Wednesday 10 January 2018

Manfaat Unsur Hara Mikro Mangan (Mn) Untuk Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Manfaat Unsur Hara Mikro Mangan (Mn) Untuk Tanaman

Mangan (Mn) merupakan salah satu dari beberapa unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman. Mangan diserap oleh tanaman dalam bentuk ion Mn2+ dan juga dalam bentuk kompleks organik. Apabila kadar Mn berlebihan bagi tanaman dapat menyebabkan keracunan. Mangan bersifat immobile.

Tersedianya mangan (Mn) bagi tanaman tergantung pada pH tanah. Jika pH rendah, mangan akan banyak tersedia.  Tanah yang kekurangan unsur mangan dapat diatasi dengan memberikan 1% MnSO4H2O. Pemberian mangan (Mn) dalam bentuk larutan dapat langsung diserap oleh tanaman. Penyemprotan MnSO4 melalui daun akan lebih efektif daripada melalui tanah, karena Mn2+ pada tanah akan cepat direduksi. Kadar mangan yang berlebih bisa dikurangi dengan jalan menambah zat fosfor dan kapur.

Fungsi mangan (Mn) bagi tanaman:
§  Mangan diperlukan oleh tanaman untuk pembentukan zat protein dan vitamin terutama vitamin C.
§  Penting untuk mempertahankan kondisi hijau daun pada daun yang tua.
§  Sebagai enzim feroksidase dan sebagai aktifator berbagai macam enzim. Diduga Mn berhubungan erat dengan reaksi Deoksidase dan Dehidrogenase.
§  Berfungsi dalam pembelahan sel
§  Digunakan dalam proses pernapasan dan fotosintesis

Gejala kekurangan mangan (Mn) pada tanaman:
§  Pada daun-daun muda di antara tulang-tulang daun secara bersamaan terjadi klorosis, dari warna hijau menjadi kuning dan selanjutnya putih.
§  Daun akan tampak berwarna gelap dan muda.
§  Perkembangan kuncup akan mengalami kegagalan.

§  Pertumbuhan tanaman terhambat.






beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...