Thursday 14 June 2018

Berbagai ragam Manfaat Coconut Oil (Minyak Kelapa) untuk Kulit serta Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                            Manfaat Coconut Oil (Minyak Kelapa)


Perawatan yang serba alami kini kembali digemari. Tahukah kamu bahwa ternyata ada satu bahan alami yang punya banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Bahan ini adalah coconut oil alias minyak kelapa.

Minyak kelapa dihasilkan dari buah pohon kelapa (Cocos nucifera), yakni golongan tanaman berasal dari Asia. Dalam dunia botani, tanaman ini termasuk dalam family Arecaceae, bersama anggota spesies lainnya yang ada di sepanjang pantai dan desa-desa kecil di sepanjang daerah tropis.

Di tempat-tempat berkembangnya kebudayaan Polinesia, seperti di beberapa pulau di Indonesia, pohon kelapa disebut juga ‘Pohon Kehidupan’ karena pohon yang ditanam dari kecil dapat memberi ribuan manfaat di sepanjang kehidupan seseorang. Semua bagian tanaman bisa dipakai, mulai dari akar, batang, cabang, dan daun hingga biji, serabut, daging, air, santan, dan tentu saja, minyaknya.

Kelapa memang terkenal dengan tumbuhan yang mempunyai seribu manfaat, seluruh bagian dari pohon kelapa ini memiliki fungsi masing-masing. Itulah sebabnya pohon kelapa dikenal sebagai pohon seribu guna. Salah satu bagian dari pohon kelapa yang mempunyai manfaat besar ialah buahnya. Buah pohon kelapa inilah yang akan diproses menjadi minyak yang biasa disebut dengan coconut oil. Coconut oil adalah minyak yang terbuat dari bahan baku dasar buah kelapa segar, proses dan bahannya tidak menggunakan bahan kimia dan proses pembuatan coconut oil ini dilakukan dengan cara pemanasan terkendali.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat virgin coconut oil sangat bagus untuk perawatan kecantikan kulit.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Coconut oil menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Coconut oil tidak hanya berfungsi untuk kegiatan memasak yang dapat menghasilkan makanan yang enak tetapi juga banyak manfaat besar lainnya dari coconut oil ini. Berbeda dengan minyak-minyak jenis lain, minyak kebanyakan memiliki kandungan zat yang tidak sehat untuk tubuh kita. Kebanyakan minyak dapat memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya yang akan mengancam keselamatan diri kita sendiri dan keluarga. Coconut oil diketahui dari sebuah studi bahwa terdapat kandungan zat yang dapat mengatasi perkembangan biakan virus dalam tubuh.
Ada zat yang terkandung dalam coconut oil sehingga baik bagi sistem imun yaitu asak kaprat, asam laktat, liquid antimikroba, dan asam kaplat yang bersifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus. Dalam tubuh manusia asam laurat di ubah menjadi monolaurin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa monolaurin yang dihasilkan sangat bagus untuk membasmi virus dan bakteri yang menjadi penyebab utama penyakit flu, herpes, hingga HIV.

Beberapa pengalaman pengguna VCO telah membuktikan khasiatnya dalam menjaga kecantikan kulit wajah. Banyak pengguna Virgin Coconut Oil merasakan adanya perubahan yang postif bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajahnya setelah menggunakan Virgin Coconut Oil secara rutin. Penelitian ilmiah juga telah membuktikan bahwa virgin coconut oil ternyata mengandung senyawa-senyawa organik kimia yang memiliki khasiat yang sangat bagus dalam menjadikan kulit wajah menjadi lebih sehat.

Berdasarkan hasil analisa dari salah satu lembaga ilmiah, minyak kelapa murni (VCO) banyak mengandung senyawa-senyawa asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam linoleat, asam oleat, asam stearat, asam miristat dan sebagainya.

Kandungan asam laurat yang sangat tinggi dalam minyak kelapa murni (VCO) ini ternyata memiliki sifat sebagai antibiotik, anti bakteri dan jamur. Dengan melihat sifat senyawa asam laurat ini maka sangat efektif sekali untuk digunakan bagi pengobatan jerawat di wajah. Kandungan asam lemak lain yang ada dalam VCO juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, terutama sel-sel kulit. Tidak heran apabila VCO ini digunakan pada kulit wajah akan membantu meregenerasi sel-sel kulit-kulit wajah yang rusak menjadi baru, sehingga akan terlihat kulit wajah yang segar dan kencang.

