Tuesday 17 March 2020

Berbagi Tips : Cara Tepat Memilih Aroma Parfum Sesuai Kepribadian


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Cara Tepat Memilih Aroma Parfum Sesuai Kepribadian

Parfum dapat meningkatkan rasa percaya diri pemakai. Tidak sampai disitu saja, kepribadian seseorang bisa terbaca dari parfum yang Ia gunakan, serta sangat dianjurkan kepada Anda unutk menggunakan parfum yang memiliki aroma menyegarkan, sebab aroma parfum yang tidak enak bisa membuat orang lain merasa tak nyaman.

Parfum juga dapat dijadikan sebagai aroma khas ketika Anda berada di antara kerabat, sahabat atau orang terkasih. Aroma wangi parfum akan semakin mengesankan dan menunjukkan siapakah seseorang tersebut. Tidak sedikit perempuan dan laki-laki yang menilai jika pemilihan wewangian merupakan sebuah hal yang penting. Kesalahan dalam memilih jenis wewangian justru akan mempengaruhi mood dan kepercayaan diri seseorang.
Wangi yang khas juga bisa membangkitkan memori Anda tentang sebuah momen atau seseorang. Bahkan menurut Dior, parfum seorang perempuan mengatakan lebih banyak tentang dirinya dibanding tulisan tangannya.


Parfum berasal dari bahasa Latin perfumare yang berarti ‘melalui asap’. Sejak zaman Mesir Kuno, parfum telah dikembangkan dalam bentuk wewangian dupa yang dibakar untuk ritual pemujaan terhadap Dewa Ra. Dan, dunia wewangian mulai memasuki era modern pada dekade 1900-an saat Guerlain mendobrak sebagai produsen parfum massal pertama. Kemudian disusul COTY dan eau de cologne 4711 yang telah berusia 224 tahun.
Pada 1921, industri wewangian digemparkan dengan peluncuran Chanel No. 5 yang diracik secara tidak sengaja oleh Coco. Aromanya sangat kuat, tetapi dinilai sesuai dengan kepribadian keras dari fashion matriarch tersebut. Parfum fenomenal Chanel No. 5 memecahkan rekor dunia, karena menjadi pelatuk rumah-rumah mode lain untuk meluncurkan merek parfumnya sendiri. Dari sanalah lantas, dunia wewangian menjadi bisnis yang atraktif dengan pangsa pasar tak terbatas.

Hal pertama yang perlu untuk dipahami adalah bahwa setiap aroma memiliki catatan dan berubah seiring waktu. Pada dasarnya ada tiga jenis note parfum atau biasa disebut dengan piramida aroma.
-Lapisan atas: Wangi yang langsung dapat Anda hirup saat parfum diaplikasikan, namun aroma ini akan segera menguap.
-Lapisan tengah: Selama beberapa menit hingga 1 jam setelah parfum disemprotkan, Anda akan mencium lapisan tengahnya. Aromanya akan melembut.
-Lapisan dasar: Bagian dasar adalah aroma yang lebih kaya, yang akan tercium setelah 30 menit. Wangi ini akan bercampur dengan lapisan tengah untuk memberikan wangi utama dari parfumnya, aroma susulan ini bisa bertahan sepanjang hari.


Selama berpuluh-puluh tahun, wewangian yang dijual di pasaran selalu dikotak-kotakkan ke dalam kategori aroma femme (feminin atau untuk kaum Hawa) dan homme (maskulin atau untuk kaum Adam).
Aroma femme identik dengan bau-bau angirlie seperti manis, floral, atau buah. Sebaliknya, aroma homme diasosiasikan dengan bau-bauan yang sedikit lebih ‘berat’ seperti rempah-rempah atau yang watery seperti aroma oceanic. Namun, belakangan ini semakin banyak produsen wewangian yang tidak lagi melabeli produknya dengan  kategori tertentu. Mereka menciptakan wewangian uniseks yang bisa digunakan oleh siapa saja, sesuai selera.

