Saturday 28 July 2018

Sukses Budidaya Durian Berbuah Cepat dan Berkualitas Unggul


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
         Sukses Budidaya Durian Berbuah Cepat dan Berkualitas Unggul


Durian dikenal sebagai rajanya buah-buahan, terutama di Asia Tenggara karena rasanya yang lezat, daging buahnya yang tebal, dan aromanya yang khas. Banyak orang yang membudidayakan durian karena selain dapat mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, memelihara pohon durian juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup lumayan mengingat tingginya harga buah durian.

Durian dapat dikonsumsi begitu saja atau dibuat penganan seperti pancake durian, dodol durian atau dibuat sebagai bumbu masak dengan cara mengolahnya menjadi tempoyak.

Walaupun begitu, ada juga orang yang tidak suka ataupun mual hanya dengan mencium baunya,karenanya, banyak negara yang mengeluarkan larangan membawa buah durian melalui pesawat atau kendaraan umum lainnya.

Durian merupakan buah asli Indonesia. Durian monthong yang merupakan primadona saat inipun bibit aslinya di ambil dari Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah mengenal durian sejak lama, hal ini dibuktikan dengan adanya relief pada candi borobudur tentang durian.

Durian asli Indonesia juga lebih enak. Daging buahnya lebih legit dan lebih manis dari durian monthong. Kelemahannya adalah rata-rata durian kita mempunyai daging buah yang lebih tipis dan biji yang lebih besar dari jenis durian monthong. Namun, baru-baru ini telah dikembangkan jenis buah durian lokal yang mempunyai fisik seperti jenis durian monthong tetapi dengan keunggulan rasa seperti jenis lokal.

Permintaaan pasar akan buah ini tinggi. Walaupun begitu, harganya per kilonya terus menerus naik. Ini menjadi pasar yang menjanjikan bagi para petaninya.

Menanam durian tergolong mudah, namun agar pohon durian anda dapat berbuah lebat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama lokasi penanaman pohon durian akan berpengaruh kepada pertumbuhannya. Kedua campur tangan pemilik dan perawatan yang tepat akan menjadikan durian cepat berbuah dan hasilnya berkualitas tinggi.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam merawat pohon durian agar dapat berbuah lebat :

Lokasi



Menentukan lokasi penanaman atau lahan kebun buah durian merupakan hal yang sangat penting. Karena durian memiliki beberapa syarat agar bisa tumbuh dengan subur, seperti :
Penanaman dilakukan pada lahan dengan ketinggian 50-1000 m diatas permukaan laut.
Tipe tanah lempung berpasir yang memiliki banyak kandungan organik dan unsur hara.
Suhu lahan berkisar antara 21 sampai 30 derajat Celcius.
Memiliki curah hujan 1.500 hingga 2.500 mm per tahun.
Lahan memiliki pH tanah sebesar 6-7.

Bibit



Bibit yang berasal dari varietas unggulan akan menentukan pertumbuhan dan kualitas pohon durian Anda. Selain itu, bibit durian harus bebas dari segala macam hama penyakit. Ada beberapa jenis bibit durian yang keunggulannya sudah diakui seperti durian monthong, chanee, dan sitokong. Selain itu perhatikan pula kondisi bibit, bibit yang ideal umumnya memiliki ciri-ciri seperti berdaun banyak, bebas hama penyakit, batang kokoh dan terdapat banyak tunas baru.

Durian yang cepat berbuah biasanya adalah durian yang berasal dari durian unggul cepat berbuah.  Tanaman ini memang secara khusus dikembangkan agar cepat berbuah sehingga menjadi bibit unggul.

 Jika Anda menginginkan hasil panen yang melimpah sebaiknya gunakan bibit-bibit unggulan tersebut yang dibeli di tempat pembibitan yang terpercaya atau yang bersertifikat.

Selain berasal dari bibit unggul, pemberian nutrisi yang sesuai juga dapat mempercepat munculnya buah pada tanaman durian.

Beberapa jenis durian yang ada di Indonesia :
Durian Petruk. Durian petruk berasal dari jepara. Mempunyai ciri-ciri fisik berbentuk lonjong dengan rasa daging buah yang manis dan agak pahit yang banyak disukai.

Durian Merah. Durian ini berasal dari Banyumas-Jawa tengah. Sesuai dengan namanya, daging buah durian ini berwarna merah tidak seperti warna buah durian pada umumnya yang berwarna putih,kuning dan orange. Daging buahnya lebih tebal, kadar alkoholnya rendah, aroma buahnya menyengat dan rasanya legit dan sangat manis.

