Tuesday 8 May 2018

Berbagai Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit serta Rambut


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Berbagai Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit serta Rambut


Madu memiliki begitu banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, madu juga kerap digunakan untuk mempertahankan keindahan kulit.

Manfaat madu yang banyak sekali memang sudah merupakan rahasia umum. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memakai madu sebagai bahan dasar karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Apalagi untuk kesehatan, sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaat madu bagi tubuh kita. Manfaat madu sebagai kesehatan sering digunakan sebagai campuran beberapa merek minuman penambah stamina tubuh.

Madu sendiri merupakan cairan yang sekilas menyerupai sirup namun lebih kental dan rasanya lebih manis. Tidak perlu ditanya lagi dari mana asal madu, tentu saja lebah. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Rasa manis pada madu disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula.

Madu memiliki banyak jenis tergantung dari mana si lebah mengambil madu tersebut, misalnya jika lebah mengambil madu dari tanaman kelengkeng maka disebut sebagai madu kelengkeng. Tetapi secara umum madu dibedakan menjadi dua yaitu madu multiflora dan monoflora. Sesuai namanya multiflora berarti madu diambil dari berbagai jenis bunga sehingga memberikan khasiat yang lebih banyak. Sedangkan madu monoflora hanya diambil dari satu jenis tanaman saja sehingga memiliki manfaat yang tidak sebanyak madu multiflora.

Tidak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, tidak  jarang pula orang menggunakan madu sebagai bahan olesan pada makanan yang hendak dipanggang atau campuran pada makanan karena rasa manis yang memang berbeda dari gula dan pemanis lainnya.

Madu sendiri merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi tiap madu tidaklah sama, karena hal tersebut bergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah menghasilkan nektar.

Sudah sejak dahulu madu telah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Kandungan madu tak hanya dapat menjaga keindahan kulit dan mencegah penuaan dini, tapi dapat pula menjaga keindahan kulit rambut.

Dari paparan di atas itulah tentu manfaat madu sudah tidak perlu diragukan lagi.



Manfaat madu untuk kecantikan wajah serta kulit
Madu kaya akan anti-oksidan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan, berikut ini diantaranya:

Madu bisa melembutkan dan melembabkan kulit wajah normal (madu murni).
Kulit wajah yang lembab alami merupakan indikasi kulit sehat. Untuk mendapatkannya banyak orang yang justru menggunakan produk kecantikan dari bahan kimia yang justru dapat merusak kulit.

Madu memiliki kandungan yang mampu mengikat zat air sehingga dapat melembabkan kulit wajah dari dalam. Madu telah lama dikenal sebagai kandungan alami, yang bila digunakan secara teratur, dapat melembutkan kulit maupun rambut dalam keadaan paling kering. Anda dapat mengoleskan madu ke daerah wajah dan leher atau campurkan dengan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih lembut.

Anda bisa mendapatkan khasiat ini dengan cara mengoleskan madu langsung pada permukaan kulit wajah (sebagai masker). Diamkan sekitar 30 menit dan kemudian dibersihkan dengan air dingin. Lakukan minimal seminggu 2 kali.

Madu bisa dijadikan bahan masker untuk kulit kering. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu dengan pisang matang. Campurkan keduanya hingga rata (bila perlu menggunakan blender). Kemudian, usapkan di permukaan kulit wajah hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Pemaskeran ini bisa dilakukan minimal 2 kali seminggu.

Tak hanya bermanfaat sebagai pelembab wajah saja, madu juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Oleskan madu pada bibir setiap malam menjelang tidur. Langkah ini untuk membantu melembabkan dan melembutkan bibir, sekaligus menghindari kulit bibir pecah-pecah.

Madu bisa menghaluskan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan 2 gelassusu hangat dengan segelas madu (perbandingan 2 : 1) ke dalam baskom. Kemudian, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Diamkan selama 15 menit sambil diurut-urutkan. Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lain yang ingin menjadi lebih lembut.

Anda dapat pula memakai madu untuk berendam. Campur ¼ cangkir susu bubuk full cream, ½ cangkir madu, dan 4 tetes minyak esensial mawar atau lavender dalam wadah. Kemudian masukan campuran tersebut ke dalam bath tub yang telah diisi air hangat. Berendamlah selama kurang lebih 15 menit. Selain relaksasi, berendam dengan campuran madu dan susu dapat membantu meningkatkan kelembapan dan kehalusan kulit.

Madu untuk perawatan kulit sehari-hari dalam menjaga kehalusan kulit.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok tehjus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap setelah mandi pagi.

Madu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.
Kandungan madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga dapat memutihkan kulit wajah secara efektif.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aromaterapi. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian diusapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap 2 hari sekali sebelum mandi.

Madu sebagai eksfolian (pembersih sel-sel kulit mati dan kotoran). Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok madu pada 2 sendok sereal oatmeal. Campuran ini bisa diusapkan ke permukaan kulit wajah minimal seminggu sekali.

