Thursday 6 February 2020

Cantik Sehat : Berbagai ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai ragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung banyak senyawa baik bagi kesehatan dan kecantikan lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh), vitamin E, antioksidan, dan vitamin K. Minyak zaitun juga mengandung  phenolic, zat besi, kalsium, dan kalium, namun kadarnya sangat sedikit. Dan, sejak zaman Romawi Kuno minyak zaitun telah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan. Bahkan, ratu Cleopatra dari Mesir diketahui sebagai pemakai rutin minyak zaitun semasa hidupnya. Tidak heran jika Cleopatra disebut sebagai perempuan yang kecantikannya awet.

Dalam 100 mililiter minyak zaitun , terkandung 884 kalori dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun tergolong tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak di minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Zat polifenol dari minyak zaitun yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Karena itulah,  minyak zaitun memiliki beberapa manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit tubuh Anda.


Minyak zaitun telah digunakan dalam berbagai keperluan, seperti obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional, hingga kosmetik. Minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, misalnya pada siku dan tumit. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk membantu penyembuhan kulit setelah terkena luka bakar ringan, sebagai pelembap, dan mampu mencegah berkembangnya kanker kulit.

Di tengah adanya beragam bahan alami yang menawarkan manfaat menarik untuk perawatan kulit, minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang populer di antara bahan alami lainnya. Sudah sejak dahulu minyak zaitun dipercaya sebagai bahan alami yang sangat baik untuk kecantikan. Namun, masih banyak pula orang yang belum mengetahui ragam manfaat minyak zaitun untuk kulit. Dan, buat Anda yang belum tahu silahkan simak artikel dibawah ini tentang penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kulit.

Melembapkan kulit
Kepopuleran minyak zaitun sebagai bahan perawatan kulit menjadikan banyak sekali orang khususnya kaum perempuan yang menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi beberapa area kulit yang sangat kering seperti lutut, siku, area mata, dan beberapa area lainnya.


Kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi di dalam minyak zaitun menjadikan minyak ini bermanfaat bagi kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, Anda akan memiliki kulit dengan kelembapan yang tepat dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas. Karena manfaat antioksidannya berguna mengatasi radikal bebas pada kulit. Minyak zaitun alami dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit dibandingkan body lotion.
Anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker wajah. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Atau bisa juga dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama ±10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.
Efek minyak zaitunakan baik untuk kulit wajah karena selain dapat menjaga kelembapan kulit, kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam minyak zaitun akan memelihara kesehatan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling baik untuk menjaga kelembapan kuilt dan mudah meresap ke dalam lapisan kulit.

Mengatasi tanda penuaan pada kulit
Pertambahan usia dan kebiasaan hidup sehari-hari juga bisa mempengaruhi kerutan pada wajah kita. Jika kulit tidak dirawat, bukan tidak mungkin timbulnya keriput pada wajah, leher dan pundak akan menjadi lebih cepat.


Kondisi lingkungan tempat Anda tinggal juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Contohnya, bagi Anda yang tinggal di kota besar, polusi udara yang tinggi dapat merusak kulit tubuh dan wajah.
Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, serta kondisi kulit yang sudah mulai kendur. Sambil melakukan pijatan ringan pada kulit wajah, gunakan minyak zaitun secukupnya sebagai pelengkap.
Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan, yaitu untuk melawan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang menyebabkan munculnya kerutan dan mengurangi kekencangan kulit.
Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang mampu membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, hal ini menjadikan minayk zaitun mampu dijadikan sebagai bahan perawatan untuk mengatasi keriput pada usia dini. Minyak zaitun yang mengandung polifenol sebagai zat antioksidan yang mampu membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Karena itulah, tindakan perawatan kulit menggunakan bahan alami minyak zaitun merupakan cara efektif untuk mengencangkan kulit wajah.
Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain terdapat pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E nya yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah Anda.
Cara yang efektif untuk merawat wajah dengan masker pepaya dan minyak zaitun ini adalah; pertama tumbuk pepaya hingga halus, lalu campurkan sedikit minyak zaitun, pastikan formulasi tidak sampai terlalu cair, kemudian aduk supaya bahan tercampur dengan rata, lalu gunakan sebagai masker. Penggunaan secara rutin akan dapat membuat wajah Anda semakin halus.