Lebih jauh lagi, kandungan senyawa air dalam vco ini juga tinggi. Hal ini ternyata sangat efektif dalam menjaga kelembaban kulit wajah, sehingga wajah akan terhindar dari kulit kering dan pecah-pecah. VCO  juga ternyata banyak mengandung senyawa antioksidan didalamnya. Antioksidan sangat baik untuk menangkal radiasi akibat paparan sinar matahari. Tentu saja ini akan melindungi kulit wajah dari flek-flek hitam dan kulit terbakar akibat efek negatif dari paparan sinar matahari ini. Minyak kelapa sangat efektif dalam memperbaiki kulit dan jaringan lunak yang rusak agar tubuh terlihat dan terasa segar sekaligus sehat.

Bali merupakan pelopor penggunaan kelapa sebagai kosmetik perawatan kulit. Di antaranya sebagai scrub/lulur badan, minyak pijat, penyubur rambut, boreh dan losion badan.

Dari penelitian, kelapa terbukti bermanfaat untuk membersihkan kulit sekaligus melancarkan peredaraan darah, menghaluskan kulit, dan memberi kelembapan. Dalam pengolahan kelapa biasanya ditambahkan bunga, essential oil atau fragrance untuk menimbulkan dan menetralkan aroma.

Begitu banyak manfaat atau kegunaan dari coconut oil yang sangat baik tidak hanya sebagai bahan campuran makanan, akan tetapi bermanfaat juga bagi kecantikan kulit tubuh manusia. Berikut ini diantaranya :

Melembabkan kulit
Coconut Oil memiliki tekstur yang kental sehingga bisa melembabkan kulit. Selain melembabkan kulit, minyak kelapa juga mampu mengembalikan warna kulit asli seseorang. Sebaiknya coconut oil diguanakan untuk manfaat luluran untuk seluruh tubuh.

VCO mampu melembapkan kulit, termasuk kulit wajah. Oleh karena itu, VCO dapat digunakan sebagai pengganti pelembap wajah yang biasa dipakai. VCO mampu melembapkan wajah tanpa membuatnya tampak berminyak berlebihan.

Karena kandungan vitamin E yang tinggi, VCO sangat berguna untuk melembabkan kulit. VCO sebagai pengganti pelembab kulit komersil yang tersedia di pasar untuk mendapatkan kulit indah tanpa sentuhan bahan kimia yang sering menimbulkan masalah bagi kulit di kemudian hari.

Minyak kelapa akan menghidrasi kulit wajah sehingga bisa dijadikan pengganti moisturizer malam yang ampuh. Kelebihannya lagi adalah bahwa minyak kelapa ini aman digunakan sebagai produk kecantikan sehari-hari.

Body lotion
Selain untuk wajah, VCO juga bagus untuk melembapkan kulit tubuh. Tentunya VCO bisa jadi pengganti body lotion anda. VCO aman dipakai pagi hari karena tidak bersifat tanning seperti Olive Oil, akan tetapi bagi yang tidak terbiasa mungkin akan terasa lengket, gerah, dan tidak nyaman. Oleh karena itu baiknya dipakai di malam hari.

Penebal bulu mata dan rambut alis
Bila anda kurang percaya diri dengan bulu mata atau rambut alis yang kurang tebal, anda bisa manfaatkan VCO untuk itu. Tentunya dengan bahan alami hasilnya tidak instan, namun juga tidak ada risiko buruk yang menyertainya.

Sekarang ini kaum hawa mendambakan alis dan bulu mata yang tebal. Banyak yang melakukan prosedur kecantikan untuk mendapatkan alis atau bulu mata yang mereka inginkan. Tentunya semua itu menelan biaya yang cukup mahal. Namun, Anda bisa menghemat banyak dengan mencoba menggunakan VCO. 

Masker rambut
Coconut oil dapat digunakan untuk membuat masker rambut dan melembabkan rambut. Rambut yang diberi masker coconut oil akan mengembang dan sangat lembut. Masker minyak kelapa ini dapat diaplikasikan setelah selesai keramas. Minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mendorong produksi folikel.

Conditioner rambut
Sering Anda merasa tidak cukup hanya dengan shampo sehingga Anda juga memerlukan conditioner. Anda harus tahu kalau salah satu manfaat VCO selain bagi keindahan kulit juga untuk memelihara kondisi mahkota Anda.

