Monday 7 October 2019

Berbagi Tips : Bebagai ragam Manfaat Masker Jeruk Untuk Wajah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Bebagai ragam Manfaat Masker Jeruk Untuk Wajah

Wajah putih tanpa noda pastinya jadi dambaan semua orang, terutama untuk wanita. Hal ini karena banyak yang menganggap bahwa salah satu standar kecantikan adalah kulit putih berseri. Maka banyak yang rela melakukan usaha apa saja demi membuat kulit wajah jadi putih berseri. Perawatan di klinik mahal dan juga produk kecantikan mahal banyak dijadikan pilihan. Bagi Anda yang ingin menghemat biaya perawatan kulit, dapat memanfaatkan bahan alami yang ekonomis serta mudah didapatkan.

Antioksidan memiliki peran yang penting untuk sel-sel tubuh dan hal tersebut sudah tidak bisa dipungkiri lagi, masker buatan sendiri dari buah-buahan yang kaya vitamin dan antioksidan bisa menjadi sebuah pilihan yang bagus untuk Anda terapkan.

Jenis kulit wajah memang beragam dari kulit kering hingga berminyak. Ada juga kulit sensitif dan berjerawat. Masalah yang dihadapi tiap kulit pastinya juga beragam, Apa pun jenis kulit Anda tentu perlu perawatan supaya tetap bisa terlihat sehat dan segar.

Buah-buahan dari kelompok sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah-buahan tersebut dapat juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Lemon ataupun jenis jeruk lainnya memang telah populer sebagai bahan alami dalam tindakan perawatan wajah. Jeruk nipis memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan lemon, meskipun demikian, jeruk nipis juga dapat dijadikan pilihan yang bagus sebagai bahan perawatan kulit, terutama sebagai bahan masker wajah. Zat asam alfa-hidroksi (AHA) yang dikandung jeruk nipis dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu, zat-zat pada jeruk nipis juga dapat bersifat antibakteri dan eksfolian (pengelupas kulit). Masker jeruk juga dapat dijadikan pilihan untuk membantu menangani jerawat.


Kelompok buah sitrus memang kaya antioksidan dan nutrisi yang menjaga kulit dan rambut tetap sehat dan bersinar. Rangkaian manfaat dari buah-buahan sitrus ini menawarkan khasiat jangka panjang karena kaya vitamin C dan membantu penghancuran radikal bebas di dalam tubuh. Otomatis, kelompok buah ini mampu membuat kulit bersih bersinar.

Jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C yang memiliki sifat meremajakan kulit. Karena itulah, buah jeruk diketahui dapat menyegarkan kulit dan menghilangkan jerawat. Bahkan kini, kulit jeruk dan jus jeruk juga telah digunakan sebagai perawatan kecantikan. Beta-karoten, asam folat, fosfat, iodida, zat besi, fitonutrien, dan flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu untuk mengatasi bintik-bintik hitam di wajah, kulit kusam dan berminyak.


Lemon memiliki nutrisi hampir sama dengan jeruk nipis. Di mana kandungan air, serat, energi, serta protein keduanya serupa. Namun, terdapat perbedaan dalam kandungan lemak, gula dan karbohidrat. Di mana jeruk nipis memiliki karbohidrat lebih banyak, sedangkan lemon mengandung lebih banyak lemak dan gula. Lemon pun memiliki vitamin C lebih tinggi. Berkat kandungan nutrisi yang sama, lemon dan jeruk nipis hampir dapat saling ditukar termasuk untuk perawatan kulit, hal tersebut dikarenakan kandungan asam alfa-hidroksi atau AHA yang memiliki sifat astringen dan anti-bakteri. Asam ini juga efektif sebagai pengangkat sel kulit mati sehingga cocok untuk mengatasi jerawat. Jeruk nipis dan lemon juga mengandung flavonoid yang dapat meremajakan kulit. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat-manfaat dari buah tersebut adalah dengan mengoleskankannya pada kulit. Misalnya, dengan menjadikannya sebagai masker.

