Friday 19 July 2019

Berbagi Tips: Cara Tepat Memilih Produk Jam Tangan Pria


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Tepat Memilih Produk Jam Tangan Pria

Hampir setiap hari semua orang memakai jam tangan, khususnya pria. Selain karena kebutuhan untuk menunjukkan waktu, jam tangan juga mampu membuat penampilan pria lebih elegan. Tidak terkecuali bagi mereka yang berkantung tebal atau kalangan atas, jam tangan sangat penting untuk dikenakan dan sebuah produk jam tangan mewah sudah pasti menjadi incarannya.

Jam tangan merupakan aksesoris tangan yang ikonik di dunia fashion. Dengan bentuknya yang simpel dan elegan, jam tangan bisa membuat outfit Anda terlihat lebih menarik. Walaupun Anda memakai outfit yang biasa-biasa saja. Namun, jam tangan dapat menjadi highlight dari overall outfit Anda.

Jika pria tidak memakai jam tangan saat beraktivitas seperti ada sesuatu yang kurang. Pandangan wanita akan mengatakan bahwa pria yang tidak menggunakan jam tangan akan terlihat kurang kece atau standar-standar saja. Karena itulah, jam tangan akan menjadi point plus serta akan semakin memperlihatkan seorang tampak seperti profesional.


Ketika ingin membeli sebuah produk jam tangan, mungkin Anda bingung saat memilihnya karena banyak sekali merk dengan berbagai model andalan masing-masing. Mulai dari harga, ukuran, model kasual, sporty, elegan, serta pilihan warna yang beragam pula. Bahkan, sebuah brand dari jam tangan itu sendiri mungkin menjadi serentetan indikator yang sering kali menjadi kriteria utama dari para konsumen sebelum membeli jam tangan.

Di abad ke-21 ini, jam tangan bukan lagi sebuah kebutuhan, tetapi sebuah bagian dari gaya hidup atau lifestyle. Buktinya, tidak sedikit orang yang membeli jam tangan untuk dijadikan koleksi. Bagi seorang yang ingin tampil gagah dan mempesona, jam tangan yang Anda kenakan juga akan berpengaruh terhadap penampilan Anda secara keseluruhan. Dan, sangat disarankan bagi Anda dalam memilih sebuah produk jam tangan disesuaikan pula dengan rutinitas keseharian Anda.

Jam tangan pertama kali diperkenalkan pada abad ke 16, pada saat itu semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya menggunakan mesin penggerak mekanik manual. Dulu jam tangan hanya dipakai oleh wanita saja, sedangkan pria mengenakan jam saku. Kemudian seiring perkembangan jaman, mulailah bermunculan jam tangan dengan mesin elektrik lalu disusul dengan jam tangan bermesin penggerak quartz (baterai), dan saat ini jam tangan bukan hanya dipakai oleh wanita saja namun sudah menjadi salah satu item fashion yang umum dimiliki oleh pria. Pasalnya, jam tangan bukan hanya memiliki fungsi sebagai penunjuk waktu saja, namun dapat memberikan kepercayaan diri kepada para pemakainya dalam hal berpenampilan. Dan tak jarang banyak pria yang menyesuaikan penampilannya dalam memilih jam tangan yang akan dikenakan.


Dari berbagai perbedaan, pilihlah jam tangan dengan fitur yang sesuai dengan kegiatan Anda sehari-hari. Jangan sampai Anda menyesal karena salah beli. Karena, produk jam tangan yang bagus dapat membuat pemakainya terlihat keren dan semakin percaya diri.

Jam tangan merupakan salah satu bagian dari lifestyle, jadi Anda perlu bijak dalam memilih sebuah produk jam tangan tersebut. Sebuah produk jam tangan bagi seorang pria tidaklah sama seperti sebuah perhiasan namun menjadi sebuah barang pribadi yang dapat menjadi teman seumur hidup. Membeli sebuah jam tangan pria membutuhkan persiapan dan informasi yang cukup. Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa budget Anda mencukupi. Setelah semua persiapan terpenuhi Anda harus mengerti tentang gaya berpakaian serta tujuan memakai jam tangan, beberapa hal tersebut merupakan faktor yang layak dipertimbangkan ketika Anda ingin membeli produk jam tangan, dengan pertimbangan yang tepat diharapkan Anda akan mendapatkan sebuah produk yang akan menjadi aksesori berharga.

Saat Anda hendak membeli produk jam tangan yang sempurna untuk pergelangan tangan Anda, haruslah memikirkan elemennya seperti diameter case, ketebalan case, lebar strap, dan detail jam tangan semuanya merupakan fitur penting yang harus Anda pertimbangkan. Dan, meskipun tidak ada aturan atau perhitungan yang ditetapkan untuk ukuran atau bentuk yang sempurna, ada kiat yang dapat Anda ikuti untuk membantu mendapatkan jam tangan yang proporsional, dibawah ini merupakan beberapa tips memilih jam tangan yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sebuah produk jam tangan untuk membantu Anda supaya tidak salah ketika membeli sebuah produk jam tangan!

Sesuaikan dengan pergelangan tangan
Ketika ingin memilih jam tangan, penting untuk diperhatikan bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua tangan. Karena itu, ketika Anda sedang berbelanja jam tangan, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih jam tangan yang tepat untuk pergelangan tangan Anda. Meskipun tidak ada aturan atau perhitungan yang ditetapkan untuk ukuran atau bentuk yang sempurna untuk bingkai.


