Friday 14 September 2018

Bedah Manfaat: Khasiat Buah Strawberry untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                     Khasiat Buah Strawberry untuk Kesehatan

Siapa pun pasti suka dengan buah ini meski terkadang rasanya sangat asam. Tampilannya yang segar dan menarik selalu bisa menarik perhatian.

Strawberry adalah salah satu tanaman buah yang paling populer di seluruh dunia. Salah satu spesies tanaman strawberry yang banyak tersebar yaitu Fragaria chiloensis L karena menyebar ke berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan spesies lain, yaitu F. vesca L lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Buah mungil berwarna merah dan berbintik-bintik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Strawberry liar telah populer sejak zaman Romawi kuno dan digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan seperti mengurangi peradangan, demam, batu ginjal, bau mulut, asam urat dan banyak lagi.

Warna merah strawberry berasal dari kandungan anthocyanidin yang menandakan buah ini kaya antioksidan. Tingginya antioksidan pada strawberry beguna untuk mencegah peradangan, kanker, dan masalah jantung.  Buah ini juga mengandung vitamin C dan K, serat, folat, magnesium, dan kalium. 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam strawberry, diantaranya:



Vitamin C
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah strawberry lebih banyak dibandingkan 1 buah jeruk oranye, karena strawberry memberikan 94 miligram vitamin C atau 1,5 kebutuhan vitamin C harian.

Banyak manfaat dari mengonsumsi vitamin C, antara lain menjaga kesehatan gigi dan gusi, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi serta menjadi antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Jika kamu mengkonsumsi rutin buah strawberry setiap hari itu akan membuat kamu tidak mudah untuk terserang penyakit batuk, pilek dan infeksi lainnya. Hal ini karena vitamin C mampu meningkatkan fungsi sel darah putih untuk merespon infeksi dengan cepat.

Vitamin C juga baik untuk kulit Anda karena banyaknya bahaya dari radikal bebas yang  dapat mengambil oksigen dalam tubuh Anda. Radikal bebas juga dapat menghancurkan kolagen dalam tubuh Anda yang dapat mendorong garis-garis halus muncul pada kulit Anda.

Kalori
Delapan buah strawberry atau setara dengan 1 gelas, hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol atau asam lemak jenuh. Pada jumlah yang sama, strawberry juga memberikan 30 mikrogram (ug) asam folat.

Jumlah ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yakni 400 ug. Asam folat ini penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. Disamping itu, 1 gelas strawberry  juga mengandung skitar 270 miligram potasium, di mana potasium merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah.

Selain itu, 1 gelas strawberry juga megandung sekitar 4 gram serat yang dapat membantu menurunkan kadar lemak, kolesterol darah dan menyehatkan saluran pencernaan.

Serat
Buah strawberry merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan. Sumber yang dapat membantu dalam menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh kita. Serat makanan juga berguna dalam mengatur sistem pencernaan Anda, sehingga mencegah sembelit yang menjadi faktor munculnya jerawat di kulit Anda.

Asam folat
Kandungan asam folat di dalam buah strawberry dapat meregenerasi sel dan produksi sel-sel baru dalam tubuh Anda.

Antioksidan
Dalam sebuah penelitian, buah strawberry menduduki peringkat tertinggi kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan oleh bahan-bahan pemicu kanker.

Antioksidan bekerja dengan mencegah atau mengganggu proses yang dapat mengarah pada pembentukan sel-sel kanker. Selain itu, antioksidan di dalam stroberi mampu memberikan perlindungan pada hati dan menjadi zat antiinflamasi.

Dalam suatu percobaan terhadap ekstrak stroberi oleh Departemen of Agirculture AS, ekstrak tersebut menunjukkan daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks maupun sel kanker payudara.

Salah satu antioksidan primer yang ada dalam strawberry adalah asam ellagic yang dikenal dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang merusak sel. Bahkan antioksidan yang tinggi dalam strawberry ini mampu membuang racun dalam sel sehingga tubuh lebih segar.

Beberapa studi juga menunjukkan, asam ellagik yang ada dalam strawberry bisa menghambat kanker paru-paru, kerongkongan, payudara, kulit, serta kanker hati yang diakibatkan oleh pencernaan bahan-bahan kimia.

Dalam percobaan dengan sel kanker payudara, asam ellagik bisa menghambat pertumbuhannya sampai 45 persen. Sedangkan kuersetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.

Senyawa-senyawa fitokimia dari buah strawberry yakni asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin diketahui dapat mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab orang kena serangan jantung atau stroke.

Perlu diketahui dari 160 gram buah strawberry mengandung: energi 50 kalori, protein 1 gram, karbohidrat 11,65 gram, serat 3,81 gram, kalsium 23,24 mg, magnesium 16,60 mg, fosfor 31,54 mg, potasium 44,82 mg, selenium 1,16 mg, vitamin C 94,12 mg, Folat 29,38 mg, Vitamin A 44,82 IU.

