Loading...
Pilihan skutik di Indonesia kini bertambah banyak dengan
berbagai merk dan tipe. Honda sebagai merk motor yang sudah dipercaya
masyarakat secara resmi merilis produk anyar bernama Genio. Motor tersebut merupakan
versi produksi dari project ‘G’ yang sempat dipamerkan di ajang Indonesia
Motorcycle Show (IMoS) 2018.
Honda Genio kini menjadi model skutik terbaru PT Astra Honda
Motor yang akan bersaing di kelas 110 cc. Skutik yang rilis pada 21 Januari
2020 di Jakarta ini hadir dengan konsep desain klasik mirip dengan Scoopy. Meski
demikian, pihak AHM memastikan bahwa tidak akan kanibalisme di antara kedua
model tersebut baik Honda Genio maupun Scoopy. Selain itu, menurut pihak PT AHM
sendiri, dua model tersebut memiliki pasarnya masing-masing. Genio menyasar
konsumen new entry, sedangkan Scoopy menyasar konsumen menengah ke atas.
Hadirnya Honda Genio tentu akan menambah panas persaingan
motor matic di Indonesia. Terlebih harga Honda Genio lebih murah dibandingkan
Honda Scoopy , namun memiliki fitur yang tidak kalah lengkap. Motor ini juga
menawarkaran mesin 110cc eSP yang selama ini terkenal irit dan repsonsif.
Bebekal kelebihan tersebut, maka sangat tepat apabila Honda Genio mendapat sebutan
sebagai motor matic murah terbaik di Indonesia.
Sebagai salah satu motor baru di Indonesia, Honda Genio
langsung menyita perhatian banyak orang. Sebab motor ini menawarkan desain
stylish dan fashionable, sehingga sesuai selera anak muda yang merupakan target
pasar utama Honda.
Genio yang merupakan terjemahan dari motor konsep Project G.
Secara kelas, bisa dibilang berada satu tingkat di bawah Scoopy. Sehingga
menyandang predikat sebagai skutik entry level.
Genio hadir dengan tampilan yang mirip dengan Scoopy, namun
dengan sejumlah perbedaan. Salah satunya adalah Honda Genio hadir dengan mesin
baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan
sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Honda sengaja menggunakan mesin tersebut supaya
harga motor Genio tetap terjangkau. Tersedia dua tipe Honda Genio yang bisa
masbro pilih, yakni tipe CBS dan CBS-ISS. Menariknya lagi, motor ini tersedia
dalam 11 pilihan warna yang disesuaikan dengan selera anak muda jaman sekarang.
Banyak orang yang terkecoh, sebelumnya ramai tersiar Genio
merupakan Scoopy bermesin 150 cc. Namun kenyataannya sangatlah jauh. Mesin yang
sama ditanamkan dengan beragam setelan dan komponen yang diperbaharui ini
menghasilkan output yang sedikit lebih kecil dari Scoopy.
Respons terhadap skutik baru besutan Honda ini, menuai
banyak komentar. Baik yang positif maupun negatif. Honda Genio pun dihadirkan
dengan pilihan warna yang cukup banyak, mudah disesuaikan dengan selera
masing-masing, tampilannya lebih modern sekaligus sporty dan elegan. Berbagai
sudut mengotak terlihat di bagian bodi dan lampu.
Honda Genio sangat cocok untuk pengguna yang ingin tampil
trendy dan mencolok terlebih motor ini merupakan line up skutik baru milik
Honda yang otomatis akan menjadi pusat perhatian. Menghadirkan ragam pilihan
warna yang sudah pasti akan memberikan pilihan menarik pada penggunannya. Deretan
warna Dual Tone yang membuat Honda Genio terlihat semakin menarik.
Sektor eksterior atau desain bodi yang diusung Honda Genio memang
menjadi salah satu segmen yang menarik. Sebab, Honda membawa konsep desain
klasik namun dibalut dengan gaya casual dan fashionable. Dimana, konsep desain
pada Honda Genio tersebut diterapkan di setiap sisi bodi fisiknya. Seperti
penggunaan lampu depan yang dibuat ala skutik klasik dengan teknologi LED yang
mampu memberikan penerangan secara lebih maksimal. Bahkan, pabrikan juga telah
membawa flip board atau pijakan kaki yang dibuat sedemikian rupa pada Honda
Genio dengan desain yang disesuaikan posisi riding pengguna. Sehingga,
pengendara pun akan merasa lebih nyaman ketika melakukan perjalanan jauh.
Honda menanamkan model rangka eSAF (enhanced Smart
Architecture Frame) pada Honda Genio yang merupakan hasil pengembangan terbaru.
