Saturday 13 January 2018

Manfaat dan Peran Unsur Hara Mikro Klorin / Chlorine (Cl) Untuk Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                 Fungsi Unsur Hara Mikro Klorin / Chlorine (Cl) Untuk Tanaman

Klorin / chlorine (Cl) merupakan salah satu unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman. Klorin (Cl) diserap oleh tanaman dalam bentuk ion klorida (Cl). Dari hasil analisais pada tanaman ternyata Cl banyak terdapat dalam abu tanaman (relatif besar) dan dari hasil penyelidikan Cl ternyata banyak terdapat pada tanaman yang mengandung serat, seperti kapas. Bagi tanaman yang menghasilkan tepung, Cl memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas tepungnya. Pada tanaman tembakau apabila Cl keadaannya lebih besar maka produksi tembakaunya akan buruk. Bentuk Cl yang beracun pada tanaman tergantung pada iklim, sifat tanah, dan lain-lain. Dari hasil penyelidikan bentuk Cl yang lebih dari 0,1% bagi tanaman pada umumnya akan menimbulkan keracunan, sedangkan pada padi  timbulnya keracunan apabila bentuk Cl adalah sekitar 0,3%.

Fungsi klorin (Cl) bagi tananaman:
§  Ion Cl mempunyai fungsi fisiologis yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman terutama pada fase terang. Apabila ion Cl ini tidak tersedia maka proses fotosintesis akan terhambat sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan terhambat. Dalam fotosintesis fase terang, ion Cl berperan dalam transfer elektron di dalam klorofil sehingga terbentuk senyawa ATP berenergi tinggi dan senyawa inilah yang dipergunakan dalam fase gelap untuk pembentukan karbohidrat (C6H12O6). Apabila ATP tidak terbentuk pada fase terang, pembentukan karbohidrat pada fotosintesis fase gelap akan terhambat.
§  Berperan dalam aktifitas enzim .
§  Ion Cl bereaksi dengan ion H akan membentuk senyawa asam klorida (HCl) yang merupakan salah satu jenis asam pekat yang dapat mematikan penyakit yang masuk kedalam tubuh tanaman. Klorida (Cl) yang diserap dalam bentuk larut kebanyakan terdapat di dalam cairan sel, dengan kandungan Cl yang bervariasi dari 1 – 5 %.

Gejala Kekurangan Klorin (Cl) pada tanaman:

§  Defisiensi klorida (Cl) dapat menimbulkan gejala pertumbuhan daun yang kurang normal (terutama pada tanaman sayuran), daun akan nampak kurang sehat dan berwarna tembaga/gelap. Biasanya tanaman tomat, cabe, gandum, dan kapas.






beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...