Saturday 22 February 2020

Berbagi Tips : Panduan Cara Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Panduan Cara Beli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Memiliki kendaraan atau mobil keluarga dapat membantu Anda dalam melakukan banyak aktivitas, mulai dari traveling, berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga di tempat jauh, hingga bergabung dalam komunitas kendaraan sehingga bertemu dengan orang-orang baru. Mobil menjadi salah satu kendaraan favorit di perkotaan setelah sepeda motor. Namun terkadang, saat Anda benar-benar membutuhkan sebuah kendaraan, ada beberapa kendala yang membuat Anda tidak bisa membeli kendaraan atau mobil baru. Karena, tingginya harga mobil keluaran baru memang terasa berat bagi sebagian orang. Jika sudah begini, beli mobil bekas adalah solusi terbaik. Beberapa orang lebih menjatuhkan pilihannya pada mobil bekas karena harganya lebih terjangkau. Dan, bagi calon pembeli dengan dana terbatas, tantangan yang harus dihadapi berikutnya yakni mencari penyedia layanan kredit mobil bekas terbaik yang sesuai dengan bujetnya.

Salah satu cara berhemat untuk tetap bisa memiliki mobil adalah dengan cara membeli mobil bekas. Lagipula, bukan berarti mobil bekas itu jelek karena tidak semua orang yang menjual mobilnya disebabkan sudah tidak terpakai. Setiap orang memiliki berbagai alasan mengapa ia menjual mobilnya, seperti tidak sanggup membayar cicilan, ingin menggantinya dengan seri yang terbaru, dan masih banyak lagi. Dan, tidak semua masyarakat mampu membeli mobil baru. Salah satu problem dalam mendapatkan mobil baru yaitu harga. Karena itu, jalan alternatif memiliki mobil adalah membeli mobil bekas. Meskipun demikian, membeli mobil bekas bukanlah sebuah perkara mudah. Sebab, untuk memilih mobil bekas mana yang berkualitas tidak semudah membalik telapak tangan. Karena, tidak semua pedagang jujur mengenai kondisi mobil. Lain halnya jika Anda membeli mobil baru, Anda cukup mendatangi dealer tanpa perlu repot memeriksa kondisi mobil.

Peminat mobil bekas pun semakin lama semakin bertambah setiap tahunnya, setidaknya ada 40 juta mobil bekas berpindah tangan setiap tahun. Karena itu, memilih mobil bekas harus lebih teliti dan penuh tantangan. Jika tidak teliti, maka bukan mendapatkan mobil yang pas, nyaman dan aman, justru sebaliknya, mobil bekas yang telah Anda beli banyak bermasalah. Tidak sedikit orang yang kecewa setelah membeli mobil bekas tersebut. Hal ini terjadi akibat ulah dari penjual mobil bekas atau pemilik showroom mobil yang tidak jujur.

Membeli mobil bekas tanpa pengalaman sebelumnya adalah hal yang sangat rentan. Salah-salah, Anda bisa terkena tipu dari penjual mobil tersebut yang tentunya hanya akan menyebutkan kelebihan-kelebihan mobil yang akan dijualnya.

Untuk sebagian orang yang baru ingin memiliki mobil pertama, membeli mobil bekas di showroom menjadi pilihan yang tepat. Alasannya, di showroom kita akan dihadapkan dengan mobil dari beragam merek, tahun keluaran, hingga harga yang variatif. Namun masalahnya, membeli mobil bekas di showroom tidak boleh sembarangan, karena terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Sebab, tidak sedikit oknum pedagang nakal yang menjual mobil dengan tampilan rapi tapi dengan kondisi mesin yang sudah bobrok.


Memang bukan hal yang mudah untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik. Apalagi saat ini makin banyak cara yang dilakukan oleh para oknum-oknum showroom mobil bekas yang nakal dan tidak jujur dengan cara merubah mobil bekas yang berkualitas buruk menjadi tampak bagus. Kondisi ini menyebabkan banyak para konsumen mobil bekas yang kecewa, padahal mereka telah mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mendapatkan mobil impiannya.

