Friday 19 July 2019

Berbagi Tips: Cara Mudah Mengetahui Produk Jam Tangan Original


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Mudah Mengetahui Produk Jam Tangan Original

Hampir setiap hari semua orang memakai jam tangan. Selain karena kebutuhan untuk menunjukkan waktu, jam tangan juga mampu membuat penampilan Anda lebih elegan. Tidak terkecuali bagi mereka yang berkantung tebal atau kalangan atas, jam tangan sangat penting untuk dikenakan dan sebuah produk jam tangan mewah sudah pasti menjadi incarannya.

Jam tangan merupakan aksesoris tangan yang ikonik di dunia fashion. Dengan bentuknya yang simpel dan elegan, jam tangan bisa membuat outfit Anda terlihat lebih menarik. Walaupun Anda memakai outfit yang biasa-biasa saja. Namun, jam tangan dapat menjadi highlight dari overall outfit Anda.

Jika seseorang tidak memakai jam tangan saat beraktivitas seperti ada sesuatu yang kurang, sehingga akan terlihat kurang kece atau standar-standar saja. Karena itulah, jam tangan akan menjadi point plus serta akan semakin memperlihatkan seorang tampak seperti profesional.


Di abad ke-21 ini, jam tangan bukan lagi sebuah kebutuhan, tetapi sebuah bagian dari gaya hidup atau lifestyle. Buktinya, tidak sedikit orang yang membeli jam tangan untuk dijadikan koleksi. Bagi seorang yang ingin tampil gagah dan mempesona, jam tangan yang Anda kenakan juga akan berpengaruh terhadap penampilan Anda secara keseluruhan. Dan, sangat disarankan bagi Anda dalam memilih sebuah produk jam tangan disesuaikan pula dengan rutinitas keseharian Anda.

Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16. Saat itu, semua arloji dan alat penunjuk waktu masih menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand winding). Jam tangan adalah sebuah item penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Namun, saat ini penggunaannya tidak hanya sekedar sebagai penunjuk waktu, tapi juga sebagai bagian dari fashion. Seiring perkembangan jaman, fungsi jam tangan pun semakin naik kelas, yaitu menjadi simbol kewibawaan dan kemewahan seseorang. Dan, banyak orang yang lebih memilih membeli produk jam tangan original. Selain lebih awet tentunya, bisa digunakan sebagai aset untuk berinvestasi jika memiliki harga yang cukup tinggi.

Pada jaman dulu, pengguna arloji hanya didominasi oleh kaum wanita saja. Sedangkan kaum pria lebih memilih menggunakan jam saku. Arloji tertua di dunia yang diketahui adalah milik ratu Inggris Elizabeth I. Arloji tersebut dibuat oleh Robert Dudley pada tahun 1571.


Jam tangan menjadi sebuah aksesoris wajib bagi wanita dan pria untuk menunjang penampilan kesehariannya. Sederet jam tangan original brand dunia hadir di Indonesia untuk menambah koleksi pribadi Anda. Namun, tidak jarang, banyak penjual 'nakal' yang menjajakan jam tangan tiruan di beberapa tempat dan situs online ternama. "Yang membedakan pasti kualitasnya ya, dari sisi ketebalannya, presisi desain, dan presisi warna. Ini yang pasti berbeda, karena material itu sendiri beda jauh. Namanya juga abal-abal sama yang asli pasti beda," kata Erick, sapaan akrab untuk Erick Sutanto, CEO The Watch Co menerangkan.

Persoalan dan penyebaran produk tiruan di dunia memang seperti wabah yang sulit dihalau. Para pemasok produk tiruan ini selalu menemukan “pintu” untuk memasarkan produk-produk replika kepada konsumen. Tidak sedikit pula pemasok mengaku barang yang dijual asli dan menjualnya dengan harga selangit. Anehnya, meskipun sejumlah imbauan telah dikerahkan agar konsumen tidak terkecoh dan membeli produk palsu, kenyataannya masih banyak konsumen yang tertipu. "Sangat sulit membedakan produk fashion asli dan tiruan, karena produk tiruannya memang sengaja dibuat sangat mirip dengan yang asli. Saya pernah berada di pabrik tas tiruan, dan memang barangnya sangat-sangat mirip," kata Bette Bondo, Konsultan Fashion Branding dari Instituto Marangoni, Italia, setelah konferensi pers Jakarta Fashion Week 2015 di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (24/4/2014).


Jam tangan original menunjukkan kemewahan, kewibawaan, dan status sosial seseorang, karena memiliki kualitas yang benar-benar terjaga/terjamin. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi bilamana warna akan luntur, mesin rusak, serta beragam permasalahan lainnya.

