Saturday 31 March 2018

Berbagai Manfaat Bayam Merah (Amaranthus Gangeticus) Untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai Manfaat Bayam Merah (Amaranthus Gangeticus)


Apakah anda pernah mendengar tentang bayam merah?, ternyata selain bayam hijau yang selama ini kita kenal, bayam juga ada yang memiliki warna merah. Mungkin di antara kita banyak yang hanya mengetahui bayam yang memiliki daun berwarna hijau. Sebagai informasi, bayam merah juga ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan bayam hijau. Bahkan, bayam merah juga dipercaya bisa bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Cara mengkonsumsi bayam merah cukup sederhana. Bayam merah bisa digunakan sebagai salad, atau dimasak dengan tambahan bumbu tertentu.

Bayam merah dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis seperti di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, begitu pula di daerah dengan iklim subtropics seperti negara – negara di Amerika. Walaupun begitu, bayam merah akan tumbuh lebih subur jika ditanam di daerah tropis dimana matahari bersinar sepanjang tahun.

Daun bayam merah berbentuk membulat, tebal dan dengan warna merah di keseluruhan batang pohon hingga daunnya. Untuk rasanya, bayam merah memiliki sensasi sedikit rasa manis dan secara keseluruhan, rasa bayam merah tidak jauh berbeda dengan rasa bayam hijau.

Bayam yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. banyak dipromosikan sebagai sayuran daun sumber gizi bagi penduduk di negara berkembang. Orang-orang Amerika menyebut bayam (Amaranthus) sebagai tanaman yang indah dari daerah tropik Timur Jauh (Far East). Tanaman ini dapat tumbuh mencapai ketinggian antara 90-150 cm. Awalnya Amaranthus hanya diperkenalkan sebagai tanaman hias yang daya tampilnya seolah-olah memancarkan sinar (fluoroscent). Dalam perkembangan selanjutnya barulah Amerika Latin memperkenalkan tanaman ini sebagai bahan pangan sumber protein, terutama bagi negara-negara berkembang.Pada kehidupan sehari-hari, Amaranthus gangeticus biasa dikenal sebagai bayam merah (redspinach/Red Amaranth). Tanaman ini termasuk dalam Kingdom Plantae, filum magnoliophyta. Bayam merah ini merupakan kelas Magnoliopsida, dan dalam ordo Caryophyllales dengan famili Amaranthaceae. Genus dari bayam merah adalah Amaranthus.

Bayam Gangeticus atau Bayam Merah, termasuk dalam jenis kingdom Plantae, dan filum magnoliohyta, Sedangkan untuk spesiesnya masuk ke dalam jenis Amaranthus gangeticus. Sayuran ini konon sudah ada sejak zaman dahulu kala di kawasan benua Amerika.Pertama kali tanaman ini diperkenalkan sebagai tanaman hias di Eropa pada abad ke 16.

Bayam merah merupakan tanaman bayam yang seperti namanya memiliki batang dan daun berwarna merah. Bayam merah memang masih menjadi satu keluarga dengan bayam hijau pada umumnya hanya saja warnanya yang berbeda. Tanaman sayuran bayam merah mulai cukup populer sejak adanya istilah sayuran organik atau sayuran yang ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Saat ini anda bisa mendapatkan bayam merah dengan mudah baik di pasar tradisional maupun di swalayan besar.

Sayuran ini sumber gizinya tergolong cukup tinggi, sehingga sangat dibutuhkan oleh manusia. Adapun di dalamnya antaralain ada kandungan berupa protein, karbohidrat, zat besi, lemak, kalium, purin, amarantin, vitamin A, B dan C.


Proses pasca panen dari red amaranth
Budidaya sayur bayam merah mulai menjamur saat ini tidak lain karena permintaan dari masyarakat yang cukup tinggi. Hal ini tidak hanya karena sedang trend saja namun juga karena faktor kandungan gizi dalam bayam merah yang lebih besar dibandingkan dengan yang ada di dalam bayam hijau.

