Friday 16 March 2018

Berbagai Manfaat Lecithin Bagi Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                        Berbagai Manfaat Lecithin Bagi Kesehatan


Lecithin alami adalah lemak yang sangat penting dalam sel-sel tubuh. Hal ini dapat ditemukan dalam banyak makanan, termasuk kacang kedelai dan kuning telur. Lecithin kedelai merupakan campuran dari fosfolipid, alami molekul lemak, yang berasal selama pengolahan kacang kedelai.

Lecithin adalah zat lemak yang ditemukan dalam makanan, tanaman ataupun hewan tertentu. Tubuh Anda membutuhkan lecithin untuk berfungsi dengan baik, dan dengan demikian, lecithin melayani beberapa fungsi penting yang berkontribusi pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lecithin berasal dari bahasa Yunani “Lekithos,” mengacu pada kuning telur. Lecithin adalah senyawa yang umum ditemukan dalam sel-sel dari semua organisme hidup, kehadirannya diperlukan untuk fungsi biologis yang tepat.

Lecithin merupakan nama umum untuk serangkaian senyawa terkait yang disebut phosphatidylcholines. Lecithin merupakan campuran fosfolipid dari fosfatida terutama terdiri dari fosfatidilkolin, fosfatidilkolin etanolamin, fosfatidil serin, fosfatidil inositol dikombinasikan dengan berbagai zat lainnya, termasuk asam lemak dan karbohidrat. Lesitin juga mengandung fosfor dan nitrogen (misalnya, kolin).

Lecithin sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun karena berbagai alasan, lecithin yang terdapat dalam tubuh ini mengalami gangguan, sehingga Anda memerlukannya untuk mendukung kesehatan tubuh dari kondisi tertentu. Anda dapat mengkonsumsi lecithin dari 2 jenis sumber yaitu tanaman dan hewan dan dari suplemen lecithin.


Dalam aplikasinya, lecithin berada dalam kuning telur dan paling sering digunakan sebagai agen emulsifier yang dapat mencampur minyak dan air, seperti pada mayones. Hal tersebut dapat terjadi karena lesitin mempunyai kepala yang bersifat hidrofilik dan ekor yang bersifat hidrofobik.

Lecithin pada telur didominasi oleh kandungan fosfatidil kolina yang tinggi, gliserolfosfolipid, rantai panjang asam lemak tak jenuh, asam arakidonat, dan kandungan DHA yang tidak terdapat pada sumber lesitin lainya (seperti kacang-kacangan).

Seperti yang dilansir www.livestrong.com lecithin merupakan salah satu komponen penting dari lapisan lendir di usus besar yang diproduksi oleh hati, lecithin terdiri dari tiga jenis molekul yang larut dalam lemak yang disebut fosfolipid. Molekul-molekul ini merupakan bagian utama untuk membran sel dan, bersama dengan kolesterol dan trigliserida, membantu memfasilitasi komunikasi sel dan menjaga sel-sel dari menempel satu sama lain. Kedelai kaya lecithin dan banyak digunakan dalam bentuk lecithin kedelai, senyawa alami yang mengandung semua unsur yang ditemukan secara alami dalam membran sel.


Lalu, apa saja khasiat dan manfaat dari lecithin bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat lecithin alami untuk menjaga kesehatan:

Meningkatkan fungsi otak.
Nutrisi utama yang ditemukan di lecithin kedelai fosfatidilkolin, juga dikenal sebagai PC. PC merupakan bagian dari membran sel sekitarnya dan tubuh Anda mengelompokkannya ke dalam kolin, yang secara luas dikenal sebagai penting untuk kesehatan otak Anda. Kolin sangat penting untuk mencegah kehilangan memori dan, khususnya, mencegah kehilangan memori dari usia tua.

Ketika oksidator racun yang tidak dapat dicerna oleh hati dibawa oleh darah dan sampai pada syaraf pusat ( otak) maka akan mengganggu sistem syaraf transmiter sel-sel otak, serta mengikat unsur-unsur sel disana sehingga akibat gangguan ini maka timbul gangguan mental dan prilaku.

