Thursday 23 August 2018

Bedah Manfaat: Mentimun ( Cucumber ) sebagai Bahan Masker Wajah


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
      Mentimun ( Cucumber ) sebagai Bahan Masker Wajah

Masker merupakan salah satu bagian perawatan kulit selain dapat melembabkan juga dapat membantu mencerahkan karena dapat membantu mengangkat dan membersihkan sel-sel kulit mati serta mengecilkan pori-pori dan juga jerawat.

Cucumber (Mentimun) yaitu adalah salah satu jenis labu-labuan yang dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun juga lebih sering digunakan sebagai penyegar atau Lalapan dalam sebuah hidangan, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga sering digunakan sebagai penyegar.

Saat ini banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan mentimun untuk perawatan wajah. Mentimun sendiri telah banyak dikenal oleh wanita di Indonesia maupun dunia. Mentimun digunakan dalam perawatan wajah alami yang dapat diaplikasikan secara langsung, baik sebagai masker ataupun pembersih.

Mentimun mengandung silika yang merupakan mineral alami, jadi mentimun sangat cocok digunakan untuk merawat kulit yang mengalami pigmentasi seperti flek dan noda hitam serta bekas luka. Kandungan air, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif.

Adapun beberapa kandungan gizi pada buah timun secara rinci yaitu : 1 cangkir irisan timun sebanyak 119 gram mengandung lemak, sendah kalori, sodium, kolestrol, serta 115 gram air, 2,9 gram karbohidrat (1,8 gram gula dan 0,9 gram serat ), 0,9 gram karbihidrat, 0,8 gram protein, dan 16 kalori.

Selain itu, dari 1 cangkir timun ini juga mengandung Zat yang di butuhkan harian seperti tembaga, seng, fosfor, zat besi, kalsium, asam pantotenat, folat, vitamin K 11%, vitamin C 4%, vitamin A 2%, riboflavin, thiamin, B-6, mangan, dan kalium.

Mentimun ternyata memang menyimpan berbagai manfaat untuk perawatan wajah dan siap mempercantik serta menyehatkan kulit wajah Anda. Tidak hanya menyegarkan, cucumber juga bisa membantu melawan tanda-tanda penuaan, Dan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat perawatan wajah dengan mentimun yang perlu Anda ketahui:

Merevitalisasi kulit
Manfaat perawatan wajah dengan cucumber  yang paling utama adalah untuk merevitalisasi kulit. Kulit yang sehat adalah kulit yang bercahaya, masker timun bekerja sangat baik untuk 'menghidupkan' kembali kulit yang kusam dan mengencangkan kulit. Silika yang terkandung pada buah mentimun dapat menahan jaringan ikat kulit yang dapat menjadi anti kerut dan anti penuaan. Anda bisa menggunakan produk perawatan mengandung mentimun atau mengaplikasikannya secara langsung sebagai masker untuk mengencangkan kulit.

Mengatasi kantung mata
Tidur terlalu larut juga dapat membuat mata menjadi bengkak atau yang lebih dikenal kantung mata. Masker mentimun dapat mengurangi retensi kandungan air karena masker mentimun memiliki kandungan asam karbonat yang dapat mengurangi pembengkakan yang sering terjadi pada kantung mata.

Sensasi mentimun yang menyegarkan sangat bermanfaat digunakan untuk kompres mata. Kandungan ascorbic acid dan caffeic acid yang ada di dalamnya membantu untuk mengurangi kantung mata yang tampak menghitam.

Menghilangkan mata panda
Kebiasaan tidur yang buruk seperti begadang dan kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan lingkaran hitam disekitar mata atau yang lebih dikenal mata panda. Sangat dianjurkan menggunakan masker mentimun untuk mengobati mata panda.

Menyejukkan kulit yang terbakar sinar matahari
Melakukan banyak kegiatan di luar rumah akan membuat tubuh kita berinteraksi dengan matahari secara langsung. Hal ini akan membuat kulit kita terbakar dan merasa panas. Jika tidak ditanggulangi kulit akan menghitam bahkan dapat menyebabkan kanker kulit.

