Tuesday 1 May 2018

Berbagai Manfaat Sulfur (Belerang) untuk Kesehatan serta Masalah Kulit


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                       Manfaat Sulfur (Belerang) untuk Kesehatan


Selain sebagai indera perasa, kulit juga berperan untuk melindungi tubuh dan sebagai alat ekskresi. Dengan peran pentingnya tersebut, kesehatan kulit perlu dijaga. Salah satunya adalah dengan mengatasi berbagai gangguan yang menyerangnya. Kulit dapat mengalami berbagai gangguan atau masalah yang dapat mengganggu tidak saja fungsinya bagi tubuh namun juga akan memberikan kekurangan pada penampilan tubuh.

Belerang atau sulfur merupakan bahan mineral alami yang berasal dari proses vulkanisme, bahan belerang dapat kita temukan di daerah pegunungan, dan biasanya disana juga terdapat air hangat alami yang mengandung belerang.

Pemanfaatan belerang lebih sering digunakan untuk keperluan pertanian. Tanaman memerlukan jumlah belerang yang tidak sedikit untuk menunjang pertumbuhannya. Karena itulah, pupuk sulfat dan fosfat sangat terkenal di kalangan petani.

Belerang merupakan salah satu zat yang berkhasiat mengobati berbagai permasalahan pada kulit. Manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit dapat dioptimalkan untuk menjadikan kulit Anda terbebas dari beragam masalah yang menyerang.

Belerang atau yang juga dikenal dengan sulfur belakangan ini semakin familiar dan banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Belerang atau sulfur adalah unsur kimia tabel periodik yang mempunyai lambang S dan nomer atom 16. Umumnya belerang berbentuk padat dengan warna kuning, namun kadang kala gunung api yang mengeluarkan sumber air panas juga terdapat kandungan belerang. Sumber air panas inilah yang dimanfaatkan sebagai air mandi dimana kemampuannya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menyehatkan kulit. Jika dicium dari aroma, belerang mempunyai aroma yang kurang sedap serta jika menyentuh kulit akan berdampak panas (hangat).

Belerang memang memiliki bau yang kurang sedap, akan tetapi belerang memiliki manfaat yang luar biasa terutama untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. Khasiat belerang untuk kesehatan memang sudah tidak dapat diragukan lagi, karena sudah banyak orang yang terbukti sembuh dengan melakukan perawatan menggunakan belerang. Karena khasiatnya ini, tidak heran jika banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan dasar belerang.

Dalam kandungan belerang memiliki khasiat antibakteri sehingga mampu melenyapkan bakteri penyebab jerawat, perawatan alami kulit berminyak dan berjerawat dengan belerang sudah tidak ada yang membantah lagi.

Dan juga untuk perawatan alami kulit halus belerang berperan sebagai pembantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta merangsang pembentukan kulit baru yang lebih halus.

Serta menjaga kelembaban kulit (perawatan alami kulit kering sekalian Anda dapatkan) dan menjadi anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, perawatan alami kulit berjerawat dengan bantuan bahan kimia yang biasanya merusak bisa Anda hindari dengan alternative perawatan kulit dengan belerang ini.



Manfaat Belerang untuk Mengobati Berbagai Masalah Kulit
Belerang merupakan salah satu unsur kimia dan termasuk dalam jenis mineral alami. Unsur alami ini dapat bereaksi dengan unsur lain dan membentuk senyawa. Unsur belerang ini juga mengandung zat antibakterial dan antiinflamasi, sehingga berkhasiat baik untuk kesehatan kulit. Belerang dapat mengobati beragam masalah yang timbul pada kulit, karena zat yang terkandung di dalamnya tidak membahayakan kulit. Meskipun demikian, belerang hanya dianjurkan untuk pengobatan dari luar (eksternal), bukan dari dalam.

