Thursday 14 March 2019

Cantik Sehat: Penggunaan PEG 30 Dipolyhydroxystearate dalam Kosmetika – Penjelasan serta Manfaatnya


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Penggunaan PEG 30 Dipolyhydroxystearate dalam Kosmetika

PEG 30 Dipolyhydroxystearate digunakan dalam produk kecantikan dan kosmetik sebagai zat pengemulsi dan surfaktan, lebih khusus bahan ini digunakan sebagai pengemulsi polimer lipofilik. PEG 30 Dipolyhydroxystearate merupakan golongan Polyethylene Glycol yang diester dari Asam Polyhydroxystearic, dan diabsorpsi secara minimal oleh kulit karena memiliki berat molekul yang rendah.

Meskipun terdapat kekhawatiran tentang pemanfaatan PEG. Namun, bahan ini banyak ditemukan dalam formulasi sejumlah besar produk karena sifatnya yang beragam. Dalam sebuah penelitianditerbitkan dalam jurnal Toxicology pada tahun 2005, berjudul "Penilaian keamanan pada polietilen glikol (PEG) dan turunannya seperti yang digunakan dalam produk kosmetik," disimpulkan bahwa: "Dengan mempertimbangkan semua informasi yang tersedia dari senyawa terkait, serta mode dan mekanisme aksi, tidak ada masalah keamanan berkenaan dengan titik akhir ini dapat diidentifikasi. Berdasarkan data yang tersedia maka disimpulkan bahwa PEG dari kisaran berat molekul yang luas (200 hingga lebih dari 10.000), eternya (laureth, ceteths, ceteareths, steareths) , dan oleths), dan ester asam lemak (laurat, dilaurat, stearat, distearat) aman untuk digunakan dalam kosmetik. ". PEG tidak dianggap sebagai iritan atau sensitizer, dan CIR serta FDA menyetujui untuk digunakan, tetapi tidak pada kulit yang rusak.


Hasil dari sebuah penelitian juga menegaskan bahwa PEG 30 Dipolyhydroxystearate adalah pengemulsi yang baik dan stabilisator dari emulsi Water in Oil (W/O) yang mengandung berbagai jenis minyak.

Emulsi water in oil (W/O) memiliki aplikasi yang berbeda dalam industri makanan, farmasi dan kosmetik. Sejumlah penelitian tentang emulsi berfokus pada sistem Water in Oil (W/O), tetapi ada beberapa makalah tentang emulsi Water in Oil (W/O) cair. Alasannya adalah stabilitas yang rendah dari emulsi Water in Oil (W/O) cair, yang dapat dengan mudah mengendap, berflokulasi, atau bergabung karena mobilitas tetesan air yang tinggi. Pemahaman yang lebih baik tentang interaksi antara air, minyak dan pengemulsi di antar-muka serta faktor-faktor yang mempengaruhi stabilitas emulsi akan memungkinkan produksi emulsi Water in Oil (W/O) cair yang stabil, guna mendorong pengembangan produk dan aplikasi baru.

PEG 30 Dipolyhydroxystearate merupakan suatu bahan pengemulsi polimer non-ionik yang dapat dipergunakan untuk emulsi W/O/W ganda serta dipilih sebagai surfaktan dan sifat-sifat interfacialnya dapat dilihat dengan menggunakan tensiometri.


The Cosmetic Database menemukan PEG 30 Dipolyhydroxystearate dapat menjadi bahan bahaya moderat tergantung pada penggunaan namun memberikan penilaian terhadap  PEG 30 Dipolyhydroxystearate aman 98%, dan penilaian tersebut merupakan rating keamanan tinggi untuk PEG. Rating tersebut juga telah mempertimbangkan catatan tentang kontaminasi dan masalah toksisitas.

Produk dan formula yang mengandung PEG tidak boleh digunakan pada kulit yang rusak atau teriritasi. Meskipun PEG dianggap aman untuk digunakan secara topikal pada kulit yang sehat, penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menderita luka bakar parah diobati dengan krim anti-mikroba berbasis PEG; perawatan ini mengakibatkan keracunan ginjal. "Kandungan PEG dari krim antimikroba ditentukan untuk menjadi agen penyebab. Namun, tidak ada bukti toksisitas sistemik yang terjadi dalam penelitian dengan kulit yang utuh. Karena pengamatan efek ginjal pada pasien luka bakar, Panel Pakar CIR memenuhi syarat kesimpulan mereka pada keamanan bahan PEG untuk menyatakan bahwa formulasi kosmetik yang mengandung bahan-bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit yang rusak "( CosmeticsInfo.org ).



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...