Pergelangan tangan pria jelas berbeda-beda, ada yang memang lebar, ada pula yang kecil. Menyesuaikan lingkar jam tangan dengan pergelangan Anda sangatlah penting supaya produk jam Anda dapat fit dengan pergelangan, tidak longgar atau terlalu kecil sehingga tidak bisa dipakai.

Sebelum Anda dapat menemukan jam tangan yang tepat untuk pergelangan tangan Anda, pertama-tama Anda perlu mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda. Apakah pergelangan tangan Anda sangat tipis, ramping, sedang atau tebal, hal tersebut akan berdampak pada jam tangan mana yang terlihat pas untuk Anda. Setelah Anda mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda, kemudian barulah menentukan pilihan terhadap produk jam tangan yang sempurna dan terasa nyaman.

Ada kiat yang dapat Anda ikuti untuk membantu memastikan bahwa pilihan Anda berakhir dengan potongan yang seimbang dan proporsional. Anda dapat memperhatikan panduan dibawah ini:


Ambil pita pengukur fleksibel atau setrip kertas, lingkarkan di sekitar lengan Anda.
Lebar pergelangan tangan 14-16 cm, berarti termasuk dalam kategori tipis. 16-17cm adalah pergelangan tangan yang ramping. Rekomendasi lebar jam 38 mm, 40 mm, dan 42 mm.
Lebar pergelangan tangan 18–20 cm adalah pergelangan tangan sedang. Rekomendasi lebar jam 44 mm dan 46 mm.
Lebar pergelangan tangan di atas 20 cm adalah pergelangan tangan yang tebal. Rekomendasi lebar jam 48 mm dan 50 mm.


Jam tangan yang dibeli dengan tidak memikirkan proporsi akan menjadi investasi yang tidak bijaksana. Pria dengan pergelangan tangan yang lebih kecil harus mempertimbangkan bagaimana sebuah jam akan cocok dan terlihat begitu maskulin ketika dikenakan. Ukuran case berdiameter 38 mm adalah ukuran yang aman bagi Anda yang memiliki tangan yang cukup kecil.

Sebagai permulaan, jam Anda seharusnya terasa nyaman di pergelangan tangan dan cukup kencang agar tidak bergeser tetapi cukup longgar untuk tidak memberikan cap pada kulit Anda. Memakai jam yang terlalu ketat ataupun terlalu longgar akan dapat mengganggu aktivitas Anda. Apabila terlalu kecil, tentu akan meninggalkan bekas dan tangan terasa sakit, dan bila terlalu longgar maka perhatian Anda akan terbagi untuk membenarkan jam tangan tersebut. Mungkin kriteria tersebut terdengar sedikit rumit tetapi menemukan jam yang sempurna untuk ukuran pergelangan tangan Anda sebenarnya mudah daripada yang Anda pikirkan, faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan juga antara lain, yaitu ukuran huruf, lebar tali, dan desain.


Mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda, juga akan sangat membantu ketika berbelanja online karena Anda akan dapat membeli sebuah produk jam tangan gaya yang pas tanpa mencobanya. Ini juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan desain Anda. Misalnya, jika pergelangan tangan Anda tipis, Anda mungkin ingin memilih jam tangan yang canggih. Sedangkan, jika pergelangan tangan Anda tebal, jam tangan olahraga dapat dijadikan sebagai pilihan yang bagus.

Lebar tali
Sesuaikan pula lebar tali jam yang akan Anda pilih. Sesuaikan dengan ‘kepala’ arloji, jangan sampai salah membeli tali, seharusnya memakai yang tebal, tapi Anda malah membeli yang tipis. Model jam tangan untuk pria memang lebih beragam dan memiliki banyak pilihan yang bisa Anda disesuaikan dengan kepribadian.


Jam tangan yang paling proporsional memiliki lebar tali setengah dari diameter case. Oleh karena itu, jika jam tangan Anda memiliki case 42 mm, seharusnya memiliki lebar tali 21 mm. Tentu saja, ini hanyalah panduan, dan jika seseorang menyukai band yang lebih lebar atau sempit dari biasanya, hal tersebut tergantung selera mereka.

Material strap
Desain produk jam tangan yang konservatif serta timeless akan menjadi incaran pembeli, dengan menjatuhkan pilihan pada model tersebut Anda tidak perlu terlalu sering berganti-ganti arloji sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk digunakan memmenuhi kebutuhan lain.


Berbeda materialnya, beda pula nuansa yang diberikan oleh jam tangan. Strap jam tangan dari logam memberikan nuansa berkelas dan juga profesionalisme. Sementara itu, tali jam dari kulit memiliki kesan rugged dan juga kesederhanaan tangguh. Bahan karet dan juga kain tepat untuk gaya sporty dan juga kasual. Sebuah produk jam tangan dengan material kayu akan memberikan kesan produk handmade dan melambangkan keuletan pengrajin. Anda dapat memilih jam tangan dengan material tertentu untuk melengkapi kostum jalan-jalan Anda. Sesuaikan gayanya, jangan pasangkan jam tangan karet dengan pakaian formal.

Memakai dasi hitam dan jas dipadukan dengan menggunakan jam tangan sport akan memberikan kesan ceroboh. Sebelum memilih gaya yang sesuai, Anda harus tahu dimana memakai jam tangan tersebut dan pada saat apa memakainya. Jika Anda adalah tipe pekerja lapangan, pilih jam tangan yang nampak futuristik dengan angka digital dan fitur penglihatan malam.