Menurut WHO orang dewasa membutuhkan 400 mikro gram asam folat per hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan minimal 800 mikro gram asam folat per hari karena asupan asam folat bagi ibu hamil sangat penting. vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta antioksidan.

Manfaat Buah Strawberry


Buah strawberry tumbuh dengan baik di kawasan dataran tinggi, seperti di Batu, Tawangmangu, dan Sarangan. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, karena terkadang di kota-kota besar buah ini disediakan di pusat perbelanjaan atau di toko buah premium. Bahkan terkadang ada juga pedagang buah keliling yang khusus menjajakan buah strawberry saja.

Tetapi, Anda perlu berhati-hati dan perlu membersihkan dengan baik sebelum memakan strawberry. Pasalnya beberapa petani strawberry menggunakan pestisida untuk mengusir hama. Alih-alih dapat manfaat baik dari si buah bisa jadi Anda malah terkena ancaman penyakit berbahaya jika tidak mencucinya.

Setelah Anda mengetahui kandungan nutrisi yang ada pada strawberry, Anda juga harus tahu manfaat strawberry bagi kesehatan tubuh, yaitu di antaranya:

Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah strawberry merupakan sumber yang sangat baik akan vitamin C. Bahkan, satu porsi strawberry memiliki lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Vitamin C dapat memicu antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Memutihkan gigi
Manfaat yang ini memang sudah sangat terkenal, bahwa buah strawberry menjadi cara alami memutihkan gigi. Dikarenakan buah strawberry memiliki tinggi kandungan vitamin C sehingga buah berwarna merah ini membantu merontokkan plak yang menjadi gigi kuning.

Asam malat yang terkandung dalam strawberry bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi.

Dibawah ini adalah cara penggunaannya:
Lumatkan buah strawberry hingga halus. Setelah itu gosokkan pada gigi anda dengan menggunakan sikat gigi. Jika sudah diamkan dulu selama beberapa menit baru berkumurlah menggunakan air hangat. Anda harus rutin memakainya dua kali sehari.

Kalau tidak ingin terlalu repot, kamu bisa langsung belah buah strawberry menjadi dua bagian. Kemudian langsung saja gosokkan keseluruh bagian gigi. Jangan lupa biarkan beberapa saat langsung berkumurlah menggunakan air hangat.

Dengan mengunyah stroberi setiap hari, hal itu juga dapat membantu untuk menyehatkan mulut, seperti: memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat napas menjadi lebih segar.

Mencegah dan mengobati sariawan
Manfaat strawberry yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dikatakan demikian, karena strawberry memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat membantu penyembuhan dan pencegahan sariawan.

Mencegah kanker
Kandungan vitamin A, C, E dan asam ellagik berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Strawberry juga dipercaya dapat mencegah terjadinya leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah stroberi dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah.

Selain itu, strawberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan dalam strawberry ini pun tetap tinggi meskipun telah diolah menjadi bentuk lain seperti selai atau jus.

Senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam strawberry juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati.

Mengobati jerawat
Kandungan asam salisiat di dalam strawberry memiliki manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit wajah berminyak, biasanya akan lebih mudah berjerawat dan juga masalah komedo.  Anda harus secara rutin membersihkan wajah dengan menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.  Selain itu lakukanlah perawatan kulit wajah lainnya, seperti menggunakan masker strawberry.  Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

Ambilah 3 buah strawberry ukuran sedang,  satu buah wortel berukuran sedang, 3 sendok makan yogurt tawar, lalu blender ketiga bahan ini sampai halus. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk bersih, kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan wajah yang sudah dibersihkan menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi wajah Anda.

Diamkan selama 10 sampai 20 menit atau sampai masker menjadi kering.  Bilas menggunakan air hangat sampai bersih, kemudian bilas lagi dengan air dingin.

Menghaluskan kulit
Buah strawberry mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan strawberry ini sebagai lulur mandi. Agar mendapatkan manfaat lebih, campurkan strawberry yang telah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit pun akan tampak lebih cerah.

Asam salsilat dan asam alpha-hidroxic yang terkandung dalam strawberry dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit sehingga menimbulkan masalah kulit seperti kulit kusam.

Asam folat juga dapat membantu untuk meregenerasi sel kulit. Hal ini tentu sangat penting untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Karena sel-sel mati yang tidak cepat terangkat atau tergantikan akan menimbulkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di wajah.

Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi
Strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah sehingga cocok untuk diet pengidap diabetes, melawan encok dan radang sendi.

