Monday 13 April 2020

Promo Smartphone Xiaomi Redmi 5 – Spesifikasi Produk


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Xiaomi Redmi 5

Xiaomi adalah produsen elektronik asal China yang telah lama dikenal memiliki kemampuan untuk dapat menghasilkan smartphone dengan kualitas unggulan serta harga yang murah.
Kali ini Xiaomi dengan bangga mempersembahkan smartphone terbarunya yang disebut dengan Xiaomi Redmi 5. Smartphone tersebut menghadirkan layar dengan rasio aspek 18:9, chipset Qualcomm Snapdragon 450, varian memori RAM 2 GB dan 3 GB. Selain itu smartphone ini juga dibanderol dengan harga yang ramah.
Smartphone ini didesain untuk pasar kelas entry-level dengan spesifikasi yang cukup bersaing. Xiaomi Redmi 5 diperkenalkan pertama kali di pasar global pada Desember 2017 dan kemudian masuk pasar Indonesia awal 2018. Smartphone murah ini tampil kokoh dengan balutan casing metal yang cukup tebal dan solid. Memiliki bentuk agak memanjang karena menyesuaikan aspek rasio layar full view. Xiaomi Redmi 5 menggunakan frame berbahan plastik yang solid dan ringan.


Desain dan tampilan Xiaomi Redmi 5 layak dikatakan sebagai smartphone kekinian, memiliki desainnya yang ergonomis, serta mengusung layar dengan aspek rasio 18:9. Xiaomi meracik Redmi 5 dari perpaduan material alumunium, plastik dan lapisan kaca dengan dimensi 151.8 x 72.8 x 7.7 mm berbobot 157 gram. Smartphone ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu; Black, Gold, Rose Gold, Blue.
Xiaomi Redmi 5 dengan jeroan yang mengusung Snapdragon 450, menjadikan produk ini menjadi salah satu smartphone yang menarik dan banyak diincar.


Harga Xiaomi Redmi 5 dibandrol mulai dari Rp 1.5 hingga Rp 1.6 juta. Spesifikasi yang dibawanya lebih menjanjikan karena adanya beberapa peningkatan daripada pendulunya. Xiaomi meningkatkan spesifikasi Redmi 5 dengan menggunakan prosesor octa-core 1.8 GHz dari Snapdragon 450. Dan, varian ini tersedia dalam dua pilihan RAM yaitu 2GB dan 3GB. Untuk Xiaomi Redmi 5 versi RAM 2GB dipasangkan dengan storage 16GB, sedangkan versi tertinggi menggunakan RAM 3GB didukung storage 32GB. Keduanya masih ditopang oleh penyimpanan eksternal microSD card hingga 128GB.



Kualitas desain yang baik
Smartphone ini memang menarik banyak perhatian masyarakat berkat rancangan desain layarnya yang menganut rasio aspek 18:9. Meskipun demikian, smartphone ini bukanlah smartphone pertama dari Xiaomi yang menggunakan rasio aspek tersebut, melainkan ada model pendahulunya yang tak lain adalah Mi Mix. Bagaimanapun juga, Redmi 5 adalah smartphone yang menghadirkan fitur mempesona dari desain layar tersebut namun hadir dengan harga yang jauh lebih terjangkau.


Xiaomi Redmi 5 termasuk smartphone yang memiliki build quality yang baik. Hal ini juga tampak terlihat dari bentuk desainnya yang memiliki bezel tipis pada bagian atas dan bawah. Pelindung Gorilla Glass 2,5D pada bagian layar berada di atas bagian aluminum. Namun, terdapat juga lapisan plastik terutama pada bagian pinggirnya yang membulat.
Bagian belakang Smartphone ini didominasi dengan metal yang berpadu menonjolkan logo “Mi” pada bagian belakang bawah. Kehadiran kamera 12 MP dan sensor sidik jari yang mengapit LED flash membuat smartphone ini tampak cantik.


