Wednesday 12 September 2018

Bedah Manfaat: Berbagai Khasiat Buah Strawberry untuk Perawatan Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
   Berbagai Khasiat Buah Strawberry untuk Perawatan Kulit

Kulit adalah bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan rutin, banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan, salah satunya adalah buah strawberry. Selain enak, buah strawberry memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.  Kamu bahkan bisa menggunakannya untuk membuat masker atau bahkan conditioner.

Strawberry. Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya dari daerah yang sekarang bernama Chile. Bentuknya yang manis dan memikat membuat buah strawberry dengan cepat menyebar ke daratan Eropa dan Asia. Dalam sejarah Yunani kuno, buah ini dijadikan sebagai lambang cinta atau dewi cinta. Hal ini mungkin didasari karena warna dan bentuknya yang cantik, aromanya yang wangi, serta rasanya yang kadang sangat asam dan kadang juga manis, seperti cinta itu sendiri.

Hingga saat ini asal nama buah strawberry belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Ada banyak teori yang berkembang dari masing-masing wilayah. Ada teori yang menyebutkan jika nama strawberry diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad 19. Dimana letak buah memang berada pada ujung batang tanaman yang berbentuk panjang seperti sedotan (straw), dan mereka menjual buah tersebut dengan nama “straw berry” (buah berry yang berada pada straw/sedotan).

Namun teori yang paling populer mengenai asal nama dari buah ini adalah berdasarkan cara menanamnya (pada jaman dulu). Dimana cara menanam buah ini dengan cara menaburkan bijinya diatas tanah (strewn). Yaitu dari kata streabergen (strea adalah menaburkan, dan bergen adalah biji atau buah). Dari kata “streabergen” inilah kemudian berkembang menjadi streberie, strauberie, straubery, strauberry, dan terakhir menjadi strawberry.

Buah segar dengan rasa asam dan manis ini kaya manfaat untuk perawatan kecantikan. Di dalamnya, terdapat kandungan vitamin C, flavanoids, anti-oksidan, serta sumber mineral potas yang baik untuk kulit. Dibandingkan dengan buah bervitamin C lainnya, strawberry memiliki kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi.

Buah strawberry merupakan buah super yang kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang tentunya memberikan nutrisi bergizi untuk kulit Anda. Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang makan makanan kaya vitamin C memiliki keriput lebih sedikit dan masalah kulit terkait usia daripada mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C sama sekali.

Ahli dermatologis mengatakan bahwa pentingnya aplikasi topikal vitamin C untuk kulit kita, dalam sebuah studi mengatakan bahwa vitamin C sangat dibutuhkan kulit kita untuk pembentukan kolagen pada kulit, melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet (UV) dan memperlambat hiperpigmentasi.

Manfaat strawberry memang banyak digunakan oleh perusahaan makanan bahkan kosmetika untuk dijadikan salah satu bahan baku. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang berhasil memproduksi strawberry.

Strawberry merupakan buah yang banyak dijumpai pada daerah dataran tinggi dan bersuhu dingin. Selain untuk dikonsumsi langsung, buah strawberry juga diproduksi menjadi bahan makanan seperti selai, produk minuman atau pemanis pada kue.

Jadi tidak heran kalau buah strawberry sudah dibudidayakan secara luas. Buah strawberry ini juga semakin istimewa dengan keunggulannya yang mampu merawat kecantikan dan bermanfaat bagi kesehatan.


Dibawah ini adalah beberap manfaat yang bisa diperoleh dari buah strawberry untuk kulit kamu.

UV skin protection
Kandungan antioksidan yang tinggi, serta kandungan asam ellagic dalam buah strawberry ini sangat berguna untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di sebuah universitas Korea menemukan bahwa hewan uji coba yang terkena sinar UV, lalu diberikan asam ellagic menunjukkan penurunan pembentukan kerut dibandingkan dengan hewan uji coba yang tidak diberi asam ellagic.

Kandungan asam ellagic pada buah strawberry mampu memutihkan kulit wajah yang kusam, serta memperbaiki flek hitam yang ada di kulit. Buah strawberry kaya anti-oksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Kamu bisa membalurkan parutan buah strawberry yang telah dicuci bersih ke seluruh permukaan kulit wajah dan leher seraya digosok perlahan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Rutin melakukan ritual ini minimal tiga hari sekali dipercaya dapat mencerahkan kulit kusam, serta mengurangi flek hitam di wajah secara perlahan.

