Friday 19 July 2019

Berbagi Tips: Berbagai ragam Manfaat serta Fungsi Lip Balm


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Berbagai ragam Manfaat serta Fungsi Lip Balm

Jika melihat dari namanya saja, Anda tentunya sudah paham bahwa lip balm merupakan produk untuk bibir. Fungsi lip balm adalah untuk menjaga kelembapan pada bibir. Masalah bibir kering memang terkadang sulit untuk dihindari, terutama jika Anda menggunakan berbagai produk bibir lainnya seperti lipstick dan lip cream yang terkadang membuat bibir semakin kering.

Polusi dan cuaca yang panas dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Keindahan bentuk dan warna lipstik menjadi tidak sempurna karena adanya retakan pada bibir. Untuk itu, tidak jarang lip balm dijadikan solusi untuk meminimalisasi bibir kering saat musim panas tiba. Umumnya, lip balm mengandung bahan-bahan yang aman bagi bibir. Antara lain castor oil, minyak bunga matahari, jojoba, kelapa, dan lebah madu yang bisa melembapkan, menutrisi hingga melindungi bibir dari polusi dan udara panas.

Harus diakui, lip balm menjadi pilihan cepat untuk Anda untuk merawat bibir. Jika dilakukan secara rutin, tidaklah mustahil jika bibir Anda akan tetap terlihat sehat karena lip balm tidak hanya mampu melembapkan namun juga bisa membantu mencegah bakteri yang masuk ke bibir. Tentunya hal tersebut haruslah di imbangi dengan asupan makanan yang bernutrisi. “Bibir itu bagian yang sering dapat perhatian jadi harus dirawat. Cara pakainya sih ga’ da batasan ya, kapanpun merasa perlu pakai ya sah-sah saja. Jadi bisa dipakai ulang lagi,” tutur Manager Marketing Nivea, Diana Riaya saat peluncuran Nivea Lip Balm Pop Ball di Jakarta.


Bahkan, banyak perempuan yang lebih suka menggunakan lip balm dibanding lipstick. Alasannya simpel, lip balm bisa digunakan untuk mempercantik bibir supaya tidak kering dan menjadikan tampilan bibir terlihat lebih tebal.

Saat ini produk lip balm yang beredar di pasaran semakin beragam. Mulai dari yang berwarna, beraroma, sampai yang lengkap menutrisi kulit bibir. Keberagaman tersebut tentu tidak lepas dari manfaat utama lip balm.

Lip balm adalah salah satu produk yang penting untuk dimiliki oleh perempuan. Pada awalnya produk lip balm hanya berbentuk stick seperti lipstik. Namun, seiring perkembangan dunia perawatan kecantikan, lip balm kini hadir dalam berbagai warna dan bentuk. Beragam desain yang unik dapat membuat siapapun yang melihatnya gemas dan akan semakin menarik saat dibawa kemanapun. Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga kelembapan bibir, khususnya ketika Anda sedang mengenakan lipstik matte. Lip balm juga memiliki fungsi sebagai pulasan dasar sebelum memakai lipstik supaya bibir tidak kering. Di bawah ini merupakan penjelasan manfaat lip balm untuk bibir, diantaranya yaitu:

Melembabkan bibir
Lip balm sangat bermanfaat untuk melembabkan bibir khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan terhadap berbagai gangguan. Bibir yang kering lama kelamaan akan membuat bibir pecah-pecah kemudian sobek dan berdarah. Supaya masalah ini bisa Anda hindari, maka gunakan lip balm secara rutin setiap hari.


Pemakaian lip balm sebelum tidur juga sangat penting untuk dilakukan. Kandungan-kandungan penting di dalam lip balm, seperti vitamin E dan jojoba oil akan dapat meresap merata ke area bibir selama kita tidur. Dan tidak mengherankan, saat kita bangun di pagi harinya, bibir terasa lebih kenyal dan lebih lembab.

Melembutkan kulit bibir
Selain cleanser, toner dan mosturizer, sepertinya lip balm juga wajib dimasukkan ke dalam produk kecantikan harian Anda.


