Saturday 21 March 2020

Cantik Sehat : Penjelasan Tentang Micellar Water – Produk Kosmetika


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Penjelasan Tentang Micellar Water

Dalam dunia kecantikan, dikenal sebuah beauty item yang menjadi favorit para pencinta kosmetik dan perawatan kulit. Produk tersebut adalah micellar water. Micellar water merupakan sebuah item pembersih wajah cair yang berbahan dasar air yang telah di purifikasi dan mengandung molekul organik (yang disebut misel), memiliki karakter yang lembut seperti susu pembersih wajah, menyegarkan seperti toner, dan ringan bagi kulit. Pembersih ini bisa dipergunakan untuk menghapus make up, menyegarkan wajah, dan mencuci muka. Selain untuk wajah, micellar water juga bisa dipakai untuk membersihkan tangan atau noda di atas permukaan kain. Sehingga, tidak mengherankan jika produk ini langsung menjadi pilihan banyak orang meskipun harganya relatif jauh lebih mahal dari produk-produk pembersih wajah lainnya.
Micellar water semakin banyak digunakan oleh para penata rias profesional bahkan para model di Eropa, sehingga menbuat produk ini menjadi salah satu produk paling esensial. Brand kecantikan juga berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang menggunakan tajuk air micellar.
Sebenarnya, banyak sekali jenis produk cleansing yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah. Namun, micellar water menawarkan beragam keunggulan, produk ini berwujud seperti air. Micellar water dipercaya dapat digunakan sebagai pembersih wajah, make up remover dan moisturizer sekaligus. Namun, tidak seperti remover wipe pada umumnya, micellar water didesain untuk menyapu bersih sisa kotoran dan make up. Produk ini tidak mengandung alkohol, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada area-area sensitif.
Micellar water bukanlah toner, milk cleanser, ataupun facial wash, melainkan pembersih wajah yang dapat mengangkat residu make up, kotoran, dan minyak tanpa perlu dibilas. Selain itu air misel ini dapat digunakan untuk seluruh wajah, termasuk membersihkan area mata dan bibir yang lembut. Dengan tekstur yang menyerupai air, sangat ringan, produk ini akan sesuai digunakan untuk semua jenis kulit bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.


Beberapa wanita menganggap membersihkan wajah dengan teknik double cleansing merupakan sebuah tindakan paling efektif, terutama bagi Anda yang memakai make up hampir setiap hari. Teknik double cleansing adalah sebuah proses pembersihan wajah untuk mengangkat residu make up, debu, kotoran, sebum, dan sisa produk SPF yang menempel pada wajah dengan produk bertekstur minyak terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sabun pencuci muka, diikuti dengan memakai toner untuk melembapkan wajah, dan mengembalikan pH kulit. Teknik double cleansing ini mengharuskan Anda untuk menggunakan beberapa jenis produk hingga kondisi kulit wajah optimal. Karena itulah, hadirnya micellar water akan mampu menghemat waktu dan jumlah produk yang Anda gunakan. Micellar water diklaim mampu melakukan seluruh langkah di atas hanya dengan satu produk.

Seperti halnya produk kecantikan dan kesehatan kulit lainnya, Anda perlu berhati-hati untuk selalu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam sebuah produk micellar water sebelum mengaplikasikannya pada kulit Anda. Produk yang banyak dipakai oleh orang lain tidak selalu pasti cocok untuk wajah dan kulit Anda.

Micellar water sudah mulai digunakan sebagai pembersih sejak tahun 1990-an di Prancis. Ketika itu, para wanita mencari solusi untuk membersihkan wajah dan kulit karena kualitas air di kota Paris yang sangat buruk. Maka, para ahli pun meracik formula yang ampuh untuk mengusir kotoran, debu, dan minyak berlebih pada wajah. Dari situlah, tercipta micellar water yang kini marak dijumpai di gerai kecantikan.


