Monday 23 July 2018

Berbagi tips: Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Kencang


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
           Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Kencang

Selain wajah, payudara selalu menjadi bagian dari tubuh wanita yang paling menarik dan paling sering mendapat perhatian. Tidak hanya bagi kebanyakan manusia atau lawan jenis, akan tetapi juga di kalangan kaum hawa itu sendiri.

Bagi seorang Perempuan dijaman sekarang nampaknya memiliki ukuran payudara yang besar adalah nomer satu yang harus di utamakan. Namun tahukan Anda wahai perempuan, selain ukuran yang besar, ternyata lelaki lebih mengutamakan payudara yang padat alias kencang.

Berbicara soal payudara, ada beberapa cara merawat payudara agar tetap sehat, kencang, cantik dan seksi yang bisa Anda coba. Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menjaga dan merawatnya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa payudara bisa kendur.

Penyebab payudara kendur
Payudara yang kendur menjadi permasalahan tersendiri bagi seorang wanita. Mengapa demikian? Karena payudara yang tidak kencang dan tidak padat akan terlihat tidak menarik, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri seorang wanita.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab payudara menjadi kendur, diantaranya yaitu:

Usia.
Umur yang semakin tua adalah faktor penyebab mengapa payudara mulai terlihat turun dan kehilangan kekencangannya. Pada umumnya, seorang wanita yang sudah mencapai usia 30 tahun akan mulai mengalami kulit kendor dan tanda-tanda penuaan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi payudara mereka.

Kehamilan dan menyusui
Bagi seorang ibu tentunya payudara turun akibat menyusui tentu sudah tidak aneh lagi, payudara yang kendur atau tidak kencang dan menggoda ini mulai kendur atau turun ketika seorang ibu mulai menyusui atau pada saat proses kehamilan.

Menurut Oregon Institute of Breast Health Education, seorang wanita yang sudah pernah hamil atau pernah menyusui akan kehilangan kekencangan payudara mereka.

Karena penyakit
Beberapa penyakit yang dituding dapat menyebabkan payudara menjadi turun atau kendor di antaranya adalah: kanker payudara dan gangguan pernapasan seperti TBC. Penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan sel dan struktur organ internal melemah secara signifikan. Efeknya, dukungan pada payudara akan jauh berkurang.

Diet dan gaya hidup
Terlalu sering mengkonsumsi minuman berkarbonasi, alkohol, atau merokok. Semuanya dipercaya dapat menyebabkan penuaan dini dan mempengaruhi struktur sel di dalam tubuh.

Anda yang sedang menjalankan program diet, hal ini bisa jadi penyebab payudara Anda kendur atau turun. Hal ini disebabkan karena salahnya program diet yang Anda jalani, akibat yang tadinya berat badan yang melonjak sehingga menyebabkan payudara kendur.


Cara merawat payudara agar lebih kencang
Memiliki payudara yang sehat dan kencang merupakan dambaan bagi wanita. Namun tanpa disadari, seiring bertambahnya usia, elastisitas payudara mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan payudara menjadi kendur. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui cara merawat payudara agar tetap sehat dan kencang.
Payudara kendur, atau yang dalam istilah medis dikenal breast ptosis, merupakan bagian dari perubahan penampilan payudara yang dialami wanita seiring bertambahnya usia. Meski faktor usia merupakan penyebab paling umum dari kondisi ini, terdapat beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan payudara menjadi kendur.

Sebagian wanita beranggapan bahwa menyusui adalah penyebab lain payudara menjadi kendur, karena menyusui dapat merenggangkan jaringan di payudara. Namun, belum ada penelitian yang membenarkan anggapan tersebut. Terlepas dari semua penyebab yang telah disebutkan di atas, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan supaya terhindar dari payudara kendur.

Merawat payudara supaya sehat dan kencang dapat dilakukan dengan cara sederhana. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Gunakan bra yang sesuai dan dengan cara yang benar
Memilih ukuran bra (beha) yang tepat dan nyaman digunakan untuk mendukung payudara tidak hanya penting untuk memberikan perasaan relax selama mengenakannya. Melainkan, juga berperan penting dalam menjaga kesehatan payudara itu sendiri. Mengenakan beha berukuran salah, tidak hanya bisa membuat Anda terlihat jadi kurang menarik, melainkan juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Menggunakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil bisa membuat dada kamu menjadi sesak dan peredaran darah menjadi tidak lancar. Sebaliknya, jika ukurannya terlalu besar, bra kamu tidak bisa menopang payudara kamu dengan tepat.

Pastikan memilih bra yang tepat ketika Anda hendak melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, jika Anda akan berolahraga disarankan menggunakan bra khusus untuk berolaraga. Sport bra dengan penyangga yang memadai bisa mengurangi pergerakan payudara. Menurut penelitian, pergerakan payudara saat berolahraga dapat menyebabkan payudara merenggang dan kendur.

