Tuesday 24 September 2019

Berbagi Tips : Cara Memakai Lipstik supaya Tahan Lama Sepanjang Hari


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memakai Lipstik supaya Tahan Lama Sepanjang Hari

Penampilan merupakan salah satu hal yang terpenting bagi wanita. Salah satunya dengan menggunakan make up yang akan membuat wanita lebih percaya diri. Jenis make up yang paling sering digunakan oleh wanita dan paling utama adalah lipstik. Lipstik seringkali menjadi kosmetik yang harus selalu ada di dalam tas wanita. Hanya dengan sapuan lipstik di bibir, wajah akan menjadi tampak lebih segar.

Lipstick menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar wanita dan beauty item yang satu ini sangatlah efektif untuk mempercantik penampilan, terutama pada bagian bibir. Lipstick sendiri terdiri dari berbagai shading, mulai dari warna yang muda hingga warna yang tua sehingga Anda bisa menentukan shading mana yang paling sesuai dengan warna kulit ataupun sesuai dengan selera.


Bukan rahasia lagi jika seorang wanita memiliki beberapa shading lipstick, sehingga bisa dipadupadankan dengan fashion item warna lainnya ataupun sesuai dengan kebutuhan saat itu. Dalam memilih lipstick, tentu saja setiap wanita menginginkan lipstick dengan kualitas yang bagus. Penggunaan lipstik yang benar akan dapat membuat lipstik Anda bertahan lama sepanjang hari. Dengan lipstik yang tahan lama maka Anda tak perlu lagi untuk mengoleskan lipstik setiap saat. Namun sayangnya metode pemakaian lipstik yang benar agar tahan lama jarang diterapkan.

Semua perempuan menginginkan sebuah tampilan wajah yang tampak lebih segar dan tidak pucat sepanjang hari. Lipstik yang tahan lama seringkali dicari oleh wanita supaya bisa mendukung aktifitas sepanjang hari. Dan, dibawah ini merupakan beberapa tips untuk Anda dalam menggunakan lipstik yang benar sehingga lipstik yang Anda gunakan dapat bertahan lama di bibir. Di antaranya :

Scrub Bibir
Sel kulit mati yang menumpuk di bibir tidak dapat membuat lipstik menempel dengan sempurna, karena itulah diperlukan tindakan eksfoliasi supaya bibir menjadi halus dan lembut. Agar lipstik dapat menempel sempurna pada bibir Anda harus memastikan bahwa tidak ada sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan bibir yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.


Pilih bahan untuk scrub bibir yang memiliki tekstur lembut atau dari bahan alami untuk membantu menghindarkan Anda dari luka pada bibir saat proses ini dilakukan. Gosok sampai seluruh bagian bibir terasa halus dan tidak tersisa kulit keringnya.

Melakukan scrub pada bibir bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga warna lipstik dapat menempel dengan baik dan tahan lama. Anda bisa menggunakan butiran gula sebagai bahan scrub untuk bibir. Lakukan tindakan scrub bibir ini 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dari bibir Anda.

Membersihkan Bibir
Membersihkan bibir adalah hal paling dasar yang harus Anda perlu ingat betul sebelum mengaplikasikan lipstick. Karena lipstik akan melekat dengan sempurna pada permukaan bibir yang bersih dan sehat. Minyak yang tertinggal pada bibir juga dapat mempengaruhi penampilan dan hal ini berakibat pula pada hasil lipstick yang tidak bisa maksimal pada bibir. Pastikan pula tidak ada kulit kering atau kulit terkelupas pada bibir sebelum Anda menerapkan produk lipstik.


Membersihkan bibir sebelum memakai lipstik adalah hal yang sangat wajib untuk Anda lakukan. Tindakan pembersihan bibir menggunakan air hangat disertai pemijatan secara lembut sangatlah disarankan. Keringkan bibir dengan kapas dan pastikan kondisinya benar-benar kering sebelum Anda mengaplikasikan lipstik. Hal ini karena jika bibir Anda masih kotor maka lipstik yang dihasilkan pun semakin kurang baik bahkan warnanya akan dapat berubah. Selain itu juga, akan terdapat banyak bakteri yang menumpuk dan terkunci oleh lapisan lipstik sehingga membahayakan untuk bibir Anda.

