Wednesday 25 April 2018

Berbagai Manfaat Collagen bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                          Collagen bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit


Untuk menjaga kesehatan, tubuh tak hanya membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi namun juga nutrisi lain yang tak kalah pentingnya. Salah satunya adalah protein. Nutrisi yang banyak terkandung dalam lauk pauk ini sangat dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan proses metabolisme tubuh serta penjagaan organ tubuh lainnya.Namun tahukah anda jika protein sendiri terdiri dari beberapa macam, dan salah satunya yaitu Collagen.

Collagen merupakan salah satu jenis protein yang terkandung dalam tubuh manusia dan memiliki peran untuk menjaga daya tahan tubuh. Kadar Collagen ini bisa mencapai 33% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh.

Kolagen adalah zat yang secara alami diproduksi oleh tubuh. Namun, produksi zat ini berkurang seiring seseorang bertambah tua. Hasil produksi rendah termasuk keriput, kulit menipis dan rambut rapuh antara lain. Ada sejumlah suplemen kolagen yang tersedia di pasar yang dapat mengembalikan jumlah kolagen dalam tubuh. Banyak orang menggunakan suplemen kolagen untuk mengurangi garis-garis atau kerutan.

Kolagen adalah sejenis protein yang terdiri dari asam amino-, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine. Kolagen menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, tendon, otot, tulang rawan, bahkan pada rambut dan kuku. Sekitar 33% protein dalam tubuh manusia terdiri dari kolagen, dan sekitar 75% kulit kita terbentuk dari kolagen.

Selain untuk menjaga dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuh, manfaat collagen lainnya yaitu untuk membangun tulang, gigi, otot, sendi juga kulit. Dari fungsi atau manfaatnya saja sudah jelas jika Collagen memiliki struktur yang kuat.

Dalam bahasa Yunani kuno, Collagen memiliki arti sifat lekat atau menghasilkan pelekat. Sehingga disini Collagen pun mampu membantu proses pembentukan sendi dan memaksimalkan kerja sendi.

Kolagen adalah sebuah blok bangunan penting untuk kulit. Itu membuat hingga 33% dari protein tubuh hidup dan 75% dari protein yang membentuk kulit. Kolagen menjamin kohesi, elastisitas dan regenerasi kulit. Jaringan kulit terdiri dari berbagai molekul, beberapa di antaranya adalah asam amino, dan asam amino ini sangat penting untuk mempertahankan bahkan struktur kulit dan kulit sehingga sehat. Dermis, yang menyediakan landasan bagi kulit, terlibat erat dalam elastisitas kulit dan fleksibilitas. Kolagen adalah komponen utama dari dermis. Mempertahankan jumlah kolagen adalah kunci untuk kulit indah. Glycine, prolin, alanin dan hidroksiprolin merupakan konstituen utama kolagen; pengisian asam amino penyusun ini tampaknya diperlukan untuk mempertahankan jumlah kolagen pada tingkat yang sehat.

Perubahan kulit adalah salah satu tanda-tanda yang paling terlihat dari penuaan. Telah ada peningkatan yang cukup dalam memahami bagaimana usia kulit, bersama dengan kemajuan yang signifikan terhadap mengurangi tanda-tanda penuaan. Bukti bertambahnya usia termasuk garis-garis halus, keriput dan kehilangan elastisitas seperti kulit kendur. Perubahan kulit yang berhubungan dengan faktor lingkungan, genetik, nutrisi, dan faktor lainnya. Dengan penuaan, lapisan kulit luar (epidermis) menipis, meskipun jumlah lapisan sel tetap tidak berubah. Perubahan jaringan ikat mengurangi kekuatan kulit dan elastisitas. Hal ini dikenal sebagai elastosis.

Sebuah pertumbuhan badan penelitian menunjukkan nutraceuticals dapat berkontribusi untuk kulit yang sehat. Sementara krim topikal dan produk kosmetik dapat mempengaruhi kondisi kulit dari luar, suplemen gizi diambil secara lisan dapat berdampak dari dalam kulit.

Kolagen membantu kulit Anda mempertahankan elastisitasnya. Hal ini mencegah wajah Anda dari mengembangkan keriput setiap kali Anda membuat ekspresi dan rekening untuk penampilan muda dari kulit yang lebih muda. Ketika Anda bertambah usia, kolagen cenderung untuk memecah, dan ini mengurangi elastisitas kulit, sehingga keriput, kulit kendor, bintik-bintik usia dan efek yang sama dari penuaan.

