Sunday 9 September 2018

Bedah Manfaat: Khasiat Akar Burdock untuk Kulit dan Kecantikan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
            Khasiat Akar Burdock untuk Kulit dan Kecantikan

Perawatan kesehatan tubuh, terutama untuk kulit dengan menggunakan cara yang tradisional memang banyak dipilih. Selain menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman, prosesnya pun terbilang mudah. Terkait dengan hal tersebut, tidak ada salahnya jika Anda berkenalan dengan akar Burdock.

Akar burdock dikenal juga sebagai akar seribu tahun ini telah ada sejak zaman kuno, digunakan di setiap benua, dan orang-orang menggunakannya secara medis sebelum sains bahkan dapat membuktikan bahwa manfaatnya nyata. Ketika datang ke akar burdock, pengetahuan kuno yang diwariskan selama berabad-abad telah sekali lagi membuktikan bahwa dirinya benar.

Ada banyak akar yang telah menunjukkan manfaat nutrisi yang mengesankan, dan meskipun Anda mungkin belum pernah mendengar akar burdock, Anda akan kagum dengan apa yang mampu dilakukannya.

Burdock si umbi langsing yang memiliki nama latin Arctium lappa ini memiliki rasa yang cenderung manis dan bertekstur “kriuk”. Umbi ini terkenal dengan sebutan “Gobo” di Jepang “Niubang” di China, “Bardana” di Italia, “Bardane” di Perancis, dan juga “Dollenkraut” di Jerman.

Sekali tumbuh, tanaman burdock bisa mencapai 0.5-1.2 meter dan masa hidup 4 tahun, dengan daun berbentuk hati dan bunga yang mencuat di sela-sela tangkai daun berwarna ungu.

Tanaman burdock mekar antara bulan Juni dan Oktober. Daun Burdock bergelombang, berbentuk hati berwarna hijau di bagian atas dan putih pada bagian bawah. Sedangkan akar yang digunakan dalam pengobatan berwarna kecoklatan-hijau, atau hampir hitam.



Akar tanaman burdock ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, terutama yang menyerang kulit. Tidak heran jika akar Burdock kini banyak menjadi referensi para produsen kosmetika dalam membuat produk yang ampuh dan efektif dalam menajga kesehatan kulit.

Akar burdock telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat Jepang, Korea, Cina, dan banyak lagi negara-negara lain termasuk juga eropa. Tetapi bagi masyarakat kita, akar burdock masih terasa asing di telinga orang indonesia. Padahal, manfaat yang terkandung di dalam akar burdock sendiri sangat banyak sekali. Bagi Orang Cina, mereka percaya akar burdock adalah Afrodisiak, yaitu herbal yang dapat membantu merangsang daya seksual seseorang. Dan efektif dalam mengobati impotensi dan kemandulan.

Umbi ini sudah dikenal khasiatnya untuk berbagai macam pengobatan herbal. Masyarakat di China juga telah menggunakan umbi burdock sebagai obat kulit dan radang tenggorokan. Penelitian lebih lanjut mengungkapkan beberapa kandungan aktif dalam burdock seperti tannin, arctigenin, caffeic acid, chlorogenic acid, inulin, lappaol, β-eusdemol, dan diarctigenin. Lebih keren lagi, umbi satu ini memiliki beberapa aktivitas biologis yang sudah dibuktikan oleh para peneliti.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari akar tanaman burdock bagi kulit Anda:

Mengatasi jerawat


Akar burdock dianggap sebagai salah satu perawatan yang paling populer untuk kondisi kulit yang menyakitkan seperti eksim, jerawat, dan bahkan infeksi. Akar burdock mengandung senyawa yang disebut poliasetilena yang mengandung sifat antibiotik dan antijamur yang melawan bakteri.

Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat atau berminyak tidak perlu khawatir. Karena, masalah kulit satu ini bisa diatasi dengan mudah hanya dengan menggunakan ekstrak akar Burdock. Dilansir dari laman Cure Joy, alarm Burdock sensitive dilengkapi dengan kandungan zat bernama polyacetylene. Zat tersebut merupakan zat yang berperan sebagai anti-bakteri. Tidak heran jika akar Burdock dapat membasmi bakteri P. Acnes yang kerap memicu munculnya jerawat.

Meredakan eksim


Tidak hanya ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, mengonsumsi akar Burdock yang diseduh menjadi teh juga dapat mengatasi masalah eksim. Penyakit satu ini biasanya disebabkan oleh infeksi jamur yang menjadikan kulit terasa kering dan gatal. Parahnya, penderita eksim juga akan memiliki kulit yang pecah-pecah akibat serangan streptococcus. Kendati demikian, kandungan polyacetylene pada akar Burdock ternyata juga berperan sebagai zat anti jamur yang akan menyembuhkan kulit dan meredakan gejala eksim.
Akar burdock adalah akar anti-inflamasi dan antibakteri alami yang dapat melawan kondisi kulit jamur seperti kandida. Manfaat anti-inflamasi dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan merah, meninggalkan Anda dengan kulit yang sempurna tanpa cela.

Mencegah penuaan


Ternyata akar Burdock juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebagai tambahan informasi, antioksidan sendiri merupakan salah satu zat aktif yang berperan penting dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Terutama dari radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari dan polutan.

Radikal Bebas sendiri memicu terjadinya oxidative stress yang menyebabkan sel-sel tubuh, termasuk sel kulit mengalami proses penuaan lebih cepat. Kandungan antioksidan pada akar Burdock akan membantu mencegah terjadinya proses tersebut dan menstimulasi produksi kolagen.

Meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut


Menggunakan akar burdock untuk menjaga kecantikan yang langgeng adalah praktik kuno yang masih menjadi tren hingga saat ini.

Tanin dan inulin dapat menjadi obat untuk rambut rontok dan rambut rontok yang dapat terjadi kapan saja sepanjang hidup Anda untuk banyak alasan.

Akar burdock meningkatkan sirkulasi darah, termasuk kulit kepala Anda yang pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut, dan sifat anti-inflamasi dapat mengurangi kulit kepala yang gatal dan teriritasi.

Dua cara terbaik untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan menambahkan akar burdock rebus ke minyak kelapa dan menerapkannya langsung ke kulit kepala Anda atau mengkonsumsinya secara teratur. Akar burdock juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C dan zat besi serta asam lemak esensial yang telah terbukti dalam penelitian untuk memberi Anda kunci yang lebih sehat.


Akar Burdock, bahan alami satu ini dapat digunakan dalam beberapa cara. Mulai dari mengonsumsinya sebagai teh atau suplemen hingga mengaplikasikan minyak esensial atau produk perawatan dengan kandungan ekstraknya. Akar burdock dapat dibuat menjadi lotion / salep topikal yang dapat Anda terapkan langsung ke area masalah. Menggunakannya secara teratur bahkan menunjukkan pengurangan besar pada garis halus dan kerutan. Dan selain manfaat diatas ternyata akar Burdock juga bisa digunakan untuk merawat rambut Anda.

Demikianlah ulasan artikel ini tentang burdock. Semoga dengan adanya informasi ini kita semua jadi punya wawasan lebih luas seputar buah buahan segar dan sayuran segar yang bermanfaat yang ada di Indonesia.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...