Lecithin sangat membantu dalam meregenerasi dan mempertahankan kehidupan sel otak yang rusak oleh faktor minuman keras, narkoba ataupun yang lain seperti stress, depresi, serta gangguan mental.

Penggunaan farmakologis dari lesitin termasuk pengobatan untuk gangguan neurologis dan demensia. Lecithin merupakan sumber yang baik dari kolin untuk pengobatan di demensia. Fosfatidilkolin pada lesitin dianggap prekursor baik untuk asetilkolin (Ach) sintesis.

Kolin diketaui dapat meningkatkan akumulasi Ach dalam otak. Ach penting bagi banyak fungsi otak termasuk memori, sehingga meningkatkan konsentrasi neurotransmitter ini dapat mengakibatkan peningkatan memori. Hasil variabel terjadi dengan menggunakan suplementasi lecithin untuk pengobatan gangguan neurologis.

Ketika Anda mengkonsumsi lecithin atau kedelai butiran lecithin, itu dipecah menjadi kolin nutrisi sebelum memasuki membran sel. Kolin digunakan untuk membuat asetilkolin, saraf penting kimia untuk fungsi otak yang tepat. Hasil penelitian tentang efektivitas lecithin sebagai bantuan dalam berhubungan dengan gangguan otak manusia dan pengobatan untuk Alzheimer, gangguan bipolar dan demensia telah meyakinkan. Namun, sebuah studi tahun 2007, yang diterbitkan oleh “CNS Drug Review,” digunakan turunan lesitin untuk memeriksa manfaat untuk analgesia dan terapi penyakit Alzheimer dan menyimpulkan senyawa sebagai calon potensial untuk digunakan untuk mengobati patologi penyakit yang berkaitan dengan Alzheimer kronis.

Mempromosikan penurunan berat badan yang sehat.
Lecithin mempercepat pemecahan lemak, membantu seluruh proses dan sebagai hasil dapat meningkatkan metabolisme. Telah digunakan cukup efektif sebagai bagian dari diet sehat untuk meningkatkan berat badan. Terbaik dari semua, karena alam, lesitin memungkinkan tubuh Anda untuk menurunkan berat badan dengan benar tanpa bergantung pada obat-obatan yang dapat menyebabkan kerusakan di daerah lain kesehatan Anda.

Menurunkan kolesterol.
Manfaat dari lecithin kedelai untuk menurunkan kolesterol juga dikenal sebagai telah digunakan selama beberapa dekade dalam mengobati pasien dengan kolesterol tinggi. Dia mengontrol aliran nutrisi masuk dan keluar dari sel-sel Anda dan mencegah penumpukan lemak di dinding hatimu, arteri dan otak dengan memecah simpanan lemak. Untuk alasan ini, tidak hanya menguntungkan kadar kolesterol, tetapi juga kesehatan jantung Anda juga.

Lecithin juga digunakan untuk mengobati hiperkolesterolemia. Mekanisme tampaknya peningkatan metabolisme kolesterol di dalam sistem pencernaan. Lecithin tampaknya memiliki sifat bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol dan mengendalikan atau mencegah aterosklerosis.

Namun, penelitian dari akhir 1970-an hingga awal 1980an memberikan bukti klinis atau epidemiologi tidak memadai untuk sepenuhnya mendukung efek positif terhadap aterosklerosis. Meskipun penelitian lain dari waktu ini muncul menjanjikan, tidak ada studi yang definitif sehubungan dengan perkembangan aterosklerosis.

