerawat terdapat luka maka pijatlah luka tersebut menggunakan sedikit air jeruk. Madu berfungsi untuk melembutkan kulit sementara sifat asam jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak di wajah dan mencerahkan kulit bekas jerawat.

Mencerahkan kulit
Ahli kulit banyak yang menyatakan bahwa jeruk merupakan salah satu bahan paling efektif untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit secara natural. Rutin melakukan perawatan menggunakan jeruk, baik itu sebagai masker atau peeling minimal 2 kali dalam seminggu dapat membuat wajah Anda lebih cerah bercahaya.


Vitamin C adalah salah satu komponen penting dalam perawatan kulit. Di samping berfungsi untuk merawat kulit, buah ini juga mampu memutihkan serta mencerahkan warna kulit Anda. Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam jeruk dapat memudarkan bintik hitam. Konsumsi jus jeruk secara rutin akan meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih kenyal.

Kulit jeruk diketahui memiliki agen pemutih alami yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap pada kulit dan juga mengurangi belang di kulit. Peras dan gosok kulit jeruk segar pada kulit secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Bilas wajah dengan air dingin setelah memijat kulit Anda dengan air jeruk segar selama sekitar 15 menit.

Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu Anda dalam mencerahkan kulit serta membantu memudarkan flek hitam di kulit. Berdasarkan penjelasan sebuah studi, jeruk nipis merupakan bahan bleaching yang mampu mencerahkan noda pada wajah. Selain buahnya, kulit jeruk yang mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen pada kulit, guna memberikan efek wajah yang akan terlihat cerah dan lebih muda, dan Vitamin A yang juga bermanfaat untuk kulit.

Perasan air jeruk nipis yang diaplikasikan secara topikal dengan menggunakan kapas yang bersih pada bagian wajah yang memiliki flek hitam, akan memberikan manfaat yang baik sebagai tindakan perawatan dan pengobatan. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih. Pastikan selama melakukan perawatan ini Anda tidak terpapar sinar matahari langsung ya karena perawatan dengan buah jeruk akan dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari untuk sementara waktu. Sebagai tindakan pencegahan terjadinya efek yang tidak diinginkan, Anda sangat disarankan mengaplikasikan sunscreen sebelum berkontak langsung dengan paparan sinar matahari.

Mengonsumsi air jeruk nipis dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan mampu menimbulkan efek kulit yang lebih bercahaya. Minumlah segelas air hangat yang berisi jeruk nipis dan madu pada pagi hari. Minuman tersebut akan membuat kulit wajah menjadi lebih bercahaya dan terlihat lebih cantik. Mencuci wajah secara rutin setiap pagi menggunakan segelas air hangat (suam-suam kuku) dengan campuran madu dan perasan jeruk nipis, akan dapat membuat kulit Anda lebih glowing, sehat dan merona.

Menggosokkan buah jeruk nipis yang telah di potong menjadi dua bagian pada area ketiak juga akan mampu mencerahkan warna ketiak yang menghitam, gosokkan potongan buah jeruk nipis pada ketiak yang gelap selama 2-3 menit. Biarkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan perawatan rutin ini selama 3-4 kali dalam seminggu. Namun, perlu untuk Anda ingat, jangan melakukan perawatan ini jika ketiak sedang mengalami luka, karena akan menimbulkan rasa perih pada kulit.

Campuran air perasan buah jeruk nipis dengan sedikit tepung jagung atau tepung maizena juga dapat digunakan untuk mengembalikan warna kulit yang gosong ataupun belang. Aduk campuran bahan tersebut sampai berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada kulit yang belang hingga pasta mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini selama seminggu dan lihat perubahannya pada kulit Anda.

Anti aging
Usia yang semakin bertambah, paparan sinar ultraviolet baik itu berasal dari sinar matahari maupun polusi udara yang setiap hari bersinggungan dengan kulit tidak bisa dihindari. Setiap hari kulit memiliki resiko akan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas bisa dikatakan tidak bisa dihindari, maka salah satu upaya paling mudah untuk mencegah proses proses penuaan dini adalah memberi asupan antioksidan pada tubuh. Anda hanya bisa mengurangi dampak buruk dari radikal bebas tersebut dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit dari luar serta memberi asupan pada tubuh untuk menjaga kulit dari dalam.


Selain mencerahkan, manfaat lain dari kandungan vitamin C di dalam jeruk dapat menjadi perawatan anti-aging pada kulit Anda. Jeruk memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Nutrisi ini akan dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Perawatan kecantikan yang mengandung jeruk dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus dan bintik hitam di wajah. Vitamin C pun diyakini mampu mempercepat pemulihan luka, meredakan kulit kemerahan, dan menghilangkan kantung mata.