Beberapa kelemahan dari produk replika atau tiruan antara lain. Pertama baterai tidak tahan lama. Kedua warnanya cepat pudar. Alhasil saat dipakai tidak memberikan nilai plus pada si pemakai, melainkan sebaliknya. Ketiga pengait antara tali dengan jam yang mudah rusak. Untuk menghindari kesalahan membeli jam tangan replika tersebut, dibawah ini terdapat beberapa tips untuk Anda ketika ingin membeli sebuah produk jam tangan.

Teliti sebelum membeli
Sebelum Anda membeli jam tangan/sesuatu di marketplace, sangat disarankan untuk meneliti terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum membeli. Lihat dan baca dengan seksama. Jangan buru-buru beli! Anda bisa mulai dengan membaca deskripsi, harga, melihat performa penjual hingga alamat rumah Anda sebagai lokasi pengiriman barangnya jika Anda berbelanja secara online.


Selain itu, Anda juga bisa memeriksa bagian-bagaian tertentu, misalnya lubang strap, apakah sudah pas dan rapi atau belum, bagian tersebut juga harus fit dengan body case dari jam tangan itu sendiri.

Berbagai merek jam tangan saat ini sudah hampir seluruhnya memakai teknologi anti air (water resistant). Meski begitu, tidak ada salahnya memeriksa dan memilih jam tangan anti air dengan minimal kedalaman 100 meter.


Pastikan pula bahwa semua fitur dan komponen utama yang dimiliki jam tangan dapat berfungsi dengan baik, seperti fitur tanggal, fitur chronograph, komponen crown pemutar mesin, dan sebagainya.

Lumination sendiri merupakan fitur vital yang saat ini sudah menjadi standard utama dari jam tangan analog yang baik. Fitur ini akan memiliki kelebihan untuk memberikan pencahayaan yang cukup saat penggunanya berada di tempat yang gelap. Lumination yang baik, dihasilkan dari lapisan coating yang terbuat dari bahan fosfor bewarna hijau.


Mungkin fitur yang satu ini seringkali dilupakan bahkan masih ada sebagian besar pengguna jam tangan yang tidak terlalu mengetahui soal fitur ini. Tetapi, bagaimanapun juga, untuk jam tangan analog, lapisan fosfor yang baik dapat sangat membantu penggunanya di waktu tertentu.

Bentuk jam
Jam tangan asli dibuat dengan tingkat akurasi yang tinggi dan berkualitas.


Sehingga menghasilkan produk yang bagus dari mulai penampakan casing-nya, body jam serta tulisan yang tercetak akan terlihat sangat rapi dan presisi.

Berat jam tangan
Produk jam tangan original memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jam tangan tiruan. Karena, jam tangan original sebagian besar dibuat dengan bahan logam murni. Dimana massa jenisnya lebih berat dari logam campuran. Sehingga, jam tangan original memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan produk tiruan. Umumnya pula, produk jam original juga tidak mengeluarkan bunyi ketika digoyang-goyangkan.


Namun, sebagian orang mungkin menyukai jam tangan yang memiliki berat ringan. Tetapi alangkah baiknya, untuk menimbang kembali factor yang satu ini, jam tangan yang berkualitas baik, justru seringkali terasa berat khususnya di bagian watch case dan braceletnya sendiri. Hal ini dikarenakan bahan stainless steel yang baik terbuat dari logam murni yang memiliki berat yang pas. Berbeda dengan besi campuran atau hollow, yang mungkin memang terasa lebih ringan, serta tidak solid. Perbedaan produk original dengan replika akan dapat terlihat seiring dengan waktu. Untuk anda yang memang menyukai berat jam tangan yang ringan, solusi yang paling baik adalah memilih jam tangan yang terbuat dari bahan titanium yang cukup mahal, tetapi memiliki kualitas yang baik dengan berat yang ringan.

Bahan
Bahan yang digunakan oleh sebuah produk KW bisa saja tidak memenuhi standar Internasional kesehatan bahkan produksinya bisa melibatkan buruh di bawah umur. Bisa pula bahan yang digunakan merupakan hasil limbah pabrik, bahan beracun, atau kombinasi bahan yang berbahaya. Terlihat sepele tetapi jika mengenakan jam tangan yang tidak mempunyai standar Internasional, akan membahayakan pemakainya, bahkan bisa sampai menyebabkan kanker.


Bahan jam tangan yang banyak digunakan sampai saat ini adalah logam atau stainless steel. Pastikan Anda membeli sebuah produk jam tangan yang terbuat dari logam atau metal yang padat dan berat, sehingga memberikan kesan build quality terbaik.

