Monday 11 May 2020

Cantik Sehat : Penjelasan Tentang Cleansing Gel serta Ragam Jenisnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Penjelasan Tentang Cleansing Gel serta Ragam Jenisnya

Tipe kulit terdiri dari kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan juga ada kulit sensitif. Dari tipe kulit ini nantinya akan menentukan jenis pembersih wajah seperti apa yang sebaiknya kita gunakan. Dan, setelah itu kita bisa mempertimbangkan aspek-aspek lain seperti kandungannya, bahan aktifnya, klaimnya, harganya, serta pertimbangan lainnya.

Cleansing gel merupakan pembersih wajah berbentuk gel dengan daya pembersih yang tinggi. Gel cleanser memiliki konsistensi seperti jeli dan biasanya berwarna bening. Produk ini ditujukan untuk membersihkan hingga ke tingkat pori-pori (deep cleansing). Jenis pembersih ini akan sangat efektif untuk mengatasi penyumbatan pori, menyapu minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Sebab gel cleanser biasanya juga dilengkapi fungsi eksfoliasi dan antiseptik.
Meski efektif untuk membersihkan, teksturnya tidak akan menimbulkan iritasi di kulit. Secara umum terdapat tiga tipe cleansing gel, yaitu tipe cair, oil-in-water, dan oil-based. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda.


Pembersih wajah berbentuk gel ada yang menghasilkan busa dan ada juga yang tidak, pembersih ini akan lebih cocok untuk kulit normal hingga berminyak. Facial wash berbentuk gel ini dikalaim mampu diandalkan untuk melakukan deep cleansing. Dalam penggunaan jangka panjang, gel cleanser ini dapat berfungsi untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit.

Cleansing gel dengan tekstur gel akan terasa ringan ketika diaplikasikan, sehingga aman dan tidak membuat iritasi bagi kulit yang bermasalah.
Karena formulanya yang lembut dan tidak memicu iritasi, pencuci wajah berjenis gel ini sangat disarankan untuk Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, berjerawat, kombinasi, atau sensitif. Produk pembersih wajah jenis ini juga akan cocok bagi Anda yang aktif berolahraga karena mampu mengangkat sisa kotoran dan keringat dengan efektif. Dan, jika Anda berjerawat, pilihlah cleansing gel yang memiliki kandungan anti jerawat.

Menggunakan cleansing gel akan membuat kulit Anda terasa segar dan halus. Teksturnya yang berupa gel juga dapat mengurangi gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, banyaknya produk cleansing gel yang bermunculan di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Dan, beberapa tips di bawah ini dapat Anda jadikan pedoman sebelum Anda menentukan cleansing gel yang paling tepat untuk kulit Anda.

Pilih berdasarkan kebutuhan make-up Anda
Terdapat tiga tipe cleansing gel dengan karakteristik yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kondisi kulit, serta daya tahan make-up Anda.
-Tipe cair akan cocok untuk membersihkan makeup ringan dan pengguna eyelash extension
Cleansing gel tipe cair umumnya bebas kandungan minyak. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang menggunakan eyelash extension. Alasannya, kandungan minyak dapat melekat pada akar bulu mata sehingga membuat ekstensi bulu mata Anda mudah lepas. Jadi, sebaiknya Anda menghindari cleansing gel yang mengandung minyak meskipun hanya sedikit.


Kekurangan cleansing gel tipe cair adalah sulit untuk menghilangkan make-up tebal dan waterproof. Karena itu, cleansing gel ini lebih cocok digunakan untuk membersihkan make-up ringan atau alami.
Cara paling mudah untuk mengenali cleansing gel tipe cair adalah dengan memeriksa label kemasannya. Pastikan terdapat klaim bebas minyak atau 100% tanpa minyak. Selain itu, Anda dapat mengetahuinya melalui urutan kandungan pada label komposisi. Biasanya, urutan awal dalam daftar komposisinya adalah air dan surfaktan.
Berikut ini adalah beberapa bahan kandungan yang umumnya ada dalam cleansing gel tipe cair:
Air, BG, DPG, PEG-number, OO Sorbitan
-Tipe oil-in-water nyaman digunakan sehari-hari
Cleansing gel tipe oil-in-water mengandung surfaktan dan sedikit minyak. Ini adalah tipe yang sering digunakan sehari-hari. Komposisinya mengandung sedikit minyak sehingga lebih mudah digunakan untuk membersihkan make-up dibandingkan tipe cair. Karena itulah cleansing gel tipe ini sangat direkomendasikan untuk digunakan sehari-hari.


Keunggulan cleansing gel tipe oil-in-water adalah kandungan minyaknya mudah membaur dengan baik di kulit. Namun, tipe ini tidak cocok digunakan untuk membersihkan make-up tebal karena kandungan minyaknya hanya sedikit. Anda bisa memakainya untuk membersihkan make-up ringan atau alami.
Jika ingin membeli tipe ini, pilihlah produk yang tidak mencantumkan klaim bebas minyak. Selain itu, perhatikan juga komposisinya. Pastikan bahwa terdapat kandungan minyak di bagian bawah urutan bahan kandungan.
-Tipe oil-based mampu membersihkan make-up tebal
Bahan utama cleansing gel tipe oil-based adalah bahan-bahan berbasis minyak. Bahan yang digunakan, seperti mineral oil dan cetyl ethylhexanoate, biasanya memiliki daya pembersih relatif tinggi. Oleh karena itu, tipe ini lebih efektif membersihkan full make-up dan waterproof make-up.