Material strap sama pentingnya dengan ukuran lebarnya. Ada banyak jenis tali jam tangan, mulai dari berbahan kulit, rantai stainless steel, rubber, hingga rantai titanium. Pemilihan tali jam tangan akan menentukan kenyamanan Anda ketika memakai jam tersebut.

Strap dengan bahan stainless steel biasanya sering digunakan oleh para orang tua atau seseorang yang ingin terkesan mewah, elegan, serta profesional dan bahan jenis ini akan sangat cocok untuk digunakan untuk menghadiri acara resmi ataupun kasual. Bahan stainless memang ditujukan untuk para pria yang berpenampilan rapi dan kece, dan karena tampilannya dari stainless membuat jam ini terlihat mewah. Namun kekurangan bahan ini yang kaku sehingga tidak cocok untuk digunakan aktivitas outdoor maupun olahraga. Jika jam ini dipakai untuk melakukan aktivitas arum jeram bisa menyebabkan luka atau rasa tidak nyaman pada tangan. Namun, untuk Anda yang sehari-hari bepergian ke kantor, rapat, dan bisnis, jam berbahan stainless steel ini sangat cocok.

Sampai saat ini, metal atau logam, semisal Stainless Steel merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk membuat jam tangan. Patut diperhatikan, jam tangan yang baik sudah semestinya memiliki bahan dasar berupa campuran logam yang kokoh dan kuat. Pastikan bahwa jenis logam atau besi yang digunakan bukanlah besi hollow atau campuran, melainkan besi yang padat. Salah satu indikator yang paling mudah digunakan adalah dengan menimbang berat dari bracelet, atau watch casenya sendiri. Di mana jenis besi yang padat pasti lebih berat apabila dibandingkan dengan besi yang terbuat dari logam campuran.

Lebih jauh, apabila jam tangan tersebut terbuat dari stainless steel, pastikan jenis stainless steel yang digunakan setidaknya menggunakan jenis 316L, jenis stainless steel yang cukup umum ditemukan dipasaran. Untuk jam tangan mewah didominasi oleh logam 904L yang lebih padat dan berkualitas tinggi.

Sedangkan, strap dengan bahan nylon dapat Anda pilih ketika ingin terlihat kasual atau saat Anda ingin pergi ke acara sebuah pesta.

Tidak semua dari pria selalu ingin tampil kece, elegan, dan keren. Ada pula dari mereka yang berpenampilan biasa saja, atau bisa dibilang cool dan cuek dengan penampilan. Produk jam tangan yang memilki strap terbuat dari bahan kanvas memang banyak dipakai oleh anak muda karena lebih memiliki daya tahan yang kuat, tidak gampang tergores.


Walaupun jam tangan berbahan kanvas banyak yang menyebutnya sebagai jam army, tapi tetap keren ketika digunakan untuk dipakai ke acara non-formal dan semi formal. Dibandingkan dengan bahan lainnya, jam tangan kanvas lebih ringan sehingga nyaman dipakai, tetapi jangan sampai jatuh ke dalam air atau lupa melepas jam tangan Anda saat mandi karena kanvas tidak anti-air sehingga untuk mengeringkannya akan butuh waktu yang lama walaupun menggunakan hair dryer sekalipun.


Jam tangan dengan bahan rubber akan sangat cocok untuk pria yang menyukai aktivitas di luar ruangan seperti olahraga, dan aktivitas fisik lainnya, strap berbahan rubber memiliki kelebihan karena memiliki tekstur lentur sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda di luar. Bahan rubber dibuat khusus untuk mereka yang mempunyai aktivitas petualang karena sifat bahannya yang lentur, tahan air, serta tidak mudah berwarna, tidak mudah menyerap keringat, dan tidak mudah bau. Bahan rubber akan membantu pergerakan Anda lebih leluasa.

Setiap bahan punya keunggulan tersendiri. Strap berbahan kulit memiliki kesan sangat fleksibel. Sehingga Anda bisa menggunakannya baik untuk menghadiri acara formal ataupun non-formal. Produk jam tangan kulit mampu mengeluarkan kesan luxurious dan dandy, sehingga akan mampu meningkatkan pesona akan penampilan Anda. Namun, Anda tidak diharapkan memakai jam tangan kulit untuk aktivitas diving atau arung jeram karena bahan yang terbuat dari kulit jika terkena air dapat menyebabkan gatal.


Memang, pada dasarnya jam tangan kulit akan sangat pantas digunakan untuk kegiatan acara resmi. Meskipun tetap bisa juga untuk digunakan dalam aktifitas sehari-hari bagi Anda yang ingin tampil kasual. Produk jam tangan kulit memang bisa dibilang mahal, jadi wajar jika yang memakai jam tangan ini akan terlihat gagah dan mempesona.

Dan, bagi Anda yang ingin membeli jam tangan berbahan titanium jangan sampai keliru atau tertukar dengan jam tangan berbahan stainless steel sebab keduanya sekilas terlihat mirip. Namun, Anda bisa membedakan keduanya dari perbedaan beratnya.


Bahan titanium lebih ringan dari stainless steel, dan harga jam tangan berbahan titanium lebih mahal. Akan tetapi, harga yang mahal sangat sebanding dengan kekuatan jam tersebut yang tidak cepat korosi.

Tali atau strap yang akan dipakai di tangan Anda bisa mempengaruhi kulit serta beban di tangan Anda. Jika Anda memakai tali jam dengan bahan kulit dan ternyata kulit tangan Anda terasa gatal atau iritasi, tentunya akan sangat mengganggu. Pastikan kenyamanan tangan Anda tidak terganggu atau jam tangan Anda menjadi bau.