Tidak seperti produk pembersih wajah lain yang mengandung sabun serta alkohol untuk membantu mengangkat kotoran atau pun residu make up, micellar water dihadirkan kaya akan micelles yang merupakan rahasia di balik penciptaan micellar water dan merupakan struktur kompleks yang terdiri dari surfaktan non-ionik lembut (agen pembersih), dalam bentuk mikrosfer yang tak terlihat. Micelles merupakan molekul-molekul minyak berukuran sangat kecil (butiran mikro) yang tersimpan dalam air yang lembut. Bentuknya nampak seperti air biasa, namun saat Anda menyentuhnya dengan jari, akan merasakan tekstur yang berbeda. Molekul-molekul micellar water mampu mengikat serta mengangkat berbagai kotoran, debu, kuman, minyak kotor yang menempel pada wajah, serta sebum berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering. Gelembung pembersih berukuran mikro akan secara aktif menarik residu make up dan kotoran seperti layaknya sebuah magnet. Mereka menangkap dan melarutkan kotoran, minyak, dan residu make up, mengangkatnya dari kulit (melalui aplikator kapas yang lembut dan basah), tanpa mengganggu pelindung lipid alami kulit. Karena kemampuannya ini, Anda bahkan tidak perlu melakukan proses pembilasan kulit dengan air atau sabun wajah setelah mengaplikasikan micellar water. Formulanya juga efektif untuk menghapus residu make up dan noda yang cukup membandel pada kulit. Konsep ini sebenarnya bukanlah konsep baru dan bekerja mirip seperti sabun dan deterjen. Karena air saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran dan minyak pada wajah. Misel yang mengandung air sekaligus minyak inilah yang mampu mengangkat kotoran, debu, dan sisa make up yang menempel pada wajah tanpa perlu dibilas. Sifat pembersih micellar yang serbaguna dan praktis inilah yang menjadikan produk tersebut begitu populer di kalangan pencinta perawatan kulit dan wajah.
Seorang dokter kulit di Carruthers and Humphrey Cosmetic Dermatology dan instruktur klinis di Departemen Dermatologi di University of British Columbia, Katie Beleznay, memberi penjelasan. Misel adalah molekul yang berkelompok, yang bisa menarik kotoran dan minyak yang menempel di wajah. Ini tidak akan menyebabkan kulit kering karena tidak mengandung bahan keras. "Ketika Anda menyeka bola kapas yang dibasahi dengan micellar water ke wajah Anda, misel menempel pada kapas sambil menarik riasan, sebum, dan kotoran lain dari kulit," kata Beleznay, dilansir dari Chatelaine.
Micelles memiliki dua karakteristik, yaitu kepala hidrofilik yang larut dalam air dan ekor lipofilik yang menarik bahan berminyak dan tidak dapat larut dalam air. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sangat tidak dianjurkan memilih produk micellar water yang mengandung parfum berlebihan dan alkohol di dalamnya, karena dapat membuat iritasi pada kulit yang sensitif.
Formula micellar water juga terbuat dari senyawa alami sehingga mampu membersihkan residu produk make up waterproof tanpa menyebabkan iritasi. Kandungan air yang terdapat di dalamnya juga mampu mencegah supaya kondisi kulit tidak kering saat dibersihkan. Kulit Anda akan terasa lebih lembut dan lembap setelah penggunaan.

Menurut seorang ahli dermatologi, dr. Debra Luftman, yang memberi penjelasan saat diwawancarai oleh ELLE, pembersih micellar baik dan aman untuk digunakan pada wajah. Ia menambahkan bahwa produk perawatan kulit ini justru lebih aman dibandingkan pembersih wajah biasa yang akan meninggalkan zat-zat kimia yang keras dan berbahaya pada kulit. Selain itu, pada beberapa kasus lapisan kulit juga akan menjadi semakin tipis karena digosok dengan pembersih wajah yang mengandung sabun, alkohol, serta pewangi.