Ketika akan beranjak tidur, usahakan untuk melepas bra agar payudara bisa bernafas dan tetap sehat. Saat berada di rumah, hindari menggunakan bra berukuran ketat yang dapat menyebabkan payudara jadi sulit bernapas dan kekurangan ruang. Sebaiknya, gunakanlah bra yang longgar dan nyaman.

Payudara juga membutuhkan pelembab
Tidak hanya wajah dan kulit tubuh yang membutuhkan perhatian serta perawatan. Payudara juga sangat membutuhkannya. Payudara membutuhkan perhatian dan sesekali harus dimanjakan. Salah satu cara menjaga dan merawat serta memanjakan payudara adalah dengan mengoleskan pelembab sambil memberikan pijatan-pijatan lembut setelah mandi. Cara ini sangat efektif untuk menjaga kelembutan payudara dan agar kulit di sekitar payudara lebih bersih dan mulus.

Ada banyak pilihan minyak alami yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan dan memijat payudara, di antaranya adalah: minyak jojoba atau minyak alpukat. Kedua-duanya terkenal kaya akan vitamin dan bisa melembabkan kulit kering.

Anda juga bisa menggunakan krim payudara sebagai langkah untuk merawat payudara supaya tetap kencang.

Anda juga bisa menggunakan masker payudara yang bisa Anda buat dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan kacang panjang.

Pertahankan berat badan ideal
Karena berat badan mempengaruhi posisi ligamen tubuh serta jumlah lemak payudara, sebaiknya Anda juga menjaga berat badan Anda supaya tetap idela sehingga payudara Anda juga akan nampak indah dan tetap kencang.

Anda sangat disarankan untuk senantiasa menjaga berat badan supaya tetap stabil. Pasalnya, berat badan yang naik turun terlalu cepat dapat memengaruhi elastisitas kulit di sekitar dada. Hal ini membuat payudara jadi terlihat tidak kencang. Namun untuk mengurangi berat badan, disarankan sebisa mungkin menghindari pola diet yang terlalu ekstrem.

Rajin olahraga
Banyak mitos mengatakan bahwa terlalu sering lari malah membuat payudara kamu menjadi turun. Faktanya, kamu malah harus sering olahraga untuk membuat payudara kamu tetap kencang. Terutama olahraga yang berfokus pada dada, seperti push up. Kamu juga mengurangi risiko kanker payudara hingga 10-30% jika rajin olahraga. Kamu tidak harus melakukan olahraga yang berfokus pada dada saja. Kamu bisa berjalan kaki selama 5 menit secara rutin selama lima hari dalam satu minggu.

Olahraga memang dapat membantu Anda untuk mengencangkan otot-otot yang mulai mengendur termasuk otot payudara Anda. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, olahraga yang ringan seperti senam juga efektif untuk payudara Anda

Lakukan breast exercise
 Meskipun payudara tidak memiliki otot, namun otot-otot di sekitar payudara, seperti dada, bahu, dan punggung bisa dilatih agar tetap kencang. Dengan mengencangkan otot dada, bahu, punggung, maka tubuh bagian atas Anda bisa menjadi lebih kuat untuk menopang payudara. Payudara Anda pun dapat tampak lebih kencang. Anda bisa mencoba latihan dada untuk memperkuat otot di sekitar payudara.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekencangan payudara adalah dengan melakukan latihan yang berfokus pada otot-otot dada. Cara paling mudah dan paling populer yang banyak dilakukan adalah push-up Push up bisa membantu memperkuat otot dada di bawah payudara. Secara keseluruhan, aktivitas tersebut akan membantu membentuk payudara dan mengurangi timbunan lemak berlebihan.

Selain push-up, angkat beban adalah cara lain yang bisa Anda coba untuk memperkuat otot-otot dada, termasuk jaringan ikat di bagian lengan. Angkat beban juga bisa membantu mengurangi lemak di punggung.

Yoga
Dewasa ini, yoga semakin banyak diminati karena bisa memberikan banyak keuntungan. Selain dapat membantu mengatasi stres, yoga juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta membuat payudara lebih kencang.

Biasakan tidur terlentang
Kebiasaan tidur juga bisa menyebabkan bentuk payudara menjadi kendur. Terlalu sering tidur dengan posisi miring membuat bentuk payudara menjadi tidak seimbang. Selain itu, tidur miring juga berperan pada timbulnya kerutan di wajah. Oleh karenanya, tidur dengan posisi telentang disarankan untuk mempertahankan bentuk payudara yang sehat dan kencang.