Strap dengan bahan logam tampak lebih berat dan lebih tebal daripada yang berbahan kulit, tali logam menjadi material yang paling baik untuk pergelangan tangan berukuran besar. Namun, ini juga bisa menjadi masalah preferensi pribadi, dan di pasaran Anda dapat menemukan band-band metal yang memiliki ketebalan tipis.

Locking deployant
Untuk jenis jam tangan yang memakai metal bracelet, pastikan locking deployant clasp atau pengait yang berbentuk gigi ini memiliki konstruksi design yang jelas dan tidak ringkih. Karena komponen ini merupakan komponen yang paling krusial dan merupakan bagian yang paling sering dibuka-tutup setiap harinya.


Pilihan yang terbaik adalah jam tangan yang setidaknya menggunakan model double lock. Dimana pengait jam tangan terdiri dari 2 bagian sehingga lebih kokoh dan awet untuk jangka waktu yang panjang.

Ketebalan case
Memilih produk jam tangan sama halnya dengan cara berpakaian yang harus disesuaikan dengan bentuk tubuh. Anda harus memilih jam tangan yang sesuai dengan ukuran pergelangan tangan Anda. Satu ukuran case tidaklah cocok untuk semua pemakainya.


Pertimbangan selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah ketebalan case. Saat ini sedang tren jam tangan dengan disain minimalis dan case yang tipis. Namun, tren ini belum tentu sesuai/cocok dengan Anda, tetaplah memperhatikan dan sesuaikan ukuran case dengan tangan Anda.

Sebagai aturan umum, ketebalan case harus proporsional dengan diameternya. Dengan demikian, ketebalan harus bertambah besar seperti diameter. Dengan tetap berpegang pada aturan ini, Anda akan dapat memilih jam tebal untuk pergelangan tangan Anda, asalkan diameternya tepat untuk Anda. Biasanya, jam yang berdiameter 38 mm hingga 42 mm akan memiliki ketebalan 7 mm. Jam tangan dengan diameter 44 mm ke atas akan memiliki ketebalancase sekitar 9 mm atau lebih.


Case berukuran diameter 40 mm adalah ukuran rata-rata yang akan menempel nyaman pada pergelangan tangan yang ramping. Pastikan ketebalan case tidak lebih dari 7-8 mm. Jam tangan yang lebih kecil lebih baik memakai tali kulit yang akan membuat tangan Anda menjadi pusat perhatian.

Untuk pergelangan tangan yang besar disarankan untuk memilih case yang lebih tipis dan Anda boleh menaikkan ukuran diameternya.

Sebagai rekomendasi, jika Anda memiliki tangan yang tipis, belilah jam dengan case yang tebal sehingga tangan Anda akan terlihat lebih berisi.

Diameter case
Merupakan bagian yang paling diperhatikan, diameter case merupakan pertimbangan penting saat membeli jam tangan baru. Secara umum, diameter arloji pria berkisar dari 38 mm hingga 46 mm. Apa pun di luar rentang tersebut cenderung tampak terlalu kecil atau besar. Untuk menemukan ukuran yang sempurna dalam jangkauan, gunakan ukuran pergelangan tangan Anda. Jika pergelangan tangan Anda antara 14 cm – 18 cm, pilih jam tangan kecil atau sedang dengan diameter 38 mm, 40 mm atau 42 mm. Jika pergelangan tangan Anda 18cm ke atas, pilih casing yang lebih besar, semisal berukuran 44-46 mm.


Pria dengan pergelangan tangan yang sangat tipis harus mempertimbangkan bagaimana sebuah jam tangan akan pas dan terlihat mewah ketika dipakai. Jangan sampai jam tangan yang Anda pakai menjadikan Anda terlihat feminin. Pilih jam tangan dengan diameter sekitar 34-36 mm. Dan, fitur chronograph akan lebih baik untuk dijadikan pilihan karena dapat menghindari visual jam tangan yang feminin.

Untuk pergelangan tangan yang sedikit lebih besar disarankan untuk memilih case yang memiliki ketebalan lebih tipis dan Anda boleh menaikkan ukuran diameter. Case berukuran 38-42 mm adalah ukuran rata-rata yang akan menempel nyaman pada pergelangan tangan yang ramping. Pastikan ketebalan case tidak lebih dari 7-8 mm. Produk jam tangan yang lebih kecil lebih baik memakai tali kulit dan akan membuat tangan Anda menjadi pusat perhatian.


Jika Anda memiliki pergelangan tangan sedang atau bisa dibilang pas dan proporsional, selamat! Anda pasti senang karena banyak ukuran jam tangan yang akan sesuai dengan ukuran tangan Anda. Meskipun, masih ada aturan yang perlu dipertimbangkan. Namun, direkomendasikan pada Anda sebaiknya memainkan diameter case di sekitar 42 mm. Ingatlah untuk memilih gelang atau strap dengan tali yang lebih besar. Strap logam akan memberikan statement gaya pada tampilan Anda.

Anda yang menyukai latihan berat, pasti memiliki lengan dan pergelangan tangan yang tebal. Dan, hal tersebut menjadikan Anda tidak bebas memakai apa pun yang Anda sukai. Sebaiknya pilihlah case dengan diameter 44-46 mm. Banyaknya ruang karena memiliki pergelangan tangan yang besar bisa menjadi keuntungan untuk memakai desain jam tangan klasik tua dengan chronograph yang akan menambah nilai keindahan pada tampilan Anda. Kelebihan jam tangan berdesain klasik adalah bisa dipakai kapan saja dan kesempatan apa saja, memberikan sebuah kesan penampilan yang terlihat lebih dewasa dan cerdas. Pilihlah desain klasik yang sederhana dan cocok dengan pergelangan tangan Anda.