Di sisi lain, semakin tinggi daya pembersihan, semakin kuat pula daya pengangkatan make-up. Karena itulah, sebaiknya Anda lebih berhati-hati menggunakannya supaya tidak merusak kulit. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit setelah membersihkan make-up.
Untuk menemukan cleansing gel tipe oil-based, periksalah label komposisi pada produk pilihan Anda. Pastikan terdapat kandungan minyak di label komposisinya. Biasanya, tertulis kandungan minyak pada urutan pertama dan kedua label komposisi. Selain itu, periksa juga klaim yang dituliskan oleh produsen.

Produk tanpa bilas merupakan pilihan praktis
Jika tidak ingin repot, Anda dapat memilih produk yang tidak perlu dibilas dengan air setelah digunakan. Produk Cleansing gel seperti ini juga dapat mencegah kulit menjadi kering karena terlalu sering dibersihkan. Dan, tentu saja produk jenis ini akan cocok bagi pemilik kulit kering atau sensitif.


Beberapa produsen membuat varian cleanser tanpa bilas ini untuk tipe cair dan oil-in-water. Namun, cleansing gel tipe oil-based biasanya perlu Anda bilas setelah dipakai.

Produk tanpa bahan aditif lebih aman untuk kulit sensitif
Kulit sensitif memiliki lapisan pelindung yang tidak terlalu baik sehingga lebih mudah mengalami iritasi dibandingkan kulit normal. Untuk itu, pemilik kulit sensitif harus cermat saat memilih produk. Periksalah bahan aditif apa saja yang ada pada komposisinya meskipun terdapat klaim bebas bahan aditif. Kadang-kadang, ada produk yang diklaim bebas bahan aditif karena tidak mengandung salah satu dari berbagai bahan aditif, misalnya pewangi. Padahal, mungkin saja produk tersebut mengandung bahan aditif lainnya, misalnya pewarna. Hal tersebut tentu berisiko memicu iritasi pada kondisi kulit tertentu.


Contoh bahan aditif adalah pengawet semisal benzoic acid dan paraben. Keduanya digunakan untuk menjaga kualitas produk setelah dibuka. Akan tetapi, keduanya juga dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Kandungan berikutnya adalah mineral oil. Kandungan ini berkhasiat melindungi kulit, tetapi juga bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, perhatikan bahan kandungannya dengan jelas.
Meskipun demikian, tidak semua produk yang mengandung paraben dapat menyebabkan iritasi. Produsen biasanya memiliki nilai ambang batas yang ketat. Hanya produk yang mengandung paraben tinggi yang berpotensi membuat kulit menjadi iritasi. Adanya beberapa jenis minyak atau ekstrak tumbuhan juga dapat menyebabkan iritasi. Karena itu, sebelum membeli, cobalah terlebih dahulu dengan mengoleskannya pada bagian tubuh selain wajah.

Produk hot cleansing gel mampu membersihkan pori-pori dengan baik
Apabila Anda ingin membersihkan kotoran yang ada di pori-pori sekitar hidung, produk hot cleansing gel sangat direkomendasikan bagi Anda.


Cleansing gel jenis ini mampu membuat kulit menjadi lembut sehingga Anda lebih mudah membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Blackhead dan kotoran di sekitar hidung biasanya dapat menjadi flek yang membuat kulit menjadi kusam. Tidak perlu khawatir karena hot cleansing gel juga dapat mencerahkan kulit Anda.


Banyak pilihan produk perawatan yang bisa Anda gunakan. Namun, terdapat hal penting yang harus Anda ketahui yaitu cara penggunaan dan fungsi produk perawatan tersebut. Sebelum Anda melakukan proses pembersiha wajah dengan cleansing gel, ada baiknya Anda bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian cuci wajah dengan produk dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air.
Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis kulit berbeda sehingga membutuhkan produk perawatan yang berbeda juga. Hal itulah yang mendasari adanya berbagai macam produk yang beredar di pasaran. Dan, dalam memilih produk perawatan untuk kulit, perhatikan juga kecocokan kulit Anda setelah penggunaan. Jika setelah penggunaan produk kulit muncul kemerahan, bentol, dan rasa perih yang berlangsung selama beberapa hari, hal ini menandakan adanya iritasi. Segera hentikan dan segera ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
Dalam memilih produk kosmetik yang ditawarkan di pasaran, Anda juga harus memastikan jaminan keamanannya, dikarenakan adanya sejumlah kosmetik KW yang beredar dan tidak memiliki label dari BPOM, produk kosmetika tersebut justru dapat berbahaya karena bisa saja mengandung bahan kimia yang seharusnya bukan diperuntukkan bagi kulit manusia. Pastikan bahwa produk kosmetika yang Anda pilih merupakan produk yang sudah terdaftar di DepKes RI serta terdapat label BPOM yang menandakan bahwa produk kosmetika tersebut sudah diuji keamanannya. Brand kosmetik yang bervariasi dan harga yang super terjangkau belum tentu aman tanpa kedua label tersebut, produk kosmetik yang tidak teruji akan dapat berbahaya bagi kesehatan kulit penggunanya.
Melakukan pengecekan bahan yang tertera pada label yang tertempel di kemasan sebuah produk kosmetik sangatlah perlu untuk dilakukan. Karena, adanya produk kosmetik dengan kandungan merkuri dan hidroquinon yang menjanjikan kulit lebih cerah.Kedua bahan tersebut dapat Anda cek terlebih dahulu apakah terdapat pada kosmetik yang ingin Anda beli. Jika sudah memiliki label BPOM dan telah terdaftar di DepKes, produk kosmetika tersebut terbukti jauh lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga tidak akan berpengaruh buruk bagi kulit Anda.
Dalam membeli produk kosmetik, Anda juga wajib menjaga kesehatan kulit dengan memakai kosmetika secara benar sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang Anda miliki. Dan, jika terjadi masalah terhadap kesehatan yang mengganggu Anda, sebaiknya langsung menghubungi dokter atau ahli yang bisa membantu.



pasang iklan disini




loading...