Proses pasca panen dari red amaranth pertama-tama, petani bayam memastikan kondisi ladang, memantau kualitas dan keamanan dari tanaman tersebut selama proses produksi sampai panen. Setelah masa panen bayam disimpan di temperatur yang rendah dengan tujuan menjaga kesegaran dari bayam tersebut. Setelah disimpan pada suhu rendah, proses selanjutnya adalah packaging yang disertai dengan proses pembersihan, pembilasan, dan pengeringan. Kemudian bayam dimasukkan ke dalam wadah khusus di mana wadah tersebut masih memungkinkan masuknya udara sehingga bayam masih tetap terjaga kesegarannya. Pada saat penyimpanan ini, bayam disimpan pada kondisi dengan kondisi kadar air 12% ; kelembaban 80-90% ; dengan waktu simpan 1 bulan. Setelah proses pengepakan bayam diantarkan ke toko dan pasar. Selama proses pengiriman tersebut, temperatur tetap dijaga sehingga bayam tetap segar. Tapi, jika bayam terlalu lama disimpan di lemari es, maka kadar nitritnya akan semakin tinggi.

Karakteristik amaranth
Amaranth merupakan tanaman tahunan dengan tipe fotosintesis C4. Berdasarkan spesiesnya daun amaranth bervariasi dalam bentuk, ukuran, dan warna (merah, hijau, ungu). Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter, batangnya terkadang bercabang. Bijinya punya bentuk yang cembung di kedua belah sisinya(1-2 mm). Amaranth memiliki angka pertumbuhan yang termasuk cepat.

Bayam merah terbukti rendah akan kalori tinggi akan kandungan berbagai mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Selain itu, bayam merah yang masih segar dapat mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi.

Bayam merah memiliki kandungan serta komposisi gizi yang berguna bagi tubuh manusia, di antaranya :
Kalori (kal.) 51,0
Protesin (gr) 3,5
Lemak (gr) 0,5
Karbohidrat (gr) 6,5
Kalsium (mg) 267,0
Zat besi (mg) 2,2
Vitamin A (S.I) 5800,0
Vitamin B1 (mg) 0,1
Vitamin C (mg) 80,0
Air (gr) 71

Asal dari Red Amaranth
Bayam Merah (Amaranthacea Gangeticus). Nama Inggrisnya adalah Red Spinach. Ia adalah pokok berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap.

Tanaman bayam berasal dari Amerika tropik dan mudah tubuh dan tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri bayam dapat tubuh sepajang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5 – 2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih tumbuh subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.

Red Amaranth adalah tanaman yang sudah ada sejak lama di benua Amerika. Suku Aztek, Inca, dan Maya menganggap Amaranth sebagai makanan pokok seperti jagung dan kacang-kacangan. Tanaman ini pernah menjadi tanaman yang paling penting di Amerika sebelum kolonialisme Spanyol menguasai dan melarang penanamannya. Amaranth dipelihara di tempat yang susah dijangkau seperti di pegunungan Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan sebagai tanaman hias di Eropa pada abad ke 16. Spesies lain dari Amaranth tersebar di seluruh belahan dunia pada abad 17-19. Di negara yang kondisi alamnya yang keras seperti Himalaya, tanaman ini menjadi tanaman sayur-sayuran yang penting.



Pengolahan pasca panen dari Red Amaranth
Bayam merah(Red Amaranth) dapat diolah dengan berbagai macam cara, tetapi untuk masak permulaannya adalah dengan memisahkan batang bagian bawah lalu dibersihkan hingga bersih. Jika ingin dimasak, bisa ditambahkan bawang putih, garam, dan lain sebagainya. Bayam dapat juga dimakan dengan berbagai macam sayuran lain dalam bentuk salad. Bayam merah, seperti bayam pada umumnya, cukup hanya direbus kurang lebih selama 5 menit, jika terlalu lama akan menyebabkan daun-daunnya menjadi hancur, rasanya tidak enak, dan kandungan vitamin C nya menguap. Bayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, diantaranya :
Sayur bobor bayam
Perkedel bayam
Rempeyek bayam
Bayam telur
Gulai bayam parang
Nasi bayam
Sayur menir bayam
Mie bayam
Selada bayam
Pastel bayam Itali