Untuk Anda yang mungkin penasaran ukuran diameter case yang cocok untuk pergelangan tangan, Anda bisa mengukurnya sendiri. Ketika hendak membelinya, Anda bisa langsung fokus pada diameter case dan akan lebih mudah memilih model jam tangan ataupun sekadar mempertimbangkan fitur-fiturnya.


Ukuran yang proporsional juga dapat Anda tentukan dengan membandingkan hasil pengukuran pergelangan tangan dengan diameter case produk jam yang hendak Anda beli. Hasil ukuran yang tepat akan menghasilkan satuan yang berkisar antara 4-5. Misalnya, jika ukuran tangan Anda 180 mm dan jam tangan yang ingin Anda beli berukuran 42 mm, metode penghitungannya adalah 180:42= 4,2. Berarti jam tangan yang ingin Anda beli merupakan pilihan yang tepat!

Perhatikan materialnya
Bahan jam tangan yang banyak digunakan sampai saat ini adalah logam atau stainless steel. Pastikan Anda membeli sebuah produk jam tangan yang terbuat dari logam atau metal yang padat dan berat, sehingga memberikan kesan build quality terbaik.


Jika sebuah case jam memiliki bobot ringan, artinya bahan jam tersebut terbuat dari besi campuran, yang jelas memiliki kualitas berbeda. Jika Anda memilih jam dengan bahan baja stainless, belilah yang menggunakan jenis 316L, ini adalah jenis stainless steel yang umum dipasaran. Namun, untuk jam tangan mewah stainless steel yang digunakan berjenis 904L.

Tapi tenang saja jika Anda tidak suka jam dengan berbahan dasar besi atau stainless steel. Anda bisa membeli jam tangan yang menggunakan bahan rubber sebagai strap untuk memberi kesan penampilan sporty.

Pahami karakter diri

Banyak yang bilang bahwa jam tangan bisa mencerminkan kepribadian Anda, pilihan warna jam tangan untuk pria juga pada dasarnya amat terbatas. Berbeda dengan jam tangan wanita yang bisa dibikin dengan varian banyak warna. Warna hitam dan cokelat untuk dipakai pria adalah pilihan bijak supaya serasi ketika dikombinasikan dengan pakaian apa pun.


Pria yang memakai jamnya di tangan kiri menghadap ke atas bisa disimpulkan bahwa ia memiliki karakter yang easy going asik untuk diajak bepergian, cuek, lebih mementingkan waktunya untuk hal-hal yang dirasa positif. Jika memakai jam tangan di tangan kiri menghadap bawah, pria tersebut punya karakter selain mementingkan waktu, pria ini juga menyukai suatu keindahan seperti seni, pemandangan alam yang hijau, dan menyukai kemewahan. Mungkin juga pria tersebut mempunyai koleksi jam tangan emas untuk kemewahannya.


Pria dengan jam tangan di tangan kanan menghadap atas pria ini lebih emosional dalam menjalin sosialisasi, suka berkreasi atau melakukan traveler, dan petualang. Sangat cocok untuk diajak pergi liburan kemana pun. Sementara itu, pria yang memakai jam tangan di tangan kanan menghadap bawah karakternya lebih kaku, perfeksionis terhadap suatu hal terutama pekerjaan, pria ini tidak suka melakukan hal yang tidak penting karena bagi pria ini hal itu hanya akan membuang waktu.


Jika Anda adalah orang yang cenderung lebih aktif, senang beraktifitas berat, menyukai tantangan serta sangat suka melakukan aktivitas outdoor, semisal olahraga, dan aktivitas outdoor lainnya maka jam tangan model sporty akan sangat cocok untuk Anda pakai. Jam tangan sport cenderung kuat, tahan air, tahan cuaca, fleksibel, dan dilengkapi dengan fitur pendukung lainnya dalam berolahraga. Ketika seorang pria menyukai tampilan sporty, artinya Anda merupakan orang yang cenderung lebih aktif, menyukai tantangan serta sangat suka melakukan aktivitas outdoor.


Orang tipe orang kantoran harus dapat tampil rapi dan bergaya. Anda bisa pilih jam tangan yang memiliki desain formal ataupun kasual. Jam tangan jenis analog akan membuat penampilan lebih elegan dan dewasa. Untuk bahan strap jam bisa menjatuhkan pilihan pada jenis kulit, perak, platinum, bahkan emas. Pria yang menyukai tampilan sopan akan selalu ingin terlihat rapi. Maka, Anda termasuk dalam karakter pria yang suka tampil dengan pakaian formal.


Jam tangan tipe kasual juga akan cocok dikenakan untuk Anda yang suka bergaya santai, tidak suka suatu penampilan yang berlebihan. Maka, Anda bisa membeli jam tangan dengan tipe kasual. Jenis ini dapat digunakan setiap hari dan tetap kece meski sedang menggunakan celana pendek dan kaus sekalipun. Biasanya jam tangan model kasual bagian luarnya terbuat dari bahan metal, dan tali terbuat dari bahan nilon, kulit, atau metal. Bisa dikatakan jam tangan model kasual ini merupakan campuran model formal, klasik, dan sporty.

