Sunday 7 January 2018

MANFAAT UNSUR C-ORGANIK UNTUK KESUBURAN TANAH


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
MANFAAT UNSUR C-ORGANIK UNTUK KESUBURAN TANAH


TANAH merupakan sebuah tempat atau media untuk kehidupan tanaman. Tanah terdiri dari lapisan bumi paling luar yang berasal dari pelapukan batuan induk yang mempunyai kedalaman dan karakter yang berbeda beda.

C-organik dalam tanah merupakan hasil dari pelapukan sisa sisa tanaman atau binatang yang bercampur dengan bahan mineral lain didalam tanah pada lapisan atas tanah, yang mempunyai fungsi yaitu:
  1. Fisika : memperbaiki struktur tanah, memperbaiki aerasi tanah, meningkatkan daya penyangga air tanah, menekan laju erosi.
  2. Kimia : menyangga dan menyediakan hara tanaman, meningkatkan efisiensi pemupukan, menetralkan sifat racun Al dan Fe.
  3. Biologi : sumber energi bagi jasad renik / microba tanah yang mampu melepaskan hara bagi tanaman.
C-organik tanah merupakan penyangga biologis tanah yang mampu menyeimbangkan hara dalam tanah dan menyediakan unsur hara bagi tanaman secara efisien.

Kandungan bahan orgnik pada masing – masing horison merupakan bentuk besarnya akumulasi bahan oorganik dalam keadaaan lingkungan yang berbeda.Komponen bahan organik yang penting adalah C dan N.Kandungan bahan organik itu dengan mengalihkan  ditentukan secara tidak langsung yaitkan u dengan mengalikan kadar C dengan suatu faktor yang umumnya sebagai berikut :Kandunagn bahan organik =C *1,724.Bila jumlah C organik dalam tanah dapat diketahui maka kandungan bahan organik merupakan salah satu indikator tingkat kesuburan tanah.Dan dalam pengapuran berfungsi dlam mempengaruhi kondisi tanah bereaksi masam  cukup baik untuk pertumbuhan tanaman ,

Bahan organik merupakan bahan-bahan yang dapat diperbaharui, didaur ulang, dirombak oleh bakteri-bakteri tanah menjadi unsur yang dapat digunakan oleh tanaman tanpa mencemari tanah dan air.

Bahan organik adalah kumpulan beragam senyawa-senyawa organik kompleks yang sedang atau telah mengalami proses dekomposisi, baik berupa humus hasil humifikasi maupun senyawa-senyawa anorganik hasil mineralisasi dan termasuk juga mikrobia heterotrofik dan ototrofik yang terlibat dan berada didalamnya.


KONDISI TANAH PERTANIAN di INDONESIA

Kondisi yang memprihatinkan tanah di Indonesia khususnya di pulau jawa karena kondisi kandungan C-organik tanah sudah sangat rendah, rata rata kurang dari 2%, padahal kondisi yang seharusnya adalah 5%.Kondisi tanah yang bagus terdiri dari udara 25%, Bahan C-Organik minim 5%, Air 25%, mineral 45%.


Kondisi kandungan C-organik lahan pertanian kita yang sangat rendah karena akibat dari lahan tanah yang dikelola secara intensif dengan unsur kimiawi tanpa memperhatikan kelestarian kesehatan tanah yakni usaha pengembalian bahan C organik ke dalam tanah.

Hal ini menjadi salah satu sebab terjadinya pelandaian produktivitas meskipun jenis dan dosis pupuk kimia ditingkatkan, karena tanah telah SAKIT.

Bahan C-Organik merupakan bagian dari tanah dan mempunyai fungsi yaitu:
  1. Meningkatkan kesuburan tanah dan menyediakan micro hara dan factor-faktor pertumbuhan lainnya yang biasanya tidak disediakan oleh pupuk kimia (anorganik).
  2. Tanah dengan bahan organik yang rendah, mempunyai daya daya sangga hara yang rendah, sehingga pemupukan kurang efisien.Tanah yang subur adalah tanah yang mengandung C-Organik lebih dari 5 %.
3.       Mempengaruhi kondisi tanah bereaksi masam sehingga cukup baik untuk pertumbuhan tanaman/jazad mikro
4.       menghilangkan pengaruh racun Al,Fe atau Mn.
5.       menambah unsur basa Ca (atau Mg).
6.       meniadakan fiksasi P (atau Mo)
7.       sebagai pengikat mineral menjadi granular  untuk menjaga kandungan air tanah
8.      sebagai sumber unsur hara tanaman dan meningkatkan serapan tanah essensial makro dan mikro
 makro: C, N, H, O, P, K, Ca, Mg, S
               mikro: Cl, Cu, Mo, B, Fe, Mn, Zn


PUPUK ORGANIK ALAMI

Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman atau hewan yang telah melalui proses ekstraksi, dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik tanah, memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biolagi tanah.

PEMUPUKAN BERIMBANG UNTUK TANAH YANG LEBIH SUBUR

Pemupukan berimbang adalah gabungan antara pupuk Anorganik dengan pupuk organik.Arti praktisnya adalah pemupukan dengan mempertimbangkan JENIS, JUMLAH, CARA, dan WAKTU.pemupukan, sesuai dengan kesuburan tanah dan kebutuhan tanaman untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Dengan penggunaan pupuk organik atau pengembalian bahan organik kedalam tanah akan berpengaruh pada kesuburan tanah sehingga:


Terjadi peningkatan produksi hasil pertanian
Efisiensi penggunaan pupuk
Menjaga kelestarian lingkungan hidup
Untuk mengoptimalkan produktifitas pertanian serta efisiensi pemupukan maka dianjurkan penerapan teknologi pemupukan berimbang dikombinasikan dengan penggunaan bahan organik.






beli sekarang

beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...