Untuk itu, pilih produk pelembap bibir yang mengandung minyak jojoba, emmolient, vitamin E, sterol dan asam oleat yang mampu menghaluskan kulit bibir Anda. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, oleskan lip balm ke seluruh permukaan bibir pada malam hari sebelum tidur. Setelah itu, berikan pijatan agar formula lip balm semakin meresap. Dan, bersiaplah untuk merasakan sebuah tampilan bibir yang lebih halus dan lembut!

Mempercantik warna bibir
Produk lip balm yang bagus akan mampu membuat bibir anda terlihat lebih cantik. Bibir yang terlihat menghitam bisa mengurangi kecantikan dan bisa terjadi karena terlalu banyak terpapar sinat UV dari matahari. Kandung beberapa bahan alami yang terdapat dalam produk lip balm akan membuat bibir selalu terlindungi dari sinar UV sehingga warna bibir Anda bisa kembali secara alami.


Bibir yang berwarna hitam pasti akan menjadikan Anda kurang percaya diri. Dengan warna bibir yang gelap, Anda pun akan kesulitan dalam memilih lipstick yang tepat, karena pigmentasi lipstick menjadi tidak intens. Dan, sebuah produk pelembap bibir dapat Anda jadikan sebagai penolong. Selain mampu menjaga kelembapan dan kelembutan bibir, berbagai kandungan ekstra yang terdapat dalam lip balm  bisa membantu mengembalikan warna asli bibir. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan lip balm sebagai produk pencerah bibir.

Efek penggunaan lip balm sebelum tidur pun dapat Anda rasakan, bibir seperti sedang melakukan spa. Suhu di bibir menjadi meningkat, dan melunturkan racun-racun di area bibir, sel kulit mati pun digantikan dengan sel-sel kulit baru yang membuat bibir tampak lebih cerah.

Kebiasaan memakai lip balm sebelum tidur dijamin akan memberikan efek baik yang signifikan bagi bibir kita.

Membuat bibir terlihat penuh
Manfaat berikutnya dari lip balm adalah untuk membuat tampilan bibir terlihat lebih penuh. Ini bisa terjadi karena kandungan pelembab yang membuat bibir terlihat lebih cerah, mengkilap dan segar sehingga akan tampak lebih penuh. Bagi penggemar bibir tebal seperti milik Kylie Jenner atau Mick Jagger, lip balm merupakan suatu produk yang tepat untuk Anda aplikasikan.


Untuk pemilik bibir tipis, Anda dapat memanfaatkan lip balm untuk mendapatkan tampilan bibir yang terlihat lebih berisi. Dengan penggunaan beauty item ini, bibir akan tampak penuh dan berkilau sehingga mendatangkan efek segar dan lembap pada tampilan bibir Anda. Untuk mendapatkan bibir yang cantik dan ber-volume, sebaiknya pilihlah produk lip balm yang mengandung asam lemak tak jenuh.

Mencerahkan warna lipstik
Lip balm juga bisa mencerahkan warna lipstik yang biasa Anda gunakan.


Dengan tekstur bibir yang sempurna, maka secara otomatis lipstik akan melekat sempurna dan kelembaban dari lip balm akan membuat warna lipstik memancar lebih sempurna.

Mengatasi masalah bibir pecah – pecah
Menyepelekan perawatan pada area bibir dapat mengakibatkan permasalahan pada bibir sehingga tak jarang bibir pun mengalami pecah-pecah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membasahi bibir dengan menggunakan air dingin sebelum menggunakan produk lip balm. Pastikan lip balm yang Anda pilih bebas dari alkohol serta pemanis buatan.


Juga bagi Anda yang memiliki tekstur kulit bibir tipis, maka akan sering mengalami masalah bibir seperti terkelupas, pecah – pecah dan juga kering. Dengan memakai produk lip balm secara teratur, maka bibir akan selalu terhidrasi dengan baik dan berbagai masalah bibir tersebut bisa disembuhkan.

Bibir yang kering banyak yang berujung pada kondisi pecah-pecah. Hal tersebut pastinya menjadikan kita merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Belum lagi jika timbul luka pada permukaan yang pecah-pecah tersebut.