Kesehatan sistem kardiovaskular
Bahan dalam kedelai butiran lesitin sangat berperan penting untuk kesehatan saraf dan fungsi otot, termasuk jantung, dan yang terkandung dalam selubung yang menutupi setiap sel saraf dan otot dalam tubuh. Lecithin merupakan agen pengemulsi yang memecah kolesterol dan lemak lainnya, mengurangi kolesterol dan lemak dari tubuh. Hal ini berperan untuk mencegah penyempitan di dinding arteri, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah aterosklerosis. Sebuah studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal “Cholesterol,” menunjukkan bahwa pemberian harian lecithin kedelai secara signifikan mengurangi jumlah kolesterol dan dirangsang sekresi asam lemak dengan kadar kolesterol yang tinggi bila dibandingkan dengan diet tanpa lecithin.

Mencegah berbagai penyakit.
Ada juga penelitian yang kuat yang menunjukkan manfaat regulasi sel lesitin juga mungkin memiliki efek yang signifikan pada otak dan fungsi memori, termasuk kemungkinan perbaikan untuk Alzheimer, demensia, amnesia dan banyak lagi.

Penting untuk kesehatan hati.
Dokter dan para ilmuwan telah dikenal untuk beberapa waktu bahwa lesitin dan kolin keduanya penting untuk fungsi hati dan kesehatan. Dengan menjaga lemak hati tersebar dalam air, lecithin dan kolin dapat mencegah mereka lemak dari terakumulasi. Juga, karena mereka mengontrol aliran nutrisi masuk dan keluar, mereka dapat pada dasarnya flush racun dari hati Anda sebelum mereka menyebabkan kerusakan.

Lecithin melindungi kesehatan hati Anda. Ini adalah jenis khusus lipid yang mencegah lemak terakumulasi dalam hati. Ditambah lecithin merupakan sumber penting dari kolin nutrisi, yang memiliki peran penting dalam fungsi hati.

Lecithin mengatur metabolisme lemak di hati, di mana ia mengikat dengan protein yang trigliserida lebih rendah dan tingkat meningkatkan kolesterol baik dalam aliran darah. Hati perlu fosfatidilkolin untuk menghasilkan lipoprotein sangat-low-density, yang membawa lemak dari hati.

Jika kadar fosfatidilkolin rendah, lemak menumpuk di hati, akhirnya menyebabkan kerusakan hati. Orang-orang cenderung mengembangkan penyakit hati berlemak nonalkohol jika mereka tidak memiliki cukup kolin, melaporkan Linus Pauling Institute.

Liverdoctor.com mengatakan bahwa penelitian pada hewan terkontrol telah menunjukkan lecithin bermanfaat dalam mencegah sirosis alkoholik diinduksi. Sirosis terjadi ketika peradangan kronis dari sel-sel hati menyebabkan luas penumpukan jaringan parut, atau kolagen. butiran lecithin meningkatkan kadar kolin dalam hati, yang meningkatkan enzim efektif dalam menghentikan kolagen. Karena kemampuan lesitin untuk emulsi dan memecah lemak, juga dapat mencegah penyakit hati berlemak, kondisi yang dihasilkan dari akumulasi timbunan lemak dalam sel hati.

Mengatasi penyakit batu empedu.
Menurut Dr. R.K. Tompkins dan koleganya di Sekolah tinggi Medis Universitas Negara bagian Ohio, pada pertemuan tahunan Federasi Masyarakat Amerika Untuk Biologi Eksperimen menyatakan lecithin dapat menghindari batu empedu karena mengandung inositol dan alfa tekoferol yang berfungsi untuk mempertahankan kolestrol dalam empedu agar tetap cair serta tidak mengkristal. Para peneliti ini melaporkan bahwa lebih dari 90% batu empedu yang diderita manusia terutama terbentuk dari kolesterol yang mengkristal. Pemeliharaan kolesterol dalam bentuk cair didalam air empedu adalah kunci pencegahan pembentukan batu empedu.

Studi menunjukkan bahwa lecithin – zat alami yang digunakan sebagai pengental dalam es krim, mayones, dan makanan lainnya – dapat membantu mencegah batu empedu dengan menjaga kolesterol dari memperkuat di dalam kandung empedu. Lecithin ditemukan dalam sejumlah makanan, termasuk kedelai, oatmeal, telur, susu, kacang, kubis, dan cokelat.