Madu bisa membersihkan kulit tubuh, kulit kepala, dan rambut.
Kedengarannya aneh memang bila madu dikatakan sebagai pembersih. Akan tetapi, kandungan enzim alami dalam madu, ketika dicampur dengan air, dapat membuat cairan antispetik yang lembut untuk membersihkan kulit secara menyeluruh tanpa mengurangi kandungan minyak alami Anda.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Gunakan air mandi ini untuk membilas tubuh, kepala, dan rambut Anda setiap mandi.

Madu bisa dibuat sebagai penyegar kulit.
Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan madu pada cuka apel (vinegar) dengan perbandingan 5 (madu) : 1 (cuka apel). Campuran bisa diusapkan pada kulit wajah minimal seminggu sekali.

Madu sebagai obat jerawat dan penghilang noda bekas jerawat.
Salah satu fungsi dan manfaat madu untuk wajah dan bibir adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, selain itu juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat yang dapat merusak penampilan kamu.

Madu memang memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa. Hal ini lah yang menjadi dasar penggunaan madu untuk mengatasi masalah jerawat. Secara umum madu murni memiliki sifat antibakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan sifat penyembuhan madu bisa membantu mengurangi perdangan pada jerawat. Gunakan madu secara rutin, agar jerawat anda cepat hilang.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan sesendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis. Kemudian, usapkan campuran ini pada bagian yang berjerawat atau noda berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Lakukan hal ini berulang-ulang minimal selama satu minggu.

Mencegah penuaan pada kulit wajah.
Madu juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Anda dapat telihat awet muda karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas.

Memiliki wajah awet muda merupakan impian setiap orang, ternyata kamu dapat memiliki kulit wajah tetap muda dengan menggunakan madu. Berikut cara penggunaannya:

Siapkan 2 sdm madu dan 2 sdm air lemon. Campurkan kedua bahan itu dan tambahkan sedikit air lalu aduk hingga merata. Olekan pada seluruh bagian wajah hingga leher. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk halus. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Mengecilkan pori-pori kulit wajah.
Pori-pori besar dapat menyebabkan jerawat karena tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Ternyata kandungan madu sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Berikut cara penggunaannya:

Siapkan 5 sdm madu, 2 sdm susu bubuk, dan 2 sdm oatmeal. Campurkan ketiga bahan itu lalu aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh permukaan wajah hingga leher. Lakukan sedikit pemijatan pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus.

Menghilangkan flek hitam di wajah.
Ada banyak faktor yang menyebabkan flek hitam di wajah, tetapi yang paling umum adalah sinar matahari berlebih dan bekas jerawat. Flek hitam tentu sangat mengganggu penampilan dan anda pastinya ingin segera menghilangkannya dari wajah anda. Jika anda butuh bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam, anda bisa mencoba menggunakan madu. Untuk membuat ramuan ini lebih efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah anda perlu menambahkannya dengan buah lemon. 

Caranya: 
Campurkan 2 sdm madu dengan 1 ½ sdm lemon segar. Aduk keduanya hingga merata kemudian terapkan ke kulit wajah. Diamkan sekitar 15 menit setelah itu anda bisa membilasnya.

Menghilangkan minyak berlebih.
Kulit berminyak tentunya sangat tidak anda inginkan, karena minyak berlebih ini merupakan faktor utama penyebab jerawat. Untungnya anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah kulit berminyak ini. Caranya cukup mudah anda tinggal mengoleskan madu secara merata ke kulit wajah anda. Diamkan sekitar 20 menit untuk membuat khasiat madu bekerja. Cara ini selain cukup ampuh untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat.

Membantu menyamarkan bekas luka.
Madu telah terbukti dapat menyamarkan bekas luka seperti luka bakar atau stretch mark. Madu memiliki enzim yang disebut glukosa oksidase, dimana enzim ini mampu melepaskan hidrogen peroksida. Hal ini pada gilirannya akan membantu meringankan perubahan warna pada bekas luka. Gunakan madu untuk bekas luka secara rutin dan telaten, tambahkan beberapa bahan lain seperti kayu manis atau kunyit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Mengobati bibir kering.
Kegunaan dan manfaat madu untuk wajah dan bibir selanjutnya adalah untuk mengobati bibir kering. Bibir kering dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan madu. Berikut cara penggunaannya:

Siapkan 1 sdm madu, panaskan madu hingga berbusa. Oleskan madu hangat itu pada bagian bibir yang kering. Diamkan selama 20-30 menit, bilas bibir dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin selama seminggu.

Memerahkan warna bibir.
Bibir gelap dan hitam dapat merusak penampilan kamu tetapi, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan madu. Berikut cara penggunaannya:

Siapkan 1 sdm madu. Oleskan pada bagian seluruh bibir. Diamkan selama 15-20 menit, bilas bibir dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Membantu menjaga kecantikan kulit.
Ada banyak alasan kenapa madu sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit anda. Selain digunakan sebagai obat madu memang sering digunakan sebagai bahan kecantikan, maka tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahannya. Madu mengandung berbagai macam vitamin yang sangat berguna untuk menutrisi kulit anda. Penggunaan madu secara rutin pada kulit wajah atau bagian tubuh lain dapat membuatnya terlihat cantik alami.