Karena itulah, pembeli harus semakin waspada supaya tidak sampai kecewa dan rugi karena tertipu oleh oknum showroom mobil yang nakal. Membeli mobil di bursa mobil bekas juga memiliki tahapan yang sama seperti Anda membeli mobil langsung kepada pemiliknya. Ada banyak proses pengecekan yang harus dilakukan supaya Anda tidak merasa dirugikan.

Dan, dibawah ini merupakan tips yang harus diperhatikan oleh para konsumen mobil bekas supaya tidak kecewa dan tertipu dalam membeli mobil bekas, antara lain:

Sesuaikan dengan anggaran
Berpatokan pada ketersediaan dana yang dimiliki sebelum membeli mobkas. Ini cara yang efektif untuk mendapatkan mobil bekas sesuai dengan dana yang dimiliki supaya mengetahui mobil apa yang pantas untuk dimiliki.


Jika Anda berpikir ingin membeli mobil bekas terlebih pembayarannya dengan cara kredit, maka ada baiknya uang yang dikeluarkan tidak lebih dari 20 persen dari gaji Anda. Sebab, membeli mobil bekas pasti akan kembali mengeluarkan biaya ekstra, seperti perawatan tambahan, atau memang perlu ada pergantian komponen. Belum lagi, harus membeli bahan bakar atau tambahan asuransi.
Kredit mobil bisa menjadi sebuah opsi pilihan. Namun, Jangan asal pilih lembaga pembiayaan. Sebaiknya Anda mencari dulu lembaga manakah yang memberikan pembiayaan dengan penawaran terbaik dan sesuai kantong. Lembaga pendanaan yang memiliki kredibilitas akan memberikan bunga pinjaman lebih rendah dan sifatnya flat dimana jumlah bunga selalu tetap dan tidak akan berubah meskipun berganti bulan dan tahun.
Memperkirakan pengeluaran untuk biaya servis sangat perlu Anda lakukan. Karena, keadaan mobil bekas tentu tidak sesempurna mobil baru. Dipastikan banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan supaya performa mobil membaik.

Bekali diri dengan informasi
Anda harus lebih dulu membekali diri tentang informasi mobil incaran. Hal ini dapat Anda lakukan dengan melakukan riset kecil-kecilan mulai dari mencari iklan baris baik itu di media cetak seperti koran, media elektronik seperti radio dan TV kabel, sampai dengan media online seperti Facebook, Twitter, IG, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda juga bisa membuka situs web lokal untuk mendapatkan mobil bekas seperti yang Anda inginkan.


Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Ray Morgan, hanya 51 persen konsumen yang melakukan riset di internet sebelum akhirnya bernegosiasi dengan si penjual. Ini artinya hampir setengah dari konsumen membeli mobil bekas melakukan negosiasi dengan pembeli tanpa informasi lengkap soal mobil. "Tidak melakukan riset sebelum membeli sebuah barang bisa berisiko Anda mengeluarkan uang lebih banyak lagi nantinya," kata Bill Tsouvalas, CEO Savvy yang sudah berpengalaman tentang keuangan mobil bekas.
Cari tahu jenis dan merek mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menemukan merek dan model yang cocok, Anda juga wajib melakukan riset terhadap spesifikasi kendaraan sekaligus harga pasaran dari mobil yang Anda incar. Catat informasi tersebut sehingga Anda bisa langsung membandingkannya saat berkonsultasi dengan pihak showroom. Harga pasaran merupakan hal penting supaya Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Di beberapa negara di mobil sedan seperti Honda Accord atau Toyota Camry menjadi mobil bekas yang banyak diburu. Hanya saja, kedua mobil asal Jepang ini kondisi sekennya memang masih tergolong tinggi. Karena itulah, disarankan kepada Anda untuk membuat daftar target mobil bekas yang memang mewakili kebutuhan Anda.