Bila rambut anda kasar atau kering, anda bisa mencoba memakai VCO sebagai conditioner rambut. VCO sudah terkenal dengan kemampuannya menghaluskan bahkan menghilangkan ketombe pada rambut. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya, santan, yang juga sangat baik untuk rambut. Bila dipakai secara rutin, rambut anda akan halus, kerontokan berkurang dan bahkan ketombe hilang.

Minyak kelapa merupakan salah satu solusi bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut rontok, kering, rusak, dan bercabang. Nutrisi yang terdapat dalam minyak kelapa, dapat melembapkan rambut dan menenangkan kulit kepala yang teriritasi.

Melembabkan bibir
Bibir yang pecah-pecah dan kering tak hanya terasa tidak nyaman namun juga bisa membuat penderitanya minder karena mengganggu penampilan.

Kandungan dari coconut oil yang berfungsi mencegah hidrasi, ternyata dapat mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering.

VCO baik untuk melembapkan bibir yang pecah-pecah. Jika kamu tidak ingin memakai lip balm di pasaran yang mengandung bahan kimia, VCO adalah alternatif yang tepat untuk itu. Plusnya lagi, anda bisa memakai lipstick tanpa khawatir bibir akan pecah-pecah hingga membuat tampilan make up anda jelek. Bila dipakai rutin, bukan hanya melembapkan bibir, VCO juga bisa mengembalikan warna alami bibir anda.

Antioksidan tinggi melawan keriput
VCO sendiri ialah salah satu minyak paling baik untuk perawatan kulit karena membantu mempertahankan elastisitas kulit. Elastisitas kulit sangat penting agar kulit tampak awet muda. Vitamin E dan antioksidannya tak hanya akan melembabkan kulit namun menghalau kerutan halus sebelum waktunya. Anda juga bisa meminum VCO karena minyak esensial ini sangat aman dikonsumsi.

Minyak kelapa mengandung vitamin C, yang membantu menjaga elastisitas dan fleksibilitas kulit. Serta kandungan tembaga, yang membantu mencegah bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan keriput.

Mengatasi garis halus, bengkak, dan bintik hitam di area mata
Area kulit dibawah mata kita sangat tipis dan begitu halus. Hal itulah yang menyebabkan munculnya garis-garis halus dibawah mata, bintik hitam serta bengkak.

VCO bisa membantu melenyapkan mata panda yang membuat penampilan wajah Anda nampak kurang segar dan lesu. Untuk menghilangkan mata panda disarankan memakai VCO yang tersedia dalam bentuk cold press. VCO cair yang dibuat dengan dimasak terlebih dulu butuh kurang lebih satu bulan untuk melenyapkan mata panda. Sedangkan, dengan VCO cold press Anda bisa mendapatkan wajah bebas mata panda hanya dalam satu minggu.

Obat jerawat
Meskipun VCO kaya akan kandungan pelembab dari minyak esensialnya, salah satu manfaat VCO bagi kecantikan wajah yang dikenal ialah mengatasi masalah jerawat.

Selain karena faktor hormon jerawat bisa disebabkan bakteri yang menempel di kulit. Inilah mengapa VCO bisa mengatasi jerawat karena asam laurat dalam VCO bersifat antibakteri.

Masalah jerawat merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang, terutama pada remaja. Jerawat bisa disebabkan karena adanya kuman dan bakteri pada kulit. Pada VCO mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Dengan melakukan perawatan menggunakan minyak VCO, maka akan membantu menghilangkan jerawat di wajah sekaligus mencegah timbulnya jerawat batu. VCO dapat menjadi obat jerawat tanpa menutup pori-pori yang umumnya dikhawatirkan banyak orang. Hal ini karena VCO lebih ringan dan mudah meresap sehingga tidak akan menyumbat pori.

Minyak kelapa mengandung berbagai asam yang sangat baik bagi kulit yaitu asam laurat dan asam kaprat. Kedua jenis asam ini akan diubah menjadi monolaurin dan monocaprin menggunakan bantuan mikroba. Akibatnya, jerawat akan lebih cepat hilang dan lebih mudah dicegah.

Mempercantik rambut ikal
Coconut oil juga dapat memberikan khasiat yang bagus untuk mendapatkan rambut ikal bergelombang yang bersinar. Diketahui minyak kelapa dapat mempertahankan tekstur rambut lebih lama. seperti manfaat minyak urang aring.

