Wednesday 2 May 2018

Beragam Manfaat Susu untuk Kecantikan Kulit serta Kesehatan


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
               Manfaat Susu untuk Kecantikan serta Kesehatan


Minuman yang telah dikenal manfaatnya bagi kesehatan ini mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan dan usia, terutama manfaatnya untuk pertumbuhan tulang karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Bahkan sejak lahir manusia sudah dibiasakan untuk meminum susu. Manfaat susu diantaranya yaitu mencegah osteoporosis, menghindarkan kerusakan gigi, membantu pertumbuhan anak, melindungi pencernaan dan usus dari kanker usus, serta banyak lagi. Kandungan susu yaitu kalsium, zat besi, kalium, vitamin A, D, B6, B12 dan protein.

Tahukah Anda bahwa susu juga bermanfaat untuk kecantikan, Seperti yang kita ketahui, susu sapi memiliki protein, fosfor, kalsium, mineral, kasein, dan vitamin. Susu pada umumnya diketahui berkhasiat untuk kesehatan tulang dan menetralisir racun. Selain manfaatnya pada tubuh, susu juga bermanfaat pada kesehatan kulit dan rambut.

Susu adalah salah satu sumber nutrisi paling menguntungkan untuk manusia. Jelas ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, Cleopatra, ratu legendaris dari Mesir diketahui sering menggunakan susu sebagai bahan perawatan kecantikannya. Susu mengandung asam laktat yang dapat menghilangkan sel kulit mati dan juga mempromosikan pembaharuan sel. Kandungan asam laktat ini telah mengilhami penggunaan susu secara luas sebagai bahan produk kecantikan.

Telah banyak salon atau tempat perawatan kecantikan yang menggunakan susu sebagai salah satu bahan dalam jenis perawatan mereka. Susu juga telah banyak dijadikan sebagai salah satu bahan yang dipakai dalam produk – produk perawatan kecantikan atau kosmetik yang banyak beredar.

Manfaat susu untuk kecantikan pun sudah terbukti khasiatnya sejak berabad tahun yang lalu. Selain bermanfaat untuk mempercantik kulit, susu juga dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kulit.



Manfaat susu untuk kulit:

Pembersih dan exfoliator
Susu dapat menghilangkan kotoran dalam pori – pori wajah yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Secara alami susu sering digunakan sebagai produk kecantikan yang memiliki efek membersihkan. Saat diterapkan pada permukaan kulit wajah, susu dapat menghilangkan kotoran dalam pori-pori kulit yang menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat.

Susu memiliki kemampuan unik untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut dengan bantuan enzim lipase yang larut dalam lemak, kotoran dari protein dengan bantuan protease, dan sel-sel kulit mati dengan asam laktat. Kulit Anda akan semakin lembut dan bersinar. Caranya yaitu dengan membasahi kapas dengan susu, lalu usapkan pada wajah. Setelah 5 menit, bilas dengan air. Anda juga bisa menghaluskan dua potong pepaya dan susu. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah dan leher. Setelah beberapa menit, bilas dengan air dingin.

Manfaat eksfoliasi wajah bisa didapatkan dari scrub yang terbuat dari susu dicampur dengan oatmeal yang digosok dengan gerakan melingkar ke seluruh tubuh dan wajah selama beberapa menit. Mengangkat kotoran pada kulit juga merupakan salah satu manfaat oatmeal untuk kulit sensitif. Campuran susu dan oatmeal dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran tanpa membuat kulit menjadi iritasi. Lakukan scrub ini sebelum mandi.

Pelembap untuk kulit kering dan bibir pecah-pecah
Susu merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjadikan kulit lembut dan bersinar. Caranya adalah dengan mengoleskan susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat mencampur dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering selama 10 menit.

Mengatasi masalah kulit berminyak
Susu sangat cocok digunakan untuk berbagai macam jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Susu bisa menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menjadi penyebab jerawat dan komedo. Susu bekerja dengan cara membuat kulit menjadi lebih lembab alami sehingga mengurangi produksi minyak berlebih. Minyak secara alami digunakan oleh kulit untuk membuatnya tetap lembab. Jadi, kulit kering biasnya juga dibarengi dengan minyak berlebih.