Buah-buahan sitrus membuat awet muda dengan kemampuannya dalam meregenerasi produksi kolagen di kulit. Manfaat sitrus juga membantu peremajaan kulit dan menghilangkan kulit kusam. Tidak hanya itu, sitrus juga mereduksi pigmen yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Secara keseluruhan, buah-buahan ini membantu mempromosikan peremajaan kulit dengan mengganti kulit-kulit mati dan mengecilkan pori-pori, serta membuat kulit tampak muda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari masker jeruk untuk kesehatan kulit Anda:

Anti-toksin
Racun atau toksin sudah bukan sebuah hal yang jarang ditemui. Tidak jarang, ada toksin yang menempel pada permukaan kulit yang sulit untuk begitu saja dihilangkan.


Efek antioksidan dari masker jeruk bisa menjadi andalan Anda untuk menghilangkan toksin yang menempel pada kulit wajah.

Menghilangkan minyak
Untuk anda yang memiliki masalah kulit berminyak, kulit jeruk adalah sebuah obat yang sangat mujarab, karena masker dengan bahan kulit jeruk telah terbukti mampu menyerap minyak berlebih yang diproduksi oleh pori-pori kulit Anda.


Memakai masker dengan bahan yang tepat dapat mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah. Masker jeruk telah terbukti keampuhannya untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit, sehingga menjadikan wajah Anda tampak kencang dan mulus. Lakukan perawatan masker jeruk secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengangkat sel kulit mati
Terkadang, sel kulit mati tidak begitu saja hilang dari permukaan kulit. Anda perlu melakukan sesuatu untuk menghilangkannya. Di sinilah peran dari masker jeruk.


Menurut stylecraze.com masker dari jeruk mampu merevitalisasi kulit, menyapu bersih sel kulit mati serta mempromosikan terjadinya produksi sel kulit yang baru untuk terbentuknya kulit yang lebih sehat dan cemerlang.

Menjaga kelembapan kulit
Kulit sehat pastinya jadi dambaan semua orang. Dengan memiliki kulit yang sehat maka wajah akan terlihat lebih menarik. Salah satu ciri dari kulit sehat adalah wajah yang terasa lembap tanpa minyak yang berlebihan.


Anda bisa menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan masker jeruk nipis. Buah ini mampu mengontrol kelebihan minyak di wajah. Wajah menjadi lebih lembap dan tentunya lebih kenyal secara alami dengan rajin memakai masker jeruk nipis.

Menghilangkan flek hitam
Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan flek hitam juga tidak perlu khawatir. Masker jeruk bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam membandel.


Menjadikan wajah tampak mulus tanpa noda dengan rutin memakai masker yang satu ini.

Anti penuaan dini
Setiap orang memang akan menua pada akhirnya. Namun tentu tidak ada yang ingin mengalami penuaan dini muncul di wajahnya. Tampil lebih muda bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan khasiat dari buah jeruk.


Air dan kulit jeruk sangat berguna untuk dijadikan masker. Kandungan dalam buah jeruk bisa menghambat produksi melanin penyebab penuaan dini. Garis halus dan juga keriput bisa teratasi dengan masker jeruk. Rutin memakai masker jeruk akan mengembalikan keremajaan kulit wajah Anda.

Menghilangkan jerawat dan bekasnya
Wajah berjerawat membuat kepercayaan diri menurun untuk bertemu banyak orang. Masalah lainnya yang harus Anda hadapi adalah bekas jerawat yang terkadang membandel dan susah dihilangkan.


Perawatan wajah dengan menggunakan masker buah jeruk mampu mengatasi jerawat yang membandel dan juga bekasnya. Air dari jeruk nipis bisa memudarkan noda bekas jerawat secara bertahap. Gunakan air perasan jeruk sebagai bahan masker setiap malam sebelum tidur. Bisa juga dengan mengiris tipis buah jeruk kemudian menempelkannya pada wajah.