Langkah pengobatan dengan belerang dapat dilakukan dengan cara berendam dalam air belerang. Kolam pemandian air panas yang sumbernya berasal dari gunung berapi, mampu menjadi solusi untuk mengobati permasalahan kulit. Saat ini, obat untuk mengatasi masalah yang menyerang kulit juga sudah menggunakan belerang sebagai salah satu komposisinya, sehingga dapat berperan baik untuk mengobati. Khasiat belerang tersebut tidak lepas dari kandungan zat di dalamnya, yaitu berupa zat antibakterial dan antiinflamasi.

Di dalam dunia farmasi, manfaat belerang sudah lama diterapkan untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Belerang bisa bertindak sebagai keratolitik atau mengelupaskan kulit mati. Fungsi belerang yang lain untuk kulit adalah sebagai pembunuh bakteri, jamur, tungau kudis, dan parasit lainnya.

Belerang yang digunakan untuk mengobati masalah kulit telah diolah bersama bahan lainnya menjadi berbagai bentuk, di antaranya berbentuk losion, krim, bubuk, atau sabun. Beberapa masalah kulit, seperti acne vulgaris (jerawat), jerawat rosacea, dan dermatitis seboroik bisa diatasi oleh belerang. Selain dengan cara mengelupas sel kulit mati, belerang juga bisa membantu mengatasi jerawat dengan cara menghilangkan penyumbat pada pori-pori kulit.

Penggunaan produk berbahan belerang untuk pemakaian luar sebaiknya dengan resep dokter. Jikapun membeli produk yang tersedia di pasaran, pastikan untuk membaca label dan petunjuk pemakaian dengan saksama. Yang tidak kalah penting adalah selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menggunakan produk berbahan belerang.

Produk untuk pemakaian luar dalam bentuk krim atau losion tidak boleh dioleskan pada kulit pecah-pecah karena justru bisa memperburuk kondisi yang dialami. Begitu juga dengan beberapa bagian tubuh lain, seperti kelopak mata, bibir, hidung, dan mulut, upayakan jangan sampai terkena produk jenis ini. Jika terdapat ruam atau tanda-tanda alergi lainnya setelah memakai produk berbahan dasar belerang, maka segera hentikan pemakaian.

Belerang bisa dijadikan teman kecantikan kulit sebab banyak khasiat yang dihasilkan. Bahan mineral yang umumnya ditemukan di gunung ini memiliki bau yang sangat khas dan menyengat.

Bila dihirup terlalu banyak, belerang memang bisa menimbulkan sesak napas. Namun jika dimanfaatkan dengan jumlah yang tepat maka Anda mendapat manfaat baik untuk kecantikan.

Berikut ini merupakan manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit:

Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit
Ada beragam permasalahan kulit yang mengganggu. Salah satunya adalah gatal-gatal yang disebabkan gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya, akibat alergi, debu, dan sebagainya. Rasa gatal yang dialami tersebut merupakan hal yang sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan penanganan secepatnya. Unsur belerang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu.

Masalah gatal-gatal pada kulit bisa juga di sebabkan karena adanya bakteri dan kuman, dan jika tidak segera di atasi maka bisa menyebabkan iritasi karena sering di garuk, dan yang paling parah adalah infeksi. Oleh karena itu kita harus segera mengatasinya, dan salah satu caranya yaitu dengan menggunakan belerang. Untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal anda bisa berendam di air hangat yang mengandung belerang selama kurang lebih 30 menit. Lakukanlah minimal 2 minggu sekali agar masalah gatal-gatal pada kulit bisa segera teratasi.

Mengobati Jerawat
Salah satu manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah mengobati jerawat. Jerawat merupakan suatu persoalan kulit yang sangat mengganggu. Rasa gatal dan perih yang ditimbulkan dapat mengurangi kenyamanan dan menghambat jalannya aktivitas. Apabila tidak segera ditangani, maka jerawat tersebut akan semakin parah dan jika terkena debu akan memerah dan lama kelamaan akan membekas. Belerang yang mengandung antibakterial mampu menghilangkan bakteri dan kuman lainnya yang menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Belerang juga dapat meregenerasi bagian kulit yang sebelumnya ditumbuhi jerawat.