Oleh karena itu sebelum memakai lipstik sangat disarankan Anda membersihkan kondisi bibir terlebih dahulu. Tindakan pembersihan bibir juga akan membuat Anda semakin mengetahui kondisi bibir Anda. Jika terdapat luka atau kulit bibir yang mengelupas maka lebih baik Anda tidak mengupasnya. Hal ini karena dapat menyebabkan bibir menjadi mudah teriritasi, untuk perawatan bibir Anda disarankan menggunakan madu atau pun minyak zaitun guna mengatasi masalah pengelupasan kulit bibir Anda. Bibir yang dalam keadaan bersih akan membuat lipstik semakin awet melekat pada bibir sehingga Anda tidak perlu melakukan retouch berkali-kali ketika beraktifitas.

Menggunakan Bedak atau Fondation
Untuk membuat warna lipstik yang tahan lama di bibir Anda maka disarankan menggunakan foudation terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya lipstik yang Anda terapkan akan menempel dan mudah di aplikasikan. Menggunakan foundation sebagai alas bibir juga bertujuan mempermudahkan Anda menyamarkan noda hitam di bibir sehingga menghasilkan warna bibir yang merata.


Selain menjadikan warna lipstik tahan lama di bibir, foundation juga akan membuat warna asli lipstik lebih terlihat, terutama bagi pemilik bibir berwarna gelap. Berikut ini adalah cara memilih foundation untuk tips lipstik tahan lama di bibir yang sesuai dengan jenis bibir anda:
-Sheer foundation dan Stick Foundation untuk jenis bibir normal.
-Oil-based foundation, Mousse Foundation, dan Cream Foundation untuk jenis bibir kering.
-Matte Foundation dan Powder Foundation untuk bibir berminyak.
-Liquid foundation, Spray Foundation, Two way Cake, dan Tinted Moisturizer untuk segala jenis kulit.

Selain foundation Anda juga dapat menggunakan produk concealer, oleskan concealer pada bibir hingga merata kemudian lanjutkan dengan menerapkan lipbalm dan lipstick. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan concealer waterproof sehingga warna lipstik lebih tahan lama.

Jika Anda menggunakan bedak sebagai alas lipstik, aplikasikan dengan menggunakan kuas kecil, ambil produk bedak menggunakan kuas secukupnya. Usapkan ke bibir dengan gerakan searah (usahakan jangan sampai menggumpal).

Saat ini juga sudah terdapat produk lipstik primer yang bisa membuat lipstik teraplikasikan dengan baik dan tahan lama.

Menaburkan sedikit bedak translucent powder setelah mengulas lipstik juga menjadi salah satu tips terbaik untuk membuat warna lipstik lebih tahan lama, cara ini akan sangat membatu saat ingin menggunakan lipstik berwarna krem atau jenis satin. Trik ini juga telah biasa digunakan oleh penata rias untuk mengubah lipstik krem atau satin menjadi satu dengan finishing matte. Gunakan tisu saat menaburinya dan pastikan menggunakan bedak secara tipis agar tidak mengubah warna lipstik anda, letakkan bedak pada tissue terlebih dahulu kemudian taburkan pada bibir secara merata. Setelah bedak meresap ke bibir melalui pori-pori tisu. Anda dapat menerapkan lapisan lipstik kembali untuk memberi lapisan kedua. Dengan cara ini, dijamin bahwa lipstik Anda akan lebih awet meskipun tidak menggunakan jenis matte lipstik. Tindakan ini sangat efektif untuk membuat lipstik lebih tahan lama beberapa jam sehingga Anda tidak perlu melakukan retouch make up.

Menggunakan Lip Balm
Bibir yang lembab menandakan bibir yang sehat. Selain itu, bibir yang lembab akan membuat pengaplikasian lipstik lebih matte dan mulus. Lip balm di gunakan pada bibir Anda supaya memberikan kelembapan extra pada bibir. Lip balm ini sangat penting diaplikasikan untuk mengatasi faktor musim. Supaya bibir Anda tidak mudah mengalami kekeringan sehingga bibir pecah-pecah pun dapat dihindari.