Pabrikan pun mengklaim ada tahap khusus yang dilakukan seperti proses press
serta laser welding. Hasilnya, bobot tereduksi sebanyak delapan persen.
Desain
Transformasi dari versi konsep (Project G) ke versi produksi
hampir sama. Bagian depan ke belakang ditranslasikan secara utuh. Bahkan hingga
pemilihan roda dan pelek. Seperti yang sudah diperkirakan, Genio memiliki
tampilan sporty, elegan, sekaligus modern. Pabrikan menekankan, tujuan pasarnya
untuk generasi muda. Khususnya generasi yang biasa disebut millenial.
Honda Genio menampilkan sebuah desain kasual dan trendi.
Cocok untuk generasi muda yang memiliki karakter dinamis. Didukung adanya
sebelas pilihan warna desain striping yang terlihat retro dan pas dengan desain
motor membuatnya terlihat semakin menarik. Mulai dari Trendy Black, Trendy
Black Red, Trendy White, Trendy White Blue, Trendy White Red, dan Fabulous
Matte Black untuk tipe CBS-ISS. Sementara di varian CBS, disediakan warna Smart
Black, Smart Black Red, Smart Red, Smart Sliver, dan terakhir Smart White Blue.
Secara desain, Honda tidak menggambar Genio di “kanvas
kosong”. Namun, memberinya warnai di atas sketsa. Dengan warisan corak Scoopy
di tubuhnya serta banyak pahatan menyudut baik di depan maupun belakang.
Bagian sisi Honda Genio tidak diakhiri dengan gembung, tapi
diberikan patahan hingga ke bagian bawah. Desain samping Honda Genio dibuat
meruncing kebelakang untuk menghasilkan kesan retro modern. Jok motor ini juga
cukup tipis, namun tetap nyaman digunakan.
Headlight yang digunakan juga modern. Berbentuk trapesium
dengan separator di tengah khas motor masa kini. Beranjak ke samping, tepong
juga diberi lekukan tegas. Begitu juga sisi buritan, mengadopsi desain yang
sama. Otomatis, stoplamp juga terlihat lebih agresif walaupun masih memiliki
aura yang sama dengan Scoopy. Kemudian lampu sein tanam dengan cover mengikuti
alur bodi, dan hal tersebut juga berlaku pada lampu sein depan.
Sementara itu, jok dibuat cukup standar memanjang dengan
lekukan yang ideal untuk memberikan posisi berkendara yang jauh lebih aman dan
nyaman. Jok berbusa tebal dan berbahan anti – licin di kemas oleh pabrikan
dalam tampilan futuristik, sesuai akan konsep desain yang dibawanya.
Dengan keseluruhan konsep desain pada skutik ini maka akan
semakin melengkapi kecanggihan maupun kemewahan yang ditampilkan sisi eksterior
dari spesifikasi Honda Genio.
Honda menargetkan Genio kepada konsumen pemula.Jadi,
siapapun dipastikan akan dapat mengendarainya dengan mudah. Motor besutan Honda
ini memiliki bobot cukup ringan. Hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg buat
CBS-ISS. Memiliki dimensi yang kompak, dengan total panjang 1.860 mm, lebar 692
mm, dan tinggi 1.061 mm. Serta, jarak kursi ke tanah hanya 740 mm. Anda yang tidak
memiliki postur tinggi, dijamin bisa menapak tanah dengan baik. Dan, akan
merasa jauh lebih mudah dalam mengendalikan atau menjaga keseimbangan motor ini
saat berhenti di rambu-rambu lalu lintas tanpa perlu jinjit kaki. Honda Genio
memiliki jarak sumbu roda 1.256 mm untuk mempermudah manuver di jalanan padat. Sedangkan,
untuk ground clearance yang diusung skutik ini pun terbilang cukup tinggi,
yaitu 147 mm sehingga cocok juga dikendarai untuk melewati berbagai medan
jalan.
Tentu saja dengan dimensi yang ideal dan bobotnya yang cukup
ringan tersebut maka semakin membuat spesifikasi Honda Genio nyaman untuk dikendarai.
Fitur
Fitur yang ditawarkan oleh Honda Genio cukup menunjang, meskipun
tidak bisa dibilang spesial. Pertama dari panel meter. Desain bagian ini cukup keren.
Dengan memadukan bentuk lingkaran yang dikelilingi cover ring besi. Meskipun,
tidak seluruhnya berupa layar. Screen digital berbentuk persegi panjang kecil,
dengan tampilan monokrom.