Manfaat Kolagen untuk Kulit dan wajah di antaranya untuk menjaga kulit tetap sehat dan juga awet muda. Kolagen mampu bekerja dengan cara menjaga elastisitas dari kulit sehingga dengan konsumsi rutin, kulit dan wajah akan lebih kencang, lebih kenyal, lembut atau halus, cerah bebas keriput, lebih terawat dan juga terlindungi.

Tak cukup disini, Collagen pun masih memilki beragam manfaat  yang perlu Anda ketahui. Apa saja manfaat Collagen tersebut? simak ulasan berikut ini:
Collagen merupakan satu protein yang akak bermanfaat untuk memproduksi asam amino seperti prolin, glysin, dan lysine.

Menurut University of Michigan Health System, suplemen kolagen yang mengandung asam hialuronat dapat memberikan berbagai manfaat bagi banyak sistem fisiologis. Suplemen kolagen dapat memberikan manfaat bagi kulit, rambut dan kuku. Suplemen kolagen ini dapat meningkatkan warna kulit dengan meningkatkan retensi kelembaban dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Kolagen juga dapat mendorong rambut untuk tumbuh lebih tebal. Suplemen kolagen dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan dengan menekan nafsu makan.

Organ-organ penting tubuh mulai dari jantung, paru, hati, lambung, ginjal dan lain sebagainya pun akan terlindungi dengan kadar Collagen yang seimbang pada tubuh anda.

Salah satu manfaat Collagen yang mungkin paling banyak diketahui oleh sebagian orang, yaitu untuk menjaga kesehatan dan kelembaban alami kulit. Selain itu, Collagen juga mampu menjaga kekencangan kulit.

Collagen dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitas mereka. Kolagen membentengi pembuluh darah Anda untuk meningkatkan sirkulasi seluruh tubuh. Darah dan nutrisi yang dikirim ke kulit Anda, sehingga kulit yang sehat, bercahaya dan tampak awet muda. Manfaat Kolagen yang lain yaitu dapat membentuk dinding pembuluh darah, arteri, serta kapiler sehingga mampu memberikan kekuatan di dinding darah. Tidak hanya itu kolagen juga bermanfaat untuk menjaga sistem penglihatan , karena kolagen mampu membentuk cakram optik yang membuat normal pada penglihatan.

Selulit terjadi ketika jaringan lemak mendorong ke atas melalui serat ke dalam lapisan atas kulit. Hasilnya adalah penampilan berlesung pipit kulit. Website collagencapsules.org mengatakan kapsul kolagen bekerja dari dalam tubuh Anda untuk mengurangi selulit. Kolagen mempromosikan tubuh Anda untuk membangun kembali dan memperbaiki serat yang menyebabkan selulit muncul.

Penuaan adalah penyebab utama keriput. Namun, lingkungan, polusi dan sinar dari matahari semua berkontribusi. Teratur mengkonsumsi kapsul kolagen dapat mendorong kulit Anda menjadi lembut dan lentur. Manfaat kolagen untuk kulit wajah memang sudah terbukti sejak lama. Salah satunya yakni mengurangi garis keriput di wajah. Jika kandungan kolagen di wajah berkurang, maka akan mengakibatkan garis keriput menjadi tampak lebih jelas. Oleh sebab itu, kolagen sangat diperlukan untuk membantu menyamarkannya.

Dapat membangun otot, sendi, gigi, tulang serta jaringan kulit. Kandungan serat yang terdapat pada kolagen berfungsi untuk menjaga kekuatan serta struktur otot dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat membentuk serat otot rangka , kolagen juga berfungsi membuat otot polos. Karena beberapa fungsi tersebut sehingga kolagen di katakan bermanfaat untuk menjaga kekuatan otot.

Collagen bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dengan baik sehingga menghindarkan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit.

Bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut serta kuku. Kolagen adalah komponen utama dalam pertumbuhan rambut, karena bertempur melawan radikal bebas yang dapat mempengaruhi tekstur, pertumbuhan dan ketebalan rambut Anda . Memulihkan kolagen dalam batang rambut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kapsul kolagen memperkuat rambut dan meningkatkan diameter rambut individu, memberikan rambut Anda tampilan yang lebih lengkap secara keseluruhan. Manfaat kolagen untuk rambut sudah terbukti khasiatnya. Fungsi protein yang ada dalam kolagen dapat menguatkan rambut dan akar rambut agar tak mudah patah dan lepas. Selain itu, protein lainnya juga dipercaya melembutkan rambut. Sehingga, rambut jadi lebih sehat dan mudah diatur.

