Thursday 21 June 2018

Berbagai ragam Manfaat Menakjubkan Arang (Charcoal) untuk Kulit serta Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Manfaat Menakjubkan Arang (Charcoal) untuk Kecantikan


Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit sehat yang terawat. Itu sebabnya merawat kulit, khususnya kulit wajah adalah hal yang paling sering dilakukan oleh wanita. Umumnya banyak orang memilih melakukan perawatan kulit dengan bahan menggunakan bahan alami. Cara ini dipilih agar meminimalisasi efek bahaya dari berbagai macam zat kimia dalam produk kosmetik. Banyak bahan alami yang biasa digunakan untuk merawat kecantikan wajah Anda.

Charcoal atau arang merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk memaksimalkan perawatan kulit. Charcoal akhir-akhir ini juga menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang digemari. Berbagai nutrisi yang terkandung di charcoal dipercaya efektif membuat kulit menjadi semakin cerah, halus, bersih dan bebas dari masalah.

Jika selama ini Anda mengenal activated charcoal atau arang aktif dalam bentuk tablet bulat mungil yang digunakan untuk obat sakit perut atau penghilang racun, akhir-akhir ini penggunaannya makin meluas dan populer untuk berbagai perawatan kecantikan. Bahkan Gwyneth Paltrow yang merupakan salah satu aktris yang dikenal dengan gaya hidup sehat ini juga ketagihan menggunakan activated charcoal untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuhnya.

Tidak heran jika arang aktif yang terbuat dari kayu bambu, kulit gandum, dan batok kelapa yang dihaluskan, dipanaskan serta dioksidasi ini popularitasnya cepat melesat. Selain harganya yang murah dan terbuat dari bahan-bahan alami, activated charcoal ini juga sangat aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya meskipun dikonsumsi dalam jumlah besar. Bubuk arang ini tidak diserap tubuh (terlihat dari feses yang menghitam setelah mengonsumsinya), tapi ia menyerap toksin, minyak, dan kotoran di pencernaan dan tubuh. Yang paling penting, manfaatnya juga sangat banyak, termasuk untuk kecantikan.

Cara kerja arang untuk perawatan kecantikan

Arang aktif atau activated charcoal menawarkan manfaat kecantikan untuk kulit dengan menarik minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya dari pori-pori tersumbat karena adanya kekuatan dari adsorpsi – proses penyerapan.

Di dalam tubuh penyerapan adalah suatu reaksi unsur seperti nutrisi, bahan kimia dan toksin yang mengendap dan melebur ke dalam aliran darah. Nah, itu sebabnya arang aktif mampu menarik bakteri, racun, bahan kimia, kotoran dan partikel mikro lainnya di permukaan kulit. Serbuk arang aktif terbukti menyerap ribuan zat berbahaya sehingga arang banyak dijadikan bahan dalam masker wajah.

Selain untuk kecantikan, sebenarnya arang aktif  telah lama digunakan dalam dunia medis untuk mengobati keracunan alkohol dan overdosis narkoba. Zat karbon ini bekerja bagai spons, dengan mengikat diri pada racun dan menyerapnya sebelum terangkut dalam aliran darah.

Namun, penting untuk diperhatikan jika arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang biasa digunakan untuk memanggang makanan atau arang bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Zat ini biasanya dihasilkan dari pembakaran tempurung kelapa atau sebuk kayu yang kemudian diaktifkan untuk meningkatkan daya ikatnya. Proses pengaktifan tersebut dilakukan dengan cara merendam zat arang dalam bahan-bahan kimia tertentu.

Polusi udara, debu dan keringat akibat kegiatan yang cukup padat pastinya membuat wajah penuh dengan debu, kotoran, bahkan racun yang bisa berefek negatif bagi kulit wajah. Untuk itu mencuci muka dan membersihkan wajah menjadi perawatan rutin yang tak bisa ditinggalkan, jika Anda ingin memiliki wajah yang sehat lagi segar. 

Kini di pasaran tersedia banyak pilihan untuk pembersih wajah. Namun, dari banyak cara tersebut, perawatan dengan bahan-bahan alami dinilai lebih aman.

Selain tidak menimbulkan risiko kesehatan, bahan-bahan alami juga tidak akan membuat ketergantungan.
Menurut Ilya kamelia, Training Manager The Body Shop, salah satu bahan alami unik yang dapat dipilih adalah arang bambu dari bukit Himalaya. Bahan ini dapat membantu membersihkan kotoran dan mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah.