Lip balm juga sekaligus mampu menyembuhkan kondisi bibir yang rusak. Kulit bibir memang memiliki tingkat ketebalan yang lebih tipis dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya, sehingga menjadikan bibir mudah mengalami kekeringan akibat udara yang panas. Bibir kering akan dapat dengan mudah mengelupas hingga berdarah, produk lip balm dengan kandungan synthetic ceradimes yang berfungsi sebagai lemak bisa membantu melindungi bibir terhadap paparan sinar matahari.Dan, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sangat dianjurkan untuk menghindari produk lip balm yang mengandung bahan kimia seperti fragrance atau pewangi lainnya, karena dapat menyebabkan alergi dan kulit bibir pun jadi menghitam.


Udara dingin serta ruangan ber-AC juga sering menjadi penyebab bibir lebih cepat kering, mengelupas dan berakhir pada bibir pecah-pecah. Hal yang demikian selain menyebabkan ketidak nyamanan, juga pastinya tidak sedap dipandang mata, penggunaan lip balm di bibir saat musim hujan akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan gangguan. Fungsi lip balm yang melembapkan akan mampu untuk mengurangi masalah bibir pecah-pecah. Selain itu, tentunya lip balm juga akan menjaga kelembapan bibir agar masalah bibir pecah-pecah tidak datang kembali.

Memiliki kandungan SPF
Produk lip balm yang bagus pasti memiliki kandungan SPF yang berguna untuk melindungi bibir dari sinar matahari yang berbahaya. Sehingga untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk mengaplikasikan lip balm secara rutin di area bibir Anda.


Siapa sangka bahwa sensasi terbakar sinar matahari tidak hanya terjadi pada wajah, tapi juga terjadi pada area bibir. Hal ini disebabkan oleh tipisnya lapisan jaringan kulit pada bibir. Bagi Anda yang kerap mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk menggunakan lip balm dengan kandungan Sun Protection Factor (SPF) sebagai perlindungan.

Saat ini sudah banyak produk lip balm yang mengandung SPF dan shea butter di dalamnya, kedua kandungan tersebut, baik itu SPF dan shea butter secara otomatis dapat membantu bibir supaya tidak kering sekaligus melindunginya dari paparan sinar matahari yang jahat.


Selain SPF dan shea butter, Anda juga perlu memastikan bahwa produk lip balm andalan Anda sudah mengandung minyak essensial yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi bibir dari radikal bebas. Bukan suatu hal yang salah, jika Anda memilih produk pelembap bibir yang memiliki proteksi ekstra terhadap kesehatan bibir.

Tampak lebih muda
Dengan bibir yang selalu terhidrasi secara baik karena kandungan nutrisi dalam lip balm, maka akan dapat mengurangi pigmentasi di area bibir sekaligus terhindar dari kanker kulit.


Produk lip balm yang bagus juga memiliki kandungan antioksidan di dalam formulasinya, sehingga sangat berguna untuk meremajakan kulit bibir Anda supaya tetap tampak lebih awet muda.


Meskipun lebih terkenal sebagai produk untuk melembapkan bibir, tapi ternyata terdapat fungsi lip balm lainnya yang jarang diketahui orang. Dan, berikut adalah beberapa manfaat lip balm selain digunakan untuk kecantikan bibir yang tentunya perlu Anda ketahui.

Melembapkan bagian tubuh lain
Fungsi lip balm yang melembapkan tidak hanya dapat Anda rasakan untuk bibir saja, tapi juga di berbagai spot tubuh lainnya. Bagian tubuh seperti lutut dan siku cenderung lebih kering dan kasar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Anda bisa mengaplikasikan lip balm pada bagian tubuh tersebut untuk melembapkan dan menghaluskan kulit.


Penampilan, siku, sudut hidung, lutut, dan tumit yang kering dapat berisiko menjadi tempat berkembang biak bakteri. Jika masalah ini sudah sampai pada tahap kulit mengelupas, Anda dapat memanfaatkan lip balm karena formulanya lebih kuat untuk melembapkan kulit. Cukup oleskan secara tipis-tipis supaya tetap terasa nyaman.


