Thursday 16 August 2018

Kreasi Usaha : Membuat Bibit Durian Kaki Ganda (Bawor)


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
                        Membuat Bibit Durian Kaki Ganda (Bawor)


Penambahan kaki pada tanaman atau yang disebut sebagai kaki ganda adalah suatu metode penambahan kaki batang tanaman pada tanaman batang tunggal (utama). Pada mulanya metode ini ditemukan sebagai penanggulangan saat adanya serangan penyakit phytophthota pada jaringan kulit hingga jaringan xilem tanaman. Pengaplikasian kaki ganda memungkinkan tanaman terselamatkan oleh batang cadangan, saat batang utama terserang penyakit dan mati. Metode penyambungan kaki ganda juga seringkali disebut sebagai sambung sisip, dimana jaringan kambium batang cadangan ditempelkan ke jaringan kambium batang utama.

Kaki ganda atau bawor (bawah di owor) sudah diperkenalkan sejak lama oleh seorang pakar melalui ulasan di majalah dan beberapa tahun kemudian dipopulerkan oleh pak Sarno dengan istilah “bawor”, sehingga banyak dikenal dengan nama durian bhineka bawor.

Banyak yang salah mengerti karena pembibit dan bahkan toko trubus sekalipun juga menjual bibit bawor yang sebenarnya adalah jenis monthong. Padahal jenis ini pun masih banyak lagi variannya.


Jadi kaki ganda itu, merupakan penambahan batang bawah lebih dari satu. Buat pekebun bisa menggunakan 3 – 4 kaki saja sudah cukup, namun untuk kolektor ada yang pasang 20 kaki buat pamer.

Kaki ganda bisa diaplikasikan pada hampir semua jenis tanaman tahunan.


Kaki ganda pada pohon durian

Metode bibit kaki ganda ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman, antara lain, yaitu:
Mengurangi resiko penyakit akar dan batang (seperti Phytophtora palmivora) karena ada kaki cadangannya, jika salah satu kakinya harus di amputasi.

Perakaran semakin kuat dan luas, sehingga bisa memberi nutrisi dan supply yang bagus untuk batang utama.
Mempercepat pertumbuhan vegetatif sehingga tanaman bisa cepat besar dan saat terjadi pertumbuhan generatif, tanaman bisa belajar berbuah lebih cepat dari kondisi alamiahnya.

Meningkatkan jumlah produksi baik dari segi jumlah dan ukuran buah, karena sistem perakaran yang banyak dan luas.

Menghasilkan tanaman yang unik dan cantik, lebih kokoh dan kuat, apalagi jika sudah berukuran besar.
Menurut mitosnya, penggunaan kaki dari berbagai jenis durian berbeda, dianggap mampu menghasilkan buah yang berbeda dan lebih baik dari induk aslinya.

Hal ini menunjukan metode kaki ganda memiliki peluang keuntungan yang bagus untuk dapat diaplikasikan pada tanaman durian. Untuk dapat diaplikasikan, biasanya batang utama yang dipilih adalah yang berasal dari tanaman durian lokal yang mampu bertahan dengan iklim dan tanah tempat tanaman tersebut ditanam. Sedangkan, batang calon kaki dapat berasal dari jenis / varietas apa saja asalkan masih merupakan tanaman durian.

Namun begitu, ada juga pandangan lain yang mengingatkan beberapa hal penting dalam implementasi bawor ini, antara lain yaitu:
Kompatibilitas batang bawah akan mempengaruhi kualitas keunggulan batang atasnya. Bahkan bisa saja tunas batang atas tumbuh subur selama beberapa saat, setelah itu mati kering akibat ditolak oleh batang bawah.

Peletakan tumpuan sambungan kaki dibawah titik okulasi, mudah terserang penyakit, karena terlalu rendah. Ini sering diatasi dengan membuat kaki ganda yang tinggi menggunakan batang bawah yang sudah panjang.
Kualitas buah yang dihasilkan dianggap tidak sesuai aslinya, walaupun sulit juga membuktikannya, karena faktor perawatan dan kondisi alamiah lahan dan klimat setempat juga ikut mempengaruhinya.

