Sunday 14 January 2018

Manfaat dan Peran Unsur Hara Cobalt (Co) Untuk Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Manfaat dan Peran Unsur Hara Mikro Cobalt (Co) Untuk Tanaman


Cobalt (Co) pada tanaman berfungsi sebagai unsur mikro yang dijadikan sebagai komponen dari sejumlah enzim untuk meningkatkan ketahanan kekeringan biji. Dalam kacang – kacangan cobalt penting untuk fiksasi nitrogen oleh bakteri yang berasosiasi dengan kacang – kacangan.
Fungsi Kobal / Cobalt (Co) bagi tanaman:
§  Unsur Co belum diketahui secara tepat fungsinya bagi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Namun demikian, unsur ini sangat diperlukan oleh tanaman tingkat tinggi berdaun hijau. Unsur  Co diperlukan oleh rhizobia untuk mengikat unsur N, sehingga dengan demikian unsur ini secara praktis mempengaruhi produksi tanaman kacang-kacangan. Unsur Co ini penting bagi rhizobia untuk membentuk vitamin B12 (cynocobalamine), yang kemudian diubah menjadi haemogoblin untuk pengikatan nitrogen.
§  Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa inokulasi rhizobia pada tanaman kacang-kacangan tidak dapat tumbuh dengan baik karena kekurangan unsur Co. Unsur Co berperan juga sebagai pengaktif enzim arginase, lecithinase, oxalacetic decarboxylase, dan malic enzim.

Gejala kekurangan unsur Kobal / Cobalt (Co) pada tanaman:

§  Gejala kekurangan unsur Co belum dapat diidentifikasi dengan jelas tetapi dapat dikenali dari berkurangnya produsi perkecambahan biji, dalam kacang – kacangan kekurangan unsur cobalt dapat mengakibatkan gejala defisiensi nitrogen.






beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...