Sunday 22 October 2017

BENIH UNGGUL KACANG PANJANG LUMUT


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
       BENIH UNGGUL KACANG PANJANG LUMUT

Benih Unggul Kacang Panjang Lumut adalah Benih Kacang jenis Open Pollinated yang dikeluarkan PT. Natural Nusantara dan merupakan Benih Unggul di Bidang Pertanian. Kacang Panjang Nasa ini memiliki kelebihan dibanding benih biasa, yaitu : memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit tanaman, proses adaptasi yang cepat dengan lingkungan dan potensi untuk tumbuhnya sangat tinggi, sehingga dapat menghasilkan hasil panen lebih banyak untuk para petani.



CIRI BENIH KACANG PANJANG NASA

Benih Kacang Nasa ini merupakan tipe F1 Super dengan buah berwarna merah berbintik – bintik hitam lurik. Kacang Panjang Lumut memiliki panjang buah sekitar 70 – 90 cm, dengan warna hijau tua mengkilat, kulitnya halus dan keras, juga memiliki daya tahan simpan yang tinggi setelah panen.

KEUNGGULAN BENIH KACANG PANJANG LUMUT
·         Kemasan 10 gram.
·         Daya Tumbuh 85%.
·         Kemurnian 98%.


Tanaman Benih Unggul Kacang Panjang Lumut ini cocok ditanam disemua ketinggian, baik dataran rendah hingga dataran tinggi.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan sayuran yang sangat sering kita temui dalam masakan sehari-hari. Baik itu masakan rumah ataupun masakan restoran. Ada yang memasaknya dengan cara ditumis, ada juga yang menjadikannya sebagai lalapan mentah.
Tanaman kacang panjang (vigna sinensis L.) termasuk ke dalam jenis sayuran buah semusim (berumur pendek) seperti hal nya terung, labu, tomat, buncis, pare, kacang tunggak, cabai, mentimun, dan sebagainya. Tanaman kacang panjang berbentuk semak atau perdu yang bersifat membelit  atau merambat . Tinggi tanaman kacang panjang dapat mencapai 2 meter atau lebih.
Namun meskipun kacang panjang begitu populer sebagai makanan, tidak semua orang mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini. Padahal, kacang panjang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan.
Manfaat kacang panjang yang paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat. Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah kita temui dimana-mana, hampir tiap pedagang sayur menjualnya. Banyak pula kuliner Indonesia yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatannya.
Tanaman kacang panjang tumbuh subur di tanah yang mengandung banyak humus yang subur. Tanaman kacang panjang ini dapat dengan mudah ditanam, sehingga disetiap pelosok negeri dapat ditemui budidaya untuk sayuran ini. Harganya yang relatif terjangkau dan mudah penanamannya ini menjadikannya sangat digemari.


Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai kandungan nutrisi kacang panjang serta manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh Anda, diantaranya yaitu sebagai:

Sumber Protein
Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks
Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.
Vitamin B1 yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Mencegah gangguan metabolisme
Mencegah kelainan pada otak
Mencegah osteoporosis
Menjaga sistem imun
Mencegah katarak
Mencegah gangguan ginjal
Vitamin B2 yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Mencegah katarak
Mencegah migrain dan sakit kepala
Sumber Energi
Mencegah anemia
Sebagai antioksidan

Mengandung Serat Tinggi
Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.
Serat yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Melancarkan pencernaan
Mencegah sembelit
Menjaga berat badan
Mencegah stroke
Kesehatan kulit

Kandungan Mineral Kacang Panjang

Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:

Kalsium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

Zat Besi
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

Magnesium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

Mangan
Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.
Manfaat Mangan yang terkandung dalam kacang panjang antara lain berguna untuk:
Produksi kesehatan tulang
Membantu menjaga kesehatan kulit
Mengontrol gula darah
Mencegah radikal bebas
Mencegah epilepsi

Fosfor
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.

Tembaga
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.
Tembaga yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Mencegah osteoporosis
Mencegah anemia
Membantu kesehatan janin (ibu hamil)
Mencegah pigmentasi kulit
Mencegah kelainan tiroid

Kalium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

Zinc
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

Selenium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan
Pada sumber makanan yang alami seperti kacang panjang, pasti terdapat efek yang baik pula bagi kesehatan. Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah rincian manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh :

Mencegah Diabetes
Hampir seluruh jenis sayuran kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk anda yang bermasalah dengan gula darah.

Kesehatan Kardiovaskuler dan  Jantung
Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dari masalah penyakit jantung, kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yakni vitamin K2, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.
Manfaat Vitamin K yang terkandug dalam kacang panjang :
Menjaga kesehatan jantung
Mencegah kanker
Mencegah osteoporosis
Mencegah alzheimer
Mencegah diabetes

Sumber antioksidan
Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memerangi radikal bebas. Kacang panjang merupakan salah satu sumber penting yang kaya akan antioksidan, Selain nutrisi antioksidan konvensional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan. Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan.
Vitamin C yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Mencegah katarak
Menjaga kesehatan kulit
Mencegah kesulitan bernafas
Mencegah serangan jantung dan stroke
Meningkatkan kelancaran sistem peredaran darah
Mencegah stress

Mencegah Osteoporosis
Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan vitamin K yang ada pada sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih 20 % kebutuhan harian vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

Baik Untuk Pencernaan
Fiber atau serat pada kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekresi yang Menghindarkan permasalahan pencernaan seperti sembelit atau penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

Kesehatan Tulang
Selain Osteoporosis, ada berbagai penyakit kelainan yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari. Vitamin k dan Mangan yang terdapat pada kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya kuat sampai tua.

Asam Folat
Asam Folat yang terkandung dalam kacang panjang memiliki manfaat antara lain:
Mencegah anemia
Nutrisi untuk otak
Meningkatkan produksi sel darah merah
Sintesis DNA dan RNA
Membantu pembelahan dan pembagian sel
Sangat penting untuk wanita hamil

Kacang Panjang masih memiliki manfaat  yang lain dalam kesehatan yaitu sebagai:
Peluruh kencing
Membantu mengobati pembengkakan
Membantu mengobati sakit pinggang
Meningkatkan stamina
Membantu mengobati penyakit batu ginjal
Mengatasi penyakit Kurang darah (anemia)
Menambah nafsu makan
Mengatasi Sembelit
Sebagai Anti kanker


Demikianlah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang panjang beserta manfaatnya. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kacang panjang baik dalam bentuk tumis maupun lalapan, hal itu merupakan tren yang positif.







































*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.





pasang iklan disini




loading...