Bibir yang pecah-pecah akan membuat tekstur lipstik yang Anda aplikasikan semakin tidak merata. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan lip balm setiap saat bahkan saat menjelang tidur. Lip balm sangat mendukung untuk mempromosikan aplikasi lipstik dengan tampilan matte. Oleskan lip balm tipis-tipis pada bibir, produk ini juga dapat memberikan kelembapan, penggunakan lip balm sebelum menerapkan produk lipstik akan sangat mendukung kualitas hasil akhir lipstik yang akan menempel dengan sempurna. Berikut ini adalah cara menggunakan lip balm untuk membuat lipstik yang tahan lama:
-Oleskan lip balm ke bibir anda.
-Kemudian biarkan beberapa menit (2-3 menit) supaya nutrisi lip balm lebih meresap kedalam bibir. Anda bisa melakukan riasan di daerah wajah lainnya dalam jeda waktu tersebut.
-Setelah lip balm kering dan nutrisinya meresap ke dalam bibir, hapuslah lip balm tersebut menggunakan tisu atau cutton bud.
-Jangan sampai terdapat sisa lip balm yang tertinggal karena akan membuat lipstik tidak menempel dengan sempurna.

Penggunaan lip balm dimaksudkan untuk membuat tekstur bibir lebih lembab dan halus. Penggunaan lip balm akan mampu menjaga kelembaban bibir serta membuat kandungan yang ada pada lipstick lebih terserap dengan baik sehingga warna yang muncul juga lebih optimal. Memilih produk lip balm yang mengandung SPF atau pun vitamin E sangatlah disarankan karena mampu mempercantik sekaligus akan merawat bibir Anda. Produk lip balm yang berkualitas akan sangat efektif digunakan untuk melindungi bibir dari serangan radikal bebas ataupun paparan sinar matahari yang berlebih.

Tidak dianjurkan memilih produk lip balm yang mengandung menthol, camphor, atau mint karena ketiga zat tersebut dapat menyebabkan iritasi pada bibir yang sensitif.

Menggunakan Lip Liner
Lip Liner sangat di butuhkan saat Anda akan menggunakan lipstik, karena beauty item ini akan berfungsi untuk mempertegas kontur bibir anda. gunakanlah lip liner yang memiliki warna senada dengan kulit wajah Anda atau sama dengan warna lipstik. Hal ini bertujuan untuk mengurangi perbedaan warna di bibir.


Menurut Hellua Puspoyo, pakar kecantikan, menyarankan untuk menggunakan lip liner terlebih dahulu, Lip liner atau pensil bibir ini digunakan untuk membentuk garis bibir sebelum lipstik dipulaskan supaya tampilan bibir terlihat sempurna. Formula dalam pensil bibir akan membuat lipstik Anda dapat tahan lama seharian dan membuat bibir tampak penuh.

Mulailah melukis bibir dari tengah bibir bawah hingga merata pada garis bibir, kemudian lanjutkan tindakan tersebut pada bibir atas. Untuk Anda yang menyukai tampilan bibir yang terlihat tipis, Anda bisa menarik garis dalam bagian bibir saat menggambar menggunakan lip liner. Sedangkan untuk Anda yang suka bibir terlihat tebal maka buatlah kontur pada bibir bagian luar.

Terapkan lip liner setelah Anda mengaplikasikan lip balm untuk menghasilkan kualitas lipstik yang sempurna. Make up artist merekomendasikan supaya Anda mengisi semua bibir Anda dengan lip liner, tidak hanya di area ujung bibir. Lakukan secara perlahan sehingga pengaplikasiannya tidak keluar dari kontur yang di inginkan.

Memilih shading pensil lipstik yang lebih tua daripada shading lipstik dapat Anda lakukan, hal tersebut juga akan memberikan kesan warna yang terlihat menyatu dan pastinya terlihat natural serta tidak berlebihan.

Hati-hati Memilih Lipstik Glossy
Lipstik terdiri dari berbagai jenis dan masing-masing jenis memiliki formula yang berbeda pula. Ketika Anda ingin memiliki lipstik yang memiliki daya tahan lama, Anda sangat perlu memperhatikan formulanya, dengan kandungan pigmen tinggi yang terdapat pada sebuah produk lipstik pastinya akan membuatnya lebih tahan lama daripada lipstik dengan tekstur yang creamy. Anda juga bisa memilih lipstick yang waterproof ataupun liquid untuk daya tahan yang lebih maksimal daripada lisptick dengan tekstur yang creamy atau bahkan lipgloss.