Untuk menemukan parfum yang sesuai dengan aroma yang disukai, Anda dapat datang ke toko parfum baik offline maupun online, katakan kepada pengelola toko bahwa Anda sedang mencari produk parfum dengan aroma sesuai yang Anda inginkan. Seperti diketahui, banyak ragam wewangian parfum seperti buah-buahan, bunga, woody (kayu), musk (kelenjar hewan), dan oriental. Dan jika Anda berbelanja secara online, ada filter yang tersedia yang memungkinkan Anda menentukan wewangian pilihan.

Ketika Anda menginginkan mencoba parfum dengan aroma yang berbeda, mulailah dari aroma yang lebih ringan ke aroma yang lebih berat. Aroma musky adalah aroma yang paling ringan dan kayu yang paling berat. Karena itulah, mulailah aroma musky ke aroma jeruk, ke aroma bunga, kemudian ke aroma kayu. Dan, jangan terlalu berlebihan ketika mencoba aroma parfum. Semakin banyak Anda mencium, semakin bingung dan tidak akurat indra penciuman Anda dalam memilih aroma. Karena itulah, berikan jeda dalam melakukan test aroma.


Memilih produk parfum hanya dengan mencium botolnya saja sangatlah tidak disarankan. Karena, wangi yang keluar dari botol parfum tidaklah sama seperti saat disemprotkan. Parfum memang ditujukan untuk kulit dan tubuh. Oleh karena itu, wangi parfum akan lebih jelas ketika diaplikasikan. Namun, seseorang juga bisa memanfaatkan blotting paper atau kertas strip dan tunggu hingga alkoholnya menguap.

Cara terbaik untuk menguji ketahanan aroma sebuah produk parfum adalah dengan menyemprotkan pada titik-titik nadi. Denyut nadi tubuh adalah di belakang telinga, pangkal tenggorokan, di pergelangan tangan, siku bagian dalam, dan di belakang lutut. Titik-titik tersebut akan mampu membantu meningkatkan aroma parfum, sangat disarankanketika menguji suatu wewangian adalah memberi jeda. Jangan terlalu banyak menyemprotkan dengan berbagai aroma, mencium aroma kopi di antara wewangian atau istirahat sejenak akan menetralkan indra penciuman Anda.
Seseorang cukup mencoba menghirup empat sampai enam parfum untuk dipilih. Hal tersebut karena berpengaruh pada indra penciuman yang tidak terbiasa dengan banyaknya jenis wewangian. Ketika terlalu banyak wewangian yang dihirup, maka otak tidak dapat mencerna dengan baik. Kondisi inilah yang menjadikan seseorang tidak dapat menentukan pilihan wewangian yang disuka, jika terlalu banyak pilihan.
Dan, perlu Anda ketahui bahwa bau tubuh juga memengaruhi aroma parfum. Sebuah produk parfum yang sama dapat memiliki bau berbeda pada orang yang berbeda. Untuk itulah, jika Anda benar-benar bermaksud mengetahui aroma aslinya, pergunakanlah sampel dan cobalah sepanjang hari.
Kita memiliki kulit yang berbeda, hal inilah yang memungkinkan sebuah parfum menjadi hidup. Tergantung kepribadian dan penampilan Anda, tone parfum bisa dipilih dari yang berkesan dalam, gelap, dan misterius hingga yang ringan, outgoing, dan romantis.
Memilih produk parfum yang tepat dapat membuat aroma parfum menyatu dengan aroma tubuh, bahkan dapat membuat aroma tubuh menjadi lebih kuat. Untuk sebagian orang, aroma parfum menonjol dan pekat mungkin tidak cocok dengan aroma tubuh aslinya. Begitu pula sebaliknya, aroma parfum ringan, justru tidak akan berpengaruh pada orang beraroma tubuh kuat. Menurut pakar make up Amyn Manji, efek dari sebuah parfum bisa berbeda-beda pada tiap orang. "Wewangian yang sama bisa menghasilkan aroma yang berbeda pada tiap orang. Harum yang terasa enak dipakai orang lain mungkin akan menimbulkan aroma yang sama sekali berbeda pada tubuh Anda," kata Amyn, dikutip dari Times of India.
Pakar wewangian dari rumah parfum Givaudan, Heeson Oh, juga memberi penjelasan tentang adanya hubungan aroma parfum yang timbul terhadap hubungannya dengan aroma tubuh seseorang. “Deskripsi wewangian saja tidak cukup. Sebab, reaksi wewangian pada kulit dan minyak alami tubuh berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. Sehingga, parfum yang sama bisa menimbulkan efek aroma yang berbeda pada tiap orang,” kata Heeson Oh.