Sebagai salah satu alternatif sayuran yang sehat dan aman dikonsumsi. Anda bisa memasaknya menjadi hidangan sesuai dengan selera anda misalnya menjadi sayur bening, gado-gado, pecel, dan lainnya. Makan bayam merah ini aman bagi anak, dewasa hingga lansia jadi anda tidak perlu khawatir jika akan mengolah sayuran sehat yang biasanya ditanam secara organik ini.

Semenjak bayam merah menjadi cukup populer, banyak para ahli kemudian meneliti kandungan gizi di dalam bayam merah untuk membuktikan apakah benar bayam merah sangat baik untuk kesehatan.

Jika anda baru mengetahui mengenai bayam merah, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam merah.

Di bawah ini akan dipaparkan manfaat dan khasiat dari Bayam Gangeticus untuk kesehatan.


Manfaat dan Khasiat Bayam Gangeticus

Sebagai sumber antioksidan
Bayam merah yang mengandung hampir lebih dari dari keseluruhan kebutuhan harian tubuh akan vitamin A atau sekitar 248%, menjadikan bayam sebagai sumber antioksidan yang jauh lebih baik dari sayuran manapun. Antioksidan dapat berguna untuk menangkal radikal – radikal bebas yang bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Menangkal radikal bebas
Banyaknya polusi dan penerapan gaya hidup tidak sehat menyebabkan potensi radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan mengendap dalam kurun waktu lama. Jika ini terjadi maka radikal bebas ini dapat menyerang sel-sel tubuh sehingga menjadi mudah sakit. Untuk itu anda disarankan untuk mengonsumsi bayam merah secara rutin untuk mengeluarkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegahnya sebelum masuk ke tubuh. Kandungan logam berat seperti merkuri dapat dikeluarkan dengan menggunakan bayam merah ini.

Bayam gangeticus mampu mengobati anemia
Seseorang yang mengalami anemia, biasanya disebabkan karena tubuhnya kekurangan sel darah merah. Penderita akan merasakan pandangannya seperti ada kunang-kunangnya, pusing, lemas, dan wajahnya kelihatan pucat. Konsumsilah Bayam Gangeticus secara rutin supaya dapat cepat sembuh.

Memperkuat akar rambut
Nutrisi yang ada pada Bayam Gangeticus berguna untuk memperkuat akar rambut. Sehingga apabila Anda rutin mengonsumsi sayuran ini, rambut tidak akan menjadi mudah rontok. Untuk itu silahkan mencobanya.

Membantu memperbaiki penglihatan (kesehatan mata)
Vitamin A lebih banyak ditemukan pada sayuran dan buah berwarna merah demikian pula dengan sayur bayam merah. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata supaya tetap bening dan tidak terkena berbagai gangguan pada mata seperti mata minus, miopi, rabun dekat atau jauh, katarak dan lainnya. Apalagi untuk orang modern seperti saat ini yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer atau smartphone yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata.

Bayam merah mengandung vitamin A yang sangat tinggi yakni 248% untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh tubuh kita akan vitamin A. Vitamin A sendiri dapat berguna untuk memperbaiki sel – sel yang rusak, dan dapat juga untuk memperbaiki masalah atau gangguan pada mata.

Dalam Bayam Gangeticus ternyata terdapat kandungan Lutein dan Zeaxanthin. Apabila dikonsumsi oleh manusia secara rutin, maka iritasi yang akan terjadi pada mata dapat dicegah dengan optimal. Sehingga penglihatan pun tidak terganggu.