Banyak orang yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat, baik itu jerawat di wajah maupun jerawat di punggung. Bahan belerang memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan berkembangnya jerawat di wajah. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker belerang secara rutin untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya, dan juga mencegah timbul jerawat baru.

Belerang ampuh mengeringkan jerawat dan mempercepat penyembuhannya sebab mengandung anti-bakteri. Untuk mendapat kulit mulus tentunya banyak sekali produk yang bisa anda gunakan untuk mendapatkannya. Seperti beragamnya merek pembersih wajah alami, pemutih wajah, untuk menyamarkan bintik hitam bekas jerawat.

Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam terjadi karena bekas jerawat, bekas luka, karena gatal, ataupun bekas alergi. Adanya flek tentunya dapat memengaruhi penampilan kulit. Unsur belerang dapat mengembalikan kondisi kulit menjadi mulus seperti semula, karena mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi jaringan kulit. Pemakaian masker belerang dapat diterapkan secara rutin untuk menghilangkan flek hitam pada kulit.

Mengatasi Kerutan
Kerutan yang muncul karena bertambahnya usia adalah masalah kulit selanjutnya. Akan tetapi, pola hidup yang salah, seperti kurang tidur, pemakaian kosmetik yang berlebihan, serta kurangnya nutrisi untuk kulit, dapat memicu timbulnya kerutan halus pada kulit. Kerutan halus tersebut merupakan tanda awal dari penuaan dini dan akan bertambah apabila tidak segera ditangani. Dengan salah satu manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah mampu mengencangkan kulit, maka persoalan timbulnya kerutan tersebut dapat diatasi. Seiring berjalannya waktu, kerutan tersebut dapat diminimalisir dan hilang melalui penggunaan masker belerang secara rutin.

Dengan rutinitas yang sangat padat akan meyebabkan kerutan dan  bintik-bintik hitam di kulit wajah, tentunya akan membuat penampilan seseorang seperti sudah tua, namun bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah tetap kencang, halus dan ingin mencegah kerutan dan bintik hitam di wajah tidak muncul ataupun tanda-tanda penuaan pada kulit lainnya, maka belerang bisa anda sebagai masker untuk tetap menjaga kulit anda tetap awet muda.

Masalah penuaan dini dapat diatasi dengan menggunakan belerang agar kulit Anda yang berkeriput terlalu awal dapat kembali kencang dan halus sehingga wajah dan tubuh kembali tampak sesuai usia, bahkan bisa saja berkesan lebih muda. Selain itu, flek dan bintik serta mata panda pun dapat dihilangkan secara efektif.

Mengobati Alergi
Masalah kulit berikutnya yang dapat diatasi adalah alergi. Alergi adalah sebuah reaksi pada tubuh yang muncul akibat terganggunya sistem kekebalan tubuh oleh perubahan cuaca, serangan virus, serangan bakteri, ataupun karena tingkat sensitivitas kulit yang tinggi. Umumnya, alergi tersebut berupa munculnya gatal-gatal atau bintik merah pada kulit. Kandungan antibakterial yang ada dalam belerang dapat menyembuhkan alergi yang terjadi dan kulit  menjadi normal kembali.

Mengatasi Infeksi
Mengatasi infeksi termasuk dalam daftar manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit. Kandungan antiinflamasi dalam belerang mampu mengobati dan mencegah terjadinya infeksi akibat alergi, gatal-gatal, ataupun kulit kering. Perawatan menggunakan belerang secara rutin dapat memberikan hasil lebih optimal.