Mengecilkan pori-pori wajah
Pori-pori wajah yang besar sering kali mengakibatkan gangguan pada kondisi kecantikan alami, karena pori-pori yang besar akan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori. Minyak zaitun dapat Anda manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak. Caranya; oleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah Anda yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.


Pori-pori wajah yang besar juga akan membuat wajah terlihat kurang menarik dan tampak tua. Minyak zaitun mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat Anda menjadi lebih terlihat muda. Dan, berkat kandungan vitamin, anti racun dan infeksi, anti bakteri serta anti inflamasi yang terdapat dalam minyak zaitun menjadikan minyak ini memiliki khasiat sebagai obat jerawat alami. Kandung vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun menjadikan bahan alami ini efektif digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Vitamin E adalah vitamin yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan antibakteri yang terdapat pada minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Menjadikan kulit wajah tampak semakin glowing
Kelembapan kulit akan sangat berpengaruh juga pada tampilan kulit. Kulit yang lembap tentu terlihat sangat glowing walau tanpa bantuan make up. Jika Anda ingin cantik natural, gunakan minyak zaitun setiap sebelum tidur.


Minyak zaitun mampu membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah sehingga mampu menciptakan tampilan yang bersih dan bersinar. Jika Anda sudah menerapkan perawatan kulit menggunakan minyak zaitun, Anda tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau pun melakukan suntik wajah yang bertujuan untuk merubah wajah menjadi lebih putih, cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, Anda akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

Mengatasi ruam kulit
Minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit menjadikan minyak ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi ruam pada kulit. Dari mulai ruam yang ringan hingga ruam kulit yang cukup parah. Karena itulah, penting sekali untuk menyediakan minyak zaitun sebagai penanganan pertama.


Minyak zaitun diduga bisa diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis (kulit merah dan terkelupas), serta infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipatan tubuh, dan panu). Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Mengurangi tampilan stretchmark
Manfaat minyak zaitun untuk kulit tidak hanya berlaku pada bagian wajah saja, tetapi juga bagian kulit tubuh lainnya. Minyak zaitun cukup dikenal sebagai bahan untuk mengatasi masalah strecthmark yang merupakan permasalahan yang cukup sulit untuk diatasi. Karena minyak zaitun dapat memperbaiki tekstur kulit sekaligus memberikan kelembapan ekstra pada kulit.


Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stretchmark pasca melahirkan ataupun alami dikarenakan kenaikan berat tubuh. Anda bisa mengatasi strechmark dengan melakukan pijatan yang memakai minyak zaitun. Gabungan pijatan lembut serta minyak zaitun akan dapat meningkatkan aliran darah hingga mendorong adanya pergantian sel baru.

Sebagai pembersih make up
Ternyata, tidak hanya bersifat menutrisi kulit atau mengatasi permasalahan kulit, tetapi manfaat minyak zaitun untuk kulit yang masih jarang diketahui ialah dapat berperan sebagai pembersih make up. Selain karena tekstur minyaknya yang ampuh menghapus make up, minyak zaitun juga memiliki sifat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat bahan kimia yang terdapat pada produk make up.


Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah. Saat ini telah banyak produsen kosmetik yang membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah” yang terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Minyak pembersih dengan bahan dasar minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan residu make up dengan mudah. Minyak zaitun bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah. Namun, hati-hati jika Anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil, karena dikhawatirkan minyak akan mengendap di lensa kontak.

Meningkatkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari
Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk mempercantik wajah Anda, kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas.


Melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat paparan sinar matahari merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk kulit yang masih jarang diketahui. Kemampuan ini terjadi dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.
Menurut sebuah penelitian, minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker termasuk kanker kulit, dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit. Efek ini diduga terkait dengan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalam minyak zaitun. Akan tetapi, manfaat minyak zaitun secara klinis untuk kanker masih perlu pembuktian lebih lanjut.


Minyak zaitun yang kaya akan manfaat ini dapat Anda jadikan sebagai bahan alami dalam rutinitas perawatan kulit. Minyak zaitun mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit, sehingga mudah diserap dengan baik ke dalam kulit. Secara umum, minyak zaitun tidak menyebabkan alergi, akan tetapi disarankan untuk tidak dioleskan pada kulit yang berjerawat.
Minyak zaitun memang alami, namun apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, seperti gatal, merah, dan muncul ruam di kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan.



pasang iklan disini




loading...