Menurut ahli kesehatan, seorang wanita sebaiknya menghindari tidur tengkurap karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko keriput pada bagian tubuh yang tertindih. Sebaliknya, tidur terlentang dianggap lebih baik serta bermanfaat untuk menjaga kekencangan payudara.

Menyusui dengan posisi yang benar
Jika selama ini menyusui menjadi faktor penyebab payudara menjadi kendur, hal itu tidak akan terjadi selama Anda menyusui dengan cara yang benar. Untuk menjaga supaya payudara Anda tetap kencang, perhatikan hal ini jika Anda saat ini tengah menyusui.

Cara yang benar adalah tidak mengeluarkan payudara di bawah bra seperti yang banyak dilakukan oleh ibu-ibu, sebaliknya keluarkan payudara di atas bra. Perhatikan juga posisi menyusui, jangan menyusui dengan posisi yang membungkuk.

Anda bisa menggunakan bantalan ketika menyusui sehingga Anda tidak membungkuk dan bayi Anda juga merasa nyaman.

Melakukan pijatan payudara
Melakukan pemijatan payudara secara rutin juga salah satu cara untuk merawat payudara Anda tetap kencang. Lakukan pijatan yang lembut dan ringan selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa melakukannya dengan membersihkan payudara terlebih dahulu dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat.

Memijat payudara kamu tiga kali dalam seminggu dapat membantu mengencangkan payudara kamu. Pemijatan juga dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun ataupun lotion. Memijat payudar akamu dapat membantu mengencangkan otot pectoral dan meningkatkan elastisitas dan tekstur payudara kamu. Caranya mudah, tahan oayudara kamu dan pijat dengan gerakan memutar dari dalam ke arah luar, lakukan gerakan rotasi selama 300 kali, setidaknya dua kali dalam sehari untuk meningkatkan kekencangan payudara kamu.

Mengencangkan payudara dengan bahan alami
Menggunakan mentimun dan kuning telur. Secara alami, mentimun memiliki kandungan yang dapat mengencangkan kulit. Begitu juga dengan telur yang tinggi kadar proteinnya dipercaya bisa membantu mengatasi payudara kendur.

Tanaman lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan nama aloe vera juga memiliki sejumlah properti yang dapat membantu mengencangkan kulit serta membantu mengencangkan payudara. Di dalamnya terkandung juga antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas penyebab penuaan dan kerusakan sel.

Istirahat yang cukup dan asupan gizi yang seimbang
Ini adalah dua hal yang harus Anda perhatikan, beristirahat yang cukup serta asupan gizi yang seimbang. Kedua hal ini sebaiknya tidak dianggap sepele karena istirahat yang cukup serta asupan gizi yang seimbang akan mempengaruhi fungsi hormon pertumbuhan payudara.

Untuk menjaga bentuk payudara supaya tetap sehat dan kencang, perbanyak konsumsi makanan bernutrisi, seperti sayuran dan buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dapat menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi munculnya keriput pada area tubuh.

Makanlah makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin termasuk vitamin C, E, B-complex, D, beta-carotene. Kurangi makanan yang mengandung gula buatan dan karbohidrat agar bisa mengurangi risiko payudara kamu dan menjaga agar payudara kamu tetap kencang.

Hindari mengonsumsi alkohol dan merokok
Mengonsumsi alkohol dan merokok tidak bagus untuk kesehatan kita. Konsumsi rokok dan alkohol ini tidak secara langsung dapat membuat payudara kamu menjadi kendur, namun alkohol dan rokok dapat membuat kering kulit kamu sehingga membuat elastisitas pada kulit menjadi berkurang dan membuat kulit menjadi tampak lebih tua.

Merokok selain memengaruhi aliran darah dan oksigen ke kulit, tetapi juga dapat merusak kolagen dan elastin, sehingga menyebabkan kerutan dini serta kekenduran kulit, termasuk pada bagian payudara. Jika Anda termasuk perokok aktif, mulailah berpikir untuk berhenti merokok demi kesehatan dan kecantikan payudara Anda.

Penggunaan hormon estrogen
Penurunan hormon estrogen selama menopause dapat terkait dengan penyusutan kolagen pada jaringan kulit, dan hal ini bisa memengaruhi tampilan payudara. Menemukan cara untuk meningkatkan kadar estrogen, misalnya mengonsumsi fitoestrogen atau suplemen, dapat memperbaiki bentuk payudara Anda. Konsultasikan ke dokter jika Anda memang ingin menaikkan kadar estrogen untuk menjaga kekencangan payudara.

Demikianlah beberapa cara untuk merawat payudara supaya tetap kencang. Semoga dapat membantu Anda untuk tetap mempertahankan bentuk payudara indah yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...