Menyembuhkan Koreng/Kudis
Koreng/kudis dapat diatasi menggunakan terapi belerang. Solusi tersebut dapat dilakukan secara rutin. adapun cara penerapannya adalah dengan berendam dalam air panas mengandung sari belerang. Anda dapat membuatnya sendiri dengan menumbuk belerang dan melarutkannya dalam air panas ataupun pergi ke pemandian air panas yang mengandung belerang, seperti kolam pemandian Ciater. Sifat panas pada belerang serta kandungan antibakterialnya yang bercampr dengan air panas mampu membunuh kuman dan jamur penyebab penyakit kulit. Cara ini tergolong efektif untuk segera mengatasi persoalan kulit ini.

Mengobati Eksim
Dengan beragam manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit, maka salah satunya yaitu eksim dapat diatasi. Jika Anda mengalami eksim, maka penyembuhan menggunakan sari belerang dapat diterapkan. Eksim adalah penyakit gatal yang menyerang kulit hingga menyebabkan timbulnya koreng dan nanah. Sifat panas yang dimiliki belerang mampu membunuh jamur penyebab penyakit eksim tersebut. Berendam dalam air sari belerang dapat diupayakan untuk mengobati eksim.

Mengatasi Panu dan Kurap
Panu dan kurap adalah permasalahan kulit yang sering menyerang. Dalam hal ini, manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit adalah membunuh jamur penyebab panu dan penyebab kurap. Belerang yang bersifat panas, mampu melumpuhkan mikroba dan jamur parasit yang merugikan tersebut, sehingga penggunaan belerang secara rutin dan berkelanjutan dapat menyembuhkan keduanya.

Memiliki panu dan kurap tentu akan merusak kecantikan kulit anda, dan bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Bahan belerang bermanfaat untuk mengatasi masalah panu dan kurap. Anda bisa mencampurkan bubuk belerang dengan minyak sayur, kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang ada panu / kurapnya. Lakukanlah secara rutin supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mengobati Nyeri Radang Sendi
Tidak hanya merelaksasi otot- otot tubuh anda, anda juga dapat mengobati serta mengatasi nyeri sendi yang sedang anda alami. Belerang dapat memperlambat impuls syaraf yang mengirim rasa sakit pada otak ke bagian persendian serta meredakan nyeri sendi dengan sangat efektif, ini terbukti dengan banyaknya obat nyeri sendi yang mengandung belerang sebagai bahan dasar pembuatannya.

Sebagai suplemen, belerang dapat ditemukan dalam bentuk sulfoxide dimetil (DMSO) dan methylsulfonylmethane (MSM). Untuk bentuk DMSO sendiri, 15 persennya akan diurai menjadi MSM di dalam tubuh. Kedua bentuk suplemen ini sudah lama dikenal untuk pengobatan nyeri.

MSM terkandung secara alami di dalam susu, buah-buahan, sayur-sayuran, dan beberapa jenis biji-bijian. Dalam dunia kesehatan, MSM penting untuk kesehatan sendi dan membantu pembentukan jaringan ikat, seperti tulang rawan, tendon, dan ligamen. Suplemen ini mungkin mengurangi rasa nyeri dengan memperlambat impuls saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit. MSM merupakan suplemen untuk meredakan rasa nyeri akibat radang sendi, baik osteoarthritis maupun rheumatoid arthtritis.

Tidak seperti MSM, sulfoxide dimetil (DMSO) bukanlah produk alami karena zat ini biasanya didapat dari produk sampingan kimia pada industri pembuatan kertas. Produk ini juga sering digunakan sebagai pelarut materi industri. Dalam medis,  penggunaan krim DMSO mungkin dapat membantu meredakan nyeri pada kondisi osteoarthritis dan rheumatoid arthtritis.

Interstitial Cystitis (Radang Kandung Kemih)
Jika anda merasakan sakit di perut bagian bawah secara tidak wajar dalam artian sakit yang sangat nyeri, anda bisa segera memeriksakan diri anda ke dokter. Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan manfaat batu bulu macan, dan diketahui pula sudah banyak sekali metode untuk mengobati kandung kemih dengan menggunakan obat yang mengandung belerang atau sulfur.