Mengecilkan pori-pori kulit
Pori-pori yang besar dan lebar dapat memunculkan aneka masalah kulit. Mulai jerawat hingga komedo akan mudah muncul di wajah karena tektur pori-pori yang besar dapat menyebabkan kotoran dan minyak menumpuk.


Masker jeruk dapat mengatasi kondisi tersebut. Kandungan yang dimiliki buah jeruk mampu menjadikan pori-pori Anda mengecil. Dengan mengecilnya pori-pori, maka kesempatan debu dan kotoran bertumpuk menjadi lebih kecil. Pori-pori yang kecil juga bisa membuat tampilan wajah semakin lebih menarik.


Setelah mengetahui kandungan dan manfaat buah jeruk atau pun lemon untuk kulit indah Anda. Perlu diketahui pula kombinasi bahan serta prosedur cara pemakaian masker buah jeruk sehingga akan memberikan efek maksimal pada tingkatan perawatan kulit Anda.

-Kombinasi masker jeruk dan gula pasir untuk mengangkat sel kulit mati.
Campurkan air perasan satu buah jeruk nipis atau juga bisa jeruk lemon dengan 1 cangkir gula. Gunakan sebagai scrub untuk tubuh, dan bisa juga untuk wajah.


Masker ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

-Kombinasi masker jeruk dan minyak kelapa untuk menghaluskan kulit.
Anda juga dapat menambahkan campuran buah jeruk dengan minyak kelapa. Caranya dengan mencampurkan ½ cangkir minyak kelapa, 1 sendok makan perasan jeruk, dan ¼ cangkir gula pasir.


Campurkan semua bahan bersama dan aplikasikan pada kulit. Bilas dan keringkan. Sisanya bisa Anda simpan di wadah tertutup agar bisa digunakan lain waktu. Masker ini berguna untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.

-Kombinasi masker jeruk dan madu untuk membersihkan jerawat.
Madu merupakan bahan yang kerap dipakai dalam makanan dan juga minuman. Namun madu juga berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Anda bisa memanfaatkan madu dan bayam sebagai campuran masker jeruk. Bayam mengandung vitamin A, C, E, K, dan folat. Kandungan vitamin dan mineral pada bayam dapat membantu membersihkan jerawat dan membuat kulit lebih bercahaya. Sedangkan kandungan asam sitrat pada jeruk nipis atau lemon bersifat anti-bakteri dan anti-jamur, serta berguna untuk mencerahkan kulit.


Paduan masker dari bahan ini akan mampu menghilangkan bintik hitam pada wajah, serta mampu mencerahkan dan melembapkan wajah Anda.

Cara membuatnya, campurkan 9 – 10 lembar bayam segar dengan 2 sendok perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, serta 1 sendok makan madu. Semua bahan dihaluskan dengan cara diblender. Kemudian Anda bisa mengaplikasikannya pada wajah yang telah dibersihkan memakai air hangat dan diamkan selama ±10 -15 menit. Lalu, bilas hingga bersih memakai air dingin supaya pori-pori wajah kembali menutup dan keringkan wajah Anda.

-Kombinasi masker jeruk dan pisang ambon untuk mengatasi penuaan dini.
Pisang ambon selain nikmat dimakan ternyata bisa juga dipakai untuk perawatan kulit. Buah ini bisa menghaluskan dan melembapkan kulit wajah. Tanda penuaan dini dan komedo pun bisa menghilang dengan memakai masker pisang ini.


Kombinasikan pisang ambon dan jeruk untuk dijadikan masker wajah. Gabungan dua bahan ini juga mampu mencegah tumbuhnya jerawat, wajah juga akan terkesan lebih lembap tanpa minyak berlebihan.

Ambil sebuah pisang ambon yang matang dan juga buah jeruk. Campurkan air jeruk dengan pisang ambon yang dihaluskan. Aduk rata lalu oles pada seluruh wajah dan biarkan mengering ±20 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah memakai handuk yang lembut.