Dalam memilih parfum, seseorang juga harus memperhatikan kadar esensial dari sebuah produk parfum. Kadar esensial dibagi dalam beberapa jenis yaitu; perfume (30 persen), eau de perfume (20 persen), eau de toilette (10 persen) dan eau de cologne (kurang dari 10 persen). Kadar esensial akan dapat membantu seseorang menentukan pilihan parfum yang akan digunakan untuk acara tertentu atau kegiatan sehari-hari, jika ingin mendatangi acara tertentu Anda dapat menggunakan kadar esensial yang tinggi. Sedangkan, untuk kegiatan sehari-hari dapat menggunakan wangi yang dominan dengan campuran alkohol.

Parfum memang tidak hanya digunakan sebagai wewangian yang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Aroma parfum, secara tidak langsung bisa menunjukkan karakter seseorang. Karena itulah, banyak orang yang berusaha untuk mendapatkan parfum yang sesuai dengan kepribadiannya. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog Jerman, Dr. Joachim Mensing dari Research Institute for Applied Aesthetics, terdapat kaitan antara kepribadian dan suasana hati seseorang dengan ketertarikan terhadap aroma parfum. Aroma parfum yang dipilih seseorang secara tidak langsung memang berkaitan dengan sifatnya. Ayu Ningsih Sudrianto, Assistant Brand Manager Secret Garden memberikan penjelasan tentang hubungan kepribadian seseorang terkait dengan aroma parfum. “Untuk mengetahuinya, konsumen bisa menjawab 11 pertanyaan yang hasilnya akan menunjukkan masuk ke kelompok kepribadian manakah mereka. Pertanyaan-pertanyaanya memang dirancang untuk mengetahui kepribadian seseorang," katanya saat acara grand launching Fragrance Bar, di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

Memilih parfum yang tepat bukanlah suatu hal yang mudah, terdapat beberapa cara untuk diterapkan supaya bisa mendapatkan sebuah produk parfum yang tepat. Dan, untuk langkah awal supaya Anda tepat dalam memilih aroma parfum yang akan dipakai, maka kenali terlebih dahulu karakter pribadi Anda. Formal, sporty, misterius, stylish, pengembara dan lain sebagainya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pemilik kepribadian dengan feminitas tinggi dan romantis
Bagi Anda yang memiliki kepribadian tenang, feminim, romantis, dan menyukai hal-hal klasik, bisa memilih parfum yang beraroma floral seperti lily, magnolia, rose, jasmine, tuberose, dan lain sebagainya. Pilihlah parfum beraroma floral sesuai dengan kepribadian masing-masing. Aroma parfum yang lembut dan tidak terlalu berat adalah aroma parfum yang cocok bagi Anda.