Speedometer yang diusung Honda Genio mengandalkan panel full
digital dengan background gelap pekat yang ditampilkan melalui sebuah layar
LCD. Untuk informasi yang ditampilkan pun cukup menarik dan informatif. Seperti
kecepatan dalam hitungan Km/jam, tachometer, jarak tempuh, indikator bahan
bakar dan oli mesin, posisi gear dan mode berkendara. Selain itu, speedometer
pada Honda Genio juga disematkan beberapa lampu indikator seperti high beam,
indikator ABS, suhu mesin, dan indikator lampu sein. Bahkan pada bagian
dashboard dari produk buatan Honda ini pun juga telah dilengkapi dengan logo
Genio yang menyala sehingga membuatnya lebih tampak menarik.
Dengan begitu, jelas bahwa speedometer yang diusung
spesifikasi Honda Genio terbilang sangat canggih dan begitu atraktif dengan
tampilan informasi yang akurat mengenai kondisi motor saat dikendarai.
Pada bagian stang. Terdapat sakelar pengoperasian lampu
hingga starter. Pada tipe CBS-ISS terdapat tambahan tombol sistem Idling
Start/Stop engine yang bersinergi dengan sistem ACG (Alternating Current
Generator) untuk membuat proses menyalakan mesin lebih senyap (Seluruh tipe).
Fungsi ACG Starter adalah membuat suara mesin lebih halus
saat motor dihidupkan dengan electric starter ataupun saat menarik tuas gas
ketika fitur Idling Stop System aktif. Sedangkan fungsi Idling Stop System
(ISS) adalah untuk mematikan mesin secara otomati saat berhenti bebera detik di
lampu merah ataupun kondisi penting lainnya. Saat fitur ISS aktif, maka kita
tinggal menarik tuas gas dan motor bisa langsung hidup seketika. Berkat fitur
tersebut, konsumsi BBM Honda Genio menjadi lebih efisien karena tidak ada BBM
yang terbuang sia-sia.
Ruang simpan yang disediakan cukup besar. Dua laci di balik
tameng tergolong dalam. Cukup jika ingin menyimpan sarung tangan, air mineral
botol, ataupun smartphone. Dek bawah Honda Genio juga rata lantai. Saat membawa
barang agak besar, tidak terhalang tunnel yang biasanya terdapat pada maxi
scooter. Tersedia juga pengait yang menempel di tengah laci.
Honda Genio memiliki kapasitas bagasi 14 liter yang cukup
berguna untuk menaruh jaket, tas atau barang yang lumrah dibawa sehari-hari.
Hadir pula soket 12V untuk mengisi daya smartphone. Pabrikan mengklaim,
meskipun posisinya ada di dekat tangki, tidak akan berbahaya saat melakukan
pengisian baterai.
Urusan sektor pencahayaan, Honda membekali Genio teknologi LED
pada headlightnya. Sedangkan untuk lampu sein dan stoplamp menggunakan bohlam
biasa. Lampu depannya dibuat terpisah dengan lampu sein. Dan, untuk segi keamanan,
tersedia secure key shutter, kemudian ditambahkan tombol pembuka jok secara
praktis, brake lock dan side stand switch.
Rangka
dan Kaki-Kaki
Rangka racikan baru Honda yang tertanam di balik bodi Genio
dinamakan eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang telah melalui tahapan
khusus, seperti proses pressing dan laser welding, membuatnya lebih baik daripada
rangka skutik 110 cc generasi pendahulunya. Model rangka ini diklaim oleh pihak
AHM sebagai salah satu teknologi frame generasi terbaru yang mengedepankan
fleksibilitas dan ketangguhan dalam membentuk bodi motor.
Pabrikan mengklaim, konstruksi ini lebih ringan delapan
persen. Meskipun demikaian, tidak mengorbankan kekuatan dari rangkaiannya. Sehingga,
menjadikan motor ini lebih mudah dikendalikan saat bermanuver. Baik ketika
ditumpangi sendirian maupun berboncengan, pabrikan juga mengklaim rangka jenis
eSAF lebih nyaman, menjadikan motor cukup enteng saat dikendarai.
Dan, sebagaimana kita pahami bahwa sektor kaki-kaki di sini
dinilai sangat berkaitan erat dengan tingkat kenyamanan pengguna saat
berkendara. Skutik buatan pabrik asal Jepang ini mengusung suspensi handal.
Yaitu, tipe suspensi Telescopic pada bagian depan dan suspensi Swing Arm dengan
Suspensi Tunggal yang disematkan di sektor belakang. Dengan adanya dua suspensi
tersebut maka akan membuat keseimbangan pada Honda Genio ini semakin maksimal.