Fungsi lip balm sebagai pelembap bisa juga Anda aplikasikan di kulit tangan atau kaki Anda sebagai pengganti hand and body lotion. Jadi, Anda tidak perlu ambil pusing ketika mengalami kondisi kulit bersisik, kusam ataupun tumit kering. Kandungan pelembab dalam produk lip balm akan menghaluskan kulit tangan serta kaki dari berbagai masalah kulit tersebut.


Dan, bagi Anda yang tinggal di pegunungan atau dataran tinggi, mungkin sering mengalami tumit kering dan pecah-pecah karena suhu yang dingin. Oleskan lip balm ke tumit sebagai pelembab untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Sebagai kondisioner rambut
Lip balm tidak hanya bisa digunakan untuk melembabkan bibir, namun juga bisa dipakai untuk kondisioner rambut. Anda bisa memanaskan lip balm ini sebentar agar lebih cair kemudian dioleskan pada rambut.


Lip balm akan dapat dijadikan sebagai item penolong di kala hair conditioner Anda habis, tapi belum ada budget buat beli lagi, sedangkan rambut kering Anda harus tetap dikendalikan.

Mengatasi masalah rambut
Masalah rambut sulit diatur ataupun rambut yang keluar seperti rambut ekor bebek dan membuat tatanan rambutmu yang sudah rapi terlihat kurang maksimal, hal tersebut dapat Anda atasi dengan bantuan lip balm. Caranya adalah dengan mengoleskan lip balm ke tangan, lalu gunakan tangan Anda untuk menyisir dan menggosok rambut secara perlahan. Kemudian sisir rambut Anda seperti biasa.


Anak rambut yang biasa terdapat di sekitar dahi atau di tengkuk leher kadang bisa menjadi hal yang menjengkelkan. Terlebih jika ingin menata rambut dengan gaya pony tail yang silky. Namun Anda dapat mensiasatinya dengan mengoleskan sedikit produk lip balm pada helai rambut kemudian tata hingga menyatu dengan rambut lainnya.


Dan, jika Anda gemar adalah seseorang yang senang bereksperimen dengan pewarna rambut serta melakukannya sendiri di rumah, mengaplikasikan lip balm pada bagian garis rambut dapat menjadi trik jitu untuk menghindari noda warna yang ikut menempel pada kulit. Cara ini juga dapat menghindari risiko terkena alergi akibat bahan-bahan kimia dalam pewarna rambut.

Aktivitas seharian yang sering terpapar polusi dan sinar matahari juga dapat membuat rambut Anda kering. Lip balm bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah ini, bahkan manfaat yang dirasakan lebih dari serum rambut.


Rambut bercabang juga dapat Anda cegah dengan mengaplikasikan lip balm. Karena lip balm dapat menutrisi, serta menjaga supaya kutikula rambut tetap tertutup dan mencegahnya dari kekeringan. Sehingga, Anda tidak perlu terlalu sering memotong ujung rambut Anda.

Sebagai blush-on dan eyeshadow
Fungsi lip balm selanjutnya adalah untuk membuat warna dari eyeshadow dan blush-on Anda lebih keluar. Warna eyeshadow dan juga blush-on yang lebih pigmented bisa membuat make-up Anda lebih menyala.


Anda bisa menjadikan lip balm sebagai base eyeshadow untuk menghasilkan warna eyeshadow yang lebih menyala. Mencampur lip balm dengan eyeshadow akan menghasilkan riasan mata yang lebih bercahaya. Warna eyeshadow pun semakin intens karena setiap pigmen dapat merekat dengan sempurna berkat permukaan kelopak mata yang lembap. Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara mengoleskan lip balm pada sikat atau kuas make-up sebelum Anda memakainya untuk mengaplikasikan eyeshadow sehingga warna akan tampak lebih dalam. Namun, Anda harus tetap berhati-hati agar tidak menggunakan produk lip balm secara berlebihan karena dapat menciptakan garis lipatan yang tidak indah dilihat.


Sedangkan untuk blush-on, Anda bisa mencampurkan blush-on powder dengan lip balm, lalu mengaplikasikannya pada pipi Anda. Mencampur produk blush-on powder dengan lip balm hingga bertekstur cream, akan memberikan intensitas warna yang lebih pekat serta dapat membaur alami dengan kulit kamu ketika diaplikasikan.