Mencerahkan kulit
Susu mencerahkan kulit dengan merangsang peluruhan sel-sel kulit berpigmen. Campurkan dua sendok makan susu, satu sendok makan madu, dan dua sendok makan air hangat. Oleskan ke seluruh wajah Anda. Setelah mengering, bilas dengan air hangat. Vitamin, mineral, dan protein yang terkandung di dalamnya akan membuat kulit cerah dan bersinar.

Memutihkan kulit
Keinginan memiliki kulit wajah dan tubuh yang putih pada sebagian besar wanita dimanfaatkan oleh para produsen dengan menciptakan berbagai macam produk pemutih yang membuat kita seringkali lupa akan adanya resiko krim pemutih palsu yang mengandung bahan pemutih wajah berbahaya.  Kulit kusam atau tidak terlihat putih bisa juga disebabkan karena sering terpapar sinar matahari dan kotoran sehingga warna kulit tampak kusam dan kotor. Kandungan protein dan vitamin dalam manfaat susu untuk kulit berguna mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

Manfaat susu ternyata bukan hanya untuk memperkuat tulang saja, tetapi  juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah. Susu bisa digunakan sebagai bahan kecantikan yang bermanfaat mencerhakan wajah secara alami tanpa efek samping. Kandungan asam laktat yang tinggi dalam susu bukan hanya baik untuk menghaluskan kulit, tetapi juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencoba perawatan dengan mandi susu yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mencampurkan susu bubuk atau susu murni ke air mandi. Namun karena banyak yang mengeluhkan bau amis dari susu yang tertinggal di tubuh usai mandi susu, sekarang ada produk bernama organic milk bath yang telah dicampur dengan bahan alami lainnya untuk digunakan mandi dan tidak akan menyisakan bau amis.

Jika anda tidak ingin repot, bisa mencari salon yang menyediakan jasa perawatan mandi susu. Mandi susu adalah salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami. Selain menggunakan susu anda juga bisa mencoba manfaat Aqua Skin Whitening.

Anti-ageing
Susu dapat mengurangi keriput karena enzim, protein, mineral dan vitamin yang terkandung di dalam susu. Anda bisa mencampur pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit. Lalu, bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga mencerahkan wajah.

Manfaat anti ageing atau anti penuaan dini pada kulit juga didapatkan dari susu dengan mengkonsumsinya sebagai cara mencegah penuaan dini. Susu mengandung antioksidan yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh yang terbentuk akibat terkena polusi dan sinar matahari yang dapat menjadi penyebab keriput di usia muda.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat susu bagi kecantikan. Kita bisa menerapkannya secara langsung ke wajah atau mengkonsumsinya.  Susu mengandung antioksidan tinggi yang dapat melawan efek buruk radikal bebas dari lingkungan. Perlu kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan salah satu faktor utama penuaan. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda bisa menambahkan madu murni.

Kandungan protein, kalsium, dan zat besi dalam susu yang kita konsumsi setiap hari juga akan memperlambat proses penuaan, sekaligus membuat kulit menjadi lebih putih. Itulah sebabnya, selama ratusan bahkan ribuan tahun, susu telah dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita, karena manfaatnya untuk membuat kulit menjadi lebih halus, bebas keriput, dan lebih cerah.

Pembersih untuk kulit sensitif
Memiliki kulit sensitif memang sangat merepotkan karena orang dengan kulit jenis ini harus sering mencari pembersih wajah yang anti-iritasi. Tidak semua produk kecantikan bisa cocok dengan kulit sensitif, oleh sebab itu anda membutuhkan bahan perawatan yang alami seperti susu.

Ketika kulit Anda iritasi, berhentilah memakai produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah Anda dengan susu dua kali sehari (jika kulit Anda tidak rawan berjerawat), lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

Mengobati jerawat
Kulit yang indah dan halus akan rusak apabila ditumbuhi jerawat, apalagi jika sampai meradang dan merah-merah. Jerawat bisa terjadi karena banyak faktor. Diantaranya kulit wajah yang kurang bersih sehingga kotoran menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Susu bisa mengatasi jerawat yang meradang. Caranya hanya dengan mencuci wajah menggunakan susu, diamkan beberapa saat agar meresap kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Mungkin Anda ragu untuk menggunakan susu sebagai bahan perawatan wajah karena berpikir tidak ingin wajah didatangi semut yang tergoda oleh manisnya susu. Yang perlu diketahui adalah, susu yang digunakan untuk perawatan adalah susu murni yang tidak mempunyai campuran gula sehingga aman untuk kulit. Perawatan dengan susu ini sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar – besaran, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda mencobanya.

