Monday 5 August 2019

Cantik Sehat : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Produk Sabun Mandi


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Produk Sabun Mandi

Cantiknya kulit bukan hanya ada pada kulit yang di wajah. Namun, kulit tubuh pun perlu diberikan produk yang berkualitas, sama seperti pedulinya kita dengan kulit wajah. Menggunakan produk perawatan tubuh dari kaki hingga kepala sebaiknya tidak sembarangan. Karena jika tidak memilih produk yang tepat, justru dapat merusak kulit.

Anda pasti membersihkan kulit tubuh setiap harinya dengan menggunakan sabun untuk menjaga kondisinya supaya segar dan terhindar dari penyakit yang datang disebabkan kotoran, Anda memang dituntut untuk cermat dalam memilih jenis sabun. Karena, setiap produk sabun memiliki kandungan, formula, serta tekstur yang berbeda-beda.

“Sabun adalah produk pembersih kulit yang terbuat dari campuran lemak, minyak, asam lemak, dan basa. Tipe dan kandungan pada sabun dipengaruhi oleh kombinasi dan komposisi zat kimia tersebut,” begitulah penjelasan dari dr Eddy Karta, SpKK.


Sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan harian yang penting. Skin care item ini biasa digunakan untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, kuman, dan minyak yang menempel pada tubuh akibat aktivitas fisik. Namun, memilih sabun mandi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan beragam jenis, aroma, dan kandungan sabun mandi yang dijual di pasaran.

Pernahkah Anda memperhatikan produk sabun mandi yang setiap hari digunakan? Baik dari segi formula, tekstur maupun kandungannya? Dan, banyak orang kurang cermat dalam memilih sebuah produk sabun mandi karena berpikir bahwa fungsinya akan sama, yaitu membersihkan tubuh dari kotoran dan kuman. Asal tubuh bersih dan terasa segar, apapun jenis sabun yang digunakan pun tidak masalah. Ada pula yang memilih sabun mandi karena menyukai aromanya tanpa memahami apa saja bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Padahal jika sabun yang kita gunakan tidak cocok, akan dapat menimbulkan efek buruk pada kulit. Dan, ada orang yang cocok menggunakan sabun batangan, ada pula yang lebih cocok dengan sabun cair. Apapun jenis sabun mandi yang Anda pergunakan, sangatlah penting untuk memperhatikan formulanya, guna memastikan keamanan serta kecocokan produk tersebut terhadap kulit Anda.

Referensi seseorang dalam memilih sebuah produk sabun mandi adalah yang berbusa, wangi, memiliki kemasan menarik, harga terjangkau, dan bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Ragam jumlah produk sabun mandi di pasaran pun tak terhitung. Padahal, pemilihan sabun mandi sebaiknya dilakukan secara saksama karena merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga dan memperbaiki kulit supaya tampak sehat.


Sabun mandi memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Dan, tentu saja Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih sabun mandi. Menggunakan sabun mandi favorit bisa jadi salah satu cara meningkatkan mood. Namun, kamu jangan asal pilih sabun hanya karena aromanya saja. Jika Anda ingin kulit tetap terjaga kesehatannya, memilih sabun mandi dengan formula yang berkualitas wajib untuk Anda perhatikan.

Untuk memiliki kulit idaman yang sehat, kenyal, bercahaya, dan nampak cantik tentu harus diimbangi dengan usaha yang tepat. Salah satunya adalah dengan memilih sabun mandi yang cocok dan aman. Sabun mandi memiliki merek, kandungan, dan jenis yang beragam. Tentu efek yang diberikan pada pemakai juga beragam. Perlu Anda ketahui bahwa mandi tak hanya tentang membersihkan badan saja. Namun, juga menjadi ritual yang sangat penting supaya tubuh menjadi lebih sehat. Memilih produk sabun mandi memang tidak boleh asal pilih. Karena, untuk menjaga kesehatan kulit Anda harus menggunakan sabun mandi yang sesuai. Boleh saja memilih sabun mandi sesuai selera, namun pertimbangan Anda harus ekstra. Apa lagi jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Jadi temukanlah sabun mandi yang paling cocok dan dapat menjawab sejumlah permasalahan kulit Anda.


