Friday 19 July 2019

Berbagi Tips: Cara Memilih Lip Balm yang Baik


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...

Cara Memilih Lip Balm yang Baik

Jika melihat dari namanya saja, Anda tentunya sudah paham bahwa lip balm merupakan produk untuk bibir. Fungsi lip balm adalah untuk menjaga kelembapan pada bibir. Masalah bibir kering memang terkadang sulit untuk dihindari, terutama jika Anda menggunakan berbagai produk bibir lainnya seperti lipstick dan lip cream yang terkadang membuat bibir semakin kering.

Polusi dan cuaca yang panas dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Keindahan bentuk dan warna lipstik menjadi tidak sempurna karena adanya retakan pada bibir. Untuk itu, tidak jarang lip balm dijadikan solusi untuk meminimalisasi bibir kering saat musim panas tiba. Umumnya, lip balm mengandung bahan-bahan yang aman bagi bibir. Antara lain castor oil, minyak bunga matahari, jojoba, kelapa, dan lebah madu yang bisa melembapkan, menutrisi hingga melindungi bibir dari polusi dan udara panas.

Harus diakui, lip balm menjadi pilihan cepat untuk Anda untuk merawat bibir. Jika dilakukan secara rutin, tidaklah mustahil jika bibir Anda akan tetap terlihat sehat karena lip balm tidak hanya mampu melembapkan namun juga bisa membantu mencegah bakteri yang masuk ke bibir. Tentunya hal tersebut haruslah di imbangi dengan asupan makanan yang bernutrisi. “Bibir itu bagian yang sering dapat perhatian jadi harus dirawat. Cara pakainya sih ga’ da batasan ya, kapanpun merasa perlu pakai ya sah-sah saja. Jadi bisa dipakai ulang lagi,” tutur Manager Marketing Nivea, Diana Riaya saat peluncuran Nivea Lip Balm Pop Ball di Jakarta.


Bahkan, banyak perempuan yang lebih suka menggunakan lip balm dibanding lipstick. Alasannya simpel, lip balm bisa digunakan untuk mempercantik bibir supaya tidak kering dan menjadikan tampilan bibir terlihat lebih tebal.

Bibir lembut terawat merupakan salah satu poin plus yang menunjang penampilan anda. Jangan lupa, orang lain akan memperhatikan wajah anda ketika anda sedang berbicara.

Selain bibir kering dan pecah-pecah, masalah bibir lainnya yang sering diabaikan adalah warna bibir yang cenderung berwarna gelap. Faktor yang menyebabkan bibir berwarna gelap bisa beragam, di antaranya merokok, biasa minum alkohol ataupun pemakaian kosmetik yang tidak cocok. Lip balm yang tidak cocok akan membuat bibir makin kering dan pecah-pecah serta pada akhirnya membuat warna bibir menjadi semakin gelap.


Tidak memakai lip balm juga bukanlah solusi yang ditawarkan karena lip balm akan melindungi bibir dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu tanpa lip balm, penampilan terasa tidaklah lengkap. Yang terbaik adalah memahami cara memilih lip balm yang cocok untuk bibir Anda.

Bibir gelap dan pecah-pecah dapat diakibatkan juga oleh gaya hidup modern serta diperparah dengan kurangnya konsumsi air putih, polusi dan paparan sinar matahari yang semakin memperburuk masalah.

Lip balm yang mengandung pelembab untuk menutrisi bibir memang dibutuhkan namun memilih produk lip balm yang salah justru akan dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan kulit bibir Anda.


Saat ini produk lip balm yang beredar di pasaran semakin beragam. Mulai dari yang berwarna, beraroma, sampai yang lengkap menutrisi kulit bibir. Keberagaman tersebut tentu tidak lepas dari manfaat utama lip balm.

Lip balm adalah salah satu produk yang penting untuk dimiliki oleh perempuan. Pada awalnya produk lip balm hanya berbentuk stick seperti lipstik. Namun, seiring perkembangan dunia perawatan kecantikan, lip balm kini hadir dalam berbagai warna dan bentuk. Beragam desain yang unik dapat membuat siapapun yang melihatnya gemas dan akan semakin menarik saat dibawa kemanapun.

Jika Anda ingin tahu bagaimana memilih lip balm yang benar-benar efektif melembabkan bibir supaya bibir Anda senantiasa lembut dan terawat, ikuti beberapa tips berikut ini:

Kandungan pewangi dan perasa tambahan
Banyak orang tertarik untuk memilih sebuah produk lip balm karena memiliki tampilan yang berwarna-warni serta memiliki aroma wangi dan aneka rasa buah-buahan yang menggoda. Padahal rasa lip balm yang enak dapat membuat penggunanya ingin menjilatinya dari bibir mereka. Akibatnya, semakin sering Anda menjilat bibit, semakin cepat kering pula kondisi bibir. Beberapa jenis pewangi dan perasa tambahan juga dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang. Bahkan, perasa sitrus dapat memicu reaksi photosensitivity yang membuat bibir terasa terbakar.


Dr Zeichner juga menyarankan untuk menghindari lip balm yang mengandung wewangian karena dapat mengiritasi bibir Anda terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Menurut Dr Zeichner beberapa orang dapat memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang terdapat pada produk lip balm meskipun pada dasarnya wewangian dapat membuat lip balm memiliki aroma wangi dan rasa yang lebih baik. "Selain itu, wewangian merupakan salah satu penyebab utama terjadinya iritasi," ujar Dr Diane Madfes, juru bicara untuk American Academy of Dermatology.