-Kombinasi masker jeruk dan tomat untuk kulit wajah bebas kusam.
 Tomat juga kaya akan vitamin C sama halnya dengan buah jeruk. Gabungkan kedua bahan tersebut supaya kandungan anti-oksidan dan vitamin pada kedua buah tersebut bisa menyatu dan ampuh untuk merawat kulit wajah. Anda akan dapatkan kulit putih bebas kusam dengan memakai masker tomat yang dicampur jeruk nipis ini.


Ambil sebuah tomat segar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan air perasan dari buah jeruk. Campur rata lalu oles pada wajah dan diamkan ±20 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih.

-Kombinasi masker jeruk dan baking soda untuk mengatasi iritasi.
Anda bisa juga membuat masker wajah dari campuran buah jeruk dan baking soda. Kedua bahan ini bisa mengurangi potensi iritasi pada kulit wajah. Gabungan kedua bahan tersebut juga ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.


Ambil buah jeruk lalu potong dan cuci bersih. Peras jeruk dan ambil airnya saja kemudian tambahkan dengan baking soda. Campurkan baking soda dan air jeruk dengan perbandingan 3 : 1. Aduk rata, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan ±15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

-Kombinasi masker jeruk dan pepaya untuk mencerahkan wajah.
Pepaya pastinya sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Ada enzim papain terkandung di dalamnya yang bermanfaat dalam tindakan pengelupasan sel kulit mati. Ini akan membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih cerah karena sel kulit baru akan menggantikan sel kulit lama.


Paduan pepaya dengan jeruk akan mempromosikan tampilan kulit wajah yang lebih mulus sempurna. Kombinasi vitamin C pada jeruk nipis dan pepaya memberikan perawatan kulit yang terhindar dari efek radikal bebas. Wajah akan menjadi lebih putih jika Anda memakai masker kedua bahan ini secara teratur.

Ambil sepotong kecil buah pepaya dan juga setengah bagian dari buah jeruk. Haluskan pepaya menggunakan blender lalu campur dengan air perasan jeruk. Aduk dan segera oles pada wajah. Diamkan ±20 menit pada wajah Anda, lalu bilas dengan air bersih.

-Kombinasi masker jeruk dan putih telur untuk perawatan jerawat.
Putih telur sudah lama dijadikan bahan untuk merawat kecantikan wajah. Kaya akan protein, putih telur akan mampu mengencangkan kulit wajah dan menghapus kerut halus di wajah.


Untuk perawatan jerawat, Anda bisa membuat masker buah jeruk yang dicampur dengan putih telur. Gabungan keduanya menghasilkan masker yang mampu mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah dan juga mampu menghilangkan kerutan tanda penuaan. Masker alami ini juga ampuh untuk mencerahkan kulit.

Ambil sebuah jeruk dan juga sebutir telur ayam kampung. Ambil putih telurnya lalu tambah dengan air perasan jeruk. Aduk rata, kemudian oleskan sebagai masker pada wajah. Diamkan sampai kering, lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Anda juga dapat mengaplikasikan campuran bahan tersebut sebagai masker malam. Dengan cara, mengoleskan pada wajah saat malam hari dan biarkan mengering hingga pagi hari, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan lanjutkan dengan membilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori, setelah proses pembersihan selesai kemudian keringkan wajah Anda menggunakan handuk yang lembut.

-Kombinasi masker jeruk dan mentimun untuk mengatasi kotoran pada wajah.
Mentimun bisa dipakai untuk melembapkan kulit wajah secara alami. Ini karena kandungan mineral yang melimpah pada mentimun, buah mentimun juga bisa digunakan untuk menenangkan kulit yang meradang karena jerawat.


Mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai pencerah wajah dan bisa menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah. Khasiat mentimun yang lain adalah bisa mengurangi jumlah produksi minyak di wajah.