Mencerahkan kulit
Warna kulit apapun, akan lebih menarik jika tampak cerah dan bersinar alami.  Diperlukan perawatan khusus supaya mendapatkan hasil yang diinginkan. Tapi Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke salon. Hanya dengan meluangkan waktu setiap hari selama 15 menit, maka berangsur-angsur Anda akan mendapatkan warna kulit yang lebih cerah alami.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu beberapa buah strawberry. Lumatkan sampai hancur, lalu usapkan secara merata ke seluruh kulit wajah, leher, tangan dan bagian tubuh lainnya yang tampak kurang cerah.  Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Meremajakan kulit wajah
Salah satu cara untuk meremajakan kulit wajah adalah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga seluruh kotoran terangkat dan mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah anda.

Buah strawberry bisa melakukan itu semua karena memiliki tinggi vitamin C dan salisilat, yang akan memperbaiki dan memelihara kulit agar tetap sehat dan cerah.

Caranya cukup mudah, pertama kali kamu harus lumatkan buah strawberry matang hingga halus.
Setelah buah strawberry lumat dan halus, campurkan 1 sendok teh gula dan 1 sendok teh minyak zaitun.
Setelah tercampur barulah kamu pakai dengan cara gosokkan keseluruh permukaan wajah dengan pijatan lembut dan gerak memutar.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas.

Sebagai anti-aging alami
Penuaan adalah proses alami setiap wanita yang tidak bisa dihindari. Dibutuhkan perawatan kecantikan dengan bahan natural yang rutin untuk mengatasinya.

Strawberry merupakan buah kaya akan vitamin C yang mana vitamin tersebut sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan serta keelastisitasan. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan likopen yang mampu memperlambat proses penuaan pada kulit.

Strawberry juga mengandung anti-oksidan asam ellagic yang mencegah kerusakan kolagen penyebab utama pembentukan kerut. Asam ellagic memiliki efek photoprotective yang bekerja untuk mencegah kerutan terbentuk pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat strawberry sebagai anti-aging alami, kamu bisa menggunakan masker strawberry pada wajah maksimal seminggu dua kali. Cara membuatnya cukup mudah. Masukkan lima strawberry beku yang sudah dimasukkan ke dalam freezer dengan satu sendok teh madu ke dalam blender, lalu haluskan. Setelah jadi, oleskan masker tersebut ke bagian wajah dan leher selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku.

Menggunakan strawberry dalam perawatan rutin membuat kulit sehat, glowing, dan terlihat lebih muda.

Memperbaiki jaringan kulit yang rusak
Jaringan kulit yang rusak biasanya disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat membuat kulit menjadi terlihat tidak sehat lagi, kandungan yang terdapat pada buah strawberry dapat membantu jaringan kulit yang rusak tersebut. Kandungan tersebut yaitu Vitamin C, Vitamin C sendiri memiliki fungsi dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak dimana fungsi tersebut buah strawberry memiliki peran dalam memproduksi kolagen. Kolagen tersbut yang dapat memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan, kolagen sendiri yang dapat larut dalam vitamin dan juga pada air dengan memberikan konsumsi 100% dari vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan dalam proses perbaikan jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

Cegah jerawat
Selain mampu menghilangkan flek hitam, buah strawberry juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Sifat asam yang terkandung dalam buah berwarna merah ini mampu mengontrol kelebihan minyak yang kerap menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.

Jerawat terkenal disebabkan oleh akumulasi kelebihan sebum. Manfaat strawberry untuk kulit Anda bisa dapat membersikan sebum-sebum ini dengan kandungan nutrisi yang ada dalam buah strawberry.

Vitamin C, salicylic acid, dan flavonoid yang terkandung di dalam strawberry bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Ada juga kandungan alpha-hydroxy acid yang sangat penting dalam proses pengangkatan sel kulit mati dan pembersihan kulit itu sendiri.

Dengan mengonsumsi strawberry setiap hari atau memakai maskernya seminggu dua kali, kulit kamu pun akan terhindar dari jerawat.

Strawberry sebagai masker wajah, campurkan strawberry yang telah ditumbuk halus dengan sour cream. Lalu, aduk-aduk sampai berbentuk pasta. Ingat, sebelum mengoleskan masker pada wajah, sebaiknya kamu mengetahui dulu cara membersihkan wajah dengan benar agar wajah lebih bersih. Setelah itu, oleskan masker secara merata dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat dan ulangi dengan air bersih.

Melawan kulit berminyak
Kaya vitamin C, buah ini dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang sangat baik untuk melawan kulit berminyak, serta memelihara dan merevitalisasi kulit Anda. Strawberry bersifat asam dan ini efektif untuk menghilangkan kelebihan sebum pada kulit.