Highlighter
Lip balm juga bisa Anda manfaatkan sebagai highlighter dalam keadaan mendesak. Gunakan produk lip balm yang memiliki formula glossy untuk dapatkan tampilan dewy dan glowy. Aplikasikan lip balm secara merata pada bagian tulang pipi, tulang hidung, serta bagian wajah yang di inginkan untuk memantulkan cahaya secara alami menggunakan jari atau sponge.


Seperti memakai highlight biasanya, efek kilau lip balm serupa dengan efek yang diberikan highlight. Anda juga dapat mengoleskan lip balm secara tipis pada bagian atas tulang pipi setelah pengaplikasian pelembap. Aplikasikan foundation dengan gerakan menepuk-nepuk secara halus supaya lip balm tidak bergeser ke bagian wajah lainnya. Dan, wajah Anda akan tampak sehat dalam sekejap seolah bercahaya dari dalam.

Mempertahankan bentuk alis
Alis yang terlihat tebal merupakan idaman hampir setiap wanita, dan pensil alis salah satu jalan untuk mendapatkannya. Namun,sebuah produk pensil alis pun punya kekurangan, yaitu mudah luntur saat terkena air atau keringat.


Lip balm mampu dipergunakan untuk mempertahankan bentuk alis. Alis yang cenderung panjang dan sulit diatur juga akan menciptakan kesan berantakan pada wajah. Setelah mengaplikasikan pensil alis, Anda bisa menggunakan eyebrow gel supaya pensil alis bisa bertahan lebih lama. Tapi jika Anda tidak memiliki eyebrow gel, maka Anda juga bisa mengoleskan lip balm pada bagian alis untuk mempertahankan bentuk alis Anda lebih lama. Oleskan tipis-tipis, dan warna alis Anda pun akan tetap bertahan manis.

Membersihkan sisa maskara
Pengaplikasian maskara tidak selalu berjalan mulus dan hasilnya selalu rapi. Terkadang ada butir-butir maskara yang jatuh ke bagian bawah mata dan tentunya dapat merusak penampilan make-up Anda. Cobalah mensiasatinya dengan membersihkannya menggunakan cotton bud yang sudah dilapisi dengan lip balm. Dan, jika sebagian make-up wajah turut terambil, Anda tidak perlu panik, cukup ambil concealer, foundation, atau bedak untuk menutupi area tersebut.


Hindari produk lip balm yang mengandung mint agar tidak pedas di mata.

Pengganti eye cream
Produk lip balm dapat digunakan sebagai pengganti eye cream. Kurang tidur atau kelelahan dapat menimbulkan kantung mata yang bisa mengganggu penampilan Anda. Oleskan lip balm secara merata dan teratur di area sekitar mata sebagai pengganti eye cream untuk menenangkan kulit dan mengurangi kantung mata Anda.


Sering begadang memang dapat menyebabkan pinggiran mata Anda menjadi hitam. Namun, lip balm bisa Anda andalkan untuk menghilangkan mata panda, mencegah kerutan halus di bawah mata atau lingkaran hitam yang ada dibagian bawah kelopak mata.

Mengatasi iritasi hidung
Saat pilek, bukan cuma kepala pening saja yang Anda rasakan. Namun, kulit di sekitar lubang hidung pun akan ikut terasa menyakitkan. Karena, setiap saat hidung Anda harus diseka menggunakan saputangan ataupun tisu untuk membersihkan area lubang hidung, sehingga menyebabkan area sekitar hidung menjadi lecet.


Tapi tenang, Anda tetap bisa mengatasi iritasi, lecet dan juga kemerahan, dengan mengoleskan lip balm di area hidung Anda yang terkelupas dan kering. Cukup oleskan saja 2-3 kali sampai terasa lembab dan tidak sakit lagi.

Pelindung kuku
Dengan bentuk produk yang praktis dan memiliki banyak manfaat, lip balm menjadi produk kecantikan yang tidak terpisahkan dari rutinitas sehari-hari.