Aroma bunga-bungaan (floral) sangat identik dengan femininitas dan kelembutan. Penyuka aroma ini juga biasanya memiliki sisi glamor di dalam dirinya, serta kesan sifat anggun yang kentara.
Aroma parfum yang cenderung manis dengan harum khas bisa menjadikan Anda yang memiliki kepribadian tenang dan girly terlihat semakin mengesankan, menyenangkan dan menarik hati. Tidak terbatas hanya aroma pada parfum yang manis, aroma parfum seperti bunga lavender akan memiliki efek aroma terapi yang juga akan cocok buat Anda.
Wewangian yang identik dengan bunga mawar, lavender, melati akan sanggup menampilkan kesan menyenangkan, bebas, romantis, dan selalu membuat suasana yang berbeda. Aroma bunga mawar yang dominan juga mampu menghadirkan kesan waspada dan penuh perhatian. Sedangkan aroma lavender, akan mampu membangkitkan kesan dalam sosialisasi pertemanan.
Untuk Anda yang senang dengan gaya feminin namun menyukai kegiatan di luar ruangan, serta senang bersosialisasi, aroma buah dapat menjadi pilihan. Aroma buah yang segar akan cocok untuk aktivitas pagi dan siang hari. Sedangkan untuk malam hari, Anda dapat memilih aroma buah yang dikombinasikan dengan aroma lain yang lebih tajam.
Aroma parfum yang cenderung manis dengan keharuman khas akan mampu menunjukkan sisi glamour pada pribadi feminim Anda, pilihan aroma ini dapat membuat Anda terlihat menyenangkan dan menarik hati. Tidak hanya aroma parfum yang manis, aroma parfum seperti caramel serta vanila dan memiliki efek aromaterapi juga cocok.
Namun, jika feminitas Anda lebih cenderung kepada jiwa seni, sensitif, dan lebih moody, Anda tergolong wanita berkepribadian romantis. Wewangian beraroma bunga akan cocok untuk Anda. Pilihlah aroma yang manis dan lembut untuk pagi maupun siang hari. Untuk malam hari, tampilkan sisi sensual Anda dengan aroma yang lebih kuat.
Dengan memilih parfum sesuai karakter Anda yang romantis ini akan menjadi pendukung rasa percaya diri saat nge-date atau makan malam bersama pasangan. Parfum dengan aroma bunga yang dominan juga akan cocok dipakai pada siang hari, saat kerja di kantor atau pun diterapkan saat acara santai.

Pemilik kepribadian ceria, energik, serta berjiwa muda
Parfum aroma buah-buahan yang segar sangat cocok bagi Anda yang ceria, energik, dan penuh semangat. Walaupun memiliki wangi yang kuat dibandingkan dengan aroma bunga atau kayu, aroma fruity bisa menunjukkan modernitas dan orisinalitas pemakainya.


Parfum dengan aroma melon, berries, peach, hingga pinacolada akan mampu menampilkan kesan pribadi yang bersemangat, suka petualangan, dan tidak takut mencoba hal baru. Memiliki sifat riang dan selalu ceria. Meskipun Anda adalah seseorang yang sensitif dan mudah tersinggung. Namun, rasa humor yang sedikit sarkastik akan mampu mengimbangi.
Jika Anda ingin membangun kesan karakter yang lebih lembut namun tetap ceria dan ramah, aroma parfum yang cocok adalah parfum aroma vanilla. Aroma ini tidak begitu menyengat tapi juga tidak terlalu lembut. Meskipun demikian, aroma ini akan dapat membangkitkan semangat Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Anda juga akan merasa nyaman dan lebih percaya diri saat jalan dengan seseorang yang Anda anggap spesial.
Aroma vanilla memiliki manis yang khas dan tidak menyengat, aroma ini sangat ampuh untuk membangkitkan semangat. Kegiatan seharian penuh bukan lagi penghalang Anda untuk tetap terlihat ceria.
Parfum dengan aroma melati juga dapat diungkapkan untuk menciptakan kesan ceria dan energik, serta termasuk orang yang pandai bersenang-senang. Menurut penelitian yang dilakukan Hirsch, penyuka aroma melati menyukai petualangan dan suka mencoba hal baru. Mereka berjiwa provokatif, menyukai keriuhan, dan cenderung menjalani hidup sesuka hati.

Pemilik kepribadian yang percaya diri, aktif dan unik
Jika Anda adalah pribadi yang penuh percaya diri, aktif dan cenderung unik, akan sangat cocok jika menggunakan parfum yang memiliki kegigihan aroma tahan lama dan menyenangkan. Pribadi yang aktif dan suka dengan hal-hal unik serta berpikiran bahwa cewek juga bisa menjadi pribadi yang keren, juga harus tetap mempertimbangkan aroma parfum yang mampu membuat Anda nyaman dan senang.