Belerang dalam bentuk DMSO telah digunakan di sejumlah negara untuk mengobati interstitial cystitis. Kondisi ini merupakan sejenis penyakit peradangan kandung kemih yang sudah kronis. Gejala penyakit interstitial cystitis adalah sering buang air kecil di malam hari dan timbulnya rasa nyeri di kandung kemih.

Saat digunakan untuk mengobati interstitial cystitis, DMSO dalam bentuk cair akan dimasukkan secara langsung ke kandung kemih menggunakan kateter. Dalam melaksanakan prosedur ini, pasien mungkin akan mendapatkan anestesi umum. Prosedur ini sendiri bisa menimbulkan rasa sakit dan terjadinya kontraksi kandung kemih.

Campuran Kosmetik
Kemampuan belerang atau sulfur yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan peradangan pada kulit wajah ini dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan kosmetik. Tujuannya adalah agar pengguna kosmetik tidak mengalami peradangan dan jerawat setelah menggunakan kosmetik tersebut, dengan begitu kulit anda akan tetap terjaga dan anda akan aman dalam menggunakan kosmetik.

Manfaat belerang untuk kondisi tertentu mungkin masih belum umum dikenal oleh masyarakat. Oleh karena itu, hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan optimal dan tidak menimbulkan efek samping yang negatif.


Cara menggunakan belerang sebagai obat
Sebenarnya untuk zaman yang serba canggih seperti sekarang, sudah mudah sekali memanfaat bahan yang berasal dari batu alam ini. Bisa juga dengan menggunakan bubuk belerang dan dipadukan dengan minyak angin kemudian dioleskan pada kulit untuk mengobati jamur kulit. Namun ada juga yang paling mudah yaitu dengan menggunakan bahan berupa produk pengobatan yang sudah bisa diperoleh pada toko atau apotek terdekat.

Beberapa penelitian seperti yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Penelitian pada New England Journal of Medicine menyimpulkan bahwa dengan menggunakan air belerang untuk mandi berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, memperbaiki kesehatan jantung, mengeluarkan racun, mengatasi pegal linu, menjaga kinerja usus besar, menyembuhkan penyakit kulit, meringankan sakit kepala, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan salesma, dll.

Efek Samping
Selain mempunyai manfaat yang besar untuk kulit, belerang juga memiliki efek samping yang kurang baik yang perlu Anda waspadai. Anda tidak boleh menggunakan belerang secara berlebihan. Ada kalanya karena ingin cepat sembuh maka orang menggunakan ramuan berformula belerang secara berlebihan, padahal terlalu banyak atau terlalu sering menggunakan belerang bisa membuat kulit terbakar dan juga mengalami iritasi.

Kulit sangat berperan penting bagi setiap manusia. Oleh karena itu, kesehatan kulit adalah suatu hal yang perlu diperhatikan, terlebih apabila kesehatan kulit terganggu. Jika demikian, maka jangan dikesampingkan. Upaya untuk mengatasinya perlu dilakukan agar persoalan tersebut dapat diatasi. Pengobatan secara efektif dapat diterapkan untuk Anda yang mengalami persoalan pada kulit.

Belerang merupakan unsur mineral alami yang berkhasiat sebagai bahan pengobatan berbagai permasalahan kulit. Sifat belerang yang baik dan tidak merusak jaringan kulit, sesuai diterapkan untuk pengobatan. Alangkah baiknya, apabila pengobatan ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Berbagai manfaat belerang untuk mengobati berbagai masalah kulit yang sudah dipaparkan di atas mempunyai tata cara pengobatan dengan belerang yang dapat diterapkan untuk mengobati masalah kulit yang Anda alami. Setelah masalah kulit tersebut teratasi, maka permukaan kulit Anda dapat kembali bersih dan mulus.

Itulah tadi beberapa manfaat belerang untuk kesehatan serta kulit tubuh secara alami. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat anda.



*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...