Oleh karena itu, ketika Anda berkeinginan membeli lip balm, pastikan produk lip balm pilihan Anda bebas dari bahan perasa dan wewangian. Karena, dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi alergi pada bibir Anda seperti gatal-gatal atau membuat bibir semakin menghitam.
Segera hentikan pemakaian lip balm jika terjadi indikasi alergi seperti bibir terasa bengkak dan panas, gatal yang tidak tertahankan ataupun iritasi pada bibir. Mungkin saja Anda tidak cocok dengan kandungan pada lip balm merk tersebut. Segera ke dokter untuk mengatasi reaksi alergi yang terjadi.

Kandungan fenol dan minyak peppermint
Sebelum Anda pergi dan membeli pelembap bibir atau lip balm, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa kandungan bahan-bahannya. Beberapa produk justru dapat menyebabkan bibir Anda kering bahkan lebih parah dari sebelumnya.


Fenol dan minyak peppermint memang berguna untuk membantu proses pengelupasan lapisan pecah-pecah dari kulit bibir. Namun sayangnya, kedua bahan tersebut tidak bisa menjaga kelembaban alami kulit bibir Anda. Dan, menurut howstuffworks.ocm, karena fungsi fenol dan minyak peppermint mampu membantu proses pengelupasan kulit kering, keduanya akan menghilangkan kelembapan alami bibir. Akibatnya, bibir yang baru saja diolesi lip balm akan mudah terasa kering kembali. Tentunya produk lip balm seperti ini sangat tidak cocok untuk Anda yang tinggal di negara tropis seperti di Indonesia.

Dr Zeichner menyarankan untuk menghindari lip balm yang mengandung fenol, mentol, dan kamper. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi kering dalam jangka panjang, meskipun pada awalnya terlihat dapat menyembuhkan bibir kering. "Ya, mereka menenangkan segera, tetapi dalam jangka panjang mungkin mengiritasi bibir," kata Dr Joshua Zeichner, seorang dokter kulit yang berbasis di New York.

Kandungan salicylic acid
Dilansir dari Mentalfloss, salicylic acid atau asam salisilat yang bisa ditemukan pada beberapa obat jerawat dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan bibir Anda.

Namun, bahan ini juga dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan peradangan dan kekeringan dari waktu ke waktu.

Emmolient serta minyak essensial
Pilihlah lip balm yang mengandung emmolient, karena menggunakan lip balm dengan kandungan emmolient akan memberikan tiga manfaat sekaligus karena emmolient secara alami akan melembabkan, melembutkan, dan menjaga kesehatan kulit bibir Anda. Bahan tersebut terkandung pada petrolatum, beeswax, shea butter, cocoa butter, dan minyak almond atau minyak jojoba.


Menurut ahli kulit Leslie Baumann, MD, "Jika Anda memilih lip balm, pastikan yang mengandung agen oklusif seperti beeswax, shea butter, minyak kelapa, minyak mineral, petrolatum, atau squalene."


Banyak lip balm yang hadir dipasaran mengandung humektan seperti asam hialuronat dan gliserin, yang berarti mereka menghilangkan kelembapan dari bibir Anda jika mereka tidak diimbangi oleh agen oklusif, yang mencegah hilangnya kelembapan.

Synthetic ceramides
Jika bibir Anda benar-benar kering dan mengalami pecah pecah yang parah, pilihlah lip balm yang mengandung synthetic ceramides. Substansi tersebut merupakan sejenis lemak yang dapat mengembalikan perlindungan alami bibir Anda terutama dari sinar ultra violet, sekaligus berperan sebagai tabir surya atau SPF untuk kulit bibir.


Cuaca di negara tropis seperti Indonesia memang sangat panas dan akan menyebabkan bibir cepat kering. Membasahi bibir dengan air liur bukanlah solusi karena bibir akan semakin kering.

Mengandung zinc oxide
Selain emmolient atau synthetic ceramides, jika dalam label kemasan lip balm terdapat keterangan kandungan zinc oxide. Maka, Anda jangan ragu lagi untuk membelinya. Kandungan zinc oxide ini berfungsi untuk menghalangi sinar ultra violet yang merusak kulit bibir Anda.


Biasakan untuk memeriksa label kemasan kosmetik sebelum membelinya.

Mengandung SPF
Tinggal di negara dengan beriklim tropis sering kali akan menyebabkan bibir cepat kering. Mengatasinya yaitu mengoleskan lip balm. Namun, sebelum kamu membelinya, Anda dapat memilih lip balm dengan kandungan SPF lebih dari 15.


Mengaplikasikan lip balm dengan kandungan SPF lebih dari 15, akan mampu menghalangi sinar UVA dan UVB yang akan merusak kulit di bibir anda.

Jangan gunakan produk kadaluwarsa
Menggunakan produk berkualitas rendah atau yang sudah kadaluwarsa akan sangat merugikan. Memakai produk semacam itu hanya akan membuat bibir berwarna kehitaman dan sulit dihindari.


Kebiasaan buruk lain yaitu tidak menghapus lipstik dan riasan di malam hari. Sisa riasan yang mengandung bahan kimia berbahaya akan menutup pori-pori bibir.


Lip balm sangat bermanfaat untuk melengkapi tampilan make-up Anda khususnya pada area bibir dan juga berguna dalam menjaga kesehatan bibir. Namun, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh serta rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan, Karena jika kita sehat di dalam, tentunya akan juga terpancar di luar. Perlu juga Anda ketahui bahwa lip balm memang bukan produk kecantikan yang bisa dimakan. Namun kadang kala, lip balm bisa saja secara tidak sengaja termakan atau masuk ke mulut bersama dengan makanan. Para ahli mengatakan bahwa tidak ada salahnya jika lip balm masuk mulut dalam jumlah kecil. Dan, setelah Anda mengetahui cara memilih produk lip balm yang bagus, jadikanlah beauty item tersebut sebagai produk andalan Anda dalam merawat area bibir.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...