Seorang cewek yang memiliki rasa percaya diri tinggi dapat memilih aroma parfum yang manis-asam dari buah-buahan seperti cherry atau lemon. Rasa percaya diri juga akan seakin membuat Anda mudah bergaul, serta selalu yakin dengan kemampuan bersosialisi di berbagai lingkungan.
Aroma buah-buahan yang segar akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kepribadian aktif dan mengedepankan rasa percaya diri. Anda juga dapat memakai aroma parfum fresh dan segar namun tidak terlalu menyengat seperti aroma woody floral. Aroma parfum yang membuat nyaman akan menjadikan Anda sebagai pribadi yang mengesankan di mata orang lain.

Pemilik kepribadian sporty dan kasual
Parfum yang memiliki aroma menenangkan sekaligus menyegarkan seperti aroma grassy yang baru di potong atau bau udara di pagi hari menjadi pilihan yang tepat bagi laki-laki maupun perempuan yang memiliki gaya sporty dan kasual. Pilihan aroma tersebut akan identik dengan suasana yang alami, segar, dan jiwa muda. Anda bisa memilih parfum yang beraroma petitgrain, ivy leaf, galbanum, rhubarb, ataupun watermelon. Parfum-parfum tersebut akan cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka menjadi pusat perhatian, tetapi menebarkan keharuman dengan sangat lembut dan memikat.


Produk parfum yang mengandung aroma aquatic, citrus ataupun green juga sangat pas bagi pria yang erat dengan aktifitas olahraga.
Wewangian yang lekat dengan buah jeruk juga mampu menggambarkan kepribadian yang memiliki pemikiran yang kuat, ambisius, dan modal untuk menjadi seorang leader. Orang terdekat tidak lagi meragukan kemampuan Anda untuk meraih sesuatu. Dan, Anda pun bisa menangani dengan baik permasalahan yang terjadi dalam tim. Menjadi kritis di kantor maupun lingkungan sosial juga dapat ditunjukkan dengan aroma ini.
Aroma neroli, bergamot, grapefruit, atau pun lime akan cocok untuk orang-orang yang berbakat dominan. Dilansir dari Reader's Digest, penyuka wewangian beraroma citrus adalah mereka yang sering berperan sebagai alpha yang tangkas memimpin. Menurut Alan R. Hirsch, MD, penemu Smell and Taste Treatment and Research Foundation, penyuka aroma citrus biasanya juga memiliki sisi agresif.

Pemilik kepribadian yang ramah
Jika Anda adalah seorang pribadi yang ramah, serta suka membantu dan membaur dengan orang-orang di sekitar Anda serta tidak sungkan membagi kebahagiaan dengan mereka. Anda sangat cocok menggunakan parfum dengan aroma rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis atau sejenisnya. Aroma seperti ini akan membuat kehadiran Anda semakin manis dan membuat orang sekitar nyaman. Namun, jika Anda tidak terlalu suka dengan parfum aroma rempah, memilih parfum dengan aroma bunga-bunga yang lembut seperti mawar, melati atau sejenisnya dapat Anda jadikan alternatif.


Aroma khas rempah-rempah alami yang hangat, akan sanggup meningkatkan sebuah kesan yang ramah kepada siapapun. Parfum dengan aroma rempah segar seperti kayu manis atau cengkeh juga mampu menunjukkan sebuah sisi seksi dari karakter seseorang.

Pemilik kepribadian perfeksionis dan tegas
Bagi Anda yang sangat fokus pada gaya berpakaian yang sempurna, gemar memperhatikan setiap detail, dan berkepribadian tegas maka parfum yang beraroma campuran mint yang segar bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, orang yang perfeksionis bisa juga memilih parfum dengan aroma wangi buah dan bunga.


