Sunday 6 May 2018

Pengertian serta Manfaat Glycolic Acid untuk Kesehatan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                              Glycolic Acid untuk Kesehatan Kulit


Ketika menggunakan produk untuk merawat kulit, sebenarnya penting bagi Anda untuk mengetahui 'isi' produk tersebut. Apakah tepat penggunaannya? Sesuaikah dengan jenis kulit? Seberapa ampuh kandungan produk tersebut mengatasi masalah kulit Anda? Dengan mencari tahu kandungan produk, Anda sebenarnya bisa 'mengukur' efektivitasnya. Nah, kandungan yang paling sering digunakan dalam produk skin care adalah acid atau asam. Setidaknya, ada 6 acid yang biasa digunakan dalam produk skin care, seperti hyaluronic acid, salicylic acid, hingga glycolic acid.

Jika Anda teliti, glycolic acid ini banyak terkandung dalam beberapa produk kecantikan. Acid ini bisa ditemui dalam produk perawatan jerawat, produk anti-aging, hingga produk eksfoliasi.

Asam glikolat (glycolic acid) adalah jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang antara lain diperoleh dari sumber alami seperti gula, susu, dan buah asam.

Asam glikolat berguna untuk membuat kulit terlihat lebih muda serta untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti bekas luka, bintik-bintik kulit, kulit mati, dan jerawat.

Glycolic Acid (GA) adalah obat yang digunakan untuk meremajakan kulit. Misalnya pada perawatan jerawat dan komponen anti-penuaan. Glycolic Acid adalah anggota dari keluarga AHA, yang terkandung secara alami dalam buah-buahan (terutama gula tebu). Karena Glycolic Acid berasal dari gula tebu, ini dianggap sebagai produk alami dan jatuh di bawah klasifikasi yang sama dengan asam sitrat dari buah jeruk seperti lemon dan jeruk.

Efektivitas Glycolic Acid
Glycolic Acid digunakan pada kulit untuk melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati, mengobati jerawat, meningkatkan penampilan bekas jerawat dan menghaluskan kulit.

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan bentuk lain dari Alpha Hydroxy Acid (AHA). Acid ini bisa diperoleh secara alami dari gula, susu, dan buah. Asam glikolat ini banyak digunakan sebagai bahan untuk peremajaan kulit dengan mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus, flek-flek hitam, dan noda bekas jerawat. Asam glikolat juga dapat merangsang regenerasi sel-sel baru dan kolagen yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain fungsi peremajaan kulit, asam glikolat juga dikenal efektif sebagai bahan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

Asam glikolat umumnya bekerja dengan mengelupas lapisan kulit sel kulit mati. Dengan begitu, sel kulit mati yang menyumbat pori akan terkikis dan sel kulit yang baru akan menggantikannya. Efeknya, tentu saja tekstur kulit yang lebih halus dan lebih cerah. Karena glycolic acid juga merangsang kinerja kolagen, kulit pun tentunya akan lebih kenyal dan kencang.

Pada usia 30an kulit mulai menunjukkan perubahan. Bukan hanya kelembaban dan kekenyalannya berkurang, terkadang muncul juga jerawat berlebih dan tanda-tanda penuaan berupa kerutan. Untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut kita sudah tak lagi bisa menggunakan produk-produk andalan yang biasa dipakai di umur 20-an.

Di usia 30-an, gunakan produk produk perawatan kulit yang mengandung glycolic acid atau asam glikolat. Tak cuma mencerahkan wajah, zat ini juga bisa membersihkan kulit. Asam glikolat merupakan bahan pengelupasan wajah (exfoliant) pada kelompok alpha hydroxy acid (AHA) yang ditemukan di tanaman-tanaman alami seperti batang gula, tanaman umbi dan nanas. Bahan ini memuliki molekul yang terkecil di antara kelompok asam, yang berarti bisa diserap lebih cepat oleh kulit.

Debra Jaliman, dokter dan asisten profesor dermatologi di The Icahn Echool of Medicine di Mount Sinai menjelaskan bahwa glycolic acid biasa digunakan untuk mengangkat sumbatan di pori-pori kulit dan perawatan jerawat karena sangat efektif mengangkat sel minyak dan kotoran. Tak hanya pada produk exfoliator, asam glikolat juga bisa ditemukan pada produk anti-aging. Sebab bahan ini juga bisa membantu menyamarkan kulit yang kusam dan mencerahkan kulit. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa glycolic acid bisa meningkatkan produksi kolagen dan menebalkan lapisan terluar kulit. Membuat kulit menjadi lebih kenyal.