Jeruk dianggap sebagai buah anti-aging atau anti-penuaan dini. Senyawa antioksidan jeruk berfungsi dalam melawan radikal bebas. Ini akan berkontribusi dalam mencegah penuaan dan berbagai masalah degeneratif lainnya. Beta-karoten dalam jeruk selain bermanfaat untuk mata juga memfasilitasi perbaikan kulit.

Polusi dan beberapa zat di dalam asupan sehari-hari juga membuat kulit wajah mulai menampakkan gejala penuaan. Tentunya tidak ada wanita yang ingin memiliki gejala penuaan dini seperti noda hitam, keriput, dan lainnya. Kebanyakan wanita memilih krim dengan kandungan zat kimia sebagai solusi anti aging. Padahal manfaat jeruk untuk wajah bisa juga sebagai anti aging. Pemanfaatan jeruk baik itu dari jenis jeruk nipis dapat menjadi sebuah cara alami dalam mengatasi gejala penuaan dini.

Mengonsumsi buah jeruk merupakan salah satu upaya anti-aging dari dalam yang sangat baik. Buah jeruk mengandung antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin C. Kedua bahan tersebut berperan aktif dalam melawan kerusakan kulit serta meregenerasi sel-sel kulit mati akibat paparan radikal bebas. Anda juga dapat menerapkan cara dengan menggosokkan kulit jeruk pada kulit wajah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker yang terbuat dari kulit jeruk. Penggunaan kulit jeruk mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menghambat produksi melanin.

Menutrisi dan menghaluskan kulit
Jeruk dapat menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit, sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan, Kandungan vitamin C dalam jeruk mampu membantu mengubah tekstur kulit sehingga menjadikannya lebih lembap dan kenyal.


Jumlah vitamin C yang sangat berlimpah dalam jeruk dapat dimanfaatkan untuk menjadikan kulit semakin halus dan lembut. Jeruk juga mampu membuat kulit nampak bercahaya dalam waktu yang lama. Tindakan perawatan untuk menjadikan kulit tampak halus dapat Anda lakukan dengan cara memeras jeruk sampai mengeluarkan air, kemudian teteskan beberapa tetes air jeruk pada sepotong kapas yang sudah dicelupkan kedalam air dan pergunakan untuk mengoleskan ke bagian wajah dan leher. Tunggu beberapa menit setelah itu baru dibilas dengan air dingin.

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapannya tetap terjaga. Air jeruk termasuk juga jenis jeruk nipis juga dapat menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembap.

Mengecilkan pori-pori
Kandungan Vitamin C yang melimpah dalam buah jeruk dapat bermanfaat bagi kulit dan menjadikanya semakin halus dan lembut. Mengonsumsi buah ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam agar nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit terpenuhi.


Manfaat yang paling terasa dari perawatan kecantikan secara topikal menggunakan jeruk ini adalah pori-pori yang perlahan terlihat mengecil. Hal ini akan membuat kulit wajah Anda lebih sehat dan make up dapat menempel dengan mudah.

Pori-pori kulit yang terbuka tidak hanya membuat kulit terlihat kusam, tetapi juga dapat memicu terjadinya infeksi kulit. Salah satu cara termudah untuk mengecilkan pori-pori kulit adalah dengan membasuh wajah dengan jus jeruk segar dan kemudian mendiamkannya selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin. Anda juga dapat menerapkan cara lainnya, yaitu dengan memotong kecil-kecil kulit jeruk, kemudian rendam dalam air panas semalam penuh. Gunakan air rendaman kulit jeruk tersebut untuk mencuci wajah saat pagi hari, lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Senyawa yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki sifat astringen yang mampu membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Hal ini juga yang membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

Scrub kulit
Sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali menjadi penyebab wajah kusam. Wajah akan semakin kusam apabila sel-sel kulit mati semakin menumpuk. Bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk. Sifat antibiotik yang ada pada air jeruk dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih wajah, serta mampu menekan pertumbuhan bakteri.


Masalah kulit wajah seperti komedo, sel kulit mati, jerawat, kulit kering serta kulit kusam dapat diatasi dengan scrub kulit jeruk. Campurkan scrub kulit jeruk dengan susu atau yoghurt agar manfaat yang didapat semakin maksimal.

