Monday 7 October 2019

Cantik Sehat : Penggunaan Isododecane dalam Produk Kosmetika


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan Isododecane dalam Produk Kosmetika

Penting bagi mereka yang menggunakan produk make up untuk mengetahui bahan apa yang terkandung di dalamnya, dan Isododecane merupakan zat umum yang sering ditemukan di banyak produk kosmetik. Isododecane dimanfaatkan sebagai emolien dan sering ditambahkan ke produk-produk seperti maskara, lip gloss, dan eyeliner supaya menghasilkan tekstur produk yang lembut, dengan kemampuan untuk menyebar dengan mudah pada kulit.

Isododecane adalah bahan umum yang ditemukan di berbagai jenis produk kecantikan, sebuah cairan yang jernih, tidak berwarna, dan tidak berbau, serta sangat mudah menguap (artinya tidak menyerap ke dalam kulit tetapi menguap darinya), memberikan rasa ringan pada kulit dan efek non-berminyak yang akan bagus dan dapat meningkatkan slip formula tanpa meninggalkan residu yang tebal. Cairan tak berwarna ini sering ditambahkan dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi lainnya untuk menjaga tekstur produk supaya tetap lembut dan membantu meluncur dengan mudah pada kulit, berkat viskositas dan kerapatan yang rendah, Isododecane memiliki daya sebar yang tinggi, yang membuatnya sangat ideal untuk produk berbasis lotion. Isododecane meninggalkan perasaan tak berbobot pada kulit dan mudah menguap, karena itu juga Isododecane mendapatkan tinjauan sebagai bahan wewangian dan parfum.

Isododecane merupakan jenis isoparaffin yaitu sebuah senyawa hidrokarbon rantai bercabang yang memiliki 12 karbon, bahan hidrokarbon sintetis telah banyak digunakan sebagai pelarut. Isododecane diketahui mampu meningkatkan penyebaran produk dan memiliki rasa yang tidak berbobot pada kulit. Secara umum, semua hidrokarbon yang digunakan dalam kosmetik dimanfaatkan untuk membantu mencegah penguapan air dari kulit. Tetapi dengan apa pun yang Anda gunakan pada tubuh Anda, penting untuk mengetahui bahan-bahan yang ada di dalamnya dan seberapa aman bahan-bahan tersebut.

Isododecane telah digunakan dalam berbagai macam produk kecantikan, termasuk dalam produk perawatan pribadi, semisal pelembab, serta produk rias dan perawatan rambut. Isododecane juga telah populer sebagai formulasi dalam produk make-up karena volatilitasnya mampu membuat maskara dan fondation tahan lebih lama. Zat ini juga akan menjadi pelarut yang sangat baik, Isododecane tidak hanyadidapati pada daftar bahan make-up tetapi juga pada penghilang make-up.

Di dalam kosmetik Anda dapat menemukan Isododecane dalam formulasi produk lipstik (terutama formula yang tahan lama), foundation, maskara, eyeliner, serum kulit, pelembab, sampo, serum rambut hingga hairspray. Isododecane merupakan pelarut, dan juga emolien. Dalam istilah awam, ini berarti Isododecane dimanfaatkan untuk membantu mempertahankan kelembaban serta membantu kelancaran aplikasi produk saat diterapkan.

Isododecane digunakan dalam banyak item kosmetik yang berbeda karena efek samping yang rendah, zat ini tidak dapat diserap oleh kulit, sehingga tidak memiliki kemampuan untuk menimbulkan iritasi yang signifikan.

Isododecane adalah sebuah zat emolien yang efektif, memungkinkan produk seperti lip gloss, eye shadow, eyeliner, dan kosmetik berbasis SPF memiliki kemampuan untuk meluncur dengan mudah pada seluruh kulit dan menyebar dalam lapisan secara merata untuk efektivitas maksimal. Isododecane juga telah umum digunakan dalam serum anti-penuaan , karena penting bahwa produk-produk kelas atas haruslah mampu menyebar dengan mudah untuk memberi cakupan merata di seluruh permukaan kulit guna menghindari tampilan kulit yang belang.

Studi tentang keamanan isododecane masih terbatas. Namun, Panel Pakar Tinjauan Bahan Kosmetik meninjau data hewan dan klinis yang relevan dalam Sumber Tepercaya 2012 dan menyatakan Isododecane dianggap aman ketika digunakan dalam konsentrasi rendah, seperti halnya dengan sebagian besar produk kecantikan. Dalam jajaran produk kosmetika Isododecane juga dimanfaatkan untuk mempermudah penyebaran produk pada kulit tanpa meninggalkan residu yang tebal atau berminyak, membantu memberikan rasa "tanpa bobot" pada produk saat diaplikasikan.