Strawberry mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

Mengkonsumsi strawberry akan memberikan efek anti inflamasi dari quercetin. Strawberry dapat membantu meringankan gejala alergi termasuk hidung meler, mata berair dan gatal-gatal, meskipun belum ada penelitian pada manusia dilakukan untuk membuktikan theory. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kasus asma terjadi lebih rendah dengan asupan tinggi nutrisi tertentu, seperti vitamin C.

Menjaga kesehatan mata
Usia dan nutrisi bisa memengaruhi kondisi kesehatan mata seseorang. Namun, dengan adanya zat antioksidan tinggi pada strawberry, hal itu berguna memerangi radikal bebas dan tentunya sekaligus mencegah penuaan dini.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya ketahanan tubuh, vitamin C juga memiliki manfaat untuk meningkatkan ketajaman penglihatan anda. Selain itu juga antioksidan yang terdapat pada buah strawberry mampu menurunkan risiko terkena katarak.

Nutrisi lainnya yang terdapat didalam buah strawberry adalah kalium. Kalium ini akan menjaga keseimbangan air dalam tubuh, yang artinya mencegah terjadinya mata gatal atau kering. Selain itu kalium juga akan membantu menyeimbangkan tekanan okular di mata, dimana tekanan okular sangat berbahaya bagi mata kamu.

Perkembangan janin
Asam folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B yaitu B9 yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel dan jaringan. Tidak terkecuali pertumbuhan sel otak dan janin dalam kandungan, juga turut dinutrisi oleh asam folat ini. Selain itu kandungan vitamin C dalam strawberry juga sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

Menjaga kesehatan otak
Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh. Radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Dengan adanya vitamin C dan fitonutrien hal tersebut bisa dicegah.

Mengatasi stroke
Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan stroke. Kalium yang juga telah banyak dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

Mencegah anemia
Buah strawberry kaya akan kandungan zat besinya sehingga sangat baik untuk anda yang mengalami anemia, karena strawberry sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh.

Menjaga gula darah
Bagi kamu yang memiliki diabetes ini sangat membantu sekali jika mengkonsumsi buah strawberry karena buah ini merupakan makanan yang memiliki tinggi serat jadinya membantu mengatur kadar gula didalam darah agar tetap stabil. Untuk penderita diabetes dosis yang disarankan untuk mengkonsumsi strawberry adalah 3/4 cangkir per hari.

Kandungan vitamin C yang dikonsumsi setiap hari diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain karena rasanya yang asam juga mampu membunuh berbagai penyakit dan bakteri di dalam perut, juga dapat menjadi detoks tubuh yang sangat baik.

Menurut California Strawberry Commission, strawberry mengandung nutrisi pelindung kardio seperti vitamin C, folat, potassium (220 mg dalam 1 cup), flavonoid, dan serat (2,9 gram dalam 1 cup) yang terbukti dapat menurunkan tingkat penyakit kardiovaskular seperti kadar kolestrol dan tekanan darah. "Manfaat mengonsumsi serat adalah dapat membuang kolestrol dari dalam tubuh," ujar Planells.

Strawberry memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gula yang ekstrim. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa makan sekitar 37 stroberi dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid mendukung kelangsungan hidup neuron tumbuh, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

Tekanan darah tinggi
Karena kandungan potasium dan zat besinya, buah strawberry sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuatnya normal kembali.

Strawberry sangat  disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, dengan meniadakan efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah sama halnya dengan mengembangkan faktor risiko tekanan darah tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi kaliaum harian sebanyak  4700 mg.

Penyakit jantung
Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan, strawberry cukup efektif mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Strawberry mengandung antioksidan seperti anthocyanin yang membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat dalam darah. Kondisi ini dapat memberikan efek anti-inflamasi sehingga menyehatkan jantung. Seperti diketahui, kolesterol jahat dapat membentuk plak pada pembuluh darah arteri. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah, kemudian meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan ginjal
Organ vital satu ini memang rawan sekali terkena serangan penyakit salah satunya, yaitu batu ginjal. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan rutin mengonsumsi strawberry resiko Anda terserang penyakit tersebut akan menurun. Hal ini tidak lain karena peran kalsium yang ada di dalamnya.

Melancarkan pencernaan
Makan makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi dan diperkaya serat seperti yang ditemui pada manfaat anggur, manfaat semangka dan manfaat melon ini, dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat sisa makanan menjadi lebih mudah. Serat ini yang sangat penting untuk meminimalkan masalah sembelit dan melancarkan buang air besar.

Suasana hati
Dengan rutin mengkonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menjaga mood anda menjadi lebih baik dan rileks karena strawberry dapat membantu pelepasan serotonin yang mempengaruhi suasana hati seseorang.


Demikianlah penjelasan tentang beberapa manfaat buah strawberry bagi kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya pastikan Anda konsumsi buah strawberry yang masih segar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Dan salam sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...