Thursday 15 March 2018

Berbagai Manfaat Madu Untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                          Berbagai Manfaat Madu Untuk Kesehatan


Pada dasarnya, hampir semua orang tahu bahwa madu adalah makanan kesehatan yang dihasilkan oleh lebah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sudah sejak lama madu digunakan sebagai pengobatan dan kecantikan. Madu memang mempunyai berbagai manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan.

Khasiat madu murni dan manfaat mulai dari kesehatan sampai dengan kecantikan. Madu adalah cairan yang seperti sirup dan dihasilkan dari nektar bunga yang diolah oleh lebah madu. Zat glukosa yang terkandung dalam madu murni membuat madu memiliki rasa yang manis bahkan dapat melebihi rasa manis pada gula.Para ahli kesehatan pun membuktikan khasiat dan manfaat dari madu asli.

Manfaat madu sangat banyak sekali, selain untuk kesehatan madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Cairan Madu adalah salah satu benda cair yang sangat ajaib dan sangat hebat serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan manfaat buah, dalam cairan madu ini dapat digunakan dan dipakai untuk mengobati berbagai penyakit dan keluahan seperti menyembuhkan sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat dan sebagainya.

Manfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi memang tidak mengherankan kalau banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di tv selalu mengandung dan menempatkan madu walaupun dengan kadar yang kecil.


Manfaat Madu
Manfaat Madu yang mungkin sudah diketahui banyak orang yakni sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Manfaat madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

Menghilangkan Batuk
Sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
Dua penyakit paling berbahaya dimuka bumi ini ternyata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan Daya Ingat dan Proses Tumbuh Kembang Otak
Menurut penelitian yang dilansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.

Khasiat madu murni tak hanya baik bagi orang dewasa, namun baik pula untuk bayi dalam membantu proses tumbuh kembang otak si kecil. Karena bayi hingga menginjak usia 5 tahun sangat membutuhkan kandungan vitamin lengkap yang salah satunya bisa di dapat dari madu. Perkembangan dan Pertumbuhan otak si kecil yang sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ).

Meningkatkan Nafsu Makan
Madu juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak , selain itu madu juga mengandung vitamin B lengkap untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan fisik dan menjaga kesehatan anak.

Sumber nutrisi yang lengkap
Madu mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Dengan konsumsi madu ini berarti kita memberikan manfaat cukup signifikan untuk memberikan zat pada tubuh kita yang bermanfaat jangka pendek dan panjang.

Madu terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa dan mineral seperti natrium klor, belerang, dan fosfat.

Madu mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3,serta yodium.

Ampuh Menghilangkan Luka
Siapa yang sangka bila makanan manis ini dapat mengobati infeksi dan menghambat pergerakan bakteri pada luka. Karena, madu dapat menyerap air penyebab infeksi pada luka dan membantu tubuh untuk membentuk jaringan baru yang rusak karena luka.

Dalam berbagai penelitian madu telah dinyatakan efektif dalam mengobati luka. Dalam sebuah penelitian di Norwegia, terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan Norwegian Forest berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Dalam studi lain, 59 pasien yang menderita luka dan borok kaki, yang mana 80 % dari mereka telah gagal untuk sembuh dengan pengobatan konvensional, lalu diobati dengan madu yang belum diproses. Semua dari mereka (kecuali satu kasus ) menunjukkan peningkatan yang luar biasa setelah diolesi madu. Luka yang steril di awal, tetap steril sampai sembuh, sedangkan luka yang terinfeksi dan borok menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah menerapkan madu.

Madu membantu membersihkan luka,mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan cepat.
Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.

Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki.

Madu bersifat antiinflamasi atau antiperadangan terutama untuk mengobati luka bakar agar tidak infeksi dan cepat mengering.

Cara Penggunaan
Untuk pengobatan luka bakar dan luka, madu dapat dioleskan secara langsung yang biasanya diganti setiap 24 sampai 48 jam. Ketika digunakan secara langsung, 15 mL sampai 30 mL madu telah dioles setiap 12 sampai 48 jam dan ditutup dengan kasa steril atau perban.

Metabolisme Alkohol
NYU Langone Medical Center mengungkapkan bahwa madu yang diminum secara langsung akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme alkohol. Kemampuan ini akan membatasi keracunan dan mengurangi kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat.

Menghilangkan Alergi
Banyak orang telah mencoba dan mengandalkan kemampuan madu untuk mengurangi gejala alergi musiman. Madu memiliki efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Tetapi perlu diketahui manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studi klinis. Namun ada beberapa fakta dari para ahli yang mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

Memerangi Bakteri
Dalam studi klinis, madu telah terbukti dapat membunuh patogen penyakit karena makanan seperti E. coli dan salmonella, serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.

Madu membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.

Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih
Mayo Clinic (situs kesehatan online) mencatat bahwa madu dapat digunakan sebagai cara yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi obat herbal ini memiliki potensi besar.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Madu dipercaya sebagai salah satu sumber makanan penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Terang saja, hal ini dikarenakan madu merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, dan berbagai gizi lainnya.

Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas. Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.