Untuk seseorang yang suka terhadap hal berbau klasik dan old soul, akan sangat cocok menggunakan jam tangan jenis klasik ataupun vintage. Jam tangan tipe tersebut juga akan cocok untuk Anda yang suka dengan gaya-gaya tua. Selain terlihat simpel dan elegan, jam tangan klasik akan fleksibel dikenakan kapan dan di mana saja. Namun jam tangan model klasik tidak terlalu banyak memiliki variasi, biasanya badan jam dibuat dari bahan stainless steel dan strapnya terbuat dari kulit.


Ada beberapa pria yang senang menambahkan gelang selain jam tangan untuk penampilannya. Tidak masalah jika Anda sudah mengenakan jam tangan ditambah dengan aksesoris lain, seperti gelang pada tangan yang sama, semua itu merupakan tergantung selera masing-masing individu. Hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah kuantitasnya, disarankan jika Anda ingin memakai aksesoris tambahan sebaiknya cukup dua gelang saja. Jangan sampai Anda mengenakan lebih dari 3 gelang, karena bisa disangka Anda sedang berjualan gelang. Penggunaan 1 hingga 2 gelang dengan jam tangan bersamaan sudah lebih dari cukup.

Build quality
Konstruksi keseluruhan dari jam tangan yang akan Anda pilih perlu diperhatikan serta harus serba fit dan pas saat digunakan, tentu sebuah produk jam tangan memang harus fit dengan ukuran tangan. Selain itu, Anda bisa memeriksa bagian-bagaian tertentu, misalnya lubang strap, apakah sudah pas dan rapi atau belum, bagian tersebut juga harus fit dengan body case dari jam tangan itu sendiri.


Jika Anda memilih jam dengan bahan stainless steel, Anda dapat memeriksa buckle atau pengait dari jam tersebut apakah pas atau tidak. Buckle/ clasp atau pengait dari jam tangan haruslah ter-design dengan rapi dan smooth. Jam yang bagus sudah pasti memiliki build quality yang kokoh dan rapi, presisi pemasangan segala part-nya.


Berbagai merek jam tangan saat ini sudah hampir seluruhnya memakai teknologi anti air (water resistant). Meski begitu, tidak ada salahnya memeriksa dan memilih jam tangan anti air dengan minimal kedalaman 100 meter.

Jenis kaca merupakan salah satu komponen jam tangan yang sampai saat ini masih dapat dibilang sebagai take it for granted. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa komponen kaca atau lensa jam tangan merupakan salah satu bagian dari jam tangan yang penting dan sering terbentur saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Saat ini, ada 3 jenis kaca yang paling sering digunakan oleh para manufaktur jam tangan untuk memproduksi lini produk jam tangan mereka, yaitu mineral glass sapphire crystal replica dan hardlex.


Masing-masing jenis kaca mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. Pertama, jenis sapphire crystal adalah jenis yang tidak mudah untuk tergores, dan lebih awet sehingga permukaan kaca jam tangan selalu terlihat rapi dan baru, apabila dibandingkan dengan jenis mineral glass yang mudah tergores sehingga bekas goresan halus sangat mudah terlihat. Namun, jenis kaca mineral glass tidak mudah pecah apabila terbentur dengan benda yang keras, berbeda dengan sapphire crystal yang lebih mudah pecah apabila terbentur. Tetapi bagaimanapun juga, penggunaan sapphire crystal masih lebih dapat diandalkan apabila dibandingkan dengan mineral glass, selain dari segi harga dimana sapphire cristal identic dengan jam tangan mewah karena memang biaya pembuatan sapphire crystal lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mineral glass. Jenis sapphire crystal ini dapat membuat jam tangan terlihat lebih awet.


Jenis kaca hardlex adalah salah satu jenis kaca yang pertama kali dikembangkan oleh Seiko. Secara garis besar, hardlex adalah jenis mineral glass yang sudah diproses lebih lanjut, sehingga mempunyai tingkat kekerasan yang lebih keras dari pada mineral glass pada umumnya, tetapi masih dibawah sapphire crystal. Sehingga bisa dikatakan, hardlex adalah jenis kaca yang berada diantara mineral glass dan sapphire crystal.

Pastikan pula bahwa semua fitur dan komponen utama yang dimiliki jam tangan dapat berfungsi dengan baik, seperti fitur tanggal, fitur chronograph, komponen crown pemutar mesin, dan sebagainya.


Lumination sendiri merupakan fitur vital yang saat ini sudah menjadi standard utama dari jam tangan analog yang baik. Fitur ini akan memiliki kelebihan untuk memberikan pencahayaan yang cukup saat penggunanya berada di tempat yang gelap. Lumination yang baik, dihasilkan dari lapisan coating yang terbuat dari bahan fosfor bewarna hijau. Mungkin fitur yang satu ini seringkali dilupakan bahkan masih ada sebagian besar pengguna jam tangan yang tidak terlalu mengetahui soal fitur ini. Tetapi, bagaimanapun juga, untuk jam tangan analog, lapisan fosfor yang baik dapat sangat membantu penggunanya di waktu tertentu.

Pertimbangkan kulit tangan
Warna kulit Anda juga akan menentukan kecocokan Anda dengan jam tangan yang Anda pakai. Jika Anda memiliki kulit yang terang, Anda bisa memilih bermacam warna, baik itu warna terang ataupun gelap.