Pakar kecantikan dan perawatan kulit dari Amerika Serikat, dr. Tabasum Mir, juga merupakan salah seorang penggemar micellar water. Dilansir dari Huffington Post, dr. Tabasum Mir mengungkapkan bahwa meskipun bahan-bahannya lebih alami dari pembersih biasa, micellar water mampu mengangkat minyak berlebih yang terkumpul dan menempel pada make up setelah seharian penuh beraktivitas. Pembersih wajah yang tidak berwarna ini juga sangat lembut, serta memiliki fungsi melembapkan kulit, tidak akan membuat wajah Anda kering seperti saat menerapkan penghapus make up biasa. Kulit wajah Anda pun akan tetap terjaga kekenyalannya.


Para ahli dermatologi hingga kini percaya bahwa micellar water adalah pembersih wajah yang memiliki efek samping paling rendah. Belum ditemukan adanya kasus di mana seseorang mengalami komplikasi tertentu akibat penggunaan pembersih wajah serbaguna ini. Namun, beberapa merek micellar water yang dijual di gerai kecantikan dimungkinkan mengandung phenoxyetanol yang berfungsi sebagai bahan pengawet kosmetik. Meskipun alergi atau reaksi terhadap zat kimia tersebut sangat jarang terjadi, beberapa orang melaporkan munculnya iritasi pada kulit atau mata.

Dikutip dari Huffington Post, pakar dermatologi dr. Hadley King merekomendasikan produk pembersih micellar bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kering dan sensitif. Bahan-bahannya yang ringan tidak akan terasa perih di wajah seperti beberapa produk pembersih yang mengandung alkohol. Produk pembersih micellar juga tidak akan membuat kulit kering. Sementara bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, mungkin micellar water tidak akan bekerja secepat pembersih wajah biasa untuk menghapus residu make up yang cukup tebal. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mengusapkan krim penghapus make up yang biasa Anda pakai untuk melakukan deep cleanse, setelah itu lakukan pembersihan dengan micellar water. Anda tak perlu membilasnya lagi dengan air. "Formula micellar lembut sehingga tidak perlu dibilas, membiarkan bahan pelembap tetap di belakang dan diserap oleh kulit," ungkap Katie Beleznay.


Sangat dianjurkan memilih produk micellar water yang sesuai dengan kondisi dan tipe kulit Anda, perhatikan juga ingredients yang terkandung di dalamnya. Memilih produk micellar water sama halnya dengan memilih perawatan kesehatan bagi kulit. Penting sekali untuk memerhatikan fitur dan formula yang terkandung di dalamnya. Karena produk ini lebih dari sekadar pembersih make up, micellar water memiliki kemampuan membersihkan dan juga memberikan perawatan pada kulit. Anda bisa memilih produk micellar water yang hypoallergenic, bebas bahan pewangi, bebas alkohol dan paraben, serta mengandung bahan aktif biomimetik yang disebut glycerol ester yang mirip dengan komposisi kulit.
Sebuah produk micellar water yang bagus tidak hanya memiliki komposisi H2O biasa, pembersih yang lembut ini umumnya juga akan diperkaya dengan infusi bahan-bahan yang mampu melembutkan kulit semisal; Triple-Purified Water, Pro-vitamin B5, Vitamin B3, dan Vitamin C untuk membantu memulihkan, melembutkan, menghaluskan, dan merawat kulit dengan lembut.
Secara umum mengaplikasikan produk micellar water sangatlah mudah, cukup rendam (basahi) kapas dengan micellar water, dan usapkan ke kulit Anda untuk mengangkat residu make up dan kotoran. Produk micellar water yang bagus akan bekerja membersihkan kulit secara menyeluruh dan menghilangkan residu make up tanpa menyebabkan iritasi. Tidak disarankan melakukan tindakan menggosok kulit menggunakan produk ini.

Setelah Anda melakukan proses pembersihan wajah dengan micellar water, lanjutkan dengan penggunaan serum atau essence supaya proses penyerapan produk skincare berikutnya akan semakin efektif. Micellar water tidak perlu dibilas, produk pembersih ini merupakan produk yang cocok untuk Anda yang ingin serba praktis.



pasang iklan disini




loading...