Walaupun ada juga pandangan berbeda mengenai implementasi kaki ganda, namun dalam prakteknya, kaki ganda jadi pilihan favorit dan meningkatkan harga jual bibitnya karena proses pembuatan yang lebih sulit dan penggunaan seedling yang lebih banyak.

Cara membuat bibit durian bawor
Cara membuat kaki ganda, mirip dengan cara membuat okulasi, jadi persiapannya sederhana saja.

Berikut ini adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk menambahkan kaki pada tanaman durian:

Siapkan pohon durian yang ingin disambung sisip, pisau steril yang tajam, tali rafia dan plastik pembungkus transparan yang dapat menutup dengan rapat.

Pilih tanaman beberapa durian yang sehat, dan segar untuk ditambahkan kakinya.


Utuk menghasilkan tanaman yang nantinya cepat berbuah sebaiknya siapkan bibit yang sudah di sambung pucuk dengan bibit yang sudah pernah berbuah.

Setelah tanaman durian dipilih, diberi perlakuan khusus dengan mengurangi penyiraman dan tidak memberikan pupuk selama 2-3 minggu. Hal ini dimaksudkan untuk mengkondisikan tanaman durian agar memiliki kandungan air rendah dan kambium yang lebih tebal. Sebelum dilakukan proses sambung kaki, tanaman harus sudah dalam keadaan segar dan subur.

Letakkan tanaman durian batang utama dan tanaman batang calon kaki cadangan dalam satu polybag. Dalam sekali pemasangan, jumlah maksimal kaki tambahan yang boleh dipasangkan adalah 3 – 4 kaki.
Lakukan pemasangan kaki secara bertahap, maksimal 3 kaki tambahan sekali pasang. Hal ini perlu diperhatikan mengingat prosesnya dilakukan dengan melukai batang utamanya maka harus diperhatikan agar tidak memasang banyak kaki secara bersamaan, karena selain sulit proses membungkusnya, juga bisa menyebabkan batang utamanya bisa stress dan mati.

Batang bawah (root stock) biasanya berasal dari biji (seedling) durian lokal yang sudah mampu beradaptasi dengan kondisi iklim dan tanah kawasan setempat, dan kaki tambahan juga bisa dari jenis seedling yang sama, ataupun berbeda jenis asalkan masih satu keluarga durian juga.

Tanam batang utama dan batang calon kaki dalam satu polybag, dengan susunan mengelilingi batang utama.


Kupas kulit tanaman durian batang utama dari bawah ke atas, pada tinggi yang sesuai dengan tinggi calon kaki cadangan. Usahakan agar kambium batang utama tidak tergores ataupun rusak. Kulit batang yang dikupas jangan dipotong habis, sisakan untuk menutup batang calon kaki tambahan yang nantinya akan disisipkan.


Potong batang calon kaki cadangan dengan bentuk V terbalik. Sisi bagian batang yang terluka dilekatkan pada bagian batang utama yang sudah dikupas. Tutupi batang calon kaki tambahan dengan kulit batang utama yang sudah disisakan. Lakukan hal yang sama pada batang calon kaki tambahan lainnya, jika kaki yang ditambahkan lebih dari satu. Sepanjang luasan batang utamanya cukup untung menampung seluruh kaki yang akan dipasang.


Lapisi dan bungkus sambungan baru tersebut menggunakan plastik transparan dengan rapat. Usahakan agar sambungan terhindar dari air dan penguapan.


Tunggu sampai 4 minggu atau lebih, agar kondisi sambungan sudah melekat cukup kuat dan menyatu dengan batang utamanya. Untuk bagian sambung kaki, proses pengikatan boleh dipertahankan lebih dari 4 minggu, bisa saja dibiarkan sampai terlihat batangnya tercekik, baru dibuka. Bahkan diikat dengan tali rafia pun juga bisa,

Untuk kaki tambahan yang akan ditambahkan pada periode berikutnya, tempatkan kaki tersebut diatas mata okulasi untuk memperkuat arsitektur tanaman serta menghindari hama dan jamur penyakit.

Cara di atas berlaku untuk sambungan kaki pertama, dan utuk kaki ke 2, dan seterusnya sambungkan dengan cara yang sama tapi letaknya di bagian atas sambungan pertama, kira - kira berjarak 10 mm, dari sambungan pertama. Hingga seterusnya sesuai dengan sobat mau menambahkan kaki berapa.