Collagen juga bermanfaat menjaga kelancaran sirkulasi darah sehingga mampu meminimalisir penyakit berbahaya yang disebabkan karena sirkulasi darah yang tidak lancar seperti stroke, serangan jantung, hipertensi dan lain sebagainya.

Manfaat Collagen lainnya yaitu untuk menunda proses penuaan pada kulit khususnya. Sebab disini Collagen memilki fungsi untuk menjaga kekencangan kulit yang merupakan salah satu tanda penuaan. Kolagen membantu kulit Anda mempertahankan elastisitasnya. Hal ini mencegah wajah Anda dari keriput, kulit kendor dan efek lainnya yang diakibatkan oleh faktor usia. Sehingga secara tidak langsung, Anda akan terlihat awet muda dan tentunya lebih cantik serta lebih mempesona dihadapan orang lain. Salah satu cara mengencangkan kulit wajah adalah dengan mencukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Kolagen berfungsi sebagai komponen pembangun utama pada jaringan dermis (salah satu lapisan terendah pada kulit). Protein ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur.

Tak hanya untuk kecantikan dan pelindung tubuh, namun Collagen juga dapat bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Dimana nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pembentukan tulang dan gigi.

Dari manfaat utama Collagen tersebut sangatlah jelas jika protein satu ini begitu dibutuhkan tubuh, terlebih lagi bagi anda yang sudah memasuki usia 30 tahun. Dimana gejala penuaan sudah mulai nampak dan harus dengan cepat di atasi. Dan tahukah anda jika manfaat collagen untuk mencegah penuaan dini ternyata tak sebatas mampu mengurangi kerutan dan menjaga kelembaban kulit namun juga beberapa manfaat lain seperti berikut ini.

Meningkatkan jumlah pigmen putih dan memudarkan pigmen berwarna hitam. Dengan begitu flek hitam pada wajah akan berangsur memudar.

Dapat membantu menjadikan kulit tubuh dan wajah menjadi lebih cerah.

Mampu meratakan warna kulit yang tidak merata dengan membuatnya menjadi setingkat lebih cerah.

Collagen juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah dari buruknya bintik-bintik jerawat. Collagen juga dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat.

Selain itu bekas jerawat yang sering kali sulit dihilangkan dapat dipudarkan secara bertahap dengan Collagen.
Pada beberapa bagian tubuh yang sering kali memiliki warna lebih gelap seperti siku dan lutut pun dapat diputihkan secara perlahan.

Menyamarkan garis wajah pada area mata dan bibir yang biasanya muncul akibat gejala penuaan.

Bagi anda yang sering menggunakan cream wajah dengan kandungan zat kimia tinggi, Collagen pun dapat mengurangi resiko dari kandungan zat pada cream tersebut. Yaitu dengan cara mendetoksifikasi kandungan berbahaya dari kulit anda.

Salah satu efek paling nyata dan mudah terlihat ketika anda menggunakan cream berbahaya adalah kulit yang menjadi mudah terbakar dan meradang, Asupan Collagen pada tubuh anda akan mengatasi peradangan dan efek buruk tersebut.

Collagen juga akan menutrisi kulit dengan baik hingga membuatnya terlihat lebih kencang dan kenyal. Untuk mejaga agar kulit senantiasa ‘kenyal’ dan kencang, banyak orang yang memanfaatkan kolagen. Pada saat seseorang semakin bertambah usia, kolagen pada kulit mulai pecah dan kulit pun menjadi kaku, sehingga kulit kehilangan elastisitas dan tidak bisa kembali normal. Dengan tercukupinya kolagen, maka elastisitas kulit dapat terjaga.

Disini Collagen tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan kulit namun juga membuatnya nampak merona dan segar.

Satu lagi manfaat Collagen untuk wajah yang bisa dibilang paling ampuh, yaitu mampu menyamarkan bopeng dan perlahan menghilangkannya. Biasanya bopeng akan muncul akibat penggunaan cream wajah yang tidak cocok atau cream dengan kandungan berbahaya yang penggunaannya dihentikan.

Jadi hanya dari satu nutrisi saja anda sudah bisa mendapat berbagai manfaat seperti di atas. Sehingga untuk menjaga kesehatan kulit nampaknya penggunaan cream atau obat-obatan berbahan kimia tak begitu dibutuhkan. Sebab dengan kandungan alami tubuh saja kesehatan dan kecantikan kulit anda akan tetap terjaga.