Mandi dengan menggunakan sabun aroma favorit juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mood. Tapi, janganlah Anda  memilih sebuah produk sabun hanya karena aromanya saja. Jika ingin kulit Anda tetap terjaga kesehatannya, memilih sabun mandi dengan formulasi bahan yang berkualitas wajib dilakukan.

Untuk mengembalikan kebersihan kulit, kita biasanya akan membersihkan tubuh menggunakan sabun mandi. Aktivitas mandi biasanya dilakukan untuk mengawali hari agar tubuh terasa bersih dan segar. Selepas bekerjapun aktivitas mandi mampu melepas rasa lelah dan ditambah lagi menggunakan sabun mandi favorit yang membuat tubuh kembali segar. Menurut seorang dermatolog, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), FINSDV, FAADV, maksimalnya kegiatan mandi sebaiknya hanya dilakukan 2 kali sehari. "Kalau mandi sampai berulang, minyak normal di tubuh kita akan terkikis dan menguap, jadi kulit kita akan kering," ungkap Tina. Tidak berhenti di situ, jika kulit seseorang mengalami kekeringan, maka orang tersebut rentan mengalami gangguan kesehatan lainnya. Di antaranya, kemampuan perlindungan kulit menurun sehingga kulit lebih sensitif terhadap zat penyebab alergi dan iritasi.

Potential hydrogen (pH) adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui kadar keasaman. Jika kita memerhatikan dengan baik sabun mandi yang kita gunakan, di dalam kemasan akan menjelaskan berapa tingkat pH yang dimiliki oleh sabun mandi itu. Tingkat keasaman pH  dihitung dari 1 sampai 14. Kategori pH asam ada di angka 1 – 6. Sedangkan pH yang tergolong netral adalah 7. Tingkat pH dari 8 – 14 termasuk dalam kategori basa. Dan, tingkat keasaman (pH) yang aman untuk sabun mandi harian yang kita gunakan ada di angka 4.5 sampai dengan 5.5.

Potential hydrogen (pH) bermanfaat sebagai pelindung dari bakteri, polusi, dan racun. Namun, jika kita menggunakan sabun mandi dengan pH berlebih akan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, seperti kemerahan, gatal, kulit menjadi kering, serta menurunnya tingkat kelembapan kulit.

Pemilihan sabun biasanya hanya didasari pada keinginan untuk tampil bersih, segar, dan wangi. Padahal, pemilihan sabun yang kurang tepat dapat membuat kulit kering, gatal, atau bahkan mengalami iritasi. Karena, kandungan bahan sabun yang iritatif juga mampu memicu beberapa hal tersebut bahkan dapat menyebabkan kemerahan pada jenis kulit sensitif. Dalam sebuah kampanye bertajuk Healthy Zona, pesan penggunaan sabun yang menyehatkan kulit pun digaungkan. Kampanye ini juga digunakan untuk menyemangati anak-anak muda agar aktif berkarya dan terus berkarya, salah satunya melalui kegiatan vlogging yang saat ini banyak diminati. "Vlog sudah sekitar satu sampai dua tahun ini booming di Indonesia. Youtube adalah salah satu yang perkembanganya pesat dan tentu butuh konten kreator. Ini sangat luar biasa digemari," ujar Novendy selaku Strategic Digital Campaign.


Tiap orang memang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakan. Apakah itu sabun batang ataukah sabun cair, jenis sabun wangi ataukah sabun yang bisa membunuh kuman. Sabun dengan aroma buah misalnya, dapat meningkatkan mood setelah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan. "Kalau mencium aroma buah mood kita jadi lebih oke. Kandungan extra moisturizer, aloe vera dan buah juga bisa untuk menutrisi kulit," kata Mirna F. Ambarsari. Ia melanjutkan, untuk memilih sabun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi kesehatan kulit. Dan, pastikan pula bahwa produk sabun tersebut telah telah memiliki cap dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Sekarang sabun mandi pun harus disertakan logo halal. Juga hindari sabun yang menggunakan kandungan pemutih," lanjut mirna.