Survei Harga
Saat ini banyak iklan yang menawarkan mobil bekas dengan harga murah dengan tujuan untuk menarik minat para konsumen, padahal mobil bekas yang di jualnya mempunyai kualitas yang buruk. Karena itu, jangan pernah sekalipun Anda tergiur dengan harga miring yang ditawarkan.


Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah dari pasaran. Lakukan survei lebih lama mengenai standar harga mobil bekas dari berbagai sumber. Bill Tsouvalas menyarankan sebaiknya konsumen mengetahui mobil apa yang diinginkannya dan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah memiliki daftar mobil incaran, tidak ada salahnya untuk menggali lebih dalam tentang mobil tersebut. Mulai dari model-modelnya hingga harganya. "Bernegosiasi dengan pertanyaan yang tepat bisa membuat kita terhindar dari tipuan si pembeli saat membeli mobil bekas. Sehingga kalau kita ditawari harga yang sangat tinggi kita tahu berapa harga kisarannya," kata Bill. "Bisa juga membawa brosur iklan saat yang kita dapat untuk mencocokkan barang sekaligus harganya," tambahnya.
Membeli mobil bekas memang perlu kesabaran. Karena itu, rajin-rajinlah mengecek harga mobil yang diinginkan dari beberapa dealer mobil bekas, baik milik pemegang merek, swasta bahkan situs jual beli online. Bukan tidak mungkin harga-harga mobil bekas tersebut berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

Beli di tempat yang terpercaya
Membeli mobil bekas tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih bagus, harga terjangkau, dan sparepart yang original. Namun, keuntungan tersebut hanya akan Anda dapatkan ketika Anda membeli mobil bekas dari penjual yang terpercaya.


Dalam membeli mobil bekas, sangat disarankan untuk tidak membelinya di sembarang tempat, apalagi pada tempat-tempat penjualan mobil bekas yang illegal dan tidak resmi. Sebaiknya Anda membeli mobil bekas pada tempat penjualan mobil yang telah mempunyai brand dan terpercaya. Pada umumnya tempat yang telah mempunyai brand akan berusaha menjaga nama baiknya supaya tidak ingin mendapatkan komplain dari pelanggannya. Selain itu, showroom terpercaya biasanya berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100 persen uang kembali jika mobil yang dibeli oleh konsumen dari tempat penjualannya cacat.

Ketahui riwayat mobil
Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya Anda tidak terlalu tergesa-gesa apalagi sampai tergoda dengan tampilannya yang bagus. Sebab adanya beberapa kasus dalam membeli mobil bekas yang berkualitas buruk adalah mudah tergoda dengan tampilan yang bagus dan menarik.

Menyelidiki riwayat mobil bekas yang akan Anda beli merupakan hal yang wajib hukumnya untuk Anda lakukan. Tidak sedikit orang yang mengalami kekecewaan karena kecerobohannya dalam membeli mobil bekas secara tergesa-gesa tanpa memverifikasi terlebih dahulu laporan riwayat dari mobil tersebut.
Anda wajib menanyakan riwayat mobil. Periksa dengan seksama latar belakang kendaraan tersebut. Anda bisa menanyakan pada pihak showroom mengenai beberapa hal, mulai dari alasan mobil ini dijual, rutinitas penggunaan, hingga bukti servis dan perawatannya.
Alasan mobil dijual sangatlah bermacam-macam, jangan sampai Anda mendapat mobil bekas kecelakaan. Hindari pula kendaraan yang pernah terendam karena kondisi mesin tidak lagi sempurna. Tips membeli mobil bekas yang berkaitan dengan latar belakang mobil. Bisa diketahui dengan memeriksa interior dan eksteriornya. Sekali lagi, jangan mudah percaya dengan apa yang diungkapkan penjual.