Bahkan, goncangan saat berkendara melalui medan jalan yang tidak
rata atau bergeronjal pun seakan tak terasa mengingat kedua suspensi tersebut
mampu meredamnya secara optimal.
Konfigurasi roda yang disematkan pada Genio menggunakan ban
80/90 14 inci di depan dan 90/90 14 inci di belakang. Peleknya juga menggunakan
model palang yang sporty, mirip kepunyaan Vario 125 lawas. Velg Alloy 14 inci ini
dibalut oleh ban Tubeless.
Mesin
serta Performa
Honda Genio menggunakan mesin yang mengadopsi sistem eSP
(enhanced Smart Power) terbaru. Basisnya masih mirip mesin 110 cc SOHC. Namun,
mengalami inovasi sehingga menjadikan komponen lebih ringan dan memiliki ukuran
serta output sedikit berbeda. Honda Genio memiliki perbandingan kompresi yang
lebih padat yakni 10:1 dibandingkan dengan Scoopy yang hanya berkompresi 9,5:1.
Tentu saja, hal ini menjadi salah satu segmen yang cukup diunggulkan di
kelasnya. Mesin tersebut akan dipadukan dengan sistem transmisi otomatis
V-Matic modern dan handal. Tidak hanya itu saja, bahkan sektor dapur pacu pada
Honda Genio ini sudah dilengkapi teknologi PGM-FI yang diklaim akan membuat
skutik ini jauh lebih efisien dan tentunya lebih ramah lingkungan.
Honda juga memperbaiki desain V-Belt pada motor besutannya
ini dengan memakai tipe W-Cog. Penggunaan sabuk ini diklaim bisa mengurangi
gesekan antara sabuk dengan puli sehingga suara di CVT menjadi lebih hening.
"Sistem W-Cog juga menunjang cengkraman belt yang lebih baik," kata
Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM).
Kombinasi (diameter x langkah) 47 x 63,1 mm akan mampu menghasilkan
tenaga maksimal 8,97 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm di 5.500 rpm.
Sedikit lebih kecil dari Scoopy, tetapi berada diatas BeAT. Kemampuan tersebut
sanggup membuat Honda Genio untuk responsif saat berakselerasi. Akselerasi
0-200 meter sanggup diselesaikan oleh Honda Genio dalam 12,4 detik. Sementara
catatan kecepatan maksimal di angka 94 km/jam.
Teknologi mesin baru pada Honda Genio ini berpengaruh juga
pada efisiensi bahan bakar. Dalam catatan pabrikan, satu liter bensin bisa
membawa motor dalam jarak 59,1 km. Dengan keadaan fitur ISS menyala. Artinya,
dalam keadaan tangki penuh (4,2L) Genio bisa melaju hingga 248 km. Ditambah
lagi, emisi gas buangnya sudah memenuhi standar Euro3.
Dengan melihat fakta tersebut maka sudah tentu jika sektor
dapur pacu atau mesin yang diusung Honda Genio akan mampu memberikan performa
yang jauh lebih efektif dan efisien. Honda Genio tidak perlu menggunakan BBM
dengan kadar oktan yang terlalu tinggi. Anda dapat menggunakan premium maupun
pertalite tanpa perlu khawatir merusak mesin dan membuat bahan bakar boros.
Pengereman
Semua varian Genio series sudah dilengkapi mekanisme rem CBS
(Combi-Brake System), yang bekerja saat tuas kiri ditarik. Otomatis kedua rem
bekerja secara bersamaan guna memaksimalkan penahan laju. Semua itu disokong
oleh rem cakram di depan dan teromol pada bagian belakang.
Rem cakram hidrolik piston tunggal di bagian depan dan rem tromol
pada bagian belakang akan menjamin kualitas pengereman lebih sempurna. Dan, dengan
kehandalan serta ketangguhan sektor kaki-kaki pada spesifikasi Honda Genio maka
jaminan kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara pun lebih maksimal.
Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS. Yang
dibandrol dengan harga mulai dari Rp17,2 juta sampai Rp17,7 juta on the road
Jakarta. Jika melihat banderol harga Honda Genio tersebut, memang terbilang
cukup memikat. Apalagi, kisarannya juga tidak sampai pada angka 20 jutaan.
Namun, sekali lagi bahwa harga tersebut masih berstatus OTR untuk wilayah
Jakarta dan sewaktu-waktu dapat berubah mengikuti kebijakan Astra Honda Motor. Sehingga,
sangat dimungkinkan sekali jika nantinya ada perbedaan harga pada skutik ini.
Sekian, Salam Otomotif.
loading...