Memilih sabun mandi yang tepat dan aman bagi kulit sangatlah dianjurkan, hal ini bertujuan agar dapat membersihkan kulit dari bakteri, kuman dan jamur. Sabun mandi telah umum tersedia di berbagai toko-toko terdekat bahkan di pasaran pun banyak sekali produk sabun mandi yang beredar sehingga membuat orang kebingungan untuk memilih sabun mandi yang cocok untuk ia gunakan. Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi yang beredar di pasaran yang mungkin dapat membuat kita semakin bingung untuk memilih. Sebagian orang cocok menggunakan sabun cair, dan sebagian lainnya lebih suka memakai sabun batang saat membersihkan kulit tubuh sehari-hari. Sebelum memilih dan membeli sebuah produk sabun mandi, Anda perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini:

Mengetahui jenis kulit
Semua orang ingin memiliki kulit bersih, segar, dan nyaman sehabis mandi. Dan, terkadang kita sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak.


Perawatan kulit yang baik adalah perawatan yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Apalagi jika Anda menggunakan produk tersebut setiap hari secara rutin. Penggunaan sabun mandi yang tidak sesuai dengan tipe kulit bisa menyebabkan dehidrasi, iritasi, gatal, dan sejumlah permasalahan kulit lainnya. Dan, anda adalah orang yang paling mengerti tubuh sendiri. Karena itulah, mengenali jenis kulit sangat penting untuk mengetahui sabun apa yang cocok untuk digunakan. Jenis kulit pun beragam, ada yang normal, mudah berminyak, kering, bahkan sensitif.

Kondisi kulit juga bisa berubah dari waktu ke waktu. Hal tersebut karena adanya pengaruh cuaca dan aktivitas Anda. Jika udara panas biasanya kulit mudah berminyak dan tekstur kulit akan menggelap. Berbeda dengan saat cuaca dingin kulit akan lebih kering.

Anda sangat disarankan untuk memilih sebuah produk sabun mandi yang sesuai untuk kondisi kulit tubuh Anda. Saat berminyak sebaiknya memilih sabun yang berfungsi menyerap minyak atau sabun yang dikhususkan kulit berminyak. Jika jenis kulit kering, Anda membutuhkan sabun yang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit.


Menurut Dermatologis Medis dan Kosmetik di New York, Amerika Serikat, Francesca Fusco, M.D.,  jika pembersih dengan kandungan minyak yang tinggi memiliki dampak yang terlalu keras untuk jenis kulit kering. Pilihlah sabun yang punya kandungan minyak rendah supaya dapat beradaptasi dengan kulit kering Anda. Fusco juga menyoroti perihal sabun yang memiliki aroma kuat. Menurutnya, sabun yang terlalu menyengat dapat membuat kulit iritasi dan memicu alergi, terlebih lagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit. Anda tidak perlu terlalu bingung dan khawatir jika memiliki jenis kulit normal. Karena, hampir semua jenis sabun bisa Anda gunakan dengan nyaman. Kulit normal memang cenderung lebih fleksibel dengan berbagai kondisi dan juga jenis sabun. Namun, tetap perhatikan komposisi dan juga kadar keasamannya dari produk sabun yang Anda gunakan.