Isododecane juga merupakan bahan pilihan terbaik untuk digunakan dalam produk concealer mata, di mana kemampuan untuk menyebarkan produk secara merata adalah penting karena permukaan yang tidak rata disebabkan adanya kerutan dan garis-garis halus.

Isododecane hanyalah salah satu dari banyak bahan yang digunakan dalam produk kecantikan Anda. Bahan ini umumnya dianggap aman serta tidak menyebabkan kerusakan yang signifikan. Di dalam produk kosmetika Isododecane dimanfaatkan guna membantu menciptakan efek "matte" pada lipstik, warna pipi, dan foundation dengan hasil akhir yang ringan. Isododecane juga mampu meminimalkan transfer warna (misalnya, tanda lipstik pada gelas dan perak).

Alasan lain mengapa Isododecane digunakan dalam produk kosmetik adalah karena sifat non-komedonalnya. Ini berarti bahwa Isododecane tidak akan menyumbat pori - pori atau berkontribusi pada pengembangan jerawat . Bahan ini sangat ringan untuk disentuh, membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk produk kosmetik yang menginginkan efek "ringan" yang seharusnya terasa seolah-olah tidak ada sama sekali. Karena merupakan golongan hidrokarbon, Isododecane sangat efektif dalam mencegah penguapan air dari kulit. Hal ini berarti bahwa make up akan bertahan lebih lama pada kulit, dan epidermis kulit akan lebih lembab.

Belum ada penelitian saat ini yang menunjukkan bahwa isododecane berbahaya bagi semua jenis kulit. Meskipun demikian, beberapa penelitian telah melihat kemungkinan efek samping dari isododecane. Saat Anda menggunakan produk yang mengandung bahan ini, pastikan untuk tetap berhati-hati terhadap segala jenis perkembangan yang tidak biasa, seperti kemerahan, pembengkakan, atau gatal-gatal, untuk menghindari adanya tanda-tanda reaksi alergi yang parah. Ini kemungkinan karena fakta bahwa sifat kimianya dianggap aman ketika digunakan dalam jumlah kecil. Meski begitu, selalu ada kemungkinan reaksi alergi. Salah satu efek samping paling umum yang terkait dengan bahan-bahan dalam produk kecantikan adalah suatu kondisi yang disebut dermatitis kontak . Bentuk paling umum dari dermatitis kontak disebut dermatitis kontak iritan. Ini terjadi ketika lapisan pelindung kulit Anda teriritasi oleh sesuatu yang menyentuhnya.

Sebuah produk kosmetika dikategorikan berbahaya jika mengakibatkan suatu kondisi dermatitis kontak iritan yang diawali oleh gejala paling umum meliputi; kemerahan, ruam, benjolan dan lecet, rasa gatal, pembakaran, kulit bersisik dan pecah-pecah. Dan, bentuk dermatitis kontak yang kurang umum adalah dermatitis kontak alergi.

Gejala dermatitis kontak iritan biasanya berkembang dengan cepat, sedangkan reaksi dermatitis kontak alergi dibutuhkan 48 hingga 96 jam bagi kulit untuk mengembangkan reaksi dari dermatitis kontak alergi. Gejala-gejalanya biasanya sama dengan yang ada pada dermatitis kontak iritan.

EWG tidak mengeluarkan peringatan untuk Isododecane, juga FDA atau CIR. Karena itulah Isododecane dianggap non-iritasi kecuali jika terjadi kontak terlalu lama atau alergi yang sudah ada sebelumnya.

Isododecane sering menjadi salah satu dari banyak formulasi bahan yang digunakan dalam produk kecantikan. Karena penggunaannya yang luas dan kurangnya efek samping yang dilaporkan, Isododecane kemungkinan besar aman bagi kebanyakan orang. Ini terutama berlaku untuk produk yang menggunakan konsentrasi bahan ini dengan sangat rendah. Namun, ada kemungkinan untuk mengembangnya reaksi terhadap bahan perawatan kulit atau make-up. Jika Anda merasakan reaksi alergi terhadap produk dengan formulasi Isododecane, segeralah berhenti menggunakannya. Tindak lanjuti dengan berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengetahui apakah Anda harus menghindari bahan ini, dan produk mana yang aman untuk digunakan. Perlu diingat bahwa hanya dokter kulit yang dapat dipercayai untuk menyatakan bahwa Isododecane aman untuk Anda, dan itu tidak berarti bahwa bahan aktif dalam produk perawatan kulit Anda tidak akan menyebabkan reaksi alergi. Jika dokter kulit Anda telah mengidentifikasi kulit Anda sensitif, hindari produk yang mengandung pewangi buatan, atau pewarna, karena dapat mengiritasi kulit.



pasang iklan disini




loading...