Mengandung vitamin K
Adanya kandungan vitamin K yang ada dalam Bayam Gangeticus, sangat berpengaruh sekali pada kesehatan kulit. Diantaranya yaitu mampu mencegah timbulnya penuaan, seperti bintik hitam, keriput, dan sebagainya. Oleh karena itu, kalau Anda ingin selalu tampak awet mudah cobalah agar rajin mengonsumsi sayuran ini.

Menyembuhkan keputihan
Keputihan menjadi suatu masalah bagi para perempuan, dan tidak boleh diremehkan begitu saja. Penyebab hal tersebut pada umumnya, yaitu pada bagian orgam intim ada suatu jamurnya. Untuk penyembuhannya gunakanlah Bayam Gangeticus secara rutin, bisa diolah dengan dijus maupun ditumis,dan sebagainya.

Membantu membersihkan sistem reproduksi wanita
Jika anda seorang wanita yang baru melahirkan, bayam merah dapat digunakan sebagai detox. Dengan meminum jus bayam merah secara teratur, kandungan di dalam bayam akan membantuk mendetoksifikasi kotoran yang ada di dalam organ reproduksi setelah melahirkan.

Batang bayam merah sangat baik untuk mengobati sakit disentri. Gunakan sepuluh batang bayam merah, cuci batang – batang tersebut kemudian haluskan menjadi pasta. Lalu beri sedikit garam untuk perasa, peras dan ambil airnya. Minum air perasan bayam tersebut selama sakit disentri berlangsung, dan disentri pun bisa segera sembuh dengan bantuan si bayam merah ini.

Membantu mengobati TBC
TBC merupakan suatu penyakit yang menyerang saluran pernapasan manusia. Awal mula penyebabnya yaitu berasal dari bakteri yang penderita dapatkan melalui makanan yang dikonsumsinya. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan kebersihan suatu menu makanan yang hendak disantap. Konsumsilah Bayam Gangeticus secara teratur untuk membantu proses penyembuhannya.

Mencegah gangguan pernapasan
Sistem pernapasan manusia sifatnya sangat penting bagi kehidupan. Sebab tanpa bernapas kita itu berarti dikatakan sudah mati. Contoh dari gangguan pernapasan yang dapat timbul pada tubuh, antaralain berupa asma, kehabisan oksigen, dan sebagainya. Namun Anda jangan khawatir sebab Bayam Gangeticus dapat membantu pencegahannnya.

Mengatasi susah buang air kecil
Buang air kecil itu perlu dilakukan. Sebab sisa air yang berada di dalam tubuh akan dikeluarkan. Kalau sudah keluar berarti mungkin ada suatu gangguan di bagian sistem eksresi pada tubuh. Maka dari itu Anda harus rajin memakan Bayam Gangeticus ini.

Menyembuhkan jerawat
Jarang membersihkan wajah setelah beraktifitas di luar rumah, bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat. Hal itu dapat terjadi karena posisi kulit kotor dan menempelnya suatu bakteri. Oleh karena itu, konsumsilah Bayam Gangeticus ini setiap hari. Supaya Anda semakin kelihatan cantik, dan fress.

Mengobati wasir
Wasir merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena adanya pembengkakan pada otot, akibat terjadinya tekanan terlalu keras. Dalam proses penyembuhannya cobalah konsumsi Bayam Gangeticus secara rajin dan teratur, paling tidak minimal dua kali dalam seminggu.

Melancarkan proses pencernaan
Bayam merah menjadi salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Kandungan di dalam bayam merah dapat membantu mengatur kerja usus – usus kita. Seperti yang sudah disebutkan dalam tabel, bayam merah merupakan sumber serat yang sangat baik karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah pencernaan karena sulit BAB dan sebagainya maka mengonsumsi bayam merah adalah salah satu solusi yang dapat anda terapkan. Hal ini dikarenakan bayam merah mengandung serat cukup tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan lebih maksimal. Anda bisa memasak bayam merah menjadi olahan makanan sesuai selera anda masing-masing dan jika masakan bayam merah sudah lebih dari 8 jam sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena berpotensi terdapat racun di dalamnya.

