Sunday 9 September 2018

Bedah Manfaat: Khasiat Akar Burdock untuk Kesehatan Tubuh


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                Khasiat Akar Burdock untuk Kesehatan Tubuh

Akar burdock dikenal juga sebagai akar seribu tahun ini telah ada sejak zaman kuno, digunakan di setiap benua, dan orang-orang menggunakannya secara medis sebelum sains bahkan dapat membuktikan bahwa manfaatnya nyata. Ketika datang ke akar burdock, pengetahuan kuno yang diwariskan selama berabad-abad telah sekali lagi membuktikan bahwa dirinya benar.

Ada banyak akar yang telah menunjukkan manfaat nutrisi yang mengesankan, dan meskipun Anda mungkin belum pernah mendengar akar burdock, Anda akan kagum dengan apa yang mampu dilakukannya.
Burdock si umbi langsing yang memiliki nama latin Arctium lappa ini memiliki rasa yang cenderung manis dan bertekstur “kriuk”. Umbi ini terkenal dengan sebutan “Gobo” di Jepang “Niubang” di China, “Bardana” di Italia, “Bardane” di Perancis, dan juga “Dollenkraut” di Jerman.

Sekali tumbuh, tanaman burdock bisa mencapai 0.5-1.2 meter dan masa hidup 4 tahun, dengan daun berbentuk hati dan bunga yang mencuat di sela-sela tangkai daun berwarna ungu.

Tanaman burdock mekar antara bulan Juni dan Oktober. Daun Burdock bergelombang, berbentuk hati berwarna hijau di bagian atas dan putih pada bagian bawah. Sedangkan akar yang digunakan dalam pengobatan berwarna kecoklatan-hijau, atau hampir hitam.

Akar burdock telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat Jepang, Korea, Cina, dan banyak lagi negara-negara lain termasuk juga eropa. Tetapi bagi masyarakat kita, akar burdock masih terasa asing di telinga orang indonesia. Padahal, manfaat yang terkandung di dalam akar burdock sendiri sangat banyak sekali. Bagi Orang Cina, mereka percaya akar burdock adalah Afrodisiak, yaitu herbal yang dapat membantu merangsang daya seksual seseorang. Dan efektif dalam mengobati impotensi dan kemandulan.

Umbi ini sudah dikenal khasiatnya untuk berbagai macam pengobatan herbal. Masyarakat di China juga telah menggunakan umbi burdock sebagai obat kulit dan radang tenggorokan. Penelitian lebih lanjut mengungkapkan beberapa kandungan aktif dalam burdock seperti tannin, arctigenin, caffeic acid, chlorogenic acid, inulin, lappaol, β-eusdemol, dan diarctigenin. Lebih keren lagi, umbi satu ini memiliki beberapa aktivitas biologis yang sudah dibuktikan oleh para peneliti.

Dalam pengobatan tradisional burdock digunakan sebagai pembersih darah untuk menghapus aliran darah dari racun, sebagai diuretik (membantu membersihkan tubuh dari kelebihan air dengan meningkatkan urin output), dan sebagai obat oles untuk masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

Dalam pengobatan tradisional Cina, Burdock juga sering digunakan bersama tumbuh-tumbuhan lain untuk mengobati radang tenggorokan dan pilek. Selain itu ekstrak akar burdock ditemukan dalam berbagai obat-obatan herbal serta obat homeopati. Studi terbaru menunjukkan bahwa Burdock memiliki sifat prebiotik yang dapat meningkatkan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman burdock bagi kesehatanAnda:

Menurunkan gula darah


Diabetes bukanlah penyakit metabolik yang paling mudah untuk dikendalikan, tetapi ada tips dan trik untuk menurunkan gula darah dan mengurangi gejala tidak nyaman yang menyertainya. Yang cukup menarik, akar burdock mengandung serat prebiotik yang disebut inulin yang secara alami mengontrol dan menurunkan gula darah.

Akar burdock (bersama dengan akar lainnya) dipelajari lebih lanjut dalam mengelola gula darah, dan selama penelitian ini, para ilmuwan bahkan menemukan bahwa senyawa di akar ini menghambat retinopati diabetik (kondisi yang disebabkan oleh diabetes).

Kombinasi keduanya memungkinkan burdock root menjadi pengobatan diabetes alami yang ideal, tetapi Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum memilih pengobatan alami.