Durian Pelangi. Durian ini berasal dari Wanokwari -Papua,yang unik,seperti namanya,daging dari durian ini mempunyai lebih dari satu warna seperti halnya pelangi. Rasanya pun lezat

Durian Bawor. Durian ini merupakan jenis durian baru yang merupakan persilangan antar durian unggul se Indonesia. Ukurannya pun besar,sama dengan jenis durian Monthong.

Penanaman



Setelah Anda mendapatkan bibit unggulan, sebaiknya jangan langsung ditanam tetapi ditaruh dulu di dekat lokasi tanam agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Sementara itu bersihkanlah lahan dari gulma atau tanaman liar yang mengganggu kemudian dicangkul agar gembur lalu campurkan pupuk dan diamkan selama kurang lebih seminggu agar pupuk terserap sempurna oleh tanah. Setelah itu buatlah lubang dengan jarak antar lubang kurang lebih 8x8m, lalu tanam bibit Anda disitu. Bibit durian sebaiknya dimasukkan dalam posisi tegak, lalu timbun dengan tanah hingga batas leher akar.

Perawatan



Durian membutuhkan banyak air sehingga perlu penyiraman secara teratur setiap hari pada awal masa tanam. Oleh karena penyiraman secara rutin ini, tanah seringkali menjadi padat sehingga perlu digemburkan dan disiangi agar peresapan air dan sirkulasi udara kembali lancar.

Dalam membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh kemudian, sebaiknya jangan menggunakan cangkul karena dapat merusak akar tanaman.

Setelah kurang lebih 3 bulan ditanam, berikanlah pupuk buatan sebanyak 200g per pohon dengan rutin setiap 4 bulan sekali hingga tanaman berusia 3 tahun. Selain itu jangan lupa memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang setiap tahunnya.

Pupuk yang digunakan untuk merangsang pembuahan
Tanaman yang siap dibuahkan adalah tanaman yang benar-benar sehat.  Ciri-cirinya adalah memiliki batang dan percabangan yang kuat serta seimbang antara tajuk dengan daun tanaman.

Apabila tanaman durian anda memiliki ciri-ciri tersebut dan sudah berumur 3 tahun ke atas setelah pemindahan bibit, maka berarti sudah siap untuk dibuahkan.

Usia dan kondisi tanaman durian juga tetap harus diperhatikan, karena tanaman durian yang dipaksa untuk berbuah biasanya tidak akan berumur lama.  Setelah berbuah tanaman akan merana bahkan bisa mati.

Buah durian yang siap dibuahkan dapat dipercepat rangsangannya dengan pemupukan.  Nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pembuahan ini adalah pupuk yang memiliki kandungan unsur P lebih banyak dibandingkan unsur N nya.  Atau bila perlu gunakan pupuk yang tanpa unsur N.

Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk cair yang diberikan kepada tanaman lewat penyemprotan pada daun atau disiramkan ke bagian akar tanaman.  Pupuk cair ini bisa pupuk majemuk yang dominan unsur P nya atau pupuk tunggal yang memang hanya mengandung unsur P saja.

Jenis pupuk yang bisa digunakan antara lain pupuk NPK dengan kadar P dan K yang tinggi atau pupuk daun seperti Growmore, Gandasil B, Compesal, Multimicro, dan Vitabloom.

Waktu yang paling bagus untuk memberikan pupuk pada tanaman durian adalah pagi hari antara pukul 07.00 – 09.00 atau sore hari pada pukul 04.00 – 05.00.

Untuk dapat mempercepat proses penyerapan pupuk, untuk pupuk NPK hendaknya di cairkan dulu menggunakan air.   Baru kemudian di siramkan ke akar tanaman.  Jika akan diberi pupuk NPK ini, biarkan selama seminggu tanaman tidak disiram.  Tujuannya adalah agar cairan pupuk cepat terserap akar tanaman.  Dan setelah pemupukan terus sirami media tumbuh tanaman hingga lembab selama 2 minggu.

Penggunaan zat pengatur tumbuh tanaman (ZPT) atau hormon
ZPT dapat merangsang pembuahan pada tanaman durian yang telah siap untuk dibuahkan.  Salah satu ZPT yang dapat digunakan untuk merangsang pembuahan pada durian adalah Paklobutrazol.  Dosis yang digunakan adalah 1 ppm atau 1 ml paklobutrazol di larutkan dalam 1 liter air.

Pemberian ZPT ke tanaman durian sebaiknya dilakukan setelah tanaman mengalami masa kering (kemarau) selama 2 atau 3 bulan.