Sedangkan kulit berminyak memiliki ciri antara lain; pori-pori yang membesar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo, dan mudah berjerawat. Jenis kulit berminyak merupakan kebalikan dari kulit kering, dimana kelenjar minyak terlalu aktif menghasilkan pelembap alami kulit. Produksi minyak yang berlebihan memudahkan kotoran menempel dan menjadikan kulit mudah sekali lengket hingga menimbulkan masalah seperti bau badan, sehingga harus lebih sering dibersihkan. Resiko terjadinya jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya juga akan semakin tinggi terjadi pada jenis kulit berminyak. Kulit yang mudah kotor juga sudah pasti mudah sekali timbul daki. Dan, jika Anda adalah pemilik kulit berminyak, jadikanlah produk sabun berlabel oil free dan non-comedogenic sebagai pilihan utama. Anda bisa juga membeli produk yang mengandung asam salisilat, untuk mengurangi risiko jerawat. Pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak adalah produk sabun yang memiliki khasiat membersihkan dengan kuat. Biasanya memiliki komposisi seperti garam laut, gula merah atau oatmeal.

Pastikan terlebih dulu bagaimana kondisi kulit Anda, dan ketahui sabun seperti apa yang cocok dengan jenis kulit. Meski kelihatannya sama, setiap jenis kulit memerlukan treatment yang berbeda, tidak bisa disamaratakan. Jika Anda asal pakai sebuah produk perawatan kulit, dapat menjadikan tampilan kulit Anda terlihat kurang segar dan kusam, hingga gampang kotor dan lengket.


Produk sabun yang baik adalah sabun yang mampu memberikan perlindungan dan mempertahankan kelembapan kulit. Jenis kulit kering memiliki kadar sebum atau minyak yang rendah serta memiliki ciri kulit yang sering terlihat kusam. Selain itu, kulit kering memiliki sisik halus dan mudah mengelupas. Untuk jenis kulit kering lebih disarankan untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap semisal susu, shea butter, coconut butter, alpukat, minyak jojoba, lidah buaya atau minyak zaitun. Sabun yang mengandung shea butter mampu membantu mempertahankan kelembapan kulit. Orang dengan kulit kering biasanya akan merasakan kulit terasa seperti tertarik sehabis mandi. Hal ini disebabkan oleh produksi minyak alami kulit yang sangat rendah. Karena itulah, orang dengan jenis kulit ini disarankan untuk tidak mandi dengan air panas dan menghindari sabun dengan kandungan banyak detergen.

Untuk jenis kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit yang mudah merah, gatal, dan iritasi, apalagi jika sering terpapar bahan kimia. Atas alasan itu, pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih sabun mandi yang bersifat ringan, hipoalergenik, dan mengandung pelembap. Pastikan pula sabun mandi yang dipilih bebas pewangi, pewarna, detergen dan alkohol. Sabun yang mengandung banyak detergen biasanya ditandai dengan banyaknya busa yang dihasilkan. "Tapi semakin berbusa sabun maka akan semakin menimbulkan kekeringan pada kulit," tegas Doris Day, seorang dokter kulit bersertifikat yang mengkhususkan diri dalam laser, kosmetik, dan dermatologi bedah di New York.

Produk sabun mandi yang terbuat dari bahan alami sangat disarankan untuk digunakan oleh pemilik jenis kulit sensitif karena mampu menenangkan kondisi kulit. Carilah sabun yang komposisinya mengandung lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan.

Menentukan jenis sabun
Setelah Anda mengetahui jenis kulit tubuh, barulah menentukan produk sabun yang tepat. Hingga saat ini persoalan antara sabun cair dan sabun batangan masih menjadi perdebatan. Ada yang beranggapan bahwa sabun cair lebih bersih daripada sabun cair, dan juga sebaliknya. Namun, kenyataannya kedua jenis sabun ini memiliki komposisi dan khasiat yang sama, yaitu dapat membersihkan kulit. Dan, yang membedakan antara sabun cair dengan batangan hanyalah soal kenyamanan serta selera masing-masing orang. Sabun cair lebih unggul soal kepraktisan dan juga pilihan aroma. Sedangkan sabun batangan harganya lebih terjangkau dan kemasannya lebih ramah lingkungan. Yang terpenting adalah Anda harus tahu bagian kulit mana saja yang wajib dibersihkan. Setidaknya ada tujuh area tubuh yang harus Anda gosok dengan sabun, yaitu belakang telinga, leher, ketiak, lipatan lengan, selangkangan, punggung, dan kaki.