Setelah selesai makan jeruk, jangan buang kulitnya. Sebaliknya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Setelah kering, tumbuk kulit jeruk hingga menjadi bubuk. Ini bisa digunakan sebagai scrub alami untuk wajah dan tubuh. Beberapa orang juga mencampurnya dengan oatmeal, gula dan madu untuk mendapatkan manfaat tambahan.

Jeruk nipis mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Efek ini dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan mengatasi jerawat. Manfaat jeruk untuk wajah ini sering digunakan di salon-salon perawatan kecantikan dan juga sebagai pengobatan rumahan. Pengaplikasiaanya pada wajah mampu untuk mempromosikan kulit tampak lebih cerah dan segar.

Toner
Toner atau penyegar menjadi perlengkapan make-up yang harus ada setelah mencuci wajah. Bagi Anda yang lebih memilih kosmetik dengan bahan dasar yang alami, toner berbahan dasar kulit jeruk mungkin bisa Anda coba. Toner ini akan sangat berguna untuk menyegarkan wajah, mengecilkan pori, sekaligus mengurangi minyak berlebih pada wajah.


Masukan kulit jeruk ke dalam air mendidih dan biarkan selama semalam, diamkan dalam keadaan tertutup, Anda juga bisa memberikan tambahkan essential oil. Kemudian saring airnya dan simpan dalam lemari es untuk digunakan sebagai toner wajah. Penggunaan rutin akan meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit Anda tampak lebih bersinar.

Berdasarkan hasil lab, kandungan alkohol dalam kulit jeruk cukup tinggi. Alkohol inilah yang bermanfaat bagi kulit wajah Anda untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.

Memperbaiki kondisi rambut
Kolagen adalah zat yang berfungsi menjaga jaringan rambut agar tetap kuat dan terhindah dari kerontokan. Kolagen sendiri dapat diproduksi dengan adanya Vitamin C yang melimpah pada jeruk. Konsumsi buah jeruk secara teratur memungkinkan jaringan pada rambut Anda tetap sehat dan terjaga sehingga risiko rambut rontok pun berkurang.


Jeruk nipis juga dapat membantu mengobati ketombe berkat kandungan asam sitratnya. Asam sitrat dalam jeruk nipis telah terbukti efektif mengobati ketombe. Selain membuat malu jika serpihan-serpihannya berguguran, ketombe juga merupakan masalah rambut yang mengganggu serta membuat kulit kepala sangat gatal dan terasa tidak nyaman. Pengaplikasian secara topikal dengan cara menggosokkan jeruk nipis yang sudah dibelah langsung pada kulit kepala. Kemudian, bilas juga rambut dengan air yang telah diberi campuran sari jeruk nipis. Setelah melakukan perawatan ini, mungkin akan mengakibatkan kulit kepala terasa kering. Oleh karena itu, disarankan menambahkan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond pada sari jeruk nipis, supaya tidak memberikan efek yang terlalu keras pada kulit kepala.

Anda juga dapat mempersiapkan kondisioner alami di rumah dengan mencampurkan jus jeruk dengan air dan madu. Oleskan pada rambut, pijat perlahan dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Perawatan ini dapat membuat rambut terasa lebih halus dan mengkilap.

Sari jeruk nipis juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut. Orang-orang zaman dulu menggunakan sari jeruk nipis untuk mengatasi kebotakan, menebalkan rambut serta menumbuhkan rambut. Ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih baik. Campuran kuning telur dengan perasan jeruk nipis merupakan herbal alami yang mampu mendorong perkembangan rambut menjadi lebih cepat, serta mengatasi kebotakan. Siapkan kuning telur ayam kampung, lalu campur dengan 3 perasan jeruk nipis kemudian aduk hingga merata. Setelah diaduk, oleskan ramuan alami tadi ke bagian kulit kepala dan pijat-pijat. Diamkan selama 2 jam, lalu bilas dengan samphoo.


Meskipun alami, penggunaan jeruk sebagai perawatan pada kulit wajah juga memiliki beberapa risiko. Pada kulit wajah yang memiliki bekas jerawat, mengoleskan jeruk dapat menimbulkan rasa perih. Zat asam pada jeruk juga berisiko membuat kulit menjadi kering, kemerahan, perih iritasi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jeruk sebagai bahan perawatan pada wajah, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, terutama jika Anda memiliki kulit wajah yang sensitif. Jika setelah diolesi air jeruk, kulit wajah menjadi merah dan perih, segera bilas dan hentikan pemakaiannya.

Demikianlah penjelasan tentang ragam manfaat dari jeruk yang baik untuk kecantikan tubuh Anda. Jangan lupa untuk perhatikan kualitas jeruk yang Anda gunakan supaya hasil yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal. Selamat mencoba.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...