Jika sebuah case jam memiliki bobot ringan, artinya bahan jam tersebut terbuat dari besi campuran, yang jelas memiliki kualitas berbeda. Jika Anda memilih jam dengan bahan baja stainless, belilah yang menggunakan jenis 316L, ini adalah jenis stainless steel yang umum dipasaran. Namun, untuk jam tangan mewah stainless steel yang digunakan berjenis 904L.


Jenis kaca merupakan salah satu komponen jam tangan yang sampai saat ini masih dapat dibilang sebagai take it for granted. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa komponen kaca atau lensa jam tangan merupakan salah satu bagian dari jam tangan yang penting dan sering terbentur saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini, ada 3 jenis kaca yang paling sering digunakan oleh para manufaktur jam tangan untuk memproduksi lini produk jam tangan mereka, yaitu mineral glass sapphire crystal replica dan hardlex.

Masing-masing jenis kaca mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Pertama, jenis sapphire crystal adalah jenis yang tidak mudah untuk tergores, dan lebih awet sehingga permukaan kaca jam tangan selalu terlihat rapi dan baru, apabila dibandingkan dengan jenis mineral glass yang mudah tergores sehingga bekas goresan halus sangat mudah terlihat. Namun, jenis kaca mineral glass tidak mudah pecah apabila terbentur dengan benda yang keras, berbeda dengan sapphire crystal yang lebih mudah pecah apabila terbentur. Tetapi bagaimanapun juga, penggunaan sapphire crystal masih lebih dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan mineral glass, selain dari segi harga dimana sapphire cristal identic dengan jam tangan mewah karena memang biaya pembuatan sapphire crystal lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mineral glass. Jenis sapphire crystal ini dapat membuat jam tangan terlihat lebih awet.


Jenis kaca hardlex adalah salah satu jenis kaca yang pertama kali dikembangkan oleh Seiko. Secara garis besar, hardlex adalah jenis mineral glass yang sudah diproses lebih lanjut, sehingga mempunyai tingkat kekerasan yang lebih keras dari pada mineral glass pada umumnya, tetapi masih dibawah sapphire crystal. Sehingga bisa dikatakan, hardlex adalah jenis kaca yang berada diantara mineral glass dan sapphire crystal.

Detail produk
Menurut Ceo Radatime.Co.id, Hendra Kesuma, penting untuk diketahui, produsen jam tangan KW juga melakukan ‘R and D’ (Research and Development) yaitu penelitian dan pengembangan bagaimana meniru dan menyamakan hasil produksinya dengan produk asli. Sehingga saat ini bagi orang awam, cukup sulit untuk membedakan jam tangan asli dengan KW.


Membedakan jam tangan palsu secara terperinci bisa dilakukan dengan memperhatikan detail pada logo brand di badan jam tangan. Logo dan brand jam tangan original dirancang berdasarkan spesifikasi dan berkualitas terbaik, lebih rapi, halus, dan memiliki ciri khas karena umumnya merupakan buatan tangan. Produk original selalu memperhatikan bahan, warna, material, finishing, fungsi atau fitur maupun kelengkapan lainnya. Tujuannya supaya sulit untuk diduplikasi oleh pemasok barang tiruan, yang umumnya menggunakan mesin dan diproduksi dalam jumlah tidak terbatas.

Jika Anda memilih jam dengan bahan stainless steel, Anda dapat memeriksa buckle atau pengait dari jam tersebut apakah pas atau tidak. Buckle/ clasp atau pengait dari jam tangan haruslah ter-design dengan rapi dan smooth. Jam yang bagus sudah pasti memiliki build quality yang kokoh dan rapi, presisi pemasangan segala part-nya.


Crown atau sekrup pemutar utama sudah seharusnya memiliki logo yang terukir dengan rapi. Selain memang terlihat lebih keren, crown dapat menjadi indikasi utama apabila jam tangan tersebut memang merupakan barang original atau replika. Karena sampai saat ini seringkali para pemalsu jam tangan tidak terlalu memberikan perhatian yang mendetail terhadap komponen ini.

Pilih toko terpercaya
Sekarang marketplace di Indonesia sudah banyak sekali. Dan, hal tersebut merupakan sebuah keuntungannya bagi Anda sebagai pembeli, bisa membandingkan marketplace satu dengan lainnya. Pilihlah marketplace yang terpercaya.


Dengan menggeliatnya marketplace di Indonesia akan sangat memudahkan bagi para calon konsumen untuk mendapatkan harga yang terjangkau dengan kualitas barang yang baik. Lewat fitur yang ada Anda bisa mengurutkan harga dari harga yang paling mahal/murah, barang yang paling banyak terjual, hingga toko yang memiliki rating bagus.