Menyembuhkan gangguan ginjal
Kandungan yang ada di dalam bayam merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan atau masalah pada ginjal. Bayam merah sudah terbukti dapat membersihkan ginjal dan mengembalikan fungsi kinjal seperti sedia kala.

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang sangat penting karena kerjanya yang sangat baik yaitu menyaring darah dari racun dan zat berbahaya lainnya dan dibuang menjadi urin. Di dalam 1 ons bayam merah terdapat 82 gram air yang berguna sebagai penyaring darah secara alami. Padukan dengan gaya hidup sehat dan minum cukup air putih untuk mendapatkan hasil maksimal pada ginjal anda.

Menyehatkan rambut
Masalah pada rambut menjadi salah satu masalah yang saat ini banyak dialami orang baik dewasa maupun remaja. Terutama di era modern saat ini dimana rambut menjadi prioritas kesekian untuk dirawat karena  kesibukan masing-masing. Kandungan vitamin B yang ada di dalam bayam merah sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut sehingga menghindarkan anda dari masalah kebotakan dan rambut rontok.
Dengan air perasaan bayam merah yang sudah dicampur dengan garam, anda juga bisa membuat rambut menjadi lebih indah dan jauh lebih sehat. Cukup dua hingga tiga kali dalam seminggu, jus perasan bayam bisa dengan cara langsung diminum atau dengan menjadikannya sebagai masker untuk rambut anda. kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi, membuat bayam sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan menguatkan akar – akarnya.

Menyembuhkan gigitan hewan berbisa
Tahukah anda jika bayam merah dapat mengobati luka akibat gigitan hewan ataupun serangga yang memiliki racun? Luka akibat gigitan hewan atau serangga beracun seperti kalajengking bisa disembuhkan dengan mengguanak bayam merah yang terlebih dahulu dihaluskan. Pasta bayam merah lalu dioleskan pada luka gigitan hewan tersebut.

Sebagai makanan diet paling ampuh
Tahukah anda jika bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan? Bagi anda yang sedang dalam program diet, memperbanyak mengkonsumsi bayam merah bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bayam merah mengandung banyak serat, tetapi rendah akan lemak jenuh ataupun lemak trans, bahkan bayam merah sendiri rendah akan karbohidrat.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh yang rendah dapat menyebabkan kita dengan mudah terserang penyakit. Dengan konsumsi bayam merah yang dikenal tinggi akan vitamin A, akan membantu kita menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil.

Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang kuat dan ada yang sangat rentan. Jika anda mudah sakit karena alasan sepele maka itu berarti anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga sangat rentan mengalami sakit. Oleh karena itu sangatlah penting bagi anda untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Di dalam manfaat bayam merah mengandung vitamin B1, B3, B2 dan B6 yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rutinlah mengonsumsi bayam merah untuk mendapatkan hasil optimal pada tubuh anda.

Mengobati demam
Gunakan bayam merah untuk obat demam. Bayam merah sangat berguna untuk meredakan suhu badan yang tinggi dan demam dan dapat mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

Membantu perkembangan janin
Folat dan betain juga ternyata menjadi kandungan yang ada di dalam bayam merah. Apa gunanya Folat dan Betain? Kedua unsur ini sangat berguna dalam proses perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga ketika kelak lahir bayi tidak mengalami cacat bahkan cenderung menjadi anak yang pintar.

Meningkatkan kinerja tubuh saat berolahraga
Manfaat dari bayam merah pertama yang berhasil dikuak oleh para ahli adalah kemampuannya dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja tubuh terutama saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya. Di dalam bayam merah terdapat kandungan nitrat yang sangat baik sebagai penyedia energi bagi tubuh terutama saat tubuh sedang beraktivitas seperti saat berolahraga. Asam nitrat ini juga berfungsi untuk membantu sel menggunakan oksigen lebih sedikit sehingga tubuh tidak akan cepat merasa lelah. Tentunya ini sangat baik untuk anda yang memiliki aktivitas padat sepanjang hari dimana rasa lelah akan datang lebih lama jika anda mengonsumsi bayam merah ini.

