Thursday 15 March 2018

Manfaat Tanaman Albizia Lebbeck


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                          Manfaat Tanaman Albizia Lebbeck


Albizia lebbeck adalah tumbuhan dari spesies Albizia, yang merupakan tanaman asli Indomalaya, New Guinea dan Australia Utara. Albizia lebbeck banyak dibudidayakan dan dinaturalisasi di wilayah tropis dan subtropis lainnya. Nama lain untuk Albizia lebbeck yaitu pohon lebbek, pohon kutu, frywood, koko dan pohon lidah wanita. Nama yang terakhir adalah permainan suara yang dibuat saat mereka bermain-main di dalam polong. Sebagai salah satu spesies Albizia yang paling luas dan umum di seluruh dunia, Albizia lebbeck  ini sering disebut siris, meskipun nama ini mungkin merujuk pada anggota genus lokal manapun.

Albizia lebbeck adalah pohon yang dapat tumbuh setinggi 18-30 m dengan batang berdiameter 50 cm sampai 1 m. Daunnya lebat, panjangnya 7,5-15 cm, dengan satu sampai empat pasang pinnae, masing-masing pinna dengan 6-18 selebaran. Bunganya berwarna putih, dengan banyak benang sari 2,5-3,8 cm, dan sangat harum. Panjang polong buahnya sekitar 15-30 cm dengan lebar 2,5-5,0 cm, mengandung enam sampai dua belas biji.

Di Hindia Barat dan bagian-bagian tertentu Amerika Selatan pohon ini dikenal sebagai 'Shak Shak Tree'  karena suara yang dibuat bijinya dalam polong.

Albizia lebbeck dapat dimanfaatkan sebagai pengelolaan lingkungan, pakan ternak, obat-obatan dan kayu. Albizia lebbeck dibudidayakan sebagai pohon peneduh di Amerika Utara dan Selatan.Sedangkan di India dan Pakistan, pohon itu digunakan untuk menghasilkan kayu. Kayu dari Albizia lebbeck memiliki kerapatan 0,55-0,66 g / cm3 atau lebih tinggi

Bahkan beberapa herbivora asli memanfaatkan lebbeck sebagai sumber makanan. Sebagai contoh, hewan jenis rhea besar (Rhea americana) telah diamati memakan Albizia lebbeck di cerrado Brasil.

Lebbeck adalah zat yang juga digunakan oleh beberapa kultur untuk mengobati bisul, batuk, untuk mengobati mata, flu, radang gusi, masalah paru-paru, masalah radang, serta digunakan sebagai tonik, dan digunakan untuk mengobati tumor perut. Kulit kayu Albizia lebbeck digunakan secara medis untuk mengobati peradangan. Informasi ini diperoleh melalui catatan etnobotani, yang mengacu pada bagaimana tanaman digunakan oleh masyarakat adat, meskipun belum dapat diverifikasi, evaluasi ilmiah atau medis terhadap keefektifan klaim ini. Albizia lebbeck juga psikoaktif. Dalam budaya Tamil kuno, bunga-bunga lebbeck didekorasi sebagai mahkota yang digunakan untuk menyambut tentara yang menang.

Demikian sedikit penjelasan tentang tanaman Albizia Lebbeck semoga memberi manfaat bagi pembaca.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...