Lipstik Glossy atau Sheer Lipstik memang memberikan kesan basah, mengkilap, mewah, elegan, dan glamour pada bibir. Pewarna bibir jenis ini juga cocok untuk digunakan oleh anda yang memiliki bibir mungil karena memberikan efek kesan penuh. Lipstik ini juga bisa memberikan kelembaban pada bibir anda karena minyak dan lemak yang dikandungnya. Namun, lipstik ini memiliki kekurangan yaitu mudah luntur, hilang, dan tidak tahan lama. Hal itu disebabkan karena lipstik Glossy memiliki kandungan lemak dan minyak lebih banyak sehingga akan membuatnya cepat hilang. Hal tersebut mengharuskan Anda untuk melakukan touch up lipstik tiap kali Anda menggunakan lipstik jenis ini.

Dengan menggunakan lipstik berjenis Glossy, kesempatan Anda untuk mendapatkan kualitas lipstik yang pigmentik akan berkurang. Hal ini karena lipstik berjenis glossy sangat banyak mengandung air sehingga tidak mampu bertahan lama saat diterapkan. Jika Anda menginginkan sebuah produk lipstik untuk menunjang gaya hidup Anda yang menuntut menggunakan lipstik dengan daya tahan lama maka tak ada salahnya jika Anda menghindari lipstik berjenis Glossy.

Namun jika Anda ingin menggunakan lipstik jenis Glossy, trik menempelkan tisu di bibir  setelah pengaplikasian lipstik dapat Anda terapkan. Tindakan ini bertujuan untuk menyerap minyak yang tekandung pada produk lipstik yang telah Anda gunakan.

Hellua Puspoyo seorang pakar kecantikan, dalam www.cnnindonesia.com, menyatakan bahwa pemilihan jenis lipstik glossy atau matte, hal itu tergantung pada pilihan Anda. Dan, trik menempelkan tisu di bibir  setelah pengaplikasian lipstik berjenis Glossy akan dapat mengangkat sisa lipstik yang tidak dibutuhkan pada bibir. Namun, cukup hanya tempelkan saja, tidak perlu diseka. Kemudian, oleskan kembali lipstik dengan warna yang sama pada bibir. Hal ini akan membuat dua layer lipstik pada bibir dan membuat lipstik menjadi tahan lama. Selain itu akan membuat lipstik menempel dengan lebih sempurna. Anda juga bisa mengganti tisu dengan blotting paper ketika Anda menggunakan lipstik jenis Glossy. Blotting paper yang biasanya digunakan pada wajah bisa digunakan pada bibir untuk menyerap minyak berlebih akibat efek pemakaian lipstik jenis Glossy.

Gunakan Lip Brush
Lip brush adalah kuas khusus bibir yang akan memudahkan Anda saat mengoleskan lipstik di bibir sehingga menjadi lebih rapi. Lip brush juga dikenal sebagai senjata rahasia untuk membuat riasan bibir yang cantik. Lipstik yang dioleskan terkadang tidak merata dan tidak dapat menampilkan secara maksimal, hal ini akan dapat Anda atasi dengan lip brush.


Mulailah dari tengah bibir ke arah tepi kanan dan kiri. Kemudian, terapkan dari sudut luar bibir atas ke arah tengah bibir. Anda juga bisa menggunakan cotton bud untuk membaurkannya.

Penggunaan Lip Brush akan membuat kualitas lipstik Anda semakin mengagumkan, karena lipstik yang Anda terapkan akan teroles dengan rata. Dengan menggunakan kuas bibir Anda dapat mengatur sebanyak apa substansi lipstik yang perlu dioleskan. Selain itu, Lip Brush di gunakan untuk mengurangi minyak yang ada pada lipstik sehingga dapat menghasilkan tampilan warna lipstik yang lebih pigmentik.

Menggunakan Lipstik Berlapis
Untuk hasil yang super maksimal maka tidak ada salahnya jika Anda menerapkan lipstik secara berlapis. Hal ini bertujuan untuk menciptakan hasil akhir lipstik dengan warna yang intens, menggunakan lipstik secara berlapis juga akan menjaga supaya warna lipstik tidak mudah luntur.