Mengobati dan mencegah kanker


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa arctigenin, suatu bahan kimia dalam burdock, sebenarnya tidak memperlambat pertumbuhan tumor. Burdock merupakan bahan aktif dalam obat-obatan alami yang populer untuk kanker, termasuk Essiac dan Hoxsey. Tentu saja, kanker adalah penyakit serius dan berpotensi mengancam nyawa.

Bibit kanker sudah ada dalam tubuh manusia dan akan bertumbuh atau mati sesuai kondisi imun sistem tubuh manusia. Bila tubuh memiliki imun yang baik, otomatis bibit kanker tidak akan berkembang. Burdock berisi arctigenin, zat efektif dalam memperlambat pertumbuhan tumor kanker.

Sel-sel kanker dapat tumbuh pada tingkat yang sangat cepat, tetapi akar burdock berpotensi melawan kanker dengan mencegah sel-sel ini dari metabolisme. Ini hanya salah satu dari banyak cara burdock root yang dapat memerangi kanker.

Akar burdock telah menjadi suplemen atau bahan herbal khusus untuk mengatasi beberapa jenis kanker. Diantaranya termasuk untuk kanker kulit, kanker yang menyerang ginjal, hati dan limfa. Akar burdock mengandung beberapa bahan alami yang akan melawan kanker seperti quercetin dan asam fenolik. Kemudian bahan arktigenin dalam akar burdock juga bisa memerangi kanker dengan efek membasmi sel abnormal kecil yang bisa berpotensi merusak sel tubuh yang sehat.

Teh essiac yang dibuat dengan akar burdock digunakan oleh pasien kanker di seluruh dunia dan telah menunjukkan sifat antitumor, antimutagenik, dan antineoplastik menurut penelitian. Lignan (antioksidan polifenol) dari burdock ditemukan oleh peneliti Jepang memiliki sifat apoptosis dan antiproliferatif yang dapat mempengaruhi sel leukemia.

Burdock memiliki kandungan inulin (serat prebiotik) yang berlimpah sehingga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di usus. Inulin melindungi tubuh dari karsinogen, racun, dan patogen yang dapat meningkatkan peradangan dan risiko kanker.

Burdock memiliki serat terbanyak diantara semua sayuran akar, yang baik bagi pencegahan penyakit usus besar. Burdock juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, kalsium, dll. Mengandung proporsi serat larut dan tidak larut asam laktat yang seimbang untuk merangsang, sembelit (sukar atau tidak dapat buang air besar) dan meningkatkan pembuangan cholesterols. Burdock juga meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan angin dan panas dalam, membersihkan paru-paru dan mengurangi eksim, edema dan racun tubuh, mencegah kanker dan arteriosclerosis. Kandungan besinya merupakan suplemen makanan yang baik untuk wanita dalam perawatan kulit.

Meringankan gejala-gejala PMS (Pramenstruasi)


Mengkonsumsi burdock dapat membantu meringankan beberapa iritasi yang disertai sindrom Pramenstruasi (PMS) bagi banyak perempuan, menurut James Duke, Ph.D., seorang pakar herbal. Dikutip oleh penulis Amyfield dalam sebuah artikel di akar burdock pada bulan Mei / Juni 2005. Majalah "The Herb Companion".

Membersihkan racun dalam darah


Ini adalah manfaat yang dimulai sebagai obat rakyat dan kemudian diteliti dengan sains modern dan terbukti benar.

Orang-orang zaman kuno percaya bahwa akar burdock mendetoksifikasi dan memurnikan darah untuk memastikan kesehatan yang langgeng - ternyata itu benar-benar efektif menghilangkan logam berat dari aliran darah.

Logam berat yang umum yang dapat menyebabkan keracunan termasuk arsenik, timbal, kadmium, dan merkuri. Logam berat dalam aliran darah dapat dengan mudah disebabkan oleh polusi air / udara atau dengan mengkonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu.

Melacak mineral dalam darah secara negatif mempengaruhi seluruh tubuh, dan burdock root dapat menghilangkan racun ini untuk lebih meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan organ.

Bukti pertama bahwa akar burdock memang bisa membersihkan racun dalam darah memang sangat tepat. Akar burdock adalah salah satu bahan yang bisa membuang semua logam yang masuk ke dalam tubuh. Kita mungkin tidak pernah menyadari kapan beberapa logam berbahaya ini masuk ke tubuh. Tapi Anda bisa mendapatkannya dari makanan, lingkungan dan bahkan pemakaian produk kosmetik dan obat kimia. Akar burdock akan bekerja untuk menghancurkan semua logam ini dan berusaha mengembalikan kemurnian darah termasuk untuk tingkat pH alami tubuh.