Batu empedu terbentuk di kandung empedu Anda di mana empedu disimpan dan dilepaskan ke usus Anda untuk membantu pencernaan. Terlalu banyak kolesterol dapat mengkristal menjadi batu. Lecithin merupakan komponen utama dari empedu dan membantu memecah lemak dengan memungkinkan untuk bercampur dengan air, memastikan eliminasi yang cepat dari tubuh. Menurut situs Healthier Life, peningkatan risiko batu empedu adalah terkait dengan usia, berat badan, diet dan perubahan hormonal. Sebanyak 20 persen orang berusia di atas 65 mengembangkan batu empedu tetapi hanya sekitar 4 persen mengalami gejala yang dapat termasuk rasa sakit di bagian atas kanan perut atau kembali berlangsung beberapa jam, rasa mual dan muntah.

Melindungi sel-sel
Lecithin merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh manusia. Dianggap sebagai batu kunci dalam pembangunan sel, lecithin mencegah pengerasan membran sel. Sel-sel yang sehat menyebabkan tubuh lebih sehat, dan membran merupakan bagian penting dalam memantau asupan dan output sel.

Melindungi sel merupakan bagian integral dalam mempertahankan perlawanan tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang sel-sel yang rusak. Fosfolipid seperti lecithin diproduksi dalam jumlah tertentu di seluruh organ utama tubuh (seperti jantung, hati dan ginjal) tetapi dapat dilengkapi untuk lebih meningkatkan manfaat yang belum direalisasi.

Mencegah dan mengatasi virus HIV/AIDS
Para ilmuwan dalam konferensi tersebut menyatakan bahwa terapi antioksidan, cocok untuk mereka yang mengidap AIDS guna memerangi aktivitas radikal bebas dan respon imun yang menurun berkaitan dengan penyakit tersebut.

Lecithin kacang kedelai yang mengandung alfa karoten, alfa tekoferol, alfa tokotrienol, beta tokotrienol dan beta karoten merupakan anti oksidan yang bisa diharapkan untuk melawan radikal bebas pada penderita HIV serta AIDS.

Pecandu narkoba.
Telah dicoba menambahkan lecithin pada 12 penderita kecanduan narkoba yang merasakan kesakitan di seluruh tubuhnya, serta ada yang menggigil panas dingin. Dari 12 orang tersebut, semua mengalami perkembangan baik serta tidak mengalami sakit-sakit kembali akibat kecanduan.

Ketika pecandu mengalami sakit ditubuhnya, maka diminumi 2-3 sendok makan lecithin dan dalam waktu 15 – 30 menit maka sakit akan berkurang serta hilang. Dengan minum lecithin secara teratur 6 sendok makan setiap hari selama minimal 3-4 minggu maka tubuh akan mengalami perasaan lebih baik.

Dalam jurnal yang ditulis Dianne Craft, MA. Telah dilakukan penelitian informal oleh beberapa dokter untuk membantu pasien mereka yang menderita berbagai macam kerusakan sistem motorik pada otak karena narkoba ataupun faktor lainnya, para dokter ini memberikan lecithin pada mereka serta menemukan kemajuan dan perbaikan setelah mengkonsumsi lecithin.


Ada beberapa efek samping lesitin kedelai Anda harus menyadari juga. Yang paling penting adalah bahwa jika Anda memiliki alergi kedelai serius, Anda harus menghindari semua produk yang mengandung itu. Namun, manfaat lecithin kedelai jauh lebih besar daripada efek samping lain dan itu merupakan sumber kolin, yang seperti yang Anda lihat dapat meningkatkan kesehatan di banyak area tubuh Anda.



Demikian sedikit penjelasan tentang manfaat lecithin bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca dan Salam Sehat.






*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...