Untuk pemilik kulit gelap, Anda dapat memilih produk jam tangan dengan warna terang, namun jangan terlalu berlebihan supaya tidak terlihat mencolok. Direkomendasikan pula, untuk memilih produk jam tangan dengan warna-warna yang netral.


Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan dibawah ini:

-Warna kulit cerah
Memiliki kulit cerah akan sangat memudahkan Anda saat memilih arloji yang tepat karena pada dasarnya setiap warna akan dengan mudah masuk dan serasi dengan warna dari kulit tangan Anda.

Sebagian orang Indonesia juga memiliki warna kulit kuning langsat. Warna khas Asia ini memang sering dijumpai dan memiliki khas sendiri. Tips Iyoes buat pria pemilik kulit warna ini adalah mengenakan arloji hitam. “Jam tangan berwarna hitam bisa lebih menonjol di kulit kuning,” kata Iyoes, sapaan akrab untuk Mochammad Yusuf, Marketing Comunication Manager of Casio Watches. Perpaduan antara hitam dan kuning langsat juga dianggap membuat pria tampak elegan. Selain itu paduan ini membuat seseorang tampak lebih muda, energik, dan tidak kaku.


Dan, hal lainnya yang perlu Anda ingat adalah kesesuaian warna dari jam tangan dengan atribut fashion yang Anda kenakan.

-Warna kulit gelap
Untuk pemilik warna kulit terang, produk jam tangan dengan warna terlalu terang seperti kuning, biru, hingga tosca bisa menjadi pilihan yang buruk karena akan terlihat terlalu mencolok. Memilih produk jam yang memiliki warna terlalu gelap juga bukan sebuah solusi karena warna-warna gelap akan tersamar oleh warna asli kulit Anda.


Pilihlah produk jam tangan yang memiliki warna-warna lembut namun tidak terlalu terang seperti abu-abu, cokelat muda, hingga maroon.

Menurut Iyoes, tipe kulit hitam bisa mengenakan jam tangan dengan pilihan warna yang cukup fleksibel. “Selama bukan warna putih, semua oke,” kata Iyoes. Namun, Iyoes lebih menyarankan agar pemilik kulit gelap memilih warna silver karena akan membuat jam tangan terlihat mewah. Jam tangan berwarna hitam dan cokelat juga bisa menjadi pilihan, meskipun tidak terlalu dominan.

-Warna kulit sedang
Untuk Anda yang memiliki warna kulit sedang atau sawo matang, hindari memilih arloji yang memiliki warna coklat atau hampir senada dengan warna kulit.


Hampir sebagian besar orang Indonesia memiliki kulit tipe sawo matang atau coklat. “Karena cowok itu kan malas matching (memadankan) baju dan segala macam. Nah, warna hitam adalah paling mudah dan cocok untuk segala baju,” kata Mochammad Yusuf, Marketing Comunication Manager of Casio Watches, yang biasa disapa dengan sebutan Iyoes, saat pembukaan gerai Casio di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2017).

Jam tangan berwarna coklat juga dianggap cocok karena senada dengan kulit. Selain itu, umumnya jam tangan berwarna coklat memiliki tali berhan kulit yang akan menambah tampilan elegan.

Pilihlah warna-warna terang dan juga warna-warna gelap yang kontras dari warna kulit namun tetap senada dengan warna pakaian keseluruhan Anda.

Jenis movement
Hal paling penting yang harus Anda ketahui soal jam tangan tentu berkaitan dengan performanya. Supaya Anda tidak terlalu buta, maka perlu mengetahui tentang jenis mekanisme jam yang umum digunakan oleh sebuah produsen jam tangan. Movement atau jenis mesin yang digunakan merupakan jantung utama dari sebuah jam tangan.


Terdapat beberapa jenis teknologi movement yang diaplikasikan pada jam tangan, antara lain yaitu quartz, mechanical, dan automatic. Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini:

-Quartz
Quartz pada arloji bukanlah nama merk. Quartz diambil dari nama penemunya. Quartz adalah sebuah teknologi mesin yang ada pada arloji.

Sampai saat ini, industry manufaktur jam tangan terbesar masih didominasi oleh negara Swiss dan Jepang. Quartz movement atau jenis mesin yang menggunakan baterai sebagai tenaga penggerak utama sendiri. Dan, merupakan jenis movement yang paling sering digunakan dan diproduksi secara mass production. Beberapa jenis brand movement yang sudah merupakan jaminan antara lain adalah Ronda, dan ETA yang berasal dari swiss. Sedangkan lini produk pabrikan dari Jepang antara lain Citizen atau Miyota, Casio dan Seiko.


Jenis movement quartz didukung oleh daya baterai yang berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristal kuarsa. Getaran kristal quartz dikendalikan oleh micro chip. Sehingga getaran yang dihasilkan cukup konsisten.

Mesin quartz adalah sebuah mesin arloji yang berbasis elektronik, dan ditemukan oleh Seiko pada tahun 1969. Energi yang ada pada mesin quartz sebenarnya bisa bersumber dari mana saja. Walaupun kenyataannya mayoritas menggunakan baterai.

Movement ini merupakan penggerak yang paling umum dipakai pada jam tangan saat ini. Jam dengan movement ini juga awet dan cenderung lebih murah. Kelebihannya mekanisme quartz terletak pada akurasi waktu yang baik dan tepat. Jarum pada mesin quartz akan bergerak per satu detik (satu beat per detik).

-Mechanical
Movement mekanik berbeda dengan quartz, pergerakan waktu pada movement jenis ini diukur dengan mekanisme semi-driven, dimana mesin semua penggerak dan sumber energi dalam arloji menggunakan energi mekanik.