Kulit wajah menjadi lebih kenyal.
Kandungan vitamin dan juga mineral penting dalam madu akan membantu peremajaan kulit dan membuatnya lebih kenyal. Pastikan anda memiilih madu murni untuk diterapkan ke kulit wajah anda.

Mengurangi kemerahan akibat sengatan matahari.
Berada di luar ruangan dalam waktu lama memang tidak baik untuk kesehatan kulit anda. Selain dapat menimbulkan flek hitam sinar ultraviolet yang berlebih dapat membakar kulit anda sehingga kulit akan terlihat memerah. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki madu akan mengurangi kemerahan dan bengkak akibat sengatan matahari ini.

Mengatasi masalah kulit (eksim)
Eksim merupakan suatu masalah kulit yang ditandai dengan peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Meskipun penyakit ini tidak berbahaya namun eksim sangat mengganggu dan cukup membuat anda tersiksa. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui jika madu memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat berguna menenangkan kondisi kulit seperti eksim.

Membersihkan sisa make up.
Sisa make up yang tidak dibersihkan dengan baik maka akan menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga akan menyebabkan jerawat. Bahan yang digunakan untuk membersihkan wajah haruslah bahan yang aman, kalau bisa jangan menggunakan bahan kimia. Jadi, anda bisa memanfaatkan madu. Baca juga tips make up untuk wajah berminyak.

Membantu mengatasi ketombe.
Jika dari tadi kita membahas mengenai manfaat madu untuk kecantikan kulit wajah maka kali ini kita akan mencoba mencari tahu apa saja manfaat yang bisa diberikan madu untuk kecantikan rambut anda. Penggunaan madu untuk rambut bukanlah merupakan hal yang asing mengingat banyaknya shampo atau kondisioner yang sudah menggunakan madu sebagai bahan tambahan. Salah satu manfaat madu untuk kecantikan rambut adalah menghilangkan ketombe. Madu memiliki sifat alami yang dapat membunuh bakteri dan jamur di kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe. Jadi dengan menggunakan madu anda akan mendapatkan kulit kepala yang sehat dan terbebas dari ketombe.

Menjadikan rambut lebih bersinar.
Enzim dan nutrisi yang melimpah di dalam madu murni dapat membuat rambut yang tadinya kusam menjadi lebih bersinar. Caranya: Campurkan 1 sdm madu murni dengan 2 sdm minyak  kelapa. Terapkan campuran ke dua bahan tadi secara merata ke bagian bawah dua pertiga dari rambut yang basah. Diamkan sekitar 15 sampai 20 menit kemudia bilas seperti biasa. lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

Menghilangkan mata panda.
Mata panda atau kantung mata akan membuat anda menjadi terlihat lebih tidak bersemangat. Mata panda ini biasanya terjadi akibat kurang istirahat terutama di malam hari. Nah,,karena madu memiliki sifat anti-inflamasi maka madu dapat mengurangi pembengkakan di area bawah mata. Caranya cukup mudah kok anda tinggal mengoleskan madu pada area bawah mata, kemudian diamkan sekitar 10-15 menit. Ingat jangan sampai terkena mata karena madu sangat perih di mata.

Melindungi kulit dari radikal bebas.
Tentu akan sulit bagi Anda untuk melindung wajah Anda dengan menutupinya setiap saat dari paparan polusi, bahan kimia, hingga sinar UV. Radikal bebas dapat membahayakan kulit dan madu mampu memberikan proteksi terhadap kulit wajah Anda dengan kandungan antimikroba, antioksidan serta antijamurnya. Asalkan digunakan secara rutin sebagai pembersih wajah maupun pelembab alami, kulit Anda akan terproteksi dengan baik.

Meregenerasi kulit.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu berperan besar dalam mempercantik kulit dan semua itu berkat kalsium, kalium dan magnesiumnya. Nutrisi tersebut berfungsi mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati dan menggantikannya dengan sel-sel kulit baru. Proses tersebut yang dinamakan dengan regenerasi kulit sehingga menjadikan kulit bebas dari masalah serta kerusakan.


Demikian tadi penjelasan mengenai berbagai manfaat madu untuk kecantikan. Madu memiliki banyak manfaat mulai dari kesehatan bagi tubuh hingga kecantikan. Manfaat madu untuk kecantikan tidak hanya untuk membuat masker wajah dan rambut tetapi juga untuk membuat bahan kosmetik kecantikan dan memiliki banyak kandungan, oleh sebab itu manfaat madu lebih banyak dan di gunakan orang di seluruh dunia. Sangat penting untuk dicatat bahwa banyak produk kosmetik yang dapat merusak kulit, justru dikarenakan kandungan kimianya sangat diluar dari standart keamanan. Cabalah untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit anda yang rusak. sekaligus untuk memberikan kulit yang bercahaya dan terlihat awet muda. Hal ini sangat efektif dan sangat mudah, tidak memiliki efek samping, dan memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.perlu anda ketahui bahawa madu adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat karena manfaat madu untuk kecantikan itu sangat penting bagi kaum hawa sekarang.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...