"Meski baru dikenal dan diketahui manfaatnya, namun kita semua tahu bahwa arang sejak dulu bisa membersihkan kulit. Arang bisa menyerap racun sebelum racun meresap ke kulit dan larut ke aliran darah," kata dia dalam temu media di acara peluncuran The Body Shop Superfood Mask, di Jakarta (7/9/2016).

Berdasarkan hasil penelitian pakar kecantikan The Body Shop, Jennifer Hirsch, kekuatan yang sama bahkan lebih besar juga terkandung di dalam arang bambu Himalaya.

Dalam jangka waktu pendek, arang bambu Himalaya akan mendetoksifikasi racun pada kulit dan membantu kulit wajah senantiasa tampak segar sepanjang hari. Dalam jangka panjang wajah akan lebih halus dan lebih cerah.

"Untuk menggunakannya, tak perlu jauh-jauh pergi ke Himalaya atau repot-repot membuatnya. Cari saja kandungan ini dalam sebuah masker agar manfaatnya lebih terasa dan kualitasnya sudah terjamin," ungkap dia.



Manfaat arang untuk kecantikan
Belakangan ini arang bambu menjadi bahan pembicaraan publik. Tak sedikit produsen yang menggunakan bahan arang sebagai pewarna hitam makanan. Mulai dari burger, keju, mi, yogurt hingga roti tawar. Bentuknya pun sungguh menarik perhatian.

Tidak hanya untuk makanan. Arang bambu mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan dan perawatan wajah.

Pemilik produk kosmetik lokal LH Care Lani Hastiningtyas mengaku memakai dan membuat kosmetik berbahan arang. Ia mengatakan bahan aktif arang sudah menjadi tren di Jepang sejak 2013.

Menurutnya, arang di pakai sebagai make-up karena banyak sekali manfaat yang di dapat dalam arang bambu untuk kecantikan kulit. Manfaatnya antara lain bisa membersihkan wajah dan menyerap racun.

Arang juga bisa mencerahkan kulit, bahan aktifnya juga bisa untuk mengecilkan pori-pori dan mencegah jerawat.Ia bahkan mengklaim belum ada kekurangan yang ditemukan dari penggunaan arang.

"Belum ada efek negatif dari pemakaian arang bambu untuk kosmetik hanya karena warnanya hitam. Arang bambu hanya bisa digunakan untuk kosmetik yang dengan pemakaian yang sebentar saja," ujarnya

Berikut ini beberapa manfaat arang untuk kecantikan yang harus Anda ketahui:

Menyamarkan noda jerawat
Arang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Anda hanya perlu membuat campuran bubuk arang dengan air mawar atau air biasa, kemudian oleskan masker pada wajah Anda, setelah itu bilas dengan air hangat. Cara ini merupakan obat rumah sederhana yang dapat membantu mengeringkan jerawat pada wajah Anda.

Sifat anti-radang yang terkandung pada charcoal membuatnya menjadi obat untuk jerawat. Aplikasikan charcoal setiap akhir pekan untuk mencegah jerawat timbul.

Menghilangkan komedo
Komedo kerap kali muncul di T-zone pada wajah. Untuk menghilangkannya, kamu bisa menggunakan charcoal di area yang terdapat komedo. Cobalah menggunakan metode ini setiap minggu untuk mendapatkan kulit bebas komedo.

Menghilangkan whitehead
Whitehead sendiri termasuk ke dalam jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, bakteri, dan minyak menyumbat pori-pori. Munculnya whitehead ini bisa membuat kulit tampak bergelombang dan tidak sehat. Kamu bisa menggunakan charcoal untuk menghilangkan whitehead dan kulit akan halus dalam beberapa menit.

Membersihkan serta menutup pori-pori besar
Kotoran, sel kulit mati, dan racun dapat menutupi pori-pori dan menyebabkan kondisi kulit terganggu. Namun kamu bisa menggunakan charcoal untuk menyingkirkan semua kotoran dan membersihkan pori-pori.

Memiliki pori-pori yang besar dapat menyebabkan kotoran, polusi, dan zat kimia dari kosmetik Anda menumpuk di kulit sehingga rentan muncul komedo. Dengan menggunakan masker yang berbahan dasar arang ini dipercaya dapat mengangkat semua kotoran dalam pori-pori dan mengecilkan pori-pori Anda.