Pria dengan karakter berkesan kuat, struggle, keras, pantang menyerah juga akan cocok memilih produk parfum dengan aroma fougre, karena mampu memberi kesan penuh energi.
Seseorang yang ingin mengedepankan rasa percaya diri dan mandiri, masih akan tetap cocok memakai parfum aroma buah-buahan yang segar. Dengan aroma parfum yang membuat Anda nyaman, pasti bisa menjadi pribadi yang tetap menyenangkan dan mengesankan di mata orang lain.
Wanita juga tidak tertutup kemungkinannya memiliki jiwa petualang. Apabila Anda memiliki karakter tersebut serta berkepribadian matang dan tegas, wewangian beraroma alam, seperti rempah, kayu, dan dedaunan, adalah pilihan yang tepat. Untuk pagi dan siang hari, pilih parfum beraroma kayu dan tumbuhan. Sedangkan aroma yang hangat dari rempah dan akar, lebih cocok untuk malam hari.
Kepribadian yang perfeksionis juga dapat ditampilkan dengan aroma kayu cendana atau sandalwood, wewangian ini akan menciptakan karakter kritikus,sifat teratur dan selalu terpacu untuk melakukan hal terbaik, namun juga punya sisi sensitivitas tinggi.

Untuk yang selalu ingin tampil mewah, elegan serta hangat
Parfum dengan aroma woody atau rempah-rempah yang tenang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang selalu ingin tampil elegan dan berkelas. Aroma woody seperti sandalwood, patchouli, orange, oakwood, vetiver, dan cedarwood bisa menjadi pilihan Anda. Aroma-aroma tersebut memiliki wangi yang khas dan mampu menciptakan suasana hangat dan ramah pada pemakainya. Parfum aroma woody juga menjadi pilihan sempurna untuk orang-orang yang optimis dan senang melakukan interaksi dengan orang lain.


Wewangian yang didominasi aroma kayu akan cocok dikenakan saat udara dingin atau di malam hari. Parfum dengan aroma kayu mampu memberikan kesan natural dan earthy, di samping memunculkan suasana hangat. Parfum dengan wangi kayu-kayuaan akan cocok digunakan untuk acara atau momen apa pun.
Wangi kayu-kayuan aromatik seperti sandalwood (cendana), pine (cemara), vetiver, dan patchouli juga akan memberi kesan sederhana dalam penampilan, serta lebih memilih penampilan klasik dengan gaya vintage yang nyaman. Pilihan aroma wewangian tersebut sanggup menampilkan kesan blak-blakan dan apa adanya, namun mewah disaat bersamaan.
Aroma kayu atau dikenal dengan woody juga menjadi pilihan yang pas untuk Anda yang merasa menjadi pria berkarisma dan juga seorang petualang, wewangian dengan aroma ini kaya dengan aroma alam serta kehangatannya saat tercium.
Dan, jika Anda adalah pria yang memiliki pribadi elegan serta cenderung memperlihatkan sisi kemisteriusannya. Pilihan aroma parfum yang sesuai dengan karakter ini adalah parfum beraroma musk. Untuk wanita dengan pribadi yang ingin selalu tampil elegan dan berkelas, memilih kombinasi aroma musk dan floral dengan sedikit manis merupakan komposisi aroma parfum yang cocok.
Aroma musk sangat identik dengan kesan misterius. Jika dilihat dari sisi penampilan, para penggunanya cenderung menyukai penampilan elegan. Penyuka wewangian ini pun umumnya memiliki kegemaran terhadap seni dan bisa berpikir tangkas. Mereka punya rasa percaya diri yang tinggi, selalu ingin tahu, dan tidak suka basa-basi.


Itulah beberapa aroma parfum yang dapat Anda pilih sesuai dengan kepribadian. Apapun aroma parfum yang Anda pilih, pastikan bahwa aroma tersebut dapat membuat Anda nyaman dan membuat orang-orang sekitar senang dengan keberadaan Anda. Dan untuk Anda ketahui, produk parfum umumnya akan berakhir setelah tiga tahun (sejak diproduksi). Jangan menyimpan botol parfum dimana akan terekspos suhu tinggi atau sinar matahari. Bahkan, produk cologne dan eau de toilette akan sangat disarankan disimpan di dalam lemari es untuk meningkatkan daya tahannya. Semoga bermanfaat.


pasang iklan disini




loading...