Menghilangkan noda hitam
Asam laktat yang terkandung pada susu terbukti membantu menghilangkan bercak hitam pada kulit jika digunakan secara teratur.

Kompres dingin untuk kulit terbakar matahari
Susu dapat menyejukkan kulit yang terbakar dengan bantuan anti-inflamasi, pelembap, dan bahan lain untuk memperbaiki kulit. Hanya dengan menggunakan buttermilk langsung pada kulit akan membuat kulit terasa dingin dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

Sengatan sinar matahari yang membakar dan membuat panas kulit dapat diredakan efeknya dengan susu agar kulit menjadi dingin kembali. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam susu, kemudian ditekankan ke bagian kulit yang terbakar secara perlahan – lahan. Sengatan matahari juga merupakan salah satu penyebab kerusakan pada rambut.

Jika Anda sering membeli toner dengan bahan kimia, sebaiknya mulai dari sekarang beralih menggunkan susu. Sebagai bahan perawatan kecantikan, susu sangat aman dan cukup efektif. Menggunakan susu dengan cara tersebut bisa menyembuhkan kulit akibat sengatan matahari.

Mengecilkan pori-pori
Sour cream dan sour milk dapat membantu mengecilkan pori-pori. Jika Anda memiliki pori-pori yang besar dan terbuka, Anda dapat mengambil sour cream dan mengolesnya di muka dan leher. Seluruh produk susu dapat mengecilkan pori-pori yang besar.

Pori – pori wajah yang besar berisiko menimbulkan masalah jerawat dan komedo karena timbulnya minyak yang berlebih pada wajah. Manfaat susu untuk kulit yang digunakan sebagai cara mengatasi muka berminyak adalah jenis susu asam atau sour cream. Cara pemakaiannya yaitu dengan dibalurkan ke seluruh wajah dan leher secara merata sambil sedikit dipijat, biarkan selama maksimal 20 menit lalu dibersihkan.

Bisa juga menggunakan campuran susu dan madu yang dioleskan ke bagian wajah yang mempunyai pori-pori besar. Susu juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami.

Menghaluskan kulit
Kulit yang halus dan lembut bisa didapatkan dari kandungan vitamin A, B6, B7, D dan protein dalam susu. Mandi susu sangat baik untuk menghaluskan kulit. Perawatan ini bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu.

Mengencangkan kulit wajah
Selain mulus dan bersih, kekencangan kulit wajah juga sangat penting. Kulit wajah yang kendur akan membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Cara perawatannya yaitu dengan masker yang terbuat dari dua sendok makan susu murni yang dicampur dengan satu sendok makan madu dan satu kapsul vitamin E. Oleskan ke wajah kemudian bersihkan setelah 30 menit.

Selain susu, manfaat totok aura wajah dan kandungan kalium sebagai salah satu manfaat kiwi bagi kulit juga dapat membuat kulit wajah menjadi kencang kembali. Perawatan sederhana dengan susu untuk mengencangkan wajah lebih baik daripada menempuh bahaya suntik kolagen dan bahaya suntik silikon sebagai resiko dari kedua perawatan tersebut.

Jika anda membutuhkan perawatan wajah alami, susu bisa menjadi bahan yang tepat. Susu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat diperlukan untuk perawatan kecantikan, terutama kulit wajah.

Masker wajah
Anda bisa menjadikan susu sebagai masker wajah. Caranya, campurkan 1/4 sendok teh minyak almond dengan 1 sendok makan susu. Terapkan campuran tadi pada wajah sambil dipijat-pijat, lalu diamkan selama beberapa menit sampai masker mengering.

Lalu oleskan lagi masker sampai tiga lapisan (tunggu hingga lapisan sebelumnya mengering). Berbaringlah dan biarkan sekitar 30 menit. Kemudian bersihkan menggunakan handuk basah.