Paparan sinar matahari memberikan pengaruh yang buruk pada kulit, seperti inflamasi hingga penggelapan. Kulit yang terbakar, jika tidak dirawat akan mengelupas dan akan terasa perih, Anda bisa langsung mengaplikasikan mentimun pada permukaan kulit yang terbakar. Sensasinya yang lembut dan segar memberikan manfaat baik untuk kulit Anda.

Meremajakan kulit
Menggunakan makser mentimun secara teratur juga dapat membentuk meremajakan sel kulit yang rusak. Kulit mati jika tidak diregenerasi dengan baik akan menyebabkan kulit menjadi kasar, keriput dan muncul banyak noda hitam.

Semakin tua kulit manusia, akan semakin berkurang kandungan antioksidan dalam tubuh. Mentimun adalah bahan alami yang cocok untuk memenuhi antioksidan pada tubuh dan mengembalikan keremajaan kulit. Mentimun memiliki kandungan silikon sehingga menjaga elastisitas dan umur kulit kita.

Penggunaan mentimun sebagai perawatan wajah yang rutin membantu meremajakan dan mengembalikan corak kulit semakin cerah. Untuk merasakan manfaatnya, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan lemon sebagai facial mask.

Mengecilkan pori-pori
Anda ingin merawat kulit sambil mengecilkan pori-pori yang melebar. Untuk merasakan manfaatnya, gunakan toner yang mengandung ekstrak mentimun. Anda bisa mengombinasikannya dengan cider vinegar, tomat, ataupun gel Aloe Vera untuk hasil hasil lebih efektif.

Pori-pori wajah yang mengendur atau membesar akan mengganggu kesehatan kulit wajah. Kotoran dan debu akan masuk ke pori-pori dan berpotensi tercampur dengan minyak wajah maka akan berpotensi tumbuh jerawat.

Menghidrasi kulit
Kebanyakan wanita menggunakan penyegar wajah dari berbagai produk kosmetik yang menggunakan bahan kimia. Penggunaan bahan kimia memberikan efek samping berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Belum lagi alergi yang dapat anda rasakan secara langsung jika salah memilih produk penyegar wajah.

Masker mentimun memiliki manfaat utama yaitu dapat melembabkan kulit wajah yang kering. Karena masker mentimun mengandung banyak air yang dapat menjadi pelembab alami kulit wajah.

Mentimun mengandung 95%  air yang membantu menghidrasi kulit. Biji mentimun kaya dengan vitamin E dan potasium yang membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam, garis-garis di wajah, dan kerutan.

Menghilangkan bintik-bintik
Bekas jerawat juga dapat meninggalkan bekas berupa bintik-bintik hitam di wajah. Hal itu terjadi karena kulit tidak mampu meregenerasi sel kulit dengan baik.

Bintik-bintik hitam di wajah sangat menganggu penampilan Anda. Bintik-bintik ini juga disebabkan oleh penuaan, pengaruh lingkungan, hingga bekas jerawat. Anda bisa menggunakan mentimun sebagai toner pada seluruh permukaan wajah dan leher.

Menghilangkan jerawat
Komedo dan jerawat tentu mengganggu dan kadang juga membuat Anda kurang percaya diri dan bahkan sering menarik diri dari pergaulan.

Masker mentimun dapat membantu mengobati jerawat, seperti jerawat batu dan komedo. menggunakan masker mentimun juga dapat mengurangi rasa sakit akibat jerawat batu yang mengalami peradangan dengan efek dingin yang dimiliki mentimun.


Sebelum memakai masker wajah, kamu sebaiknya mencuci muka terlebih dahulu. Disarankan juga untuk memberikan uap hangat sebelum pemakaian untuk membuka pori agar nutrisi masker meresap sempurna.

Jika dikonsumsi, kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membantu kulit agar tetap terhidrasi dari dalam. Timun juga bisa memperbaiki mendorong pembentukan kolagen, syarat utama untuk kulit kenyal dan awet muda. Selain itu, kandungan air di dalamnya dapat membantu meluruhkan racun dari kulit dan melunturkan lemak.

Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh mentimun untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Karena itu, jangan ragu untuk memilih produk perawatan wajah yang mengandung cucumber dan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.





*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...