Monday 2 July 2018

Tips Memilih Sabun Wajah – Kreasi Sehat


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                                   Tips Memilih Sabun Wajah


Kulit wajah lebih tipis dan halus jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Sehingga, Anda perlu mencuci wajah dengan sabun khusus untuk membersihkan kulit Anda. Dan apakah Anda tahu mana sabun pembersih wajah yang cocok untuk Anda, satu-satunya cara untuk memastikan mana sabun pembersih wajah yang terbaik untuk Anda adalah dengan mengetahui jenis kulit Anda.

Membersihkan wajah dengan sabun muka merupakan hal yang perlu dilakukan dengan rutin. Namun, jika Anda salah memilih sabun muka yang sesuai dengan kulit wajah Anda, bisa jadi justru akan berisiko merusak kesehatan kulit.

Dokter spesialis kulit Melyawati Hermawan menjelaskan bahwa membersihkan wajah penting karena mencuci muka adalah kegiatan pembuka hari. Selain itu, sel kulit muka jauh lebih kecil dan tipis, maka diperlukan perawatan yang berbeda.

"Untuk bisa membersihkan minyak, kotoran, dan make-up, biasanya sabun butuh sulfactant yang menyelip lewat air. Namun, sulfactant yang berlebihan akan merusak komponen protein dan lipid sehingga tergerus sampai ke minyak alami ikut hilang," katanya, Jumat (16/6/2017).

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mencari tahu manakah sabun pembersih yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Kulit wajah normal
Bagi Anda yang memiliki kulit wajah normal, Anda patut bersyukur karena Anda memiliki kulit wajah yang bisa menggunakan sabun muka jenis apapun. Kulit wajah normal ditandai dengan kulit yang tidak terlalu berminyak dan tidak kering, serta jarang berjerawat. Pastikan sabun tersebut tidak akan membuat kulit wajah Anda menjadi kering.

Kulit rawan berjerawat
Tips memilih sabun pencuci muka untuk wajah berjerawat memang tidaklah mudah. Resiko akan ditimbulkan jika kamu salah memilih sabun yang salah, apalagi untuk kulit wajah sensitif dan mudah berjerawat.

Memperhatikan produk sabun adalah hal utama dalam tips memilih sabun pencuci muka. Memilih sabun wajah yang berfungsi untuk mengurangi minyak di wajah adalah hal yang sangat tepat untuk membantu mengatasi jerawat.

Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, Anda membutuhkan pembersih wajah 2 in 1 yang juga mengandung obat jerawat. Pembersih wajah Anda harus mengandung bahan utama seperti seng dan belerang yang dapat mencegah timbulnya jerawat.

Kulit wajah berjerawat memerlukan sabun muka yang mampu membersihkan kotoran pada kulit wajah secara keseluruhan tanpa mengangkat seluruh minyak pada kulit. Hindari sabun muka yang terlalu keras karena akan menyebabkan kemerahan dan iritasi. Sabun muka yang mengandung asam salisilat, natrium sulfacetamide, atau benzoyl peroksida, dipercaya mampu melawan jerawat. Kandungan emolien (seperti minyak mineral) atau humektan (gliserin) pada sabun juga akan dapat menjaga kelembaban di kulit Anda.

Penggunaan sabun wajah yang mengandung butiran scrub hanya baik untuk penggunaan setiap tiga sampai empat hari sekali ketika kondisi kulit wajah tidak sedang dalam keadaan berjerawat. Butiran scrub tersebut justru sangat baik sekali untuk membersihkan porti-pori dari debu atau kotoran yang menempel terlalu melekat pada kulit wajahmu.

Kulit berminyak
Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakan sabun pembersih wajah yang bebas minyak. Kebanyakan orang berpikir bahwa sabun pembersih bebas minyak akan membuat kulit jadi terlalu kering. Tetapi, tahukah Anda bahwa sebetulnya semua sabun mengandung minyak. Jika Anda menggunakan pembersih wajah normal pada kulit berminyak, itu hanya akan membuat wajah Anda terlihat mengkilap. Maka, gunakan produk oil-free untuk membuat kulit lebih bersinar dan juga mencegah jerawat karena minyak berlebih.

Wajah dengan jenis kulit berminyak cenderung rentan terhadap jerawat karena produksi sebum yang berlebihan. Kulit wajah berminyak biasanya ditandai dengan pori-pori yang besar dan kulit mengkilap. Ketika memilih sabun muka, pastikan produk tersebut mengandung asam salisilat atau benzoyl peroksida untuk mencegah jerawat.