Pembersih kulit
Strawberry memiliki sifat pembersihan.

Penyebab yang membuat kulit mengalami kerusakan karena adanya sesuatu yang masuk ke dalam kulit wajah.

Strawberry sering digunakan sebagai bahan pembersih kulit, sabun wajah dan masker wajah meremajakan karena mengandung vitamin C, asam salisilat, antioksidan dan exfoliant.

Asam salisilat menghilangkan sel-sel mati dari wajah sambil mengencangkan pori-pori.

Asam ellagic merupakan antioksidan yang memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit.

Dengan demikian, strawberry mampu mengangkat kotoran, melembutkan kulit serta memberikan perlindungan terhadap polusi.

Memperbaiki kulit
Vitamin C pada strawberry memungkinkan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen.

Kolagen larut dalam air dan vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dan harus disediakan dari sumber makanan.

Secangkir strawberry menyediakan 100% dari Recommended Daily Allowance (RDA) dari vitamin C, yang memainkan peran penting dalam memperbaiki kerusakan kulit.

Toner kulit
Strawberry digunakan sebagai toner kulit.

Menghaluskan strawberry hingga menjadi ekstrak jus. Campur dua sendok teh ekstrak strawberry, dengan 50 ml air mawar dan dinginkan di kulkas.

Anda dapat menggunakannya sebagai toner untuk menghilangkan kerut. Jus ini dapat disimpan selama 10 hari.

Mencerahkan warna bibir
Warna kulit bibir bisa berubah menjadi kusam dan menghitam.  Apalagi jika Anda seorang perokok, struktur kulit bibir pun bisa menjadi kering bahkan pecah-pecah. Menggunakan lipstik hanya akan menutupinya sementara. Yang harus Anda lakukan adalah, merawatnya supaya kembali menjadi merah cerah alami.  Dan buah strawberry bisa membantu Anda untuk mendapatkan kembali warna bibir yang alami.

Ambilah satu strawberry kemudian belah menjadi dua. Usapkan strawberry tadi ke seluruh bagian bibir Anda.  Gosok perlahan-lahan supaya tidak terjadi iritasi, karena kulit bibir itu cukup sensitif. Kemudian, biarkan sampai kering dengan sendirinya.

Bilas dengan air hangat, kemudian keringkan menggunakan handuk yang halus dengan cara ditepuk perlahan. Lakukan kegiatan ini seminggu 3 kali, supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada saat proses pembilasan menggunakan air hangat, bertujuan supaya pori-pori kulit menjadi lebih terbuka dan kotoran yang menempel ikut terbuang melalui bilasan air hangat tersebut.  Lalu proses pembilasan kembali dengan menggunakan air dingin, dimaksudkan untuk menutup pori-pori kembali, sehingga kulit kembali segar dan tampak cerah merona.

Menghilangkan kantung mata
Terlalu banyak aktivitas sampai kamu kurang tidur bisa jadi penyebab timbulnya mata panda, alias bengkak pada kantung mata. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba buah strawberry sebagai treatment, karena buah ini memiliki zat alami yang bisa mengencangkan kulit. Selain itu, kandungan alpha-hydroxy acid di dalamnya juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah.

Cara menggunakan strawberry untuk merawat wajah terbilang mudah. Kamu cukup mengiris buah stroberi dan gunakan irisannya untuk mengompres mata. Diamkan sekitar 10 menit agar mata terasa dingin dan segar.

Scrub kaki
Scrub strawberry ini akan menghilangkan kulit pecah-pecah pada permukaan kaki.

Tumbuk 6 sampai 8 buah strawberry  dan campur dengan beberapa tetes gliserin dan gandum
Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit. Gosok kaki dengan lembut untuk mengelupaskan sel-sel mati dan kulit kasar.

Cuci bersih kaki dengan air dingin dan oles kaki Anda dengan krim kaki.


Strawberry tidak hanya nikmat, namun telah terbukti memberikan manfaat bagi kecantikan yang bekerja bagi kulit. Ekstrak stroberi sering digunakan dalam produk kecantikan dari merek terkemuka.

Diatas merupakan manfaat bauh strawberry bagi kesehatan kulit yang dapat digunakan dalam perawatan kulit atau bisa dijadikan sebagai pencegah dalam timbulnya masalah kulit yang lainnya, untuk menghasilkan hasil yang optimal diperlukan perlakuan yang berkesinambungan dan juga pola hidup yang sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...