Semua komponen dalam arloji model ini tak ada satupun yang menggunakan komponen elektronik. Semua komponen akan saling berhubungan secara manual.

Terdapat per di dalamnya yang harus disinggungkan secara periodik agar jam selalu bergerak. Selain itu, jam tangan dengan movement mekanik menjadi jam yang sering dijadikan koleksi oleh para kolektor.

-Chronograph
Merupakan perpaduan antara penunjuk waktu dan stopwatch. Secara harfiah, chronograph memiliki arti ‘time writer‘. Merupakan komplikasi pergerakan yang pertama kali ditemukan pada 1816.


Pada awalnya, jam tangan jenis chronograph digunakan oleh masyarakat yang berprofesi di bidang penerbangan, balapan mobil, pacuan kuda, hingga untuk keperluan militer.

Komplikasi automatic movement chronograph pertama diluncurkan pada 1969 oleh Zenith dan Seiko. Seiring dengan kepopulerannya, para produsen mulai menambahkan bezel yang mempunyai fungsi tachymer.

Tachymer adalah sebuah skala yang digunakan untuk menghitung waktu perjalanan, jarak tempuh, dan kecepatan dalam mengendarai mobil.

Di jaman sekarang, arloji jenis ini telah banyak digunakan masyarakat biasa. Fungsinya bisa digunakan untuk menghitung waktu memasak hingga menghitung lamanya waktu perjalanan.

- Analog
Arloji ini biasa juga disebut dengan arloji standar. Arloji analog menggunakan jarum sebagai alat penunjuk jamnya.


Ada yang menggunakan dua jarum, ada pula yang menggunakan tiga jarum. Jarum pertama menunjukkan jam, jarum kedua menunjukkan menit, dan yang ketiga menunjukkan detik.

-Automatic
Sistem pada jam automatic ini sama dengan mechanical, sama-sama tidak memanfaatkan tenaga baterai.


Jam bermesin otomatis memanfaatkan gerak dari tangan si pengguna sebagai daya geraknya.

-Digital
Arloji ini menunjukkan waktu dengan digit (angka). Untuk jam jenis ini, penunjukkan waktu ditunjukkan dengan lebih jelas karena langsung tertera pada layar. Jadi, kita akan mengetahui secara detail dari penujukan jam, menit, hingga detik. Semua sudah jelas dengan sekali baca.


Saat ini, arloji digital mempunyai banyak fitur tambahan yang membantu. Seperti kompas, alarm, pengukur denyut nadi, penghitung langkah, sampai GPS (Global Positioning System).

Jam tangan digital menggunakan tampilan LCD (liquid crystal display). Seiring berkembangnya jaman pun, jam jenis ini semakin didukung oleh fitur-fitur yang canggih.

Yang paling utama dalam pemilihan movement adalah, hindari movement yang berasal dari china, yaitu movement yang tidak menggunakan brand sama sekali. Meskipun, beberapa movement dari Jepang, semisal Miyota dirakit di China atau hong kong. Brand-brand tersebut sudah sangat banyak berada di pasaran dan sudah terjamin kualitasnya sampai saat ini.

Brand dan harga
Pastikan Anda memilih sebuah produk jam tangan dengan brand yang sudah jelas manufakturnya. Banyak sekali jam dengan model trendy namun memiliki kualitas yang kurang bagus.


Pasti pertanyaan “apakah saya harus memilih merk jam tangan pria yang bagus dan berharga mahal?” pernah terlintas di benak Anda. Memilih jam tangan pria yang bagus bukan tergantung merk, tetapi kebutuhan. Tak ada salahnya membeli produk yang bermerk, asalkan sesuai fungsi. Dan, jam tangan pria original branded yang memiliki harga tinggi bisa digunakan untuk investasi.

Namun, jika memang Anda ingin membeli sebuah produk jam tangan berdasarkan fungsi dan kebutuhan. Maka, pilihlah merk yang cocok serta memiliki fungsi seperti yang Anda perlukan. Terdapat banyak model dan kualitas bagus dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Harga jam tangan bervariasi, tergantung bahan dasar dan teknologi yang dipakai. Bagi pria, jam tangan adalah investasi yang bernilai. Jika Anda sudah mampu membeli jam tangah mewah berharga jutaan hingga puluhan juta, maka belilah untuk investasi di barang tersebut. Perbedaan harga sangat dipengaruhi oleh perbedaan bahan yang dipakai.

Tidak dipungkiri bahwa faktor pemilihan jam tangan bukan hanya sekedar tentang harga saja, namun dapat mengisyaratkan status sosial seorang pria. Namun, dari semua hal tersebut, yang terpenting adalah kenyamanan ketika mengenakan jam tangan. Kenyamanan saat memakai produk merupakan suatu harga mutlak untuk Anda pertimbangkan, jam tangan mampu mencerminkan kepribadian Anda.

Hilangkanlah pilihan yang sulit dipahami dan persempit pilihan, sehingga Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain semisal gaya dan fungsi. Hal ini dapat membantu Anda dalam menghemat juga. Mengeluarkan modal yang lumayan besar tidak akan masalah untuk mendapatkan produk yang memiliki kualitas tinggi, jam Anda pun akan memiliki kemampuan bertahan lebih lama.


Pilihan jam tangan untuk pria memang sangat banyak, tentukan pilihan Anda penuh kehati-hatian. Demikianlah tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli sebuah produk jam tangan pria. Selamat berbelanja.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...