Penambahan kaki pada tanaman durian ini paling baik dilakukan saat tanaman durian masih muda usianya. Pada saat usia pohon masih muda, batang pohonnya masih lentur sehingga mudah untuk dilekatkan. Ukuran batang utama sebaiknya lebih besar daripada batang kaki tambahan.

Apabila langkah penyambungan sisip kaki ganda ini di lakukan dengan benar dan sesuai pasti akan berhasil. Dan pada usia sambungan menginjak umur 3-5 minggu biasanya kulit pada sambungan sudah menyatu, itu tandanya sambungan sobat sudah berhasil.

Akhirnya anda sekarang punya pohon durian kaki ganda. Namun begitu disini akan disampaikan sedikit kontoversi mengenai penempatan kaki ganda, antara lain, yaitu:
Di pasaran banyak kaki ganda yang terletak dibawah mata okulasi. Hal ini bukan salah, namun dianggap berisiko terkena penyakit yang berasal dari bawah, karena pertemuan kaki ganda ada sudut dan celah sempit tempat jamur penyakit dan hama bisa tumbuh subur.

Disarankan menempatkan kaki tambahan di atas mata okulasi. Hal ini bisa membantu memperkuat arsitektur tanaman, karena posisi kaki tambahan ikut menyangga batang utama dengan ketinggian yang lebih baik. Untuk pekerjaan ini, akan makan waktu lebih lama, karena menunggu tunas okulasi tumbuh cukup besar supaya bisa dipasang kaki tambahan.

Sebaiknya kaki tambahan diberikan saat tanaman masih usia muda, batangnya masih lentur dan ukuran batang yang akan dilekatkan, besarnya cukup seimbang. Beda ukuran tidak masalah, asalkan ukuran batang utama lebih besar dari batang tambahan.

Kaki tambahan boleh dipasang walaupun sudah ada kaki tambahan sebelumnya. Letakkan kaki tambahan yang baru diatas mata okulasi, supaya struktur tanaman bisa lebih bagus dan kuat.

Bila nantinya buah yang dihasilkan kurang bagus karena bibit yang tidak sesuai dengan harapan, tidak perlu risau, karena anda masih bisa melakukan top working, dan menjadikan batang utama yang sudah besar tadi sebagai inter stock.

Pemupukan durian bawor

Pada ketika umur 1 - 3 Tahun
- Pupuk Kandang = 30 - 50 Kg tiap Pohon
- NPK = 0,5 - 1,0 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 5 - 10 gram tiap pohon
- Frekuensi = 3 - 4 kali per Tahun
- Penyemprotan = Memakai POC + Hormonik per 1 tutup per 1 tangki

Pada ketika umur 4 - 6 Tahun
- Pupuk Kandang = 75 - 150 Kg tiap Pohon
- NPK = 1,5 - 2,5 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 10 - 20 gram tiap pohon
- Pupuk POWER NUTRITION = 10 - 15 gram tiap pohon
- Frekuensi = 2 - 4 kali per Tahun

Pada ketika umur 7 - 10 Tahun
- Pupuk Kandang = 200 - 300 Kg tiap Pohon
- NPK = 1,5 - 3,0 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 10 - 20 gram tiap pohon
- Frekuensi = 2 - 4 kali per Tahun

Di Pulau Jawa pada umumnya/rata-rata terjadi di bulan November-februari.pengaturan buah yang kontinyu/tak putus yaitu suatu hal yang sangat mungkin terjadi jikalau segala kebutuhan tanaman tercukupi dengan baik sehingga tanaman akan berbuah sepanjang tahun.adapun pengaturan yang bisa di lakukan yaitu dengan cara pengaturan membuat blok-blok tanaman dengan dosis pupuk dan waktu yang berbeda sesuai tahapan sehingga efek pemupukan akan berlangsung terus-menerus diantara blok-blok tanaman yang di perlukan. Adapun pupuknya bisa mengacu pada dosis di atas .dengan prinsip tetap menjaga kebutuhan tanaman terutama faktor kebutuhan air.









*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.

pasang iklan disini




loading...