Beberapa riwayat mobil bekas yang penting dan harus Anda tanyakan adalah kapan tahun pembuatannya, bagaimana kondisi mesinnya, bagaimana dengan jarak tempuhnya, apakah sparepart nya asli, dan masih banyak lagi.
Bukti servis menjadi faktor yang tidak boleh Anda sepelekan karena mobil dengan riwayat servis yang rutin dan dilakukan di bengkel resmi memiliki kondisi mesin yang lebih prima. Selain itu, mobil yang rutin di servis juga bisa memberikan Anda gambaran bahwa pemilik sebelumnya merawat mobil dengan baik.
Rekam jejak mobil bekas juga meliputi profil pemilik sebelumnya. Jangan sampai pemiliknya atau asal usul mobil yang ingin Anda beli tidak jelas. Hal ini bisa menimbulkan masalah bagi Anda di kemudian hari.
Salah satu mobil bekas yang harus Anda hindari adalah mobil rental. Membeli mobil bekas rental akan sangat merugikan. Hal itu dikarenakan mobil rental sangat sering dipakai dan digunakan oleh tangan-tangan yang berbeda. Untuk mengetahui apakah mobil bekas rental atau tidak, ada satu cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah memeriksa jarak tempuh mobil. Bandingkan jarak tempuh dengan tahun keluarnya mobil. Tips membeli mobil bekas yang berhubungan dengan jarak tempuh juga wajib diperhatikan. Jangan sampai Anda salah pilih mobil dan mendapat kendaraan bekas rental.

Cek kondisi bodi mobil
Untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang bagus, sebaiknya Anda memperhatikan secara mendetail bagian-bagian bodi mobil tersebut. Anda dapat mencari referensi di Google untuk mengecek kondisi mobil baru pilihan Anda, kemudian bandingkan dengan mobil bekas yang akan Anda pilih. Cek mulai dari bagian dalam hingga bagian luar mobil secara perlahan dan hati-hati.


Bagian paling mudah diperiksa adalah kondisi bodi mobil atau eksterior. Cek seluruh bagian bodi apakah ada cacat, penyok, cat terkelupas, atau goresan. Pastikan juga ban mobil masih cukup tebal dengan tekanan angin yang cukup. Selain eksterior, periksa juga interior seperti plafon apakah ada yg rusak, jok sobek, noda bekas lem di dasbor dan lain sebagainya.
Tidak ada salahnya mengecek keseluruhan kondisi mobil sebelum membelinya. Anda dapat menyesuaikan data yang diberikan si penjual sambil melihat sendiri kondisi mobil. Pastikan juga seluruh perangkat keselamatan masih bisa berfungsi dengan baik. "Bukan berarti membeli mobil bekas faktor keselamatan kita abaikan," kata Bill Tsouvalas.
Kondisi mobil bekas sangatlah variatif, meskipun merk dan tahun keluarnya sama. Karena itulah usahakan mendapat mobil yang mulus. Kondisi tersebut bisa dilihat pada bagian bodi mobil. Jangan membeli mobil bekas tabrakan atau terendam karena lebih rawan keropos. Untuk mobil bekas kecelakaan, biasanya sudah disulap oleh penjual agar kembali mulus. Namun, Anda tetap bisa memeriksanya dengan cara mengetuknya. Jika berbunyi nyaring maka dempul mobil masih sedikit. Bisa juga dengan cara menempelkan magnet. Jika magnet mudah menempel maka mobil tersebut bisa Anda jadikan pilihan.

Mobil keluaran lama berarti sudah banyak digunakan dalam kondisi panas maupun hujan. Kondisi ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kualitas kabin dan plafonnya. Terlebih untuk plafon, cuaca ekstrim bisa mengikisnya sedikit demi sedikit. Plafon yang sudah tipis akan mempengaruhi kondisi suhu dalam mobil. Semakin tipis plafon mobil maka panas akan lebih mudah menembus ke dalam. Percuma saja mobil ber-AC jika plafon tidak bisa menahan panas.

