Sunday 11 March 2018

Polifenol serta Manfaatnya untuk Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                     Polifenol serta Manfaatnya untuk Kesehatan


Polifenol (polyphenol) adalah kelompok bahan kimia dengan lebih dari satu unit fenol per molekul.

Polifenol ditemukan secara alami pada tumbuhan. Jenis polifenol yang paling sering ditemukan pada tanaman adalah flavonoid, asam fenolat, catechin, anthocyanin, isoflavon, quercetin, dan resveratrol.

Polyphenol adalah zat kimia yang diyakini memiliki manfaat kesehatan yang penting. Beberapa bukti menunjukkan bahwa polifenol membantu mencegah bahaya kesehatan seperti kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Makanan tinggi polyphenol yang bermanfaat termasuk kubis merah, berry, anggur merah dan ungu, brokoli, lobak, teh dan apel.


Banyak studi ilmiah telah dilakukan untuk mengevaluasi efek polifenol pada tubuh manusia.

Polyphenol merupakan salah satu produk anti oksidan yang sangat kuat dan ampuh dalam menangkal radikal bebas. Senyawa ini juga memiliki kemampuan sebagai anti Aging (Anti Penuaan Dini). Berbagai studi dan penelitian membuktikan bahwa radikal bebas adalah penyebab utama dari penyakit-penakit degeneratif seperti : Kanker, Kolesterol, Diabetes, Jantung maupun Stroke.

Buah-buahan dan sayuran bersama dengan teh, khususnya teh hijau adalah beberapa sumber makanan yang kaya akan polifenol.

Selain itu, berbagai macam buah-buahan seperti stroberi, blueberry, blackberry, cranberry, acai berry, raspberry, apel, delima, ceri, anggur, pir, dan plum juga memiliki kandungan polifenol tinggi.
Kubis, brokoli, bawang, peterseli dan seledri adalah beberapa sayuran yang memiliki kandungan polifenol.
Anda juga dapat menemukan sejumlah besar polifenol dalam anggur merah, kopi, teh, cokelat, minyak zaitun, kacang-kacangan, kenari, almond, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang tanah.

Beberapa polifenol penting seperti flavon, flavonoid, resveratrol, dan isoflavon diketahui memiliki sifat antioksidan.

Adanya antioksidan diyakini memiliki khasiat meningkatkan kemampuan anti-inflamasi dan kekebalan tubuh.

Journal of Cellular Biochemistry mempublikasikan bahwa polyphenol tergolong dalam anti oksidant jenis bioflavonold yang memiliki kekuatan 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang menjadi penyebab kanker payudara, menurunkan resiko kanker lambung, paru-paru, usus besar, hati dan pancreas serta membantu menurunk tingkat kadar gula dalam darah. Polyphenol efektif mengurangi penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah, karena anti oksidan mampu mencegah oksidasi kolesterol dalam pembuluh arteri yang menyebabkan pembekuan trombosit abnormal penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke.

Sebuah study oleh para peneliti Amerika Serikat yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiologi menyatakan bahwa mereka yang minum sedikitnya dua cangkir teh yang mengandung polyphenol setiap hari, ternyata 68% lebih rendah kemungkinan terkena kanker usus.


Berikut adalah beberapa manfaat polifenol bagi kesehatan:
Sebagian besar polifenol adalah antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki efek merusak terhadap sel-sel dan jaringan tubuh.

Radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab kerusakan sel yang berhubungan dengan penuaan. Sebagai antioksidan kuat, polifenol mampu memperlambat proses penuaan.

Polifenol efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

Polifenol dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular. Resveratrol adalah polifenol yang ditemukan dalam anggur merah dan anggur yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung. Anggur merah baik untuk jantung, dan peneliti percaya polifenol bertanggung jawab untuk keuntungan itu. Polifenol diperkirakan mengurangi penumpukan lemak di pembuluh darah, mengurangi peradangan, meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mencegah pembekuan darah.

Polifenol tertentu seperti resveratrol menunjukkan sifat anti-tumor sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan kanker. Berries (terutama raspberry dan strawberry) kaya polifenol yang disebut asam ellagi, yang berfungsi untuk menonaktifkan zat penyebab kanker tertentu dan memperlambat reproduksi sel kanker. Anggur dan jus anggur, bawang putih dan teh hijau juga diduga mengandung polifenol yang mencegah kanker tertentu.

Beberapa polifenol yang ditemukan dalam raspberry dipercaya efektif memperlambat keropos pada tulang. Keropos tulang adalah faktor utama yang menyebabkan osteoporosis.

Catechin, salah satu jenis polifenol yang ditemukan dalam teh hijau efektif membantu menurunkan berat badan. Senyawa ini merangsang tubuh untuk membakar lebih banyak lemak dan kalori.

Isoflavon, jenis lain dari polifenol, ditemukan sebagian besar dalam produk kedelai dan dapat membantu wanita mengatasi gejala-gejala menopause terutama hot flashes dan keropos tulang.

Polifenol memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dengan peradangan, peradangan yang berlebihan dan merugikan. Jika Anda makan makanan kaya polifenol tertentu memiliki tingkat yang lebih rendah untuk terkena penyakit radang.

Polifenol mampu menurunkan kadar gula dalam plasma darah sehingga baik diminum bagi penderita diabetes.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat polifenol adalah dengan mengasup makanan yang mengandung senyawa ini.

Demikian sedikit penjelasan tentang Polifenol semoga memberikan manfaat dan Salam Sehat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...