Berikut adalah beberapa manfaat asam glikolat:
Asam glikolat lazim digunakan untuk membuat kulit terlihat lebih muda serta untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti bekas luka, bintik-bintik kulit, kulit mati, dan jerawat.
Berikut adalah beberapa manfaat asam glikolat:

Mengatasi bekas jerawat
Jerawat dapat merusak jaringan kulit serta meninggalkan bekas luka. Asam glikolat membantu mengurangi munculnya bekas luka dan membuat kulit tampak lebih rata.

Menggunakan asam glikolat dua kali sehari efektif dapat mengurangi bekas jerawat dalam waktu satu tahun. Agar efektif, produk perawatan kulit harus mengandung setidaknya 15 persen asam glikolat.

Glycolid acid dikenal sebagai salah satu kandungan yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Selain dapat menembus ke dalam kulit untuk mengatasi jerawat biasa dan jerawat cystic, kandungan ini juga berguna meningkatkan pergantian sel, mempercepat proses penyembuhan, dan menyamarkan bekas jerawat.

Membersihkan pori-pori
Manfaat lainnya dari glycolic acid adalah membantu mengatasi dan membersihkan pori-pori tersumbat serta mengecilkan pori-pori dengan menghancurkan kotoran makeup, minyak, dan sebum berlebih. Agar bermanfaat maksimal, kita juga harus menghindari kebiasaan yang dapat memicu pori-pori tersumbat.

Anti-penuaan (Anti-aging)
Asam glikolat efektif digunakan untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan keriput. Menggunakan asam glikolat untuk wajah secara teratur membantu mempercepat pergantian sel kulit. Kulit yang lambat mengelupas membuat keriput mudah terbentuk.

Sel kulit mati yang cepat terkelupas juga merangsang produksi elastin dan kolagen, yang membuat kulit terlihat lebih halus dan muda.

Kandungan ini dapat bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin. Dengan begitu, glycolic acid dapat memberikan hasil kulit yang kencang dan terlihat muda.

Sebagai informasi, pergantian sel kulit mulai melambat sekitar usia 28 tahun.

Membuat kulit bercahaya
Sebagai eksfoliator, glycolic acid berperan mengangkat sel kulit mati, namun tidak seperti cara bekerja scrub yang keras. Kandugnan ini bekerja dengan lembut menghancurkan “perekat” yang membuat sel kulit lama menempel di kulit dan menghasilkan kulit cerah bercahaya.

Menyamarkan warna kulit yang tidak merata
Jika warna kulit wajah kita kurang merata dan ada noda-noda gelap, kita dapat mencoba manfaat ampuh dari kandungan skincare ini. Glycolic acid bekerja meluruhkan lapisan teratas kulit sehingga dapat membantu menyamarkan masalah kulit tersebut.

Antioksidan 
Asam glikolat mampu bertindak sebagai antioksidan yang bekerja melawan radikal bebas.

Radikal bebas dikenal bersifat jahat karena menghancurkan sel-sel kulit yang sehat. Asam glikolat melekat pada radikal bebas yang masuk ke kulit sehingga melucuti kemampuan merusak radikal bebas pada sel-sel kulit.

Mencegah rambut tumbuh ke dalam (Ingrown Hair)
Pseudofolliculitis barbae atau rambut yang tumbuh ke dalam, terjadi akibat metode mencukur yang tidak tepat. Ketika rambut dicukur, pori-pori berpotensi meradang dan tertutup sel kulit sehingga rambut baru tidak bisa tumbuh dan muncul ke permukaan kulit.

Rambut yang terjebak akan memicu pembentukan nanah.

Asam glikolat mencegah rambut tumbuh ke dalam dengan mencegah sel kulit menutupi pori-pori.

Memperbaiki tekstur kulit
Produk kecantikan dengan asam glikolat efektif mengelupaskan kulit dan memperbaiki teksturnya. Dengan asam glikolat, sel kulit mati akan mudah mengelupas sehingga memperbaiki penampilan kulit dan mencegah kulit kering.

Proses pengelupasan juga membuka sumbatan pada pori-pori yang pada akhirnya mencegah timbulnya jerawat.