Manfaat Collagen untuk kesehatan pun tak kalah pentingnya.Dan berikut ini beberapa diantaranya:

Mampu mencegah serangan virus penyebab penyakit berbahaya seperti kanker.

Mampu mendetoksifikasi (mengeluarkan racun) dalam tubuh.

Bagi anda yang menderita migran ataupun vertigo, Collagen terbukti mampu mengatasinya dengan efektif.

Collagen pun mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, mengatasi asma, diabetes, sinusitis juga TBC.

Dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang mampu memicu munculnya berbagai penyakit.

Collagen dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi masalah kerontokan rambut.

Mampu menjaga kekuatan tulang bahkan bagi mereka yang sudah memasuki usia lanjut.

Collagen juga dapat menjaga kesehatan tulang dengan meredakan nyeri tulang yang disebabkan karena berbagai faktor.

Stamina juga akan tetap terjaga dengan kandungan Collagen yang tetap terjaga.

Bagi seorang wanita, Collagen pun mampu membantu menyuburkan kandungan.

Dengan beragam manfaat diatas, maka tak heran banyak produk kecantikan seperti masker wajah atau cream pemutih kulit yang menggunakan collagen sebagai bahan dasarnya.

Pada usia 25 tahun, tubuh akan mulai mengalami penuruna produksi kolagen sebesar 1.5% dan akan masih berlanjut setiap tahunnya. Proses tersebut juga akan berpengaruh secara langsung pada penurunan kondisi kulit di mana kulit kita akan mulai kehilangan tingkat elastisitasnya secara perlahan, proses ini juga di kenal dengan istilah penuaan yaitu penurunan kondisi kulit dengan ciri ciri kulit mulai kendur, keriput atau timbul garis halus, kering dan juga rentan terkena masalah.

Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya kolagen. Hal tersebut bertujuan untuk membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan kolagen, serta mendukung proses tubuh dalam memproduksi kolagen. Selain itu perlu adanya aktivitas baik yang bisa kita jadikan rutinitas setiap hari seperti menjaga asupan makanan sehat, seperti sayur dan buah yang kaya vitamin juga mineral, selain itu lakukan perawatan wajah teratur dan sesuai untuk jenis dan masalah kulit, pastikan produk yang kita pilih, terdiri dari komposisi yang jelas, aman serta sudah lulus BPOM. Selanjutnya biasakan berolah raga minimal 2 kali seminggu selama 30 menit, dan terakhir perbanyak konsumsi air putih akar tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik.

Sekadar informasi tambahan. Di zaman seperti sekarang, kita sudah dengan mudah untuk menjumpai berbagai produk produk kosmetik atau perawatan wajah yang mengandung kolagen sebagai komposisi utamanya, seperti krim wajah atau masker kolagen, ada juga sebagian produk body lotion yang menggunakan kolagen sebagai komposisinya. Selain produk kecantikan, kolagen juga bisa kita peroleh dengan mudah dari berbagai macam minuman kecantikan yang sudah marak dan juga banyak di jual di luaran sana. Dengan kandungan kolagen sebagai bahan utamanya, minuman tersebut merupakan cara mudah yang bisa kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan kolagen oleh tubuh.

Sumber makanan kaya kolagen
Banyak jenis makanan yang memiliki kandungan Collagen tinggi, diantaranya yaitu:
Strowberry, Wortel, Alpukat, Paprika merah, Tomat, Bawang bombay, Kentang, Delima, Anggur, Kacang-kacangan. Kenari, Teh hijau, Telur, Salmon.

Beberapa makanan yang kaya akan kandungan kolagen yaitu dari jenis ikan dan juga sirip dari ikan hiu. Selain ikan, ada juga sayap ayam yang juga tidak kalah akan kandungan kolagennya di bandingkan ikan.

Makanan diatas merupakan makanan yang memiliki kandungan Collagen tinggi. Jadi untuk menjaga kadar Collagen dalam tubuh pastikan anda mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut dengan teratur dan dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, perhatikan pula pengolahan bahan makanan di atas. Sebab untuk beberapa pengolahan yang berlebihan (over cook) dapat menyebabkan kandungan Collagen di dalamnya menurun.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat kolagen untuk kesehatan kita, sayangi tubuh Anda, rawat dengan baik supaya tetap sehat. dan tetap tampil indah menawan, bersih merona.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...