Membantu penyembuhan iritasi kulit, jerawat dan lain-lain


Teh burdock dapat membantu mengobati iritasi kulit atau Eksim, jika Anda meminumnya dengan teratur. Selain itu, teh burdock juga bisa menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara menggunakannya bisa di minum langsung, atau juga bisa dengan cara mencelupkan kain bersih di dalam teh burdock murni tanpa pemanis atau penyedap lainnya. Lalu kompres langsung ke kulit yang terkena iritasi.

Burdock (Arctium lappa ([Latin]), juga dikenal sebagai duri, bagian akar dari tanaman burdock adalah yang paling sering digunakan dalam suplemen herbal. Akar burdock segar mengandung polyacetylenes, yaitu fitokimia yang membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur. burdock telah digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur, termasuk kurap, infeksi saluran kemih, dan jerawat. efek antibakteri ini juga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan membantu mengobati bisul.

A natural and organic diuretic


Limbah dan racun biasanya dikeluarkan melalui saluran kemih, dan diuretik secara alami membantu ginjal menyingkirkan natrium dan air ekstra dengan membantu Anda buang air kecil lebih sering.

Dengan mengonsumsi burdock secara teratur, Anda dapat meningkatkan laju pembuangan limbah dan mencegah retensi air. Pemberian diuretik secara teratur pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah karena volume darah menurun selama proses lebih banyak air dan natrium meninggalkan tubuh.

Menurut US National Library of Medicine dan National Institutes of Health, burdock dapat membantu meningkatkan aliran urin dari tubuh anda. Karena burdock adalah diuretik alami. Diuretik biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan dapat mengurangi resiko stroke penyakit jantung. Karena itulah burdock berfungsi sebagai pemurni darah dan diuretik, dan mendukung kesehatan hati, ginjal, dan kandung kemih.

Setelah unsur-unsur yang terkandung dalam burdock masuk ke organ-organ tubuh, maka terjadilah proses pembuangan racun atau toksin dari dalam tubuh yang biasanya disebut Detoksifikasi.

“Jangan panik dan jangan berhenti bila muncul gejala-gejala karenanya”. Gejala tersebut di akibatkan oleh proses Detoksifikasi (proses pembuangan racun atau toksin dari dalam tubuh). Artinya kandungan yang terdapat dalam burdock sedang bekerja melawan racun-racun di dalam tubuh. Dampak yang terjadi berbeda-beda, tergantung dari penyakit yang dimiliki oleh masing-masing individu. Misalnya, jika di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit alergi kulit, maka akan terjadi gatal-gatal beberapa hari kedepan. Atau jika di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit perut, sering masuk angin, maka terjadi gejala seperti BAB yang tidak normal pada awal mengkonsumsi teh burdock. Tetapi dampak tersebut tidaklah lama, sekitar 3 hari sampai 10 hari, atau bisa juga sampai 30 hari. Namun bukan berarti terus-menerus, tetapi kadang muncul kadang tidak. Tergantung masing-masing individu.

Akar burdock juga bisa membantu membuang semua racun dalam ginjal kita. Akar ini membantu menghilangkan racun dengan cara menyerap semua cairan dan racun dari ginjal, kemudian bisa masuk ke saluran sekresi dan keluar dari tubuh menjadi urin. Konsumsi air bisa meningkat dengan baik sehingga ini juga bisa membantu mencegah dehidrasi. Namun untuk orang yang sudah menderita kelainan ginjal maka akar burdock tidak efektif, karena bisa meningkatkan kebutuhan cairan yang berbahaya untuk kerja ginjal.

Memperbaiki sistem pencernaan


Sarat dengan serat dan sifat anti-inflamasi, burdock root tidak hanya bantuan pencernaan yang sangat efektif, tetapi memberikan kenyamanan dan kelembutan selama proses.

Masalah pencernaan umumnya menyebabkan konstipasi dan serat membantu buang air besar untuk mengurangi kembung, bisul, kram, dan sakit perut.

Inulin yang dikemas di dalam akar burdock dapat menghancurkan bakteri di usus yang mungkin menjadi penyebab masalah perut Anda.

Mengobati penyakit umum


Sakit kepala, flu, sakit tenggorokan dan masalah sinus mempengaruhi jutaan dari kita setiap tahun. Perubahan garis lintang, sikap, atau musim dapat menjadi supervisi, tetapi akar burdock dapat membantu melawan semua gangguan umum ini.