Mencegah kanker
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi bayam merah secara rutin ternyata mampu menjadi zat antikanker seperti kanker hati dan kanker payudara. Bayam merah juga efektif dalam mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar. Ini juga telah diuji cobakan pada tikus dimana tikus yang diberikan ekstrak bayam merah sebesar 5 persen, 7,5 persen dan 10 persen ternyata terbukti terjadi penghambatan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Tikus yang mengonsumsi ekstrak bayam merah sebanyak 10 persen lebih baik dalam proses penghambatannya.

Meningkatkan respons glikemik
Manfaat selanjutnya dari sayur bayam merah adalah mampu meningkatkan respons glikemik dalam tubuh. Ini sudah dilakukan penelitian dengan  menggunakan tikus sebagai sampelnya. Tikus ini masing-masing diberikan asupan roti yang berbahan dasar bayam merah sebanyak 10 persen, 20 persen dan tidak mendapatkan asupan bayam merah sama sekali. Hasilnya cukup mencengangkan ternyata pada tikus yang mengonsumsi bayam merah sebanyak 10 persen dan 20 persen memiliki respons glikemik lebih baik dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi bayam merah sama sekali.

Menyehatkan tulang dan gigi
Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi bayam merah adalah untuk membantu menyehatkan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam bayam merah. Di dalam 1 ons bayam merah terkandung 368 mg kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Oleh karena itu bagi anak-anak sangat disarankan mengonsumsi bayam merah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan untuk orang tua juga sangat baik untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi supaya terhindar dari penyakit tulang seperti ostoporosis dan nyeri tulang.

Menyembuhkan luka
Bila terjadi luka di kulit baik itu luka bakar atau luka lainnya pastinya akan cukup membuat kesal ya. Pertama karena menimbulkan rasa sakit dan yang kedua juga berpotensi meninggalkan bekas di kulit belum lagi jika luka tidak cepat kering. Nah, sebagai salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi bayam merah karena di dalam bayam merah mengandung vitamin C yang sangat optimal dalam proses regenerasi kulit sehingga luka akan lebih cepat kering dan sembuh.

Menjaga keindahan kulit
Kandungan antioksidan yang tinggi pada sayur bayam merah sangat membantu menangkal radikal bebas pemicu penuaan dini. Jadi, Anda bisa memanfaatkan daun bayam merah untuk menjaga kecantikan kulit.

Menambah nafsu makan
Nafsu makan sangatlah penting bagi tubuh karena jika nafsu makan terganggu akan mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu nafsu makan harus tetap dijaga. Namun terkadang nafsu makan pergi entah kemana dan tidak selera walaupun pada makanan lezat sekalipun. Bayam merah dapat menetralisir gas dan asam yang ada di dalam lambung sehingga nafsu makan meningkat dan makan pun menjadi lebih enak.

Mengandung zat besi
Di dalam bayam merah juga kaya akan zat besi. Di dalam 1 ons bayam merah setidaknya mengandung zat besi hingga 2,2 mg. Jumlah ini cukup baik dan besar bagi tubuh dan sangat baik untuk mengatasi anemia. Selain itu zat besi ini juga berfungsi sebagai penstabil kadar HB dalam darah sehingga tubuh tidak sering merasakan pusing dan lebih kokoh. Pada hal tekanan darah juga akan menjadi stabil tidak rendah dan tidak juga tinggi.

Kekurangan zat besi di dalam tubuh dapat menyebabkan kita mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Bayam merah sendiri mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif sayuran yang bisa digunakan sebagai obat anemia. Cara menggunakan bayam merah sebagai obat anemia adalah dengan membuat jus bayam merah. Anda juga bisa menghaluskan bayam merah dan dijadikan pasta untuk campuran makanan lainnya. Atau, anda juga bisa mencampurkan bahan – bahan makanan lain yang alami seperti madu, air perasan lemon, atau telur pada pasta atau jus bayam merah yang sudah anda buat.