Jika Anda masih harus membersihkan make-up dari wajah Anda dengan toner setelah Anda mencuci muka, berarti Anda membutuhkan sabun wajah yang memiliki kemampuan membersihkan lebih. Sabun muka yang tidak terlalu bagus juga biasanya justru membuat wajah Anda terasa lebih berminyak dari sebelumnya.

Kulit kering
Jika Anda memiliki kulit kering, Anda membutuhkan pembersih wajah yang  juga mengandung pelembap. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang berisi elemen seperti minyak, susu.

Kulit wajah kering biasanya ditandai dengan kulit yang terlalu kaku, tidak elastis dan sering terasa gatal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya lipid, yaitu zat minyak atau lemak yang dihasilkan oleh kulit sebagai pelembab. Untuk itu, pilihlah sabun muka yang membersihkan kotoran tanpa mengangkat habis minyak pada kulit. Sabun muka berbasis susu, atau minyak dan bahan alami lainnya serta tidak berbusa yang akan membantu menghidrasi kulit wajah Anda.

Kulit wajah kombinasi
Jika Anda memiliki kulit wajah kombinasi, itu berarti beberapa area di wajah Anda, terutama daerah T-zone (seperti dahi, hidung dan dagu) cenderung berminyak dan sementara bagian lainnya, seperti pipi dan sekitar mata, cenderung kering. Pilihlah sabun muka yang seimbang dan dapat mengangkat minyak pada kulit wajah Anda tanpa membuantnya terasa kering.

Komedo
Jika Anda memiliki banyak komedo di sekitar hidung dan pipi, Anda membutuhkan jenis pembersih wajah yang mengandung scrub. Anda dapat menggunakan produk semacam ini untuk menyingkirkan komedo dan sel-sel kulit mati.

Pigmentasi
Jika Anda punya kulit kecokelatan akibat terbakar matahari, pilihlah pembersih wajah yang mengandung pemutih. Produk semacam ini biasanya mengandung unsur pemutih alami seperti kunyit dan ekstrak lemon.

Kulit sensitif
Jika kulit Anda sangat sensitif terhadap alergi dan infeksi yang memerlukan perawatan khusus, memilih sabun muka untuk kulit wajah sensitif perlu perhatian khusus. Karena, kulit wajah sensitif sangat rentan terhadap iritasi dikarenakan tipisnya lapisan kulit luar. Oleh karena itu, hindarilah sabun muka dengan kandungan alkohol dan parfum, serta pilihlah sabun yang mengandung lidah buaya, teh hijau, susu dan kandungan yang menenangkan lainnya.

Cara mengetahui apakah anda cocok atau tidak dengan produk sabun wajah anda

Cara mengetahui apakah Anda cocok menggunakan sabun muka tersebut adalah tentu dengan mencobanya. Jika Anda menggunakan sabun muka yang membuat kulit Anda merasa segera kering, kencang, atau gatal, maka itu berarti sabun tersebut terlalu keras. Sabun muka yang baik akan membuat kulit Anda merasa hampir sama (kecuali sedikit lebih ringan) seperti sebelum Anda membersihkan wajah.

Ada beberapa kandungan yang perlu dihindari dari produk sabun muka yang Anda akan gunakan. Pastikan sabun muka tersebut tidak mengandung natrium lauril sulfat dan natrium laureth sulfate yang merupakan deterjen sintetik. Kandungan tersebut mungkin akan terasa nyaman pada awal pemakaian karena mengangkat minyak secara keseluruhan, namun penggunaan yang berkala dapat mengikis pelindung kulit wajah Anda. Jika Anda terpaksa memilih sabun dengan kandungan tersebut, pastikan bahwa kedua bahan tersebut tidak tertulis paling awal dalam daftar komposisi di label produk.

Mencaritahu ulasan produk sebelum membeli juga akan banyak membantu Anda. Anda bisa membaca ulasan dari orang-orang yang pernah menggunakan produk tersebut sebelumnya dan memastikan apakah produk tersebut bagus atau tidak. Sample produk maupun produk ukuran kecil juga dapat berguna untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan sabun muka tersebut sebelum Anda menghabiskan uang Anda lebih banyak lagi.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih produk pembersih yang cocok untuk berbagai jenis kulit wajah. Jika Anda memiliki kondisi kulit tertentu, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kulit apakah ada bahan-bahan tertentu yang perlu Anda hindari. Semoga bermanfaat.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...