Kelompok bakteri yang besar dan menjijikkan yang disebut biofilm telah terbukti dihancurkan oleh akar burdock.

Dengan sifat antibakteri ini dalam kombinasi dengan senyawa anti-inflamasi, akar burdock dapat membunuh bakteri roaming dan mengobati peradangan yang ditimbulkannya. Akar burdock bahkan dapat berpotensi melawan infeksi saluran kemih.

Meningkatkan fungsi sistem limfatik


Ini adalah jaringan besar organ dan jaringan yang memompa sel darah putih melalui tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Memperkuat sistem limfatik berarti bahwa kelenjar getah bening di seluruh tubuh Anda akan dengan mudah membawa dan mentransfer cairan ini ke dan dari darah dan ke organ yang terinfeksi dan membutuhkan lebih banyak sel darah putih di sekitarnya.

Akar burdock sangat efektif untuk membantu meningkatkan fungsi limfatik dalam tubuh. Mengapa kita membutuhkan sistem limfatik yang kuat? Sebenarnya tubuh kita memiliki sistem pengolahan cairan hingga diserap oleh tubuh. Jaringan pada pembuluh darah di rubuh akan membantu membawa cairan ke bagian tubuh dan juga memanfaatkan kelenjar getah bening. Kemudian akar burdock akan berfungsi untuk membersihkan racun dalam kelenjar getah bening dan pembuluh darah. Tentu saja ini juga sangat baik untuk membantu fungsi limfa dalam tubuh menjadi lebih sehat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, akar burdock mendetoksifikasi darah dan meningkatkan drainase kelenjar getah bening, menjadikannya sebagai aksesori hebat bagi sistem limfatik. Memompa kelenjar getah bening Anda tidak terjadi secara alami - biasanya, olahraga lah yang membuat mereka bergerak.

Akar burdock adalah salah satu dari sedikit herbal yang dapat memompa kelenjar getah bening secara alami!.

Anti mikroba dan antivirus


Caffeic acid dan chkorogenic acid yang ada di dalam ekstrak burdock mampu menangkal her-pesvirus (HSV-1, HSV-2) and adenovirus (ADV-3, ADV-11). Selain itu ekstrak burdock juga memiliki aktivitas antimikroba terhadap Eschericha coli dan Salmonella abony enterica.

Anti alergi


Ekstrak butanol yang didapatkan dari umbi burdock memiliki aktivitas anti alergi karena mampu menurunkan pelepasan β-hexosaminidase dari mast cell.

Kandungan Nutrisi Akar Burdock
Akar burdock dapat digunakan dalam banyak cara - mentah dan ditambahkan ke sup mirip dengan bagaimana wortel digunakan, diekstraksi dan digunakan secara topikal, dan direndam dalam teh.

Di bawah ini adalah jumlah nutrisi yang Anda dapatkan hanya dalam satu cangkir akar burdock mentah:

85 kalori dan 0,2 gram lemak, 20,5 karbohidrat dan 3,9 gram serat makanan, 1,8 gram protein, Vitamin B6: 0,3 mg (14% RDV), Mangan: 0,3 mg (14% RDV), Magnesium: 44,8 mg (11% RDV), Kalium: 363 mg (10% RDV), Folat: 27,1 mg (7% RDV), Vitamin C: 3,5 mg (7% RDV), Fosfor: 60,2 mg (6% RDV), Kalsium: 48,4 mg (RDV 5%), Besi: 0,9 mg (5% RDV), Tembaga: 0,1 mg (5% RDV).

Selain itu, umbi ini juga kaya akan vitamin E, vitamin K, Niasin, Ribovlavin, dan juga kandungan mineral lain seperti selenium, dan juga zinc yang baik untuk tubuh kita.

Tidak dianjurkan mengkonsumsi teh burdock bagi wanita hamil dan menyusui dikarenakan tindakan diuretik (frekuensi produksi air seni) yang sangat aktif.

Burdock lebih sering dijadikan lauk oleh masyarakat di Jepang, mulai dari tempura atau gorengan, acar, tumis, campuran bubur, atau ditanak bersama nasi.


Demikianlah ulasan artikel ini tentang tanaman burdock. Semoga dengan adanya informasi ini kita semua jadi punya wawasan lebih luas seputar buah buahan segar dan sayuran segar yang bermanfaat yang ada di Indonesia.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...