Cek seluruh tombol dan lampu indikator serta fitur kendaraan
Salah satu faktor memilih mobil tentu saja fitur-fiturnya. Namun,apa gunanya jika fitur yang seharusnya ada di mobil baru sudah tidak berfungsi. Dalam hal ini, Anda dapat meminta pada penjual untuk mencoba seluruh tombol. Tombol tersebut bisa terdapat pada dashboard ataupun di pintu, terlebih untuk mobil berteknologi power window. Jangan lupa juga untuk memeriksa seluruh lampu indikator yang menunjukkan kondisi mobil. Jangan sampai ketika berkendara mobil tiba-tiba bermasalah karena tidak ada lampu penanda.


Ketika pertama kali mesin dihidupkan, periksa dengan teliti apakah lampu indikator ada yang menyala atau tidak. Misal lampu indikator oli atau temperatur mobil menyala, maka ada kemungkinan terjadi kerusakan. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi jarum rpm. Cara mudahnya adalah injak pedal gas mobil secara perlahan dan lepaskan. Jika jarum terlihat naik turun stabil, berarti mobil masih dalam kondisi baik.
Kenyamanan berkendara dan penumpang mobil juga bisa dipengaruhi adanya fitur hiburan. Biasanya mobil tahun 2000 ke atas sudah dibekali beberapa fitur tersebut. Mulai dari AC, DVD dengan port USB, hingga ketersediaan TV. Meskipun fitur-fitur tadi adalah bawaan pabrik, ada baiknya Anda memastikan masih berfungsi baik. Ada juga pecinta mobil yang rela mengupgrade fitur hiburan tersebut. Mendapatkan mobil jenis ini tentu menjadi nilai tambah. Karena itulah Anda perlu juga mengestimasikan nilai fitur tambahan. Jika dirasa masih memiliki harga jual yang sesuai, jangan ragu untuk membelinya.
Dan, berbeda dengan mobil baru, pembelian mobil bekas tidak selalu dilengkapi dengan perkakas standard. Anda dapat menanyakan kepada penjual mengenai ketersediaan perlengkapan. Perlengkapan sederhana tersebut seperti dongkrak, obeng, hingga kotak P3K. Perkakas yang masih lengkap juga menandakan bahwa pemilik sebelumnya sangat memperhatikan kelengkapan mobilnya. Hal tersebut merupakan pertanda bagus karena pemilik yang demikian biasanya sangat menjaga performa mobil.

Cek kondisi mesin
Untuk mengecek kondisi mesin mobil memang membutuhkan kemampuan teknikal yang bagus. Namun, terdapat cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengeceknya. Caranya; Anda hanya perlu mendengarkan suara deru mesin saat mobil dinyalakan. Jika suaranya lebih keras dari mobil normal, maka kemungkinan mesin mobil tersebut tidak sehat atau kurang bagus.


Bila mesin mobil masih dalam kondisi bagus, tidak mengeluarkan suara berisik atau menderu saat dipakai. Suara tersebut bisa saja terdengat baik dalam kecepatan sedang atau tinggi. Pastikan juga Anda tidak mendengar suara gesekan atua benturan perkakas bagian dalam mobil. Untuk lebih meyakinkan dalam melihat ciri mobil bekas layak beli, hidupkan mesin selama 5-10 menit dengan posisi kap terbuka. Dengarkan baik-baik apakah terdapat suara yang menganggu.
Pastikan tidak banyak perbaikan yang harus dilakukan setelah Anda membeli mobil bekas. Periksa ketersediaan oli, hingga performa mesin. Jika dinilai masih banyak masalah, batalkan niat untuk mebeli mobil tersebut. Percuma saja mendapatkan mobil murah namun harus mengeluarkan biaya servis selangit.