Meningkatkan Kesuburan Suami dan Istri
Nah untuk masalah yang satu ini saya mengalami sendiri, tepatnya terjadi pada saudara laki laki saya yang telat mendapatkan anak. Sudah dua tahun menikah belum dikaruniai anak, entah dapat informasi dari mana ia mencoba madu untuk meningkatkan kesuburannya. Namun ternyata benar, sekitar 2 bulan mengkonsumsi hal bahagia tersebut akhirnya datang juga. Namun tentu ini membutuhkan uji klinis kedokteran.

Meningkatkan Stamina
Hampir semua minuman energi menempatkn madu sebagai bahannya walaupun dosisnya masih sangat kecil untuk meningkatkan stamina. Selain itu konsumsi madu ini secara langsung juga dapat meningkatkan stamina saat melakukan hubungan suami dan istri.

Madu dapat meningkatkan daya tahan dan mengurangi kelelahan otot.

Khasiat madu murni untuk mengembalikan stamina dari kelelahan dan stress yang disebabkan pekerjaan yang terlalu menumpuk.

Mencegah diabetes (Penganti Gula)
Gula dan pemanis buatan merupakan salah satu sumber diabetes, untuk mencegah diabetes salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi gula yang minim. Meskipun madu mengandung gula, ia TIDAK sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikan gula darah Anda.

Beberapa anggapan banyak mengatakan bahwa penderita diabetes mellitus tidak diperkenankan mengkosumsi makanan atau minuman yang manis, karena akan meningkatkan produksi insulin dan dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Namun, anggapan itu tak selamanya benar, karena madu murni yang merupakan sumber makanan yang memiliki cita rasa yang manis, baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Madu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan konsumsi secara teratur cukup dengan 1 sendok teh madu asli atau madu murni 1 kali dalam sehari. Madu diperkaya dengan kandungan vitamin seperti vitamiin B1, B5 dan C yang mana sumber vitamin ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes tanpa khawatir gula dalam darah meningkat. Namun, ketika ingin mengkonsumsi madu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait.

Pengawet Makanan
Sudah sangat jelas, madu adalah salah satu makanan yang mempunyai rasa manis. Karena rasa manis ini, madu sering kali dijadikan pengganti gula untuk membuat kue.

Selain dari rasa manis yang didapatkan, kue yang dicampur dengan madu akan terlihat lebih segar dan lezat karena mengandung antibiotik alami. Kalian tak perlu lagi menggunakan pengawet makanan yang berbahaya bagi kesehatan, gunakan madu sebagai pengawet makanan yang menyehatkan.

Meredakan Radang Tenggorokan
Manfaat kesehatan madu yang selanjutnya yaitu dapat meredakan radang tenggorokan dan batuk. Dengan sering mengkonsumsi madu, dapat membersihkan dahak pada saluran pernafasan dan berkhasiat sebagai disinfektan ringan yang membantu meredakan radang tenggorokan.

Dapat menghilagkan rasa tidak enak pada obat-obatan yang dikonsumsi, membersihkan organ hati dari keracunan dan bakteri, memperlancar buang air kecil, dan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh serta cocok untuk mengobati batuk berdahak.

Resep Panjang Umur
Fakta terakhir tentang manfaat kesehatan madu yaitu menjadi salah satu resep panjang umur. Dengan sering mengkonsumsi madu terutama setiap kali sarapan, maka dipercaya akan membuat umur lebih panjang karena manfaat kesehatannya yang begitu banyak.

Selain untuk mengatasi dan membantu masalah kesehatan di atas, madu juga efektif untuk :
Mengatasi alergi dan asam
Mengatasi sakit perut
Mencegah stress
Mengurangi risiko serangan jantung
Mencegah resiko penyakit alzheimer
Mencegah penyakit kuning
Mencegah tumor di berbagai bagian tubuh
Meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
Membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.

Masih banyak lagi khasiat madu yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai bidang diantaranya yaitu:

Madu Untuk Ibu Hamil
Menambah tenaga dan memberikan daya tahan selama kehamilan

Madu dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Sebagai pelengkap dari menu makanan sehari-hari, karena diperkaya kandungan gizi lengkap dan mudah diserap tubuh sehingga dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan tubuh.

Memudahkan BAB bagi bumil.

Membantu janin dalam kandungan tumbuh normal dan sehat.

Menguatkan Janin. Tidak semua ibu memiliki kandungan yang kuat. Ada pula ibu yang kandungannya lemah, untuk itu ibu harus mengkonsumsi madu untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim) ibu.

Vitamin C yang terdapat pada madu, efektif untuk meningkatkan kecerahan dan daya tahan tubuh ibu hamil.

Madu membantu mengurangi rasa mual. Membantu mencegah terjadinya penyakit radang usus (colitis), maag dan tukak lambung. Khasiat madu murni juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan kinerja usus dan melindungi usus dari luka atau infeksi. Kandungan asam asetatnya membantu mengobati infeksi lambung.

Mencegah terjadinya penyakit hepatitis B pada janin kelak.

Madu dapat mencegah ibu hamil terhindar dari berbagai penyakit selama kehamilan yang mungkin mengganggu janin.