Menetralkan asam kulit
Menggunakan berbagai produk yang mengandung bahan kimiawi akan menghilangkan kelembaban kulit. Untuk itu kembalikan dengan arang bambu. Buat pasta dari bubuk arang bambu dan air mawar. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan bersihkan dengan handuk katun.

Menyeimbangkan produksi minyak di wajah
Anda yang punya jenis kulit berminyak Anda bisa memanfaatkan arang untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan produksi minyak yang lebih seimbang, Anda bisa rutin memanfaatkan kandungan arang secara langsung. Anda bisa memilih masker atau produk pembersih wajah dengan kandungan utama arang agar wajah tidak menjadi kering setelah penggunaan.
Minyak berlebihan membuat kulit kamu tampak berminyak dan menyebabkan berbagai kondisi kulit yang lebih parah. Charcoal akan membuang minyak berlebihan dan membantu kulit tampak segar.

Sebagai antiseptik
Campurkan air dengan bubuk arang bambu. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Cara ini dapat membersihkan wajah dan melindungi dari infeksi luka.

Mengatasi kulit kusam
Polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, debu jalanan, radiasi sinar ultraviolet dan asap rokok membuat kulit wajah terlihat kusam. Namun dengan karbon aktif, seluruh polutan tersebut bisa terangkat sempurna. Anda bisa mengoleskan masker sederhana dari arang ini pada wajah Anda. Caranya, pijat wajah Anda dengan pasta arang sambil dipijat selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Detoksifikasi kulit
Banyak polutan di udara membuat banyak masalah pada kulit. Itulah mengapa penting untuk mendetoksifikasi kulit setiap minggu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah menggunakan active charcoal sebagai perawatan wajah di rumah.

Mengurangi keriput
Keriput dapat dikurangi sekitar 60 persen jika Anda memijat wajah Anda dengan pasta arang. Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Prosedur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

Melembutkan kulit
Penggunaan riasan teratur dan paparan kotoran dapat menyebabkan kulit menjadi kasar. Kamu bisa menggunakan charcoal untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lembut serta lentur.

Lenyapkan bekas luka
Siapapun akan malu ketika memiliki bekas luka di wajah. Namun dengan bantuan arang bambu, kini anda dapat menyingkirkan bekas luka dalam waktu kurang dari seminggu. Buat pasta dari dua sendok makan bubuk arang bambu dan tiga sendok makan madu. Campur bahan-bahan ini dan aplikasikan pada bekas luka. Setelah kering, mengelupas pasta dan bilas dengan air.

Exfoliator alami
Kulit kering dapat membuat Anda terlihat kusam dan nampak seperti tidak terawat. Cara terbaik untuk menyingkirkan adalah untuk dengan masker arang. Tekstur arang bisa menjadi exfoliator alami karena bisa membantu menghilangkan sebum dan sel kulit mati dari wajah. Sedangkan sifat antimikroba membantu mencegah infeksi kulit.

Coba gunakan madu atau minyak jojoba ke dalam masker arang Anda jika Anda memang memiliki jenis kulit kering. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau garam untuk tindakan scrubbing yang lebih keras.

Memperbaiki permasalahan kompleksi pada kulit
Charcoal bisa memperbaiki kondisi kulit yang mengalami beberapa masalah dalam waktu bersamaan. Charcoal bisa mengeluarkan bakteri dan kotoran yang membuat kulit terlihat kurang berkilau. Gunakan charcoal untuk mendapatkan kulit lebih cerah dan bercahaya.

Menghilangkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala
Arang bersifat sebagai pemicu detox dengan menyerap berbagai kotoran. Manfaat arang selain untuk kulit wajah, nyatanya arang juga efektif sebagai pembersih kulit kepala dari ketombe. Arang cocok digunakan oleh Anda yang punya jenis rambut normal dan berminyak. Coba gunakan sampo berbahan arang atau gosokkan arang secara lembut sebelum keramas dengan sampo kesayangan Anda.

Arang bambu kini sangat mudah dijangkau di pasaran. Tidak hanya dalam bentuk bubuk, bahan itu pun dapat ditemui dapat bentuk sabun, sampo dan pembersih muka. Pahami masalah kulit anda dan gunakan arang bambu sesuai dengan keluhan.

Perawatan menggunakan bahan alami bisa dilakukan dengan mudah dan murah di rumah. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...