Memperbaiki warna kulit
Asam glikolat (glycolic acid) efektif digunakan untuk meningkatkan warna kulit dengan meminimalkan bintik-bintik gelap.

Bintik-bintik terjadi akibat perubahan warna pigmen seiring proses penuaan serta kerusakan akibat sinar matahari.

Melembutkan kulit
Bagi kita yang mengalami masalah kulit kurang rata, coba skincare mengandung glycolic acid! Kandungan yang berperan sebagai eksfoliator ini dapat melapisi ulang dan memperbaiki tekstur kulit sehingga menjadi lebih halus dan lembut.

Dapat digunakan seluruh jenis kulit
Dari seluruh manfaat yang dimiliki kandungan glycolic acid, hal terbaik yang perlu kita ketahui adalah semua orang dari berbagai usia dan berbagai jenis kulit dapat menggunakannya.



Apakah Aman Menggunakan Produk Dengan Kandungan Glycolic Acid?
Yang namanya pengelupasan kulit, mungkin terdengar seram. Namun, Anda tak perlu khawatir. Umumnya, produk dengan kandungan asam glikolat menggunakan konsentrat dalam batas aman, yaitu 5 - 8%. Karena hanya bekerja di lapisan kulit, asam glikolat pun cenderung tak akan diserap dan masuk dalam jaringan tubuh, seperti halnya retinoic acid atau hydroquinone. Asam ini cenderung aman digunakan, bahkan oleh ibu hamil dan menyusui.

Tapi sebagai permulaan, sebaiknya gunakan produk dengan kadar asam glikolat yang rendah. Meski aman, kandungan ini tetap memiliki kemungkinan mengiritasi kulit untuk beberapa orang. Jadi, ketika kulit sudah 'terbiasa' dengan kadar asam glikolat yang digunakan, Anda bisa menggunakan skin care dengan tingkat konsentrat yang lebih besar. Pastikan saja, konsentratnya masih dalam ambang aman. Asam ini juga memiliki kemungkinan meningkatkan kesensitifan kulit terhadap sinar matahari. Karena itu, ada baiknya Anda mengaplikasikan tabir surya setiap hari jika menggunakan produk yang mengandung asam glikolat.

Untuk menggunakan Glycolic Acid Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh layanan penyedia kesehatan Anda atau yang tertulis di label produk obat yang mengandung Glycolic Acid.

Glycolic Acid dapat membuat kulit ekstra sensitif terhadap sinar matahari. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif,hati-hati ketika menggunakan produk yang mengandung Glycolic Acid. Pastikan untuk menggunakan tabir surya saat menggunakan produk yang mengandung Glycolic Acid. Produk yang mengandung Glycolic Acid juga dapat menyebabkan iritasi kulit ringan,  kemerahan,bengkak,gatal,dan perubahan warna kulit. Anda mungkin perlu untuk membahas masalah tersebut dengan dokter kulit dan juga mencoba produk dengan konsentrasi rendah Glycolic Acid.

Lebih penting lagi, krim untuk facial, lotion, dan krim dengan konsentrasi yang lebih besar dari 10% harus digunakan hanya di bawah pengawasan dokter kulit. Krim facial dapat menyebabkan iritasi sedang hingga parah pada kulit, kemerahan, dan kulit terasa terbakar. Penggunaan krim facial pada kulit untuk waktu yang lebih lama dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan luka bakar parah pada kulit.

Aturan pemakaian Jennifer MacGregor, dokter dari Union Square Laser Dermatology mengatakan bahwa produk asam glikolat yang digunakan bersama AHA bisa diaplikasikan pada pagi hari pada wajah yang bersih. Selanjutnya gunakan serum antioksidan dan tabir surya. Ia merekomendasikan pemakaian produk asam glikolat yang berbentuk krim dan bisa dikelupas atau dalam produk cleanser. Karena bahan ini cukup keras, hindari menggunakan komponen retinol atau AHA lainnya pada waktu bersamaan karena kulit akan menjadi kering. MacGregor menambahkan, kulit sensitif biasanya lebih toleran terhadap asam glikolat. Namun jika khawatir, coba lah dengan konsentrasinya rendah atau gunakan tidak setiap hari. Kemudian lihat reaksi kulit.

Cara menyimpan Glycolic Acid
Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                           

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...