Karena jenis kulit adalah faktor yang harus dipertimbangkan, maka penting mempertimbangkan apakah produk sabun mandi yang Anda pakai berbentuk batangan ataukah cair. Produk sabun cair biasanya berbentuk gel atau krim lotion. Jika kondisi kulit Anda tidak cukup lembap, penggunaan produk pembersih berbentuk krim sangat dianjurkan, karena dapat menenangkan kulit.

Pemilik kulit berminyak akan efektif mengaplikasikan produk sabun batang ataupun gel sebagai solusi yang tepat dalam rutinitas mandi sehari-hari. Sabun dalam bentuk batangan atau dalam bentuk padat umumnya tidak mengandung banyak minyak sehingga mampu mengeringkan kulit. Jenis sabun mandi gel juga dapat menjadi pilihan karena umumnya tidak mengandung minyak yang berlebihan. Semakin sensitif kondisi kulit Anda, maka sebaiknya memilih jenis sabun yang mengandung sedikit wewangian dan hypoallergenic. Wewangian biasanya dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif.

Sebaliknya, untuk pemilik kulit kering disarankan menggunakan produk sabun cair yang memiliki tekstur krim untuk membantu kulit Anda lebih lembab. Sabun mandi berbentuk krim umumnya mengandung susu ataupun bahan pelembap.

Sesuaikan dengan aktivitas
Setiap hari Anda pasti melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, berolahraga, atau saat bermain. Keringat yang dikeluarkan tubuh akan semakin meningkat. Untuk menghindari kotoran seperti debu, asap serta polutan yang meresap dalam tubuh, penggunaan sabun dengan formula anti-bakeri sangat dianjurkan.


Seperti pisau bermata dua, sabun anti-bakteri juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Sebaiknya setelah memakai sabun antib-akteri Anda menggunakan pelembap pada bagian tubuh yang dirasa kering. Dan, sabun anti-bakteri tidak dianjurkan untuk digunakan secara rutin. Fusco menyarankan penggunaan produk sabun anti-bakteri ketika selepas olahraga, karena akan mencegah timbulnya bakteri yang bersarang dalam tubuh.

Memperhatikan keterangan produk
Anda memang harus jeli melihat kandungan yang terdapat pada sebuah produk sabun. Menurut Francesca Fusco, Anda lebih baik menggunakan produk yang berbahan natural dan aman bagi semua jenis kulit. Ia juga menyarankan untuk memakai produk yang berlabel hypoallergenic yang mampu melembabkan, melembutkan, tidak bearoma dan tidak memicu alergi pada kulit.


Kenali merek yang cocok dan baca label produk sabun mandi yang sesuai dengan tipe kulit Anda, apakah produk sabun mandi tersebut memiliki label “hypoallergenic”, “hydrating”, “soft”, “creamy”, “moisturizing”, dan “non-fragranced”.

Selalu biasakan untuk mengecek label komposisi setiap kali hendak membeli produk kecantikan, termasuk sabun mandi. Pastikan sabun mandi tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit dan menimbulkan alergi.

Tidak semua sabun batang diciptakan sama. Fusco menyarankan agar Anda jeli membaca label pada bungkus sabun. Fusco juga menjelaskan tentang formula Nutrium 10 yang merupakan campuran dari bahan-bahan penghidrasi termasuk vitamin B5, C, dan E, dan bunga matahari, almon, kelapa, dan minyak kedelai, plus lidah buaya dan asma stearat, yang sangat direkomendasikan sebagai komposisi sebuah produk sabun mandi.

Saat hendak membeli sabun, sebaiknya pilih yang tidak terlalu banyak mengandung busa. Adanya banyak busa pada sabun menunjukkan adanya kandungan detergen di dalamnya, yang dapat mengganggu produksi minyak alami kulit. Jika Anda memakai sabun yang memiliki banyak kandungan detergen, apalagi produk sabun mandi tersebut mengandung unsur pewangi, bukan tidak mungkin kulit akan menjadi kering dan rusak. Sabun yang terlalu keras akan menghilangkan kelembapan alami kulit. Dan, disarankan menggunakan puff mandi agar sabun yang Anda pakai tidak langsung mengenai kulit serta dapat menghemat penggunaannya.