Manfaat Lain dari Bayam Gangeticus untuk Kesehatan:
Melancarkan ASI
Mengobati Kencing Nanah
Mengatasi Radang Saluran Napas
Meningkatkan Mood
Mengatasi Insomnia
Mencegah Sakit Maagh
Memperbaiki Gizi Buruk
Melangsingkan Tubuh
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mencegah Penyakit Alzheimer
Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid
Mengatasi Mata Kering Akibat Kelelahan
Mencegah Kanker Usus Besar
Meningkatkan Kecerdasan Otak
Mengobati Sakit Kepala
Tampak Awet Muda
Mencegah Stroke
Membantu Penyembuhan Radang Tenggorokan
Membantu Regenerasi Sel yang Rusak
Sebagai sumber lemak nabati
Mengatasi gatal gigitan serangga
Sumber kalsium
Sumber protein nabati
Anti inflamasi
Sumber energi
Menguatkan otot
Sumber fosfor
Kaya karbohidrat
Mencegah kanker payudara
Memberikan rasa kenyang lebih lama
Menurunkan kadar gula darah

Cara Penyimpanan Bayam Merah Agar Tahan Lama
Tips untuk cara menyimpan bayam merah agar dapat bertahan hingga seminggu yaitu cukup dengan memasukan bayam merah ke dalam kantong plastik. Keluarkan udara di dalamnya, dan masukan ke dalam kulkas. Bayam merah pun dapat tetap segar hingga maksimal satu minggu kemudian.


Efek Samping Bayam Merah
Manfaat bayam merah memang diyakini sangat banyak dan dapat menambah kebutuhan nutrisi manusia, namun tetap saja harus hati hati dalam konsumsi sayuran ini. Bayam merah memang mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, bayam merah seperti halnya bayam hijau dapat menyebabkan efek samping pada kesehatan kita.

Tapi jangan khawatir, efek samping – efek samping ini jarang sekali terjadi. Perhatikan banyak bayam merah yang anda konsumsi, hal – hal yang berlebihan memang selalu menimbulkan hal yang tidak baik. Berikut ini efek samping yang mungkin bisa anda alami jika terlalu banyak mengkonsumsi bayam merah:

Sakit perut. Bayam merah memiliki kandungan serat yang banyak. Walaupun tubuh membutuhkan asupan serat, tetap saja, jika anda memakannya secara berlebihan dalam satu kali konsumsi, perut dapat mengalami mulas, kram perut, kembung bahkan diare. Satu tips yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi sakit perut setelah makan bayam adalah dengan banyak minum air putih.

Gigi terasa berpasir. Bayam merah seperti bayam hijau mengandung banyak asam oxalic. Asam oxalic sendiri mengandung kristal – kristal yang tidak dapat larut di dalam air. Mengkonsumsi bayam merah secara berlebihan akan membuat anda merasa seperti ada pasir pada gigi – gigi anda. Efek samping inilah yang biasanya sering terjadi jika seseorang makan terlalu banyak bayam merah.

Nutrisi kurang dapat diserap oleh tubuh. Seperti diketahui, bayam merah mengandung asam oxalic yang cukup banyak, megkonsumsi bayam merah dalam jumlah banyak akan menyebabkan tubuh kurang dapat menyerap nutrisi – nutrisi dalam bayam merah itu sendiri. Ini dikarenakan asam oxalic merupakan sejenis zat kimia yang akan mengikat zat besi serta kalsium. Tips untuk anda penyuka bayam merah, minum segelas jus jeruk setelah mengkonsumsi bayam merah. Vitamin C di dalam jus jeruk akan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang manfaat Bayam Gangeticus untuk kesehatan. Ternyata dampaknya sangat bagus bagi tubuh manusia. Sehingga kita harus senantiasa menjaga kelestariannya.


Sekian pembahasan pada kesempatan kali ini. Semoga Anda semakin mengetahui tantang manfaatnya sayuran untuk kesehatan. Dan Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...