Penyemprotan paklobutrazol dilakukan pada daun, ranting, dan cabang tanaman sebanyak 1-2 kali.  Semprotnya secara merata ke bagian tanaman tersebut.

Cara kerja paklobutrazol adalah menghambat keluarnya daun tanaman sehingga energi untuk pertumbuhan vegetatif bisa diarahkan untuk pertumbuhan generatif.  Pertumbuhan vegetatif adalah fase pertumbuhan daun dan batang.  Sedangkan fase pertumbuhan generatif adalah fase munculnya bunga dan pembuahan.

Pada saat tanaman diberi perlakuan ZPT ini akan muncul bunga yang tangkainya panjang dan lemah.  Untuk itulah unsur P dari pupuk digunakan.  Karena unsur P bagi tanaman memiliki fungsi mencegah kerontokan bunga dan buah.

Panen



Setelah melewati tahap-tahap diatas Anda harus bersiap-siap untuk memanennya, tergantung dari varietas yang Anda gunakan. Sebagai contoh, durian lokal umumnya dapat dipanen setelah berusia 8-10 tahun sejak masa tanam, sementara durian monthong dapat dipanen dalam kurun waktu 3-4 tahun setelah masa tanam. Buah durian yang sudah masak dan cukup besar sebaiknya diikat menggunakan tali rafia, untuk menghindari kecelakaan akibat tertimpa buah durian yang jatuh.

Buah durian yang sudah siap untuk dipanen umumnya memiliki ciri-ciri ujung durinya kecoklatan, mengeluarkan aroma harum khas durian, warna garis diantara duri terlihat kontras, dan terdengar bunyi menggema apabila durian dipukul.

Panen buah durian dilakukan dengan cara memetik atau memotong tangkai buah sejauh mungkin di atas buku-buku di pohon dengan pisau. Usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena akan mengurangi kualitas buah. Buah dipetik ketika tingkat kematangannya sekitar 80-85%.

Setelah buahnya habis dipanen, sebaiknya dilakukan pemupukan ulang dan perawatan seperti memotong ruas-ruas cabang yang rusak, sehingga pohon durian tetap sehat dan dapat berbuah kembali pada tahun berikutnya.

Hama dan penyakit yang mungkin menyerang serta solusinya:
Lalat buah
Lalat buah pada durian menyebabkan buah menjadi busuk berulat dan kemudian rontok.

Cara mengatasi:
Pengendalian cara kultur teknis dengan menjaga kebersihan lingkungan yaitu mengumpulkan buah yang terserang, baik yang jatuh maupun yang masih di pohon durian kemudian dimusnahkan.
Pengendalian dengan tanaman perangkap yaitu menanam selasih di sekeliling kebun.
Pengasapan/membakar di sekeliling tanaman. Usahakan jangan sampai membakar seluruh bagian tanaman.
Pengendalian mekanik menggunakan perangkap atraktan (metil eugenol. protein hidrolisa. atau selasih) dalam alat perangkap yang terbuat dari botol bekas air minum yang diberi lubang untuk masuknya lalat buah.

Ulat penggerek batang
Ulat penggerek batang menyerang tanaman durian pada bagian batang. Tanda yang mudah dikenali adalah adanya tumpukan kotoran di bawah batang tanaman durian yang berwarna kemerahan. Pada kondisi yang ekstrim tanaman yang terserang ulat penggerek batang akan menjadi layu dan mati.

Cara mengatasi:
Pengendalian cara mekanis dengan memotong 5 cm bagian lubang gerek batang tanaman yang terserang kemudian dimusnahkan.
Menggunakan kawat yang dimasukkan ke dalam lubang dengan tujuan membunuh ulat.
Pengendalian dengan cara kimiawi melalui penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif Tamaron 0,3 % dan Diazinon 0,5 % yang disemprotkan sesuai dosis.

Penyakit busuk akar
Tanaman buah yang terserang penyakit busuk akar ciri-cirinya adalah bercak nekrotik pada akar lateral. Saat akar dibelah pada bagian korteks akan tampak warna coklat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat.

Cara mengatasi penyakit busuk akar :
Memusnahkan tanaman yang terinfeksi dengan cara dibakar.

Penyakit jamur upas
Gejala munculnya cairan kuning pada bagian batang terserang dan diselimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat berbentuk seperti laba-laba sehingga menyebabkan kematian pada batang.

Cara mengatasi jamur upas:
Kurangi kelembaban suhu di sekitar tanaman. Potong bagian tanaman yang terserang penyakit jamur upas.


Demikian artikel tentang cara sukses budidaya durian. Semoga bermanfaat dan salam sukses.



*Tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...