Kombinasi manfaat yang ada dalam buah jeruk dan mentimunakan memberikan efek yang bagus pada kulit. Gabungan dua bahan ini akan secara efektif mengatasi kotoran wajah akibat polusi karena mengandung anti-oksidan dan anti-bakteri.

Ambillah sebuah mentimun dan juga buah jeruk. Haluskan mentimun dengan cara diblender lalu campurkan dengan tetesan sari jeruk. Aduk rata, kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan nutrisinya terserap selama ±20 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

-Kombinasi masker jeruk dan yoghurt untuk menghilangkan kerutan wajah.
Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Zat tersebut bisa membunuh bakteri di area wajah. Probiotik juga bisa membuat wajah menjadi lebih lembap.


Padukan yoghurt dengan buah jeruk untuk mendapat manfaat baiknya. Masker wajah dengan paduan kedua bahan tersebut mampu menghilangkan flek hitam serta bekas jerawat, kombinasi keduanya juga bisa untuk menghilangkan kerutan di wajah dan juga mengencangkan kulit.

Caranya, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan air hangat supaya pori-pori kulit terbuka. Lalu campurkan yoghurt tawar dengan air perasan jeruk. Aduk adonan hingga menjadi seperti pasta kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan ±20 menit lalu bilas bersih dengan menggunakan air dingin supaya pori-pori wajah kembali menutup. Lakukan cara ini sekali seminggu.

-Kombinasi masker jeruk dan garam untuk wajah berjerawat.
Garam juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit wajah.Anda yang berjerawat bisa menggunakan garam untuk mengatasinya, kombinasikan dengan buah jeruk untuk dijadikan sebagai masker alami pada area wajah.


Campuran garam dan buah jeruk bisa mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Kombinasi dua bahan ini juga akan sangat tepat untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda.

Cara membuat masker ini sangat mudah. Belah jeruk menjadi dua lalu peras airnya. Siapkan sebuah wadah, campurkan 10 ml air bersih, garam, dan air perasan jeruk. Aduk rata lalu aplikasikan pada wajah yang sebelumnya sudah dicuci dengan air hangat. Biarkan sebentar supaya kandungan nutrisinya terserap oleh kulit, lakukan sedikit pemijatan lembut kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin.

-Kombinasi kulit jeruk dan kunyit untuk bedak herbal.
Anda bisa memisahkan kulit jeruk, keringkan dalam 3-4 hari, dan haluskan menggunakan blender untuk menjadikannnya sebagai bubuk bedak.


Bahan:
1 sendok makan bedak dari kulit jeruk.
Satu batang kunyit.
1 sendok makan air mawar.

Cara membuat:
-Masukkan ke dalam mangkok bubuk bedak dari kulit jeruk.
-Tambahkan kunyit dan campur dua bahan tersebut.
-Berikutnya, tambahkan air mawar dan campur hingga merata.
-Oleskan ke area wajah dan leher.
-Diamkan selama ±20 menit, kemudian bilas dengan air.
-Ulangi tindakan perawatan selama tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.


Saat menggunakan masker buah jeruk maupun lemon, kulit Anda mungkin akan merasa gatal dan ingin menggaruknya. Hal ini normal terjadi karena adanya reaksi zat asam dalam buah-buahan tersebut. Namun perlu diingat, sebaiknya Anda mematuhi benar prosedur waktu tunggu menggunakan masker jeruk atau pun lemon. Jangan biarkan masker terlalu lama pada kulit wajah Anda, karena efek membiarkan buah asam ini bersentuhan dengan kulit lebih dari 20 menit dapat menyebabkan iritasi.

Sangat disarankan pada Anda untuk menghindari paparan sinar matahari selama penggunaan masker buah jeruk, karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain jenis kulit sensitif, beberapa kondisi seperti rosacea dan dermatitis juga disarankan untuk menghindari penggunaan masker buah jeruk, karena dapat menimbulkan dan memperparah iritasi kulit. Semoga bermanfaat.


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini. 

pasang iklan disini




loading...