Saturday 17 March 2018

Berbagai Manfaat Buah Guarana


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                             Berbagai Manfaat Buah Guarana


Guarana (Paullinia cupana) adalah tanaman rambat dari keluarga maple. Daunnya lebar dan memiliki gugusan bunga. Kulit buahnya berwarna merah dengan daging berwarna putih. Di dalamnya terdapat biji hitam seukuran biji kopi. Jika kulitnya terbuka, daging buah dan bijinya jadi terlihat seperti bola mata.

Guarana adalah tanaman dari pedalam hutan Amazon yang ditemukan di Venezuela dan Brazil. Khasiat buah guarana bagi kesehatan ternyata banyak sekali, termasuk kemampuan untuk membakar lemak dan meningkatkan energi. Dewasa ini di Amerika Latin ekstrak guarana banyak digunakan dalam minuman energi dan minuman nutrisi olahraga karena memberikan efek energi yang luar biasa.

Guarana, nama salah satu tumbuhan ini mungkin terdengar asing di telinga orang Indonesia, namun tidak bagi masyarakat Amerika Latin. Secara tradisional guarana memang dikenal sebagai buah yang banyak memberi manfaat kesehatan untuk tubuh manusia.

Meski sudah dikenal oleh masyarakat Eropa sejak abad ke-16, guarana baru diperdagangkan pada tahun 1958. Di hutan, tanaman rambat ini digunakan sebagai insektisida untuk mengusir hama pemakan tanaman. Buah dan biji guarana mengandung kafein dua kali lipat biji kopi. Kafein ini disebut guaranine.

Zat aktif Guaranine yang terdapat dalam Guarana mengandung antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas pembawa penyakit seperti jantung, kanker, stroke, diabetes, alzheimer, hiv, dll. Dalam Guarana juga terkandung kafein yang memiliki kekuatan 7 kali lebih kuat daripada kafein alami yang ada di kopi.

Guarana juga memiliki efek stimulan, khasiat analgesik, anti amnestik, anti bakterial, anti koagulan, anti obesitas, anti oksidan, aphrodisiak, astringen, kardiotonik, diuretik, hiperglikemik, meningkatkan konsentrasi dan daya tahan, memperkuat memori/ingatan.

Suku Guarani yang berdomisili di Amerika Selatan biasa membuat teh dari biji guarana. Setelah dikupas, bijinya dicuci, dikeringkan, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk halus. Bubuk tersebut lalu dibuat menjadi adonan, lalu dicetak berbentuk silinder. Orang-orang biasa menyebutnya guarana bread. Cara menggunakannya adalah diparut, lalu dicampur dengan air panas dan gula.

Bubuk guarana biasa digunakan dalam campuran soft drink atau minuman berenergi. Teh herbal dan kapsul juga seringkali mengandung ekstrak guarana.

Secara umum, penduduk Amerika Selatan mendapat asupan kafein paling banyak dari tanaman rambat ini. Brazil, Peru, dan Paraguay paling banyak menjual produk minuman berbahan guarana.

Namun konsumsi Guarana berlebihan akan menyebabkan stres pada jantung karena efek kafeinnya.

Ada beberapa penelitian tentang efek guarana. Jika dikonsumsi sebanyak 37.5 mg dan 75 mg, guarana terbukti dapat meningkatkan daya ingat, kewaspadaan, dan mood. Studi lain menunjukkan bahwa campuran guarana, yerba mate, dan damiana dapat menurunkan berat badan. Food and Drug Administration telah menyatakan guarana adalah suplemen yang aman.

Guarana memiliki efek yang lebih tahan lama daripada kopi, sehingga dapat membuat Anda terjaga semalaman dan tak bisa tidur. Konon, guarana juga dapat mengatasi mabuk, memperbaiki nafsu makan, dan berperan sebagai stimulan seks pada pria. Namun, belum ada riset untuk menguji khasiat ini meskipun banyak orang mempercayainya.

Khasiat dan manfaat guarana bagi kesehatan ternyata banyak sekali, termasuk kemampuan untuk membakar lemak dan meningkatkan energi. Dewasa ini di Amerika Latin ekstrak guarana banyak digunakan dalam minuman energi dan minuman nutrisi olahraga karena memberikan efek energi yang luar biasa.

Meningkatkan Energi
Salah satu manfaat yang paling utama dari ekstrak buah guarana adalah efek peningkatan energi nya. Guarana memiliki struktur kimia yakni guaranine, yang mirip dengan kafein, namun khasiatnya jauh lebih kuat di bandingkan kafein. Guaranine jauh lebih efektif dibandingkan dengan kafein dalam hal memberikan energi ekstra. Guaranine akan dilepaskan secara perlahan-lahan ke dalam tubuh untuk menyediakan energi yang berkelanjutan, yang kemudian merangsang sistem saraf pusat dan bila diambil dalam dosis kecil dapat melawan kelelahan dan meningkatkan tingkat vitalitas.

Menurunkan berat badan berlebih
Guarana telah digunakan selama berabad-abad oleh kaum pribumi Amerika Latin sebagai bahan dasar teh yang akan menekan rasa lapar untuk menurunkan berat badan. Guarana digunakan saat ini di minuman energi tertentu dan suplemen penurunan berat badan untuk mendukung penurunan berat badan dengan memberikan stimulasi dan memerangi kelaparan. Proses ini melibatkan pelepasan lemak ke dalam aliran darah di mana ia digunakan sebagai energi selama kita beraktivitas.

Menjaga kesehatan usus
Selain efek energi dan penurunan berat badan nya, guarana juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh, menurut GuaranaStudies.com. Guarana mendorong gerakan usus, yang merupakan efek menguntungkan bagi orang yang menderita sembelit. Selain itu, guarana efektif untuk mengobati komplikasi lain dari perut, termasuk asam lambung dan diare, karena membantu untuk mendetoksifikasi dan membersihkan sistem pencernaan.

Untuk kesehatan jantung
Sebagaimana diketahui, Guarana adalah tumbuhan yang hidup di pedalaman hutan Amazon, Amerika Selatan atau Latin. Mayoritas Guarana tumbuh di negara Brazil. Penduduk setempat memanfaatkan Guarana sebagai obat tradisional yang menyehatkan jantung dan memulihkan stamina. Buah Guarana sangat digemari di seantero Amerika Latin karena khasiatnya yang tinggi.

Bagi para atlet sepak bola maupun atlet cabang olah raga lainnya, mengonsumsi Guarana adalah sebuah keharusan. Sebut saja Neymar pemain klub sepak bola Santos yang kini membela Barcelona, adalah salah satu bintang lapangan hijau asal Brazil yang gemar minum buah Guarana. Namun Guarana yang diminum oleh Neymar dan kawan-kawan adalah Guarana yang sudah diolah dengan menggunakan teknologi, dan dalam bentuk  jus guarana.


Saat ini buah guarana sudah dikemas dalam berbagai bentuk produk kesehatan. Dalam bentuk yang paling alami, guarana biasanya dibuat menjadi pasta kering, yang biasanya dilakukan oleh orang-orang Amerika Latin. Namun secara komersial guarana hadir dalam bentuk sirup, ekstrak, pil atau suplemen kapsul, serta untuk minuman energi. Ada juga berbagai merk produk penurunan berat badan yang menggunakan ekstrak guarana sebagai komposisi utamanya.


Munculnya berbagai macam produk kesehatan berbahan dasar guarana tidak bisa lepas dari khasiat buah guarana yang memang telah dibuktikan sejak berabad-abad lamanya.



beli sekarang

*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...