Pastikan juga tidak ada kebocoran pada tangki oli dan bahan bakar. Kondisi keduanya harus bagus dan tidak ada kebocoran. Kebocoran atau rembesan cairan yang keluar dari ruang mesin mobil menjadi tanda mobil bekas yang Anda beli bermasalah.


Anda juga dapat mengetahui ciri mobil bekas layak beli dengan melakukan cek warna asap knalpotnya. Bila asap knalpot berwarna hitam, ini indikasi proses pembakaran sempurna. Sementara bila asap knalpot putih, artinya ada campuran oli pada bagian pembakaran di mesin. Periksa juga ujung knalpot tetap bersih atau berwarna cokelat kemerahan setelah mesin mobil dihidupkan beberapa menit. Itu menjadi tanda komposisi bahan bakar dan udara pada ruang pembakaran sudah pas dan bekerja dengan stabil.

Cek dokumen kendaraan
Setelah Anda memilih mobil bekas yang akan Anda beli, jangan melupakan pengecekan kelengkapan dokumen kendaraan. Sebab sekarang sudah banyak mobil bekas dengan dokumen yang telah dipalsukan. Karena itulah, sebaiknya Anda jeli dalam mengeceknya, periksa secara seksama STNK, BPKB serta surat-surat pendukung lainnya.


Iman, pemilik shoroom mobil bekas Jakarta Auto Dealer, di Kalimalang, Jakarta Timur mengungkapkan, perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah surat – surat, “Kami sebagai pedagang mobil bekas kalimalang, juga berhati – hati dalam memilih mobil bekas dari penjual. Agar nantinya pembeli dari kami tidak kecewa setelah membeli mobil pada showroom kami,” kata Iman.
Pastikan surat-surat seperti BPKB dan STNK yang dibawa penjual adalah asli. Memeriksa kelengkapan surat juga berhubungan dengan pembayaran pajak. Hindari mobil dengan pajak terlambat karena akan mempersulit dalam mengurus administrasi. Untuk mempermudah administrasi, ada baiknya Anda melakukan balik nama. Terlebih lagi jika pemilik sebelumnya berada di luar kota.
Selain memeriksa kondisi fisik dari mobil incaran, kemudian lihat dan perhatikanlah dengan teliti, cocokkan warna, tipe, tahun, nomor polisi, dan nomor mesinnya. Jika Anda melihat ada yang berbeda, jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut ke pihak penjual atau showroom. Dan, jika Anda tidak mendapat jawaban yang memuaskan, jangan ragu untuk meninggalkannya.

Lakukan test drive
Tips terakhir sebelum membeli mobil adalah mencobanya langsung atau biasa disebut dengan test drive. Dengan melakukan test drive Anda akan bisa mengidentifikasi dan merasakan kenyamanan hingga performa mesin yang ditawarkan dari mobil tersebut saat membawanya di jalan.

Test drive merupakan sebuah cara paling tepat untuk menilai apakah mobil masih layak dan kondisinya memang benar terbaik. Rasakan kondisi kendaraan dengan seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tidak enak, apakah ada bunyi mencuit, cek suara mesin, getaran mesin, kondisi AC, dan asap pada knalpot mobil tersebut.
Jika Anda menemukan bunyi-bunyi asing ketika mobil berjalan, hal tersebut wajib dipertanyakan. Jika kondisinya bagus sudah pasti suara mesinnya halus. Rasakan juga bagaimana suspensi mobil tersebut. Kondisi suspensi dan kaki-kaki mobil yang empuk akan sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.
Ketika Anda melakukan test drive, pastikan perpindahan gigi tidak mengalami kesulitan dan bisa dilakukan secara cepat dan lancar. Jika terasa keras dipindahkan, kemungkinan ada sedikit masalah pada transmisi mobil bekas incaran Anda.
Saat melakukan test drive jangan terburu-buru dalam menilai mobil yang Anda incar. Sebab, performa mesin baru bisa dirasakan saat Anda mencobanya untuk waktu yang lama atau jarak yang jauh. Jadi, maksimalkan momen test drive ini dengan baik supaya Anda tidak menyesal.