Madu memiliki nutrisi yang sangat kaya untuk kebutuhan ibu saat hamil. Madu membantu memberikan tenaga ekstra bagi ibu dalam masa kehamilan dan menyusui serta memperbanyak dan meperlancar pengeluaran ASI. Dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.

Madu membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.

Manfaat Madu Untuk Wajah
Selain untuk kesehatan dan ibu hamil, madu telah digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah semenjak dahulu kala. Tidak heran bahwa sejak jaman dahulu telah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan madu sebagai bahan pembuatannya.

Belum banyak yang tahu manfaat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit ini, mulai dari pelembab hingga antiseptik yang dapat memelihara kesehatan kulit karena mengandung magnesium, potasium dan kalsium yang membantu meregenerasi sel yang telah rusak pada kulit.

Sebenarnya, manfaat madu bagi kecantikan ini sudah digunakan sejak lama yaitu oleh cleopatra seorang ratu mesir yang pada saat itu hingga kini masih dianggap sebagai ahli kecantikan diseluruh dunia.

Berikut adalah khasiat madu untuk wajah :
Madu dipercaya dan telah digunakan dengan perpaduan herbal lain untuk menghilangkan jerawat. Madu bisa menembus lapisan atas kulit, sehingga dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Dengan dioleskan madu akan menimbulkan khasiat untuk mengencangkan kulit wajah.

Madu digunakan bersama herbal lain untuk menghilangkan komedo.

Menghilangkan flek hitam.

Mencerahkan kulit wajah.

Mengecilkan pori pori wajah.

Membuat kulit wajah tampak bersinar dan berseri.

Dapat digunakan sebagai bahan masker wajah. Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.

Madu dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan kulit wajah dari radikal bebas.

Memberikan kulit wajah yang lebih halus. Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat mereka sangat halus dan lembut serta sebagai solusi untuk mengobati bibir kering dan hitam.

Madu Untuk Kecantikan
Terlepas dari semua manfaat yang telah diutarakan sebelumnya, madu telah dikenal di berbagai kalangan sangat membantu dalam bidang kecantikan, berikut adalah beberapa peran madu untuk bidang kecantikan.

Mencegah penuaan dini. Madu adalah pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit. Dan mencegah kulit kehitaman saat tua. Madu kaya senyawa humektan. Hal ini membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.

Mencegah kulit keriput. Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.

Madu dapat mencegah iritasi kulit dan alergi. Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.

Manfaat Madu Untuk Rambut
Madu untuk menghitamkan rambut.
Madu untuk membuat rambut lebih kuat.
Madu menghilangkan rambut bercabang.
Madu untuk membasmi “Buah rambut”.
Madu untuk membuat rambut lebih lurus.
Madu juga dapat dijadikan sebagai shampoo yang dapat menghilangkan ketombe, memanjangkan, dan melembutkan rambut serta menyehatkan kulit kepala.


Tips Menggunakan Madu
Madu biasanya digunakan dengan 2 cara paling umum:

Diminum langsung. Anda dapat meminum langsung madu sesuai dengan takaran yang disarankan.

Dijadikan masker. Untk perawatan kecantikan biasanya madu akan dijadikan masker bersama dengan herbal lainnya.

Tips membedakan madu murni atau tidak murni (palsu) dengan cara:
Membakar ujung batang korek yang sudah diberi madu. Apabila madu murni maka batang korek akan terbakar.

Membakar madu murni dengan api. Buih pada madu murni tidak akan tumpah dari sendok saat madu dipanaskan.

Madu murni memiliki tetesan yang tidak terputus berbeda dengan madu palsu yang tetesannya terputus seperti air.

Madu murni membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menyatu bercampur dengan air.
Madu murni tidak akan mengering pada saat terkena sinar matahari.

Khasiat madu murni yang tidak akan menyerap menembus kertas koran. 

Madu asli tidak akan meninggalkan bekas noda pada kain setelah kain dicuci sedangkan madu yang tidak murni akan meninggalkan bekas noda.

Madu tidak akan membeku meskipun anda simpan dalam kulsas atau freezer.

Madu yang murni memiliki bau khas dan rasa manis yang lebih kuat daripada madu palsu.

Semut tidak suka dengan madu murni karena kadar air yang sedikit dan dapat membunuh semut.

Peringatan:
Lebih baik tidak diberikan pada bayi, Spora dari Clostridium botulinum telah ditemukan walaupun dalam persentase kecil dari madu di Amerika Utara. Hal ini tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi bayi bisa memiliki reaksi yang serius terutama yang belum genap 1 tahun. Jangan tambahkan madu pada makanan bayi atau digunakan sebagai penenang untuk menenangkan bayi rewel.

Madu juga mengandung gula, jadi jangan konsumsi secara berlebihan misalnya dalam satu botol. Ia memiliki nilai kalori tinggi dan akan menyebabkan kadar pada gula tinggi.


Manfaat madu untuk kesehatan sangat besar, namun tentu harus dimanfaatkan secara bijak dan jangan konsumsi secara berlebihan. Dan Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...