Mengurangi kantung dan lingkaran gelap bawah mata
Kantung dan lingkaran gelap bawah mata membuat tampilan wajah Anda kusam dan kurang menarik. Segera redakan dengan kompresan susu. Celupkan kapas ke dalam susu cair dingin, peras sedikit lalu tempelkan pada kedua mata yang terpejam. Tunggu selama 20 menit, lalu bersihkan menggunakan handuk hangat.

Regenerasi kulit
Asam laktat dalam susu mempunyai khasiat menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru yang akan menggantikan lapisan kulit yang telah rusak. Sel kulit mati yang menumpuk menghalangi pembentukan sel baru pada kulit. Dengan demikian kulit selalu terjaga kesegaran dan kehalusannya serta senantiasa tampak bersih. Susu mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA). Mengangkat sel kulit mati pada kulit merupakan salah satu fungsi AHA untuk kulit.

Susu juga mengandung asam beta hydroxy yang membuat terkelupasnya sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Kandungan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu juga memiliki efek kosmetik bagi Anda, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit Anda, yang akhirnya membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan kenyal.

Manfaat susu untuk Spa kaki
Manfaat susu bukan hanya untuk kulit dan rambut saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan spa kaki. Penggunaan: Campurkan susu dan air panas hingga terasa hangat. Rendam kaki anda sambil bersantai selama kurang lebih 30 menit. Melakukan cara di atas secara rutin dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati di kaki. Bagi anda yang ingin menghilangkan bau kaki, mungkin bisa mencoba cara tersebut.

Susu merupakan bahan yang bagus untuk menyembuhkan masalah tumit yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat susu untuk rambut:

Susu untuk pertumbuhan rambut
Susu mngandung segudang nutrisi penting seperti kalsium dan protein. Protein dalam susu dapat membantu anda mendapatkan rambut kuat sekaligus bersinar. Susu juga mengandung kasein dan whey protein yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Protein dalam susu merupakan nutrisi penting dalam membuat rambut lebih tebal dan sehat. Sedangkan kalsium memainkan peran penting untuk kekuatan rambut sekaligus mencegahnya dari  kerontokan. Belum lagi susu juga menyediakan vitamin A, B6, biotin dan kalium yang bisa membuat membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Perawatan rambut kering dan kasar
Susu adalah anugrah untuk rambut kering dan kasar. Anda dapat menutrisi rambut dari dalam ke luar sekaligus membuat rambut Anda lembut dan halus hanya dengan mengoleskannya pada kulit kepala. Atau, Anda juga bisa mencampurkan 3 sendok makan susu, setengah buah pisang, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun. Masukkan semuanya ke dalam blender, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas.

Sebagai conditioner
Susu dapat menjadi conditioner yang baik bagi rambut Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengisi botol semprot dengan susu dingin. Semprot susu ke rambut, lalu sisir rambut Anda dengan lembut dan bilas setelah 30 menit.

Mengilaukan rambut
Menggunakan santan ke rambut akan membuat rambut menjadi lembut, berkilau dan mudah diatur. Namun, produk-produk berbasis susu juga dapat membuat kulit kepala menjadi sehat. Anda hanya perlu mengoleskannya ke seluruh rambut, diamkan beberapa saat, lalu bilas.

Perawatan rambut rontok
Untuk membuat masker perawatan rambut rontok, Anda membutuhkan kopi, yogurt, telur, minyak almond, minyak zaitun, dan beberapa tetes susu mentah. Campurkan seluruh bahan-bahan, lalu gunakan di kulit kepala, diamkan hingga 1 jam, setelah itu bilas dengan air hangat.


Cara memutihkan wajah dengan susu tampaknya sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, wanita-wanita dari berbagai negara rupanya juga gemar menggunakan susu sebagai perawatan alami. Bahkan susu kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk-produk skincare. Susu memang kaya akan nutrisi. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk merawat kecantikan kulit.

Demikianlah beberapa manfaat cara susu untuk kecantikan dan kesehatan. Cara-cara diatas umumnya tidak memicu efek samping. Apabila kulit mengalami kemerahan setelah pemakaian, kemungkinan kulit Anda alergi dengan bahan tertentu. Hentikan pemakaian, dan cobalah cara lain yang cocok dengan kulit Anda. Semoga bermanfaat.




*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...