Anda juga dapat menggunakan lip balm sebagai pelindung kuku sebelum dicat. Usapkan secara merata di permukaan kuku, tunggulah beberapa waktu hingga formula lip balm meresap ke dalam kutikula, kemudian baru sapukan cat kuku agar kutikula terlindung dari kerusakan.

Kuku yang cantik dan terawat bisa mencerminkan bagaimana Anda merawat diri sendiri. Karena itulah, Anda harus telaten dalam merawat kuku dan area sekitarnya. Pemakaian lip balm secara rutin pada area kutikula akan menjadikannya terjaga kesehatannya.

Mencegah lecet akibat sepatu
Lip balm dapat digunakan untuk mencegah lecet pada kaki akibat sepatu. Ketika menggunakan sepatu baru, biasanya kaki belum mengesuaikan dengan bentuk sepatu, akibatnya lecet pun tidak dapat dihindari.


Jika menggunakan plester membuat Anda merasa penampilan terganggu, maka Anda cukup menggunakan lip balm di bagian kaki yang mudah lecet sebelum menggunakan sepatu baru.

Menghentikan pendarahan
Datangnya musibah siapa yang akantahu. Ketika Anda mengalami luka dan terjadi pendarahan, jangan berpikir panjang, langsung ambil lip balm Anda dan oleskan pada bagian yang luka.


Lip balm akan mampu menghentikan aliran darah pada area yang terluka, dan ini merupakan salah satu kegunaan lip balm yang ajaib.

Sebagai lilin sementara
Ketika mati lampu, namun tidak ada persedian lilin. Dan, ingin ke luar rumah juga tidak bisa karena di luar hujan sedang bertandang bersama petir dan angin. Anda tidak perlu panik, ambil lip balm kemudian masukkan batang korek api pada bagian tengahnya.


Batang korek api inilah yang menjadi pengganti sumbu untuk menjaga supaya tetap menyala. Memang tidak akan bisa awet seperti lilin, tapi bisa mengusir gelap untuk sementara.

Pelumas resleting dan cincin
Perlu juga untuk Anda ketahui, produk lip balm dapat digunakan untuk mengatasi resleting yang macet serta kesulitan saat mengeluarkan cincin yang Anda pakai dengan cepat.


Terkadang setelah digunakan seharian, cincin bisa sulit untuk dilepas karena jari akan sedikit membengkak akibat panas. Manfaatkan lip balm sebagai pelumas agar cincin dapat dilepas dengan mudah tanpa menarik dan mencegah iritasi kulit jari. Caranya ; 0leskan lip balm pada permukaan jari dan cincin/resleting, lalu tarik secara perlahan supaya tidak sakit.

Menghilangkan sisa stiker di kaca
Ketika Anda jengkel karena sisa-sisa stiker pada kaca kamar cukup sulit untuk dihilangkan. Maka, kegunaan lip balm yang satu ini harus Anda praktikkan.


Caranya gampang, Anda tinggal mengoleskan lip balm di tempat-tempat sisa stiker yang membandel. Kemudian tunggu hingga 10 menit, setelah itu coba gosok lagi. Dijamin sisa stiker pun luruh oleh kekuatan lip balm.


Lip balm sangat bermanfaat untuk melengkapi tampilan make-up Anda khususnya pada area bibir dan juga berguna dalam menjaga kesehatan bibir. Namun, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh serta rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan, Karena jika kita sehat di dalam, tentunya akan juga terpancar di luar. Perlu juga Anda ketahui bahwa lip balm memang bukan produk kecantikan yang bisa dimakan. Namun kadang kala, lip balm bisa saja secara tidak sengaja termakan atau masuk ke mulut bersama dengan makanan. Para ahli mengatakan bahwa tidak ada salahnya jika lip balm masuk mulut dalam jumlah kecil.

Seperti halnya produk kecantikan lainnya, lip balm juga memiliki tanggal kedaluarsa. Produk ini juga akan berisiko menyebabkan berbagai masalah di kulit jika digunakan setelah tanggal kedaluarsa. Dan, setelah Anda mengetahui berbagai ragam kegunaan dari lip balm, jadikanlah beauty item tersebut sebagai produk andalan Anda dalam merawat area bibir.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...