Bawa mekanik
Saat melakukan pengecekan, ada baiknya membawa rekan atau mekanik ahli mesin. Hal ini sering dilakukan oleh seseorang pada saat hendak membeli mobil. Tindakan ini akan menjadikan Anda tidak merasa tertipu karena kurangnya pengetahuan akan mesin atau mobil itu sendiri.

Mengajak rekan mekanik akan memberikan banyak manfaat. Karena Anda dapat melakukan diskusi mengenai kondisi mobil. Inilah alasan mengapa Anda diharapkan mengajak teman yang mengerti otomotif. Selain itu, rekan mekanik juga diperlukan untuk membantu memberikan pandangan-pandangan mengenai pilihan mobil lain. Dalam tips membeli mobil bekas, ditekankan untuk tidak mengajak wanita ketika memilih. Karena, umumnya wanita akan mudah tergiur dengan ucapan penjual. Terlebih ketika melihat bagian luar mobil tanpa memeriksa mesinnya.

Lakukan penawaran
Apabila memang merasa mobil yang Anda cari sudah tepat ada baiknya melakukan penawaran sesuai harga atau kesepakatan yang diinginkan.

Proses tawar-menawar atau negosiasi adalah bagian paling rumit karena pada saat proses tawar-menawar maka Anda akan memutuskan harga yang sesuai dengan budget Anda untuk membeli sebuah mobil bekas. Proses tawar menawar harga mobil juga harus disesuaikan bukan berdasarkan harga yang diminta penjual, melainkan berdasarkan nilai pasar untuk mendapatkan harga standar yang tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi.
Hal ini memang perlu dilakukan supaya Anda tidak menyesal di kemudian hari karena merasa menghabiskan dana cukup banyak. Tentu saja saat melakukan penawaran berikan harga yang paling rendah hingga terjadi kesepakatan. Namun pastikan terlebih dahulu, kedua belah pihak sedang memiliki kondisi yang tenang.

Tutup penawaran dengan harga beli
Ketika proses tawar-menawar sudah selesai, saatnya Anda melakukan closing dengan cara menutup penawaran tersebut dengan harga beli. Usahakan Anda tidak membayar tunai mobil bekas tersebut supaya jika terjadi kerusakan pada mobil, Anda masih bisa mendapatkan uang Anda kembali.


Melakukan pembayaran non tunai sangat dianjurkan karena membawa uang tunai dalam jumlah besar bisa membahayakan Anda. Selain itu, dengan melakukan pembayaran via transfer atau kartu kredit, rekam jejak pembayaran Anda bisa tertulis secara jelas untuk menghindari hal-hal yang salah atau tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Cek kembali sejumlah berkas
Ketika sudah resmi dibeli, maka akan ada beberapa hal yang patut dilakukan pengecekan kembali sebelum dilakukan tanda tangan. Cek juga sejumlah dokumen mulai dari daftar harga, sertifikat, pajak, STNK, BPKB dan lainnya.


Jika Anda membeli di dealer mobil bekas bukan tidak mungkin terdapat beberapa item yang ditawarkan mulai dari garansi, perangkat anti pencurian, perlindungan dan lain-lainnya.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda dalam mendapatkan mobil bekas yang telah lama diimpikan. Dan, meskipun Anda orang yang awam dan baru akan melakukan pembelian mobil bekas, dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa menjadi seorang profesional yang bisa menawar mobil bekas dengan tetap aman dan tidak kena tipu ketika membeli mobil bekas yang paling Anda inginkan.
Bersabarlah ketika hendak menentukan pilihan. Jangan ragu untuk mencari banyak referensi. Semua langkah di atas sering dilakukan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Jangan sampai jutaan uang yang Anda bayarkan tidak sepadan dengan kualitas mobil yang Anda dapatkan.

pasang iklan disini




loading...