Perputaran di dunia online sangat cepat, sama halnya dengan perputaran stok barang di toko online. Maka supaya Anda tidak kecewa saat memesan barang di toko online. Tanyakan terlebih dahulu tentang barang yang akan Anda beli, daripada menyesal kemudian! Jika penjual memiliki performa bagus, mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dari calon pembelinya.


Jangan sesekali membeli jam tangan merek mewah dan mahal lewat perantara. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin keaslian dan kualitas produk, belilah jam tangan di gerai resmi dan telah beroperasi dalam kurun waktu yang lama.

Sertifikat dan garansi
Sertifikat merupakan aset yang membuktikan bahwa jam tangan tersebut adalah produk original, Anda pun juga harus teliti, sertifikat pada barang palsu memiliki perbedaan dengan jam tangan original. Pada logo misalnya, biasanya cetakan logo tidak rapi dibanding jam tangan original.


Perbedaan menonjol saat Anda membeli jam tangan asli adalah jam yang dibeli memiliki garansi sebagai jaminan kualitas dan mutu. Hal tersebut yang tidak akan ditemui saat membeli jam tangan palsu.

Pembelian jam tangan original selalu disertai dengan garansi resmi langsung dari produsen (tak hanya garansi toko). Garansi resmi juga memiliki link ke seluruh service centre merek tersebut. Jika KW, pasti tidak diakui oleh service centre merek tersebut. Pastikan kartu garansi ini dilengkapi dengan hologram resmi. Biasanya waktu garansi jam tangan berkisar antara 1-3 tahun.

"Cuma dari perusahaan sendiri, entah itu dari The Watch Co, Daniel Wellington, Timex dan Olivia Burton tentunya, kita memberikan lifetime battery Warranty. Ini adalah satu service yang belum pernah dimiliki perusahaan manapun. Yang saya rasa ini memudahkan dan memberikan satu jaminan kenyamanan untuk si pelanggan yang mengenakan barang original," kata Erick.

Harga
Membedakan tampilan fisik jam tangan original dengan yang palsu memang sulit. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah. Bisa jadi barang tersebut palsu, Anda patut curiga jika harga produk jam tangan original yang ditawarkan terbilang jauh lebih murah dari umumnya. Jadi, telitilah dan banyak mempertimbangkan harga ketika akan membelinya.


Pastikan Anda memilih sebuah produk jam tangan dengan brand yang sudah jelas manufakturnya. Banyak sekali jam dengan model trendy namun memiliki kualitas yang kurang bagus.

Pasti pertanyaan “apakah saya harus memilih merk jam tangan yang bagus dan berharga mahal?” pernah terlintas di benak Anda. Memilih jam tangan yang bagus tidak hanya tergantung pada merk, tetapi juga kebutuhan. Tak ada salahnya membeli produk yang bermerk, asalkan sesuai fungsi. Dan, jam tangan original branded yang memiliki harga tinggi bisa digunakan untuk investasi.

Harga terlihat jelas ketika membeli barang asli atau palsu. Sebaiknya Anda mengetahui dahulu kisaran harga pasaran jam tangan yang ingin dibeli. Jika harganya jauh lebih murah sampai 50 persen dari harga pasaran, maka sebaiknya Anda berhati-hati.


Membedakan jam tangan orisinal dan tiruan lewat tampilan fisiknya saja memang terbilang sulit. Satu-satunya cara adalah dengan mengetahui harga jual produk tersebut.  "Namun, ini bukan jaminan juga sebenarnya karena ada juga barang yang kualitas dan harganya mahal tapi itu tiruan," kata Bette Bondo.

Harga yang konsisten juga merupakan salah satu indikator utama apakah jam tangan tersebut memang diminati oleh pasar atau tidak. Jam tangan yang baik seharusnya tidak memiliki gap-pricing atau perbedaan harga yang mencolok.

"Orang banyak yang bilang, kenapa enggak pakai yang palsu saja, kan mirip. Tapi jadilah orang yang cerdas dan mendidik. Semua orang membutuhkan barang yang berkualitas untuk hidupnya ke depan, jadi jangan salah beli," kata Erick Sutanto, CEO The Watch Co, memberi penjelasan.


Jam tangan mempunyai nilai emosional lebih tinggi dari nilai intrinsiknya, tentukan pilihan Anda penuh kehati-hatian. Banyak individu yang membeli sebuah jam tangan mahal, bukan semata-mata untuk waktu dan fisiknya. Mereka membeli jam tangan mahal untuk nilai seni dari konstruksi, material, merek, histori, status, fesyen, dan gaya hidup. Cukup sebuah jam tangan bagus di tangan Anda, tanpa aksesoris lainnya sudah cukup menggambarkan karakter, refleksi status sosial, dan menyempurnakan penampilan Anda. Demikianlah tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli sebuah produk jam tangan Original. Selamat berbelanja.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...