Sedangkan bagi Anda yang berjerawat atau sering terluka akibat panas matahari, gunakanlah sabun dengan kandungan asam glikolat yang lembut digunakan tiap minggu untuk memperoleh kulit baru yang lebih sehat.

Selain memperhatikan komposisinya, jangan lupa pula untuk mengecek tingkat keasaman (pH) sabun mandi tersebut. Sabun mandi yang bagus adalah yang memiliki kadar pH hampir mendekati pH kulit kita (pH balanced). Tapi, jika sekiranya itu terlalu merepotkan, cukup carilah sabun mandi yang memiliki pH normal, yakni sekitar 4,5 – 6,5.

Sabun dengan tambahan manfaat lainnya
Ada beberapa sabun yang juga menawarkan eksfoliasi, misalnya dengan menambahkan beads, gula, atau garam untuk menghilangkan kulit mati serta membuatnya tampak mulus.


Aroma dari sebuah produk sabun mandi juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika aroma sabun mandi yang Anda pilih sesuai maka akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Dan, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya menghindari sabun yang beraroma kuat karena dapat membuat kulit menjadi iritasi. Sementara, aroma semisal lavender merupakan jenis aroma yang dapat menenangkan, sedangkan aroma jeruk memberi kesegaran.

Jika kulit Anda sensitif, carilah sabun dengan kandungan sodium cocoyl isethionate (SCI) yang dianggap sebagai salah satu deterjen paling ringan (surfaktan) dan digunakan dalam berbagai sabun mandi premium. Harganya memang lebih mahal, tapi kandungan tersebut aman untuk tipe kulit sensitif ataupun kulit sangat kering.

Reputasi brand
Memang, terkadang harga bisa menjadi tolok ukur sebuah kualitas produk. Namun demi keamanan kulit dan juga kantong, lebih baik Anda perhatikan pula reputasi dari produk tersebut. Ketahui juga review dari masyarakat terhadap produk tersebut positif atau tidak.


Sangat lazim jika harga dan merek juga turut mempengaruhi kualitas dari sebuah produk sabun mandi. Namun, Anda juga harus tetap menyesuaikan harga sabun dengan budget dan pilih merek favorit yang sudah terpercaya. Sabun dengan brand terkenal cenderung lebih aman dan terpercaya. Biasanya merek ternama juga memiliki banyak review positif. Kualitas yang baik tentu selaras dengan harga yang pantas.

Hindari untuk menggunakan sabun mandi abal-abal yang tidak jelas asal muasalnya demi kesehatan kulit jangka waktu panjang. Karena jika Anda tidak mengetahui komposisi serta bagaimana kualitas sebuah produk, kulit Andalah yang menjadi taruhannya.

Perhatikan tanggal kedaluwarsa
Saat akan membeli sabun mandi, jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, perhatikan pula kemasan sabun.


Jika terdapat sobekan atau kemasan terlihat sudah rusak, jangan beli produk tersebut.


Selain memperhatikan formulasi yang terkandung dalam produk sabun Anda juga sangat disarankan untuk menjalani pola hidup sehat, diantaranya adalah; menghindari rokok, batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol, dan gunakanlah tabir surya saat beraktivitas di daerah yang terpapar sinar matahari, menggunakan produk tabir surya merupakan cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga kesehatan tubuh secara umum. Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembap setiap selesai mandi dan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari. Tindakan tersebut bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Jangan sampai Anda salah memilih produk sabun mandi untuk kulit tubuh. Jika sulit untuk memilih jenis sabun yang tepat, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit supaya tidak terjadi efek samping pada kulit. Semoga tips diatas bisa membantu Anda menemukan produk sabun mandi yang tepat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...