Thursday 11 January 2018

Manfaat Unsur Hara Makro Kalsium / Calcium (Ca) Untuk Tanaman


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
Manfaat Unsur  Hara Makro Kalsium / Calcium (Ca) Untuk Tanaman

Kalsium / calcium (Ca) merupakan salah satu unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman. Kalsium diserap oleh tanaman dalam bentuk ion Ca++. Kalsium sebagian besar terdapat dalam daun berbentuk kalsium pektat yaitu pada bagian lamella pada dinding sel. Selain itu, kalsium terdapat juga pada batang dan berpengaruh baik dalam pertumbuhan ujung dan bulu-bulu akar. Kalsium terdapat pada tanaman yang banyak mengandung protein.

Ketersediaan kalsium (Ca) ternyata dapat mempengaruhi unsur hara lain terutama magnesium (Mg). Apabila Ca pada kondisi kekurangan, maka penyerapan Mg akan terlalu besar dan dapat meracuni tanaman. Penambahan atau pemberian Ca bersama dengan unsur nitrogen (N) akan menguntungkan pada perkembangan batang dan pembentukan tunas-tunas baru. Kalsium (Ca) banyak terdapat di bagian tanaman yang tua dan bersifat immobile.
Sumber kalsium (Ca) terutama batu-batu kapur dan sisa-sisa tanaman. Tanah yang kekurangan unsur kalsium (Ca) sehingga bagi tanaman tertentu perlu mendapatkan pengapuran terlebih dahulu dan hasilnya ternyata sangat memuaskan.

Fungsi kalsium (Ca) bagi tanaman:
§  Menguatkan dinding sel, pembentukan pucuk tanaman, dan pening bagi perttumbuhan akar (pemanjangan ujung-ujung akar)
§  Berperan dalam pembentukan protein dan penyerapan nitrat
§  Kalsium dapat menetralkan asam-asam organik yang dihasilkan pada metabolisme.
§  Kalsium dapat menetralkan tanah asam, dapat menguraikan bahan organik, tersedianya pH dalam tanah tergantung pada kalsium.

Gejala kekurangan kalsium (Ca) pada tanaman:
§  Defisiensi unsur kalsium (Ca) menyebabkan terhambatnya pertumbuhan sistem perakaran.
§  Gejala yang tampak pada daun, dimana daun-daun muda selain berkeriput mengalami perubahan warna, pada ujung dan tepi-tepinya klorosis (berubah menjadi kuning) dan warna ini menjalar di antara tulang-tulang daun, jaringan-jaringan daun pada beberapa tempat mati. Daun-daun berukuran kecil dan gagal berkembang penuh. Warna daun menjadi gelap.
§  Gejala pada pucuk (kuncup-kuncup yang telah tumbuh mati).

§  Defisiensi unsur kalsium (Ca) menyebabkan pertumbuhan tanaman demikian lemah karena pengaruh terkumpulnya zat-zat lain yang banyak pada sebagian dari jaringan-jaringannya dan menyebabkabkan distribusi zat-zat yang penting bagi pertumbuhan bagian yang lain terhambat (tidak lancar).






beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini


beli sekarang gif

pasang iklan disini




loading...