Dapat digunakan sebagai pembersih makeup
Mak- up remover atau penghapus riasan ialah barang wajib bagi para wanita yang gemar bersolek memulas wajah. Mak- up remover yang tak cocok dengan kulit wajah bisa menimbulkan jerawat atau alergi.

Bagi anda yang sering memakai make up, tentunya perlu pembersih make-up khusus yang bisa menghapus seluruh-make up agar tidak menimbulkan jerawat. VCO juga bisa anda manfaatkan sebagai pembersih make up. Make up waterproof pun bisa luntur oleh VCO.

Cara penggunaannya mudah sekali. Cukup ambil satu sendok teh coconut oil dan oleskan pada kapas. Namun sebelum itu minyak kelapa harus berada dalam keadaan suhu kamar yang stabil. Saat membersihkan wajah dengan menggunakan coconut oil, jangan menekan terlalu kuat. Setelah selesai kemudian cuci wajah dengan air hangat.

Cleansing oil
VCO juga bisa digunakan sebagai cleansing oil yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari minyak berlebih, debu, dan kotoran.

Jika kamu mencari pembersih wajah super maksimal minyak kelapa adalah jawabannya. Setelah membersihkan wajah kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa yang telah dicampurkan dengan madu dan oats pada wajah. Minyak kelapa dan oats bermanfaat untuk eksfoliasi kulit mati, sementara madu dapat melembutkan dan menutrisi kulit.  Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang memuaskan.

Dapat dijadikan lulur scrub
Campurkan coconut oil dengan sedikit pasir atau gula, lalu oleskan pada seluruh permukaan kulit caranya sama dengan pemakaian masker biasanya. Akan tetapi jangan menggosok terlalu kuat agar tidak terjadi iritasi pada kulit.

Dapat dijadikan krim cukur
Coconut oil memiliki tekstur yang kental dan cair , sehingga mampu melindungi kulit dari lecet.

Kegiatan mencukur akan lebih aman dan bebas gatal bila menggunakan shaving cream atau shaving oil yang tepat. VCO dapat anda gunakan sebagai shaving oil untuk mencegah iritasi. Selain membuat kulit lembap, VCO yang digunakan sebagai shaving oil juga mencegah kulit iritasi akibat pisau cukur. Dan yang pasti, shaving oil dari VCO lebih aman daripada shaving cream yang dijual di pasaran.

Untuk mengobati luka bakar
Salah satu contoh luka bakar yang sering terjadi dan memiliki dampak yang mengganggu bagi penampilan adalah terkena knalpot . Penggunaannya cukup oleskan coconut oil pada area yang terkena luka bakar, agar tidak terjadi bekas luka yang bisa merusak lapisan kulit.

Dapat digunakan untuk membasmi kutu rambut
Kombinasi coconut oil dengan minyak pada teh sangat ampuh untuk mengusir kutu rambut. Dari segi harganya, menggunakan coconut oil lebih murah dibandingkan dengan pembasmi kutu rambut yang dijual mahal dipasaran.

Tips Supaya Penggunaan VCO Lebih Maksimal:
Supaya manfaat atau hasil dari penggunaan VCO ini bisa didapat dengan cepat dan maksimal, selain dilakukan dengan cara dipakai langsung pada kulit wajah atau rambut, anda bisa coba juga dibarengi dengan mengkonsumsi VCO dengan cara diminum. Gunakan sebanyak satu sendok makan VCO untuk diminum setiap harinya. Meminum VCO selain bisa melancarkan pencernaan juga mampu merawat kecantikan kulit dari dalam. Dengan mengkonsumsi secara teratur maka hasil yang anda dapatkan akan cepat dan maksimal seperti apa yang anda inginkan, cara ini patut anda coba karena tidak menutup kemungkinan bahwa untuk menghasilkan kecantikan kulit dari luar perlu juga untuk diimbagi dengan mengkonsumsinya, yaitu perawatan dari dalam tubuh.

Cukup banyak manfaat yang terkandung pada virgin coconut oil, mulai dari untuk merawat kecantikan wajah dari luar hingga perawatan dari dalam tubuh. Virgin coconut oil banyak dimanfaatkan para industri komestik sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan, karena manfaat virgin coconut oil sudah terbukti keampuhannya untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Minyak ini perlu anda coba karena kemungkinan besar manfaat yang bisa anda terima setelah mencoba virgin coconut oil akan memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit anda.

Itulah beberapa manfaat dari menggunakan coconut oil bagi kecantikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...