Di bagian kanan dari smartphone terdapat sebuah tombol power dan juga tombol volume, sedangkan di bagian kiri terdapat slot untuk SIM tray. Sebagai tambahan, bagi Anda yang belum memiliki headphone dengan dukungan koneksi Bluetooth dapat merasa tenang untuk menggunakan smartphone ini karena Xiaomi Redmi 5 masih mengusung port headphone 3,5 mm di bagian bawah yang juga merupakan tempat peletakan speaker. Namun, Xiaomi Redmi 5 masih menggunakan micro USB standar dan belum mengubah port charging ke USB Type-C.

Layar kekinian
Desain Xiaomi Redmi 5 begitu kekinian dengan dukungan layar yang memiliki aspek rasio 18:9. Tidak hanya itu, panel IPS LCD yang digunakan juga telah beresolusi Full HD 1440 x 720 piksel. Dan Xiaomi telah melapisinya dengan anti gores Corning Gorilla Glass.


Layar IPS berukuran 5,7 inci pada Redmi 5 memenuhi bagian depan dengan meninggalkan sedikit bezel di atas dan bawahnya. Hal tersebut membuat smartphone ini memiliki profil bentuk yang panjang namun tetap nyaman digenggam di tangan. Di atas layar tersebut bisa Anda temukan sebuah kamera 5 MP untuk selfie, sensor cahaya, dan juga speaker telepon.
Layar Xiaomi Redmi 5 mengusung resolusi 5,7 inch, tidak terasa besar mengingat dimensi layarnya yang lebih panjang. Hal ini jadi kelebihan tersendiri mengingat di kelas harga 1 jutaan belum banyak smartphone yang mengusung rasio 18:9.
Bagi yang hobi bermain game, layar luas dan resolusi tinggi akan membuat smartphone ini dengan mudah bisa melahap game dengan lancar.

Performa bisa diandalkan
Snapdragon 450 adalah chipset yang punya performa tinggi di kelas low-end. Xiaomi Redmi 5 mampu mencapai nilai Antutu 69035. Bahkan, berdasarkan Geekbench, performa prosesor yang tersemat di Snapdragon 450 mendekati Snapdragon 625.


Meskipun chip yang digunakan tersebut termasuk ke dalam kelas menengah, namun performa dari smartphone ini tak perlu diragukan. Snapdragon 450 cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan aplikasi dan game zaman sekarang. Sementara untuk kinerja multitasking, varian Redmi 5 dengan RAM 3 GB sangat disarankan untuk dipilih.
Aktivitas seperti browsing internet, menonton video HD, dan memainkan game 3D dapat dilakukan dengan mudah tanpa hambatan berarti, smartphone  ini juga dapat membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan tanpa mempengaruhi kinerjanya. Hal tersebut didukung juga oleh MIUI 9 yang semakin canggih.

Kamera 12MP
Xiaomi Redmi 5 masih mengandalkan kamera utama tunggal beresolusi 12MP dengan aperture f/2.2 yang telah dibenamkan fitur phase-detection autofocus dan juga LED flash. Selain fitur HDR dan panorama, Xiaomi telah melengkapinya dengan LED flash yang akan membantu pencahayaan.


Sementara untuk kamera selfie, Xiaomi Redmi 5 ditopang oleh lensa beresolusi 5MP. Meskipun masih beresolusi standar, kamera depan tersebut telah dilengkapi dengan fitur smart Beautify 3.0 dan LED Selfie-light.
Kemampuan perekaman video dari kamera dapat merekam video beresolusi tinggi yakni hingga 4K dengan 30 fps, yang mana hasil tersebut cukup mengesankan untuk kamera di kelasnya. Kamera depan pada Redmi 5 ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p dengan 30 fps, serta mengambil foto dengan kualitas yang lumayan.

Antar-muka MIUI 9
Performa lebih cepat dan efisien dapat dirasakan pada Xiaomi Redmi 5, karena telan menjalankan interface MIUI 9.


UI besutan Xiaomi ini juga dikenal hemat dalam pemakaian daya sehingga baterai 3000 mAh yang digunakan lebih awet.

Dilengkapi fingerprint
Xiaomi Redmi 5 juga telah dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk mendukung sistem keamanannya. Panel sidik jari dengan desain bulat tersebut ditempatkan pada bagian belakang di bawah lensa kamera.