Mengaplikasikan lipstik secara berlapis sekaligus sangatlah efektif sebagai cara agar lipstick tahan lama sehingga Anda dapat merasa nyaman saat beraktifitas, serta tidak perlu melakukan retouch dalam jangka waktu tertentu. Meskipun Anda perlu mengaplikasikan lipstik sebanyak dua kali pulasan dalam satu waktu dan cenderung lebih memakan waktu, namun hal tersebut bukanlah suatu masalah besar apabila mampu membuat penampilan menjadi lebih menarik dan tentu saja meningkatkan daya tahan lipstick. Mengaplikasikan lipstik dalam dua lapis sekaligus juga mampu membuat warna lipstik terlihat lebih nyata sehingga lebih membuat cantik penampilan Anda.

Jika Anda merasa bahwa polesan lipstik terlalu tebal, rekatkan kertas tisu baru dan tempelkan secara perlahan ke bibir. Cara ini akan membantu mengurangi ketebalan warna lipstik Anda. Selain itu, jika Anda menginginkan efek Glossy pada bibir, tambahkan lip gloss sedikit saja setelah Anda memakai lipstik. Jangan terlalu banyak menambahkan lip gloss, terutama bila Anda sudah memakai Glossy Lipstick.


Lipstik yang awet serta tidak mudah pudar akan membuat Anda semakin mudah menjalani aktifitas apalagi bagi Anda yang memiliki gaya gidup dengan rutinitas yang cukup padat. Dalam menggunakan lipstik Anda juga harus mengetahui shading terbaik untuk diterapkan pada bibir Anda, ada beberapa hal yang perlu kita ingat yaitu shading lipstik yang cenderung terang atau muda akan lebih cepat pudar karena kandungan pigmennya yang lebih sedikit daripada shading dengan warna yang cenderung lebih tua. Pada shading lipstick dengan warna gelap memiliki kemampuan daya tahan yang lebih bagus karena memiliki lebih banyak pigmen, dan hal ini berarti warnanya tidak akan mudah pudar sekalipun Anda menggunakannya untuk makan dan minum. Cobalah untuk memakai lipstik dengan warna yang serasi dengan warna eye shadow maupun pakaian yang sedang Anda kenakan.

Secara umum shading dari lipstik secara garis besar terdiri dari enam kategori, yaitu:
Merah: yang dimaksud dengan warna merah di sini adalah dari warna merah mawar, merah ceri, hingga merah tomat. Merah sendiri merupakan shading yang menjadi favorit banyak orang karena warna ini abadi sepanjang waktu. Mayoritas wanita juga lebih menyukai warna merah yang tua daripada warna merah cerah.
Plum: kategori ini merupakan warna merah kecoklatan, mulai dari warna merah coklat yang gelap hingga warna seperti kismis.
Coral: kategori yang satu ini berada di antara warna pink dan oranye, mulai dari warna yang memang natural oranye hingga merupakan campuran dari kedua warna tersebut. Warna coral yang gelap memiliki daya tahan yang lebih lama daripada warna coral yang muda, semisal warna buah pir yang cenderung lebih mudah pudar.
Pink: kategori berikutnya ada pada pink, yang berarti berkisar dari warna pink hingga fuchsia. Warna pink ini sendiri cakupannya cukup luas, mulai dari warna pink dengan sedikit campuran oranye ataupun warna pink terang seperti magenta yang pastinya awet ketika digunaka di bibir.
Coklat: warna coklat juga menjadi favorit banyak wanita, dan seperti kategori yang lain warna ini terdiri dari coklat gelap hingga coklat muda. Warna coklat yang dimaksud di sini adalah seperti warna coklat yang biasa kita temui pada warna coklat kayu manis ataupun pada coklat batangan.
Netral: merupakan warna yang netral, mulai dari warna taupe hingga warna beige. Meskipun warna ini lebih cepat pudar daripada kategori warna lainnya, hal ini tidak akan terlalu terlihat karena warnanya yang cenderung netral dan alami yang dapat menyatu dengan warna kulit dengan baik.


Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.

Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.


Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Tampil cantik itu penting, namun sebaiknya perhatikan juga cara Anda membersihkan make-up. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...