Thursday 10 May 2018

Berbagai Manfaat Krokot (Portulaca Oleracea ) Untuk Kecantikan serta Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Krokot (Portulaca Oleracea ) Untuk Kecantikan serta Kesehatan



Tanaman krokot, dalam bahasa latin disebut Portulaca Oleracea L, juga dikenal sebagai verdolaga, pigweed, litte hogweed, ataupun red root. Krokot merupakan tanaman sukulen tahunan dari keluarga Portulacaceae, tanaman menjalar dengan tinggi 40 cm, dan memiliki 40 kultivar.

Krokot tersebar luas diseluruh dunia, tanaman ini mempunyai 40 jenis kutivar yang sebagian besar dianggap Antropogenik. Tidak diketahui secara pasti, berapa banyak spesis Krokot yang tersebar di Dunia. Tetapi secara umum dianggap sebagai gulma, dan menurut ilmuwan bahwa krokot sudah digunakan sebagai makanan dan obat herba sejak ratusan tahun lalu. Diantaranya manfaat daun krokot untuk kecantikan, selain untuk tanaman hias juga sangat baik digunakan untuk pakan kenari.

Adapun beberapa ciri tanaman dapat ditandai dengan batang halus, berwarna kemerahan. Daun krokot tampak berkerumun di sendi batang dan ujung tanaman. ciri bunga berwarna kuning, memiliki lima bagian dan lebarnya 6 milimeter. Krokot akan berbunga pada curah hujan tinggi, dan berbunga setiap saat sepanjang tahun, dan mekar hanya beberapa jam di pagi hari. Krokot memiliki benih berbentuk polong kecil yang terbuka saat benih matang. Tanaman ini memiliki akar tunggang dengan akar sekunder berserat, dan mampu bertahan dilahan keras dan kering.

Krokot memiliki batang yang lembab dan mengandung air, dengan warna merah kecoklatan bercampur ungu. Daunnya agak bulat dan tebal, dengan bunganya yang cantik berwarna kuning. Rasa batangnya agak masam dan asin. Krokot mengandung sejumlah mineral dan vitamin terkandung dalam daun krokot (Portulaca oleraceae L), seperti vitamin A, B kompleks (riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid), vitamin C, kalsium, magnesium, tanin, zat besi, fosfor, sodium, saponin, mangan, fosfat, dan lainnya.

Krokot juga mengandung omega-3 dan asam linolenat. Keduanya mampu menurunkan kadar kolesterol darah, serta mencegah fatty liver. Krokot juga diperkaya dengan asam amino. Tapi hati-hati, asam oksalat di dalamnya dapat meningkatkan risiko kencing batu. Krokot dilengkapi dengan pigmen betalain yang berkhasiat sebagai antioksidan, yang memiliki sifat anti-mutagenik.

Manfaat daun krokot untuk kecantikan telah lama digunakan oleh orang-orang Asia. Krokot umumnya tumbuh sebagai gulma, tetapi ada juga yang memakannya sebagai sayuran disebagian besar Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Meksiko. Daun krokot berasa sedikit asam dan asin, bahkan seluruh bagian tanaman semuanya bisa dimakan.

Rasa asam disebabkan oleh asam oksalat dan asam malat. Asam juga disebabkan karena jalur metabolisme asam klassulacea yang terjadi pada Xerophytes (tanaman hidup dalam kondisi kering). Dibeberapa daerah, daun krokot digunakan sebagai salad, digoreng, atau dimasak seperti bayam, juga sangat baik untuk sup.

Manfaat daun krokot terkenal diseluruh dunia, tanaman ini terkenal dalam tradisi Tiongkok sebagai Ma Chi Xian. Manfaat daun krokot digunakan untuk menyembuhkan gigitan serangga atau ular, bisul, luka dan mengobati sakit kulit, rasa sakit akibat sengatan lebah, mengobati disentri bacillary, mengobati diare, mengobati wasir, perdarahan postpartum, dan pendarahan usus.

Daun krokot dianggap sangat efektif secara klinis untuk mengobato Lichen Planus oral. Juga mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada tanaman sayuran berdaun lainnya. Krokot mengandung 0,01 mg/gram asam Eicosapentaenoat (EPA), juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E (alfa-tocopherol), vitamin B, karotenoid, magnesium, kalsium, potasium, dan zat besi. Konstituen senyawa kimia termasuk Noradrenalin, garam kalsium, dopamin, L-DOPA, asam malat, asam sitrat, asam glutamat, asam asparagik, asam nikotinat, alanin, glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

 Manfaat daun krokot untu kecantikan telah lama digunakan sebagai produk pemutih kulit dan mengurangi kerutan wajah dalam bentuk ekstrak.
Beberapa senyawa seperti alpha-linolenic acid, betakaroten, betasyanin, dan betasyanthin mempunyai efek yang mirip dengan asam arbutin, asam kojat, dan asam askorbat. Senyawa tersebut merupakan bahan pemutih kulit dan mengurangi kerutan.

Krokot mengandung zat penghambat enzim Tirosinase yang mampu mencegah kulit gelap. Tanaman krokot diekstraksi dan dipekatkan dengan metode ekstraksi pelarut untuk mengembangkan molekul aktif seperti anti penuaan, pemutihan, dan perbaikan kulit keriput.

Bagi Anda yang ingin selalu tampil cantik, sebaiknya mulai melirik tanaman rumput Krokot. Tanaman ini kaya akan senyawa betasyanin, betasyanthin dan betakaroten yang mampu mencerahkan kulit. Ketiga senyawa tersebut akan mencegah terbentuknya melanin, sehingga warna kulit akan lebih putih. Manfaat Krokot untuk kecantikan yang lainnya adalah mampu memudarkan kerutan pada wajah. Berbagai produk kecantikan dari Korea ternyata telah memanfaatkan tanaman Krokot sebagai bahan baku utama.

Manfaat Krokot untuk kecantikan dapat diperoleh dengan cara mengoleskan ekstrak tanaman ini pada kulit wajah. Sedangkan cara mengkonsumsi Krokot bisa dilakukan dengan mengukus tanaman tersebut. Sebagian orang juga memasaknya seperti memasak kangkung, kemudian memakannya. Air rebusan tanaman Krokot juga bisa diminum, sehingga berbagai senyawa berkhasiat di dalamnya dapat segera diserap tubuh.

Demikianlah informasi tentang manfaat krokot. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...