Sensor sidik jari yang berada di bagian belakang, menjadikan smartphone ini tergolong nyaman untuk membuka home screen. Posisi telunjuk sangat nyaman ketika menyentuh bagian sensor sidik jari atau fingerprint. Dan juga, proses buka saat jari menyentuh sensor sidik jari tergolong cepat.
GSMArena dan Trustedreviews juga menyatakan bahwa pemindaian sidik jari atau fingerprint scanner pada Xiaomi Redmi 5 tergolong cepat.

Daya tahan baterai
Redmi 5 dibekali baterai dengan kapasitas 3300mAh. Kapasitas baterai yang tergolong standar untuk smartphone dengan layar yang lebar. Namun, baterai pada Xiaomi Redmi 5 tegolong awet terlebih Snapdragon 450 memiliki teknologi yang mampu mengefisiensikan daya.


Berdasarkan pengujian, kinerja baterai Xiaomi Redmi 5 bisa bertahan lebih dari 24 jam. Dan, Saat digunakan untuk berselancar, main game, serta mengambil foto, daya tahan baterainya masih tersisa saat dipakai seharian.
Saat digunakan untuk menonton video terus menerus, smartphone ini mampu bertahan selama 13 jam 37 menit. Saat test browsing, raihan waktu yang dicapai adalah 13 jam 21 menit. Sementara test waktu bicara mencapai 22 jam 8 menit. Merujuk data tersebut, bisa dibilang baterai pada Redmi 5 masih tergolong baik meskipun baterai yang dimiliki hanya 3300mAh saja.

Xiaomi Redmi 5 belum didukung dengan fitur Fast Charging meskipun chipset yang digunakannya telah mendukung teknologi tersebut, tampaknya Xiaomi menonaktifkan fitur ini demi memotong ongkos produksi sehingga harganya menjadi lebih terjangkau.
Salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 5 ini adalah dilengkapi dengan infrared blaster pada sisi atas. Infrared blaster membuat Redmi 5 dapat difungsikan sebagai remote universal untuk peralatan elektronik di rumah, seperti TV atau AC. Performa Xiaomi Redmi 5 terbilang kencang di kelasnya dan bahkan masih memadai untuk kebutuhan komunikasi masa kini.
Xiaomi Redmi 5 tidak dibekali dengan triple tray. Smartphone ini hanya mengusung dual slot untuk SIM di mana slot SIM 2 bisa bertukar peran sebagai slot microSD. Artinya, Anda harus memilih apakah memakai dual SIM atau hanya satu slim dengan satu slot microSD.
Hybrid Dual SIM pada Xiaomi Redmi 5 membuat Anda harus memilih, pada saat menggunakan microSD card sebagai penyimpanan eksternal maka hanya akan ada satu SIM saja yang aktif. Jika Anda memilih Xiaomi Redmi 5 dengan varian RAM 64 GB mungkin tidak akan terlalu masalah. Tapi, jika Anda menggunakan Xiaomi Redmi 5 varian RAM 32 GB, mungkin Anda harus mengaktifkan satu kartu SIM saja, sisanya digunakan untuk memori eksternal mengingat penyimpanan RAM 32 GB akan terasa kurang. Apalagi jika Anda menggunakan smartphone ini sebagai daily driver.
Xiaomi Redmi 5 juga diproduksi dengan jumlah yang terbatas karena dijual secara flash sale. Memang di toko lain ada yang menjualnya juga, tapi itu dengan beberapa kondisi berikut ini:
-Harganya lebih tinggi karena penjual membeli dari hasil flash sale.
-Harganya bisa beragam karena yang dibeli adalah Xiaomi Redmi 5 yang bukan resmi.
-Harganya lebih mahal karena membeli secara offline.
Secara keseluruhan, Xiaomi Redmi 5 ini merupakan smartphone yang bagus secara performa keseluruhan. Memiliki daya tahan baterai yang tergolong awet dan juga build quality yang solid. Nilai minus utamanya barangkali hanya soal faktor kerapatan layar dan tidak mendukung fast charging. Xiaomi Redmi 5 sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan smartphone Xiaomi dengan harga terjangkau serta sudah mendukung layar full display. Sebuah produk smartphone dengan performa baik di harga 1 jutaan.

pasang iklan disini




loading...