Sunday 4 February 2018

Cara Budidaya Cabe Merah Keriting


Kredit Motor Baru

Loading...
Loading...
             Cara Menanam Cabe Merah Keriting



Cara Menanam Cabe Merah Keriting – Cabe merah keriting merupakan salah satu komoditas pertanian yang sangat menjanjikan. Pada waktu tertentu harga cabe merah keriting bisa melonjak sangat tinggi. menanam cabe merah keriting juga bukan pekerjaan yang mudah. Para petani akan berhadapan dengan harga yang naik turun, cuaca yang tidak menentu, biaya produksi yang sangat tinggi dan tanaman cabe merah keriting juga mudah terserang hama dan penyakit. Oleh karena itu, agar produksinya maksimal dan dapat mendatangkan keuntungan, para petani harus merawat cabe keriting dengan baik dan benar.

Tanaman cabe berasal dari Benua Amerika, tepatnya di negara Peru yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Tanaman cabe dapat tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabe Merah Keriting

Tanaman cabe merah keriting dapat tumbuh di dataran rendah maupun daerah pegunungan yang ketinggiannya mencapai 2000 mdpl. Iklim tropis dan subtropis merupakan dua jenis iklim yang paling cocok untuk menanam cabe merah keriting. Suhu lingkungan yang ideal yaitu antara 16-23 derajat Celcius. Tanah yang baik untuk menanam cabe merah keriting yaitu tanah yang kaya akan kandungan bahan organik, gembur, subur dan tidak mudah menggenang air dengan pH tahan 5,5 sampai 6,8.

Langkah-Langkah Menanam Cabe Merah Keriting



Pemilihan Bibit Cabe Merah Keriting



Benih Cabe Merah Keriting Kawat merupakan benih cabe unggul dari PT. Natural Nusantara. Benih cabe merah keriting Kawat ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan benih cabe merah keriting biasa. Merupakan benih dengan tipe F1 Super dengan kondisi buah berwarna merah mengkilap, lentur dan tidak mudah patah. Pohonnya akan berbuah lebat dan tidak mudah rontok. Menghasilkan buah cabe dengan panjang sekitar 15-18 cm dan diameter 0,6-0,8 cm. Keunggulan lainnya yaitu memiliki daya tumbih hingga 85%, dan cocok ditanam di semua ketinggian tempat. Dibutuhkan benih cabe merah keriting Kawat sebanyak 1-1,25 sachet per 1000 m2 lahan.

Pembibitan dan Penyemaian

Penyemaian sebaiknya menggunakan media polybag. Karena jika dengan cara ditabur, tidak menutup kemungkinan bibit akan tumbuh berhimpit sehingga banyak bibit yang tidak terpakai. Secara ekonomis, hal ini tentu saja bisa merugikan, apalagi bibit cabe merah jenis hibrida harganya cukup mahal.

Media persemaian dibuat dari campuran tanah dan kompos (pupuk kandang) yang telah diayak dengan komposisi 3 : 1. Sebelum pupuk kandang dipakai, setiap 25-50 kg pupuk kandang dicampur terlebih dulu dengan Natural Glio 100 gr lalu dibiarkan selama 1 minggu. Setelah media telah siap, masukkan media ke dalam polybag bibit ukuran 4 x 6. Arah persemaian membujur ke arah timur dengan dinaungi oleh atap plastik atau rumbia, agar tidak terkena terik matahari langsung dan guyuran air hujan.



Masukkan satu per satu biji cabe merah keriting Kawat ke polybag bibit yang telah berisi media semai. Lalu tutup tipis dengan lapisan tanah hingga bibit tidak terlihat. Setelah itu, POC  NASA 1-2 tutup dicampur dengan 10 liter air dan digunakan untuk menyemprot penyemaian satu kali sehari, agar media semai selalu lembab.

Proses Pengolahan Tanah

Lahan yang telah ada, diberi perlakuan pupuk kandang 0,5-1 ton per 1000 m2. Kemudian lahan diluku dan digaru agar tanah menjadi gembur dan pupuk kandang tercampur rata. Diamkan selama 1 minggu. Berikan dolomit 0,25 ton per 1000 m2 lahan untuk menambah tingkat keasaman tanah. Setelah itu, bedengan dan parit mulai dibuat. Buat bedengan dengan lebar 100 cm, jarak antar bedengan 60 cm, parit dibuat dengan lebar 80 cm.

Aplikasi SUPERNASA dan POC NASA (gunakan salah satu)

1 botol SUPERNASA dilarutkan ke dalam 3 liter air untuk dijadikan sebagai larutan induk. Setiap 200 cc larutan induk ditambahkan dengan 50 liter air untuk menyiram bedengan.
Alternatif aplikasi yang lain yaitu 1 sdm SUPERNASA ditambahkan dengan 10 liter air, dan siramkan ke bedengan sepanjang 5-10 meter.
POC NASA digunakan dengan cara 2-4 tutup botol POC NASA ditambahkan ke dalam 10 liter air, untuk menyerang bedengan 5-10 meter.
Lalu campurkan Natural Glio dan pupuk kandang dengan dosis 100-200 gram (1-2 bungkus) untuk 50-100 kg pupuk kandang, biarkan selama 1 minggu, baru ditebarkan ke bedengan. Bedengan kemudian ditutup menggunakan mulsa plastik yang telah dliubangi dengan jarak tanam 60 x 70 yang diterapkan dengan pola zig zag dan biarkan selama 1 minggu.



Proses Penanaman Cabe Merah Keriting

Setelah umur 3-4 minggu penyemaian, benih cabe merah keriting yang disemai akan muncul 3-4 helai daun. Dan pada waktu ini, bibit telah siap untuk dipindah tanamkan. Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore saat matahari sinar matahari belum begitu terik untuk menghindari agar bibit cabe tidak stres karena bibit masih dalam keadaan menyesuaikan diri. Dan sebaiknya penanaman dilakukan secara bersamaan dalam satu hari. Pilih bibit yang pertumbuhannya normal atau seragam, bibit tumbuh sehat, kuat, mulus, tidak terdapat cacat atau luka dan tidak berpenyakit. Proses penanaman ini cukup mudah, cukup dengan menyobek polybag bibit untuk mengeluarkan bibit beserta bola tanahnya. Masukkan bibit cabe merah keriting beserta media tanamnya (bola tanahnya) ke dalam lubang tanam pada bedengan. Lakukan proses ini dengan hati-hati, usahakan bola tanah jangan sampai terpecah karena dapat merusak perakaran bibit.

Setelah proses penanaman selesai, bedengan langsung disiram atau disemprot menggunakan larutan POC NASA agar lahan bedengan selalu dalam keadaan lembab. Aplikasi POC NASA menggunakan dosis sebanyak 3-4 tutup botol yang dicampur dengan 10 liter air (1 tangki).




Demikianlah  langkah demi langkah penanaman Cabe Merah Keriting. Dapatkan Produk Pertanian NASA untuk menunjang usaha budidaya Anda. Salam sukses.










beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


beli sekarang


*Tombol-tombol diatas mengandung iklan. Untuk menuju artikel yang diinginkan silahkan tunggu 5 detik hingga muncul tombol "skip ad" kemudian klik tombolnya, jika tidak muncul tombol "skip ad" harap refresh halaman tersebut (dimohon keikhlasannya demi eksistensi website ini). Iklan-iklan yang muncul bukanlah virus, Apabila terbuka jendela iklan yang baru (POP UP) silahkan tutup halaman tersebut (tekan tombol kembali untuk pengguna android). Jika tombol tidak bisa diklik silahkan refresh